10 Adegan dalam Video Game yang Jadi Meme Ikonik

Meme Video Game

Video game selalu menjadi kultur pop modern yang tak pernah ada habisnya. Tak hanya kreativitas, humor dan segala bagiannya diciptakan oleh para artist bertalenta di luar sana yang mampu hadirkan inovasi setiap harinya.

Beberapa adegan dalam video game umumnya dikembangkan untuk tidak menjadi guyonan, namun warganet yang super kreatif tak jarang menjadikannya lawakan internet atau biasa kita kenal dengan meme.

Meme ini umumnya tersebar tanpa membuat orang perlu mengenal bahwa sebenarnya asalnya dari video game. Terkadang ia ada begitu saja untuk menyindir atau mengejek orang lain dalam konteks tanpa adanya pihak langsung yang disinggung.

Lantas, apa saja adegan dalam video game yang menjadi meme ikonik? Dalam artikel berikut, kami telah mengumpulkan setidaknya 10 adegan atu setidaknya yang berhubungan dengan video game yang kemudian diadaptasi menjadi meme yang masih digunakan hingga saat ini.

10. Wait, That’s Illegal (HALO, Red vs Blue)

Sebenernya ini ngga ada hubungannya sama HALO, ngga secara langsung. Ini karena adegan ini hanya muncul di film berjudul Red vs Blue yang dibuat via HALO. Jadi ya, masuk adegan ngga nih? Setidaknya masih ada hubungannya. Meme ini pertamakali menyebar untuk memberikan reaksi terhadap zebra cross yang perbolehkan pejalan kaki untuk jalan namun ditabrak juga oleh mobil.

9. Press F to Pay Respect (Call of Duty Advanced Warfare)

Adegan ini muncul dalam game Call of Duty Advanced Warfare saat tokoh utama melayat kapten mereka yang mati di tengah peperangan. Player kemudian dapatkan giliran untuk menghormati jasadnya yang ada di peti mati. Tulisan “Press F to Pay Respect” muncul saat gamenya dimainkan di PC. Sampai sekarang meme ini dipakai untuk berkabung dan merasakan kesedihan orang lain yang ada di internet. Tapi ngga jarang ia dipakai untuk mengejek orang lain.

8. Follow the Damn Train CJ! (GTA San Andreas)

Meme ikonik super terkenal ini tentu saja ngga mungkin ngga ada yang kenal. Ini muncul ketika CJ, tokoh utama GTA San Andreas bersama Big Smoke mengejar anggota geng bernama Vagos yang ada di atas kereta api. Jika keempat anggota geng mati, maka misi selesai. Tapi jika tidak, maka kamu akan mendapatkan keluhan dari Big Smoke yang mengatakan, “ALL WE HAD TO DO IS FOLLOW THE DAMN TRAIN, CJ!”. Sejak saat itu meme-nya diparodikan dan digunakan oleh beberapa orang untuk mengejek.

7. Buka Mata di Isekai (The Elder Scrolls V: Skyrim)

Adegan yang satu ini sangat ikonik di The Elder Scrolls V: Skyrim. Ia merupakan opening dari gamenya, di mana tokoh utama membuka mata di atas sebuah kereta kuda. Meme-nya sering dipakai oleh beberapa orang untuk menambahkan adegan sial di depan yang berakhir salah satu tokoh pingsan dan mulai tersadar atau plot twist guyonan yang tak pernah diduga.

6. Geralt Mandi (The Witcher 3: Wild Hunt)

Adegan ini juga merupakan opening dari The Witcher 3: Wild Hunt di mana Geralt tengah mandi di sebuah bak mandi. Meme-nya pertamakali mengemuka setelah website sekaligus majalah video game PC Gamer menggunakannya untuk beberapa artikel mereka. Meme ini kemudian menyebar setelah beberapa cosplayer hingga YouTuber terkenal PewDiePie menirukan adegan Geralt tersebut. Tak mau ketinggalan, versi Netflix The Witcher juga menayangkan adegan tersebut.

5. BOY (God of War PS4)

https://www.youtube.com/watch?v=n12Q2Pj9ESg

Ini adalah meme yang muncul setelah God of War PS4 (2018) dirilis. Ia muncul pertamakali untuk parodikan Kratos, tokoh utama serinya yang tak pernah punya selera humor dan selalu serius di setiap sesinya. Kratos yang saat itu punya anak bernama Atreus memanggilnya dengan sebutan “boy”. Saking seringnya ia dipanggil demikian, YouTuber TuYasRecords kombinasikan semua nadanya dalam sebuah video yang langsung membuatnya meroket jadi meme ikonik selama beberapa minggu.

4. Mission Passed Respect+ (GTA San Andreas)

Mission Passed Respect+ muncul di GTA San Andreas ketika kamu berhasil menyelesaikan misi. Player akan mendapatkan tulisan tersebut dan musik ikonik yang khas banget. Meme ini dipakai untuk beberapa film, adegan konyol, ‘fail compilation’, dan parodi untuk menyatakan kesuksesan seseorang dalam menjalankan sesuatu. Biasanya muncul hanya dalam bentuk video.

3. Fus Ro Dah! (The Elder Scrolls V: Skyrim)

Fus Ro Dah! Adalah kalimat yang sering diucapkan tokoh utama The Elder Scrolls V: Skyrim saat mengeluarkan sihir Dragon Born-nya yang akan mendorong musuh ke belakang. Ia juga muncul di trailer pertama gamenya. Memenya sering dipakai untuk parodikan beberapa adegan dalam sebuah video yang mendorong seseorang ke belakang.

2. Remember, No Russian (Call of Duty: Modern Warfare 2)

Muncul di misi keempat Call of Duty: Modern Warfare 2, player akan menjadi bagian serangan teroris palsu yang dipimpin oleh Vladimir Makarov untuk adu domba Amerika dan Russia agar keduanya berperang. Adegan ini sempat menjadi kontroversi karena dianggap tidak manusiawi mengingat player harus membunuh orang sipil yang ada di bandar udara. Meskipun demikian, meme-nya sempat menyebar untuk parodikan beberapa isu politik kontroversial yang sempat melanda Amerika Serikat.

1. Ehe tte Nandayo (Genshin Impact)

Adegan ini muncul di awal permainan saat Paimon memarahi Venti karena menjadi orang yang tidak bertanggung jawab. Venti yang dimarahi bukannya mengaku salah tapi justru tertawa. Marah, Paimon langsung berkata “Apa maksudmu, hehe?” yang jika dalam dub Jepang ia justru lebih lucu karena nadanya. Dalam bahasa Jepang ia mengatakan “Ehe, tte nandayo!”. Meme ini kemudian digunakan untuk parodikan beberapa adegan film seperti yang dilakukan Creeper King di film Pulp Fiction (1994).


Itulah adegan dalam video game yang menjadi meme ikonik. Apakah kami melewatkan sesuatu? Seperti biasa, kamu bisa menambahkannya melalui kolom komentar di bawah.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version