10 Adegan Transformasi Monster di Video Game yang Bisa Bikin Kamu Trauma

in

Bulan September tak terasa sudah berlalu. Sebuah bulan yang biasa diidentikkan dengan suasana yang penuh akan keceriaan (mungkin), sekarang telah resmi berganti menjadi bulan yang sekiranya cukup menegangkan bagi kehidupanmu. Selain karena tidak tercatatnya satu pun hari libur nasional di kalendar penanggalan, bulan Oktober nampaknya juga menyimpan suatu kemisteriusan yang mungkin berkaitan dengan rasa takutmu akan berbagai macam hal.

Bila dihubungkan dengan video game, ketakutan lazim pada game berbau horror umumnya selalu biasa dijadikan sebagai empasis utama yang mengkatalisasi semuanya. Baik dari segi atmosfer, isi jumpscare, maupun sosok-sosok menakutkan lain yang dapat membuatmu jadi auto-phobia. Tergolong wajar bila melihat bahwa manusia biasanya mempunyai satu sisi psikologis di bagian otak yang cenderung cukup sulit untuk menerima hal-hal bernuansa “kotor“, “aneh“, “jelek” dan “sadis“.

Dari hal tersebut, bagaimanakah apabila kita mencoba untuk menguji karakteristik otak kita masing-masing terhadap adegan-adegan perubahan wujud suatu mahluk di video game yang tergolong agak membahana seperti di bawah ? Sebagai bentuk peringatan dini untuk yang merasa tidak kuat secara mental, kami ingin menyarankan bahwa sebaiknya kalian tidak perlu memaksakan diri untuk menonton adegan secara keseluruhan. Karena sebagai gantinya, kalian dapat menyimak ulasan dari tiap contoh video yang telah kami ungkapkan dengan penuh apresiasi berlandaskan teori semiotika adi luhung tahun 2077.


WARNING: Konten mengandung banyak elemen “GORE” dan hal-hal yang tidak bisa diukur dengan rasio. 


1. Hecuba – Onimusha Warlord

 

Sebagai pemanasan, kita coba awali terlebih dahulu dari satu franchise jadul bikinan Capcom yang belakangan ini telah ingin dibangkitkan kembali lewat satu versi remasternya. Meski Onimusha Warlord pada dasarnya bukan sebuah game horror, namun adegan perubahan wujud asli dari si iblis wanita yang bernama Hecuba ini bisa membuat hari-harimu terasa tidak menyenangkan.

Bagaimana tidak ? Dengan menyamar sebagai manusia, Hecuba menunjukan sebuah proses transformasi wujud yang mengundang banyak kegelisahan dihadapanmu. Ia hanya duduk di lantai dengan melebarkan kedua kakinya, lalu mengeluarkan sebuah “badan tambahan” dari *maaf selangkangan yang ternyata menyerupai bagian tubuh serangga. Selain itu, transisi dari adegan perubahan mata Hecuba yang memunculkan semacam tanduk atau antena dan menusukannya langsung ke lantai juga terlihat cukup “ngeri”.


2. Jelanda – Valkyrie Profile

 

Mungkin merupakan salah satu adegan yang paling kasihan di dunia game JRPG. Pada game Valkyrie Profile: Lenneth, ada satu adegan transformasi dari seorang putri kerajaan yang telah berubah menjadi monster karena dijebak dan diracuni oleh penasihatnya sendiri. Sungguh tidak bisa dibayangkan bila si perempuan cantik yang bernama Jelanda ini membuat para pengawal disekitarnya harus bernasib naas akibat hilangnya kesadaran di saat ia berubah menjadi semacam monster iblis.

Berubahnya seluruh tubuh Jelanda diawali dari perubahan pigmen di kulitnya, lalu disusul dengan bermutasinya ia menjadi sesosok mahluk merah berukuran besar yang bertransisi sampai menelan keseluruhan paras jelita dari si putri tersebut. Untungnya, jelanda masih bisa hidup kembali sebagai “Einherjar” yang biasa menemani Lenneth sebagai tokoh utama di Valkyrie Profile.


3. Luke Custer – Altered Beast

 

Masih dari game yang sebenarnya tergolong non-horror. Perubahan wujud dari si manusia dengan DNA-nya yang sudah diutak-atik plus memiliki satu microchip khusus yang telah tertanam di tubuhnya ini memiliki adegan yang bisa membuatmu agak “ngilu”. Karena kamu akan melihat banyaknya cuplikan dari begitu banyaknya mutasi anggota tubuh yang dibuat seakan-akan putus, hancur, terkelupas, dan sebagainya.

Meski di pertengahan hingga akhir-akhir kompilasi video rasa traumatik yang muncul dari alam bawah sadarmu bisa mulai agak menurun, Luke Custer sebagai sang tokoh utama dalam game action beat’em up yang berjudul Altered Beast tetap telah tercatat sebagai tokoh protagonis manusia setengah monster dengan cara berubah yang sangatlah edgy.


4. Elaine – Koudelka

 

Boss terakhir dari game JRPG horror PS1 yang berjudul Koudelka ini ternyata juga punya suatu wujud transformasi menyeramkan. Berasal dari tubuh seorang wanita bernama Elaine yang hendak dibangkitkan kembali oleh suaminya melalui sebuah ritual sesat, sang suami ternyata tidak sadar bahwa ia hanya membangkitkan tubuh dari sang istri tanpa mengetahui jiwanya yang telah terbelenggu oleh roh-roh jahat.

Dihadapan para protagonis, Elaine pun menunjukan wujud aslinya yang dapat membuatmu bulu kudukmu merasa terganggu. Bagian bawah tubuh Elaine mulai bermutasi selayaknya ulat yang menggeliat, lalu disusul dengan bagian punggungnya yang tiba-tiba terbuka mengeluarkan semacam kaki laba-laba. Sesi transformasinya diakhiri dengan animasi perubahan bentuk kepala Elaine yang mirip seperti ratu alien.


5. ANMC tipe Stranger – Parasite Eve 2

 

Sesudah kalian melihat video di atas, mungkin kalian agak merasa ngeri melihat perubahan wujud seorang wanita biasa menjadi sesosok monster mutan yang cukup mengagetkan. Bagi yang belum tahu, mutan tersebut asalnya tercipta dari hasil eksperimen yang melibatkan suatu parasit khusus. Mutan yang kamu jumpai di game Parasite Eve 2 ini dikenal memiliki kemampuan untuk meniru penampilan manusia secara identik. Sehingga cewek yang telah berubah menjadi monster jelek tersebut, sejak awal memang bukanlah merupakan manusia.

Animasi perubahan wujudnya bisa dibilang memang cukup menyeramkan. Dimulai dari jari-jemari sang wanita yang bergetar-getar, lalu berlanjut ke bergantinya wujud dari kesuluruhan badan yang diakhiri oleh bermutasinya mulut yang tiba-tiba robek dan hoahhhh…….


6. Saddler – Resident Evil 4

 

Pasti kalian semua banyak yang ingat dengan adegan terakhir mbah Saddler saat menghadapi Leon di Resident Evil 4. Dimana boss terakhir di game keempat Resident Evil itu punya suatu bentuk transformasi yang lumayan membahana dan nampaknya sudah banyak kalian ketahui.

Diawali saat Saddler membuka mulutnya lebar-lebar, tiba-tiba muncul seonggok mata yang seakan menjadi organ tubuh utama darinya. Mata tersebut benar-benar berperan menjadi sebuah pelatuk dari tumbuhnya banyak kaki-kaki yang menyerupai kaki laba-laba yang muncul dari satu pusat rongga di lehernya. Hmm cukup tidak bisa dibayangkan bukan ?


7. Alice – Killer is Dead

 

Jika kamu minimal tahu tentang betapa edgy-nya game No More Heroes bikinan Suda51, pastinya kamu tahu akan game serupa bikinan beliau yang berjudul Killer is Dead. Dengan berbagai keanehan boss-boss musuh yang dihadirkan, ada satu boss musuh wanita bernama Alice yang ternyata punya latar belakang yang sangatlah apes sekali hanya karena terpapar oleh sebuah radiasi Dark Matter di Bulan.

Lewat radiasi tersebut, ia akhirnya juga seakan menjadi mahluk setengah alien yang menyerupai laba-laba dengan proses transformasi yang sangatlah membuat hati iba. Kepala Alice yang secara mengejutkan bisa berotasi dalam sudut “xyz”, lalu disusul dengan banyaknya kaki-kaki yang muncul dari sekujur tubuhnya. Bahkan sang kepala mahluk setengah laba-laba dan belalang muncul dari maaf *selangkangan Alice. Meskipun agak mengerikan, setidaknya sang protagonis punya penampilan dan kharisma yang sangat begitu cool dalam menghadapi suatu tekanan yang harus ia lawan.


8. James Marcus – Resident Evil 0

 

Adegan transformasi dari salah satu founding father perusahaan Umbrella sekaligus dengan pengembang Virus T di Resident Evil 0 ini yang menurut kami juga cukup memberi rasa traumatik tersendiri. Meski ia sempat hendak dibunuh oleh pasukan khusus suruhan Ostwell Spencer, James Marcus masih mampu bertahan hidup berkat eksperimen lintah bervirus yang secara tak sengaja masuk ke jasadnya.

Di saat ia berhadapan dengan Billy dan Rebecca di akhir game, Marcus mulai menunjukan wujud aslinya yang diawali dengan aksi memuntahkan lintah di saat ia ingin tertawa karena merasa mampu untuk membalaskan dendam kepada Umbrella beserta dengan seluruh dunia. Setelahnya tiba-tiba muncul suatu bentuk perubahan aneh menyerupai sekumpulan lintah yang mengerubungi isi badannya dan diakhiri oleh berubahnya wajah si Marcus yang seakan meleleh hingga menyebabkan kedua sepasang matanya bermetamorfosis menjadi selayaknya mata siput. Hmm jangan samakan ini dengan salah satu episode mahluk siput di serial Spongebob ya Brott ?


9. Tikus – Parasite Eve

 

Berasal dari sebuah binatang kecil yang seringkali ditabrak di jalanan. Pada game Parasit Eve pertama, hewan yang biasa dipopulerkan oleh Jerry dan Mickey Mouse tersebut benar-benar dibuat selayaknya sebuah mimpi buruk bagi kamu yang mungkin waktu itu sempat menikmati game PS1 ini di masa kecilmu.

Karena terinfeksi oleh suatu parasit yang sangat berbahaya, Tikus malang ini akhirnya bermutasi menjadi sesosok monster yang mengerikan. Tumbuhnya gigi taring yang diiringi dengan terkelupasnya moncong mulut hingga kelopak mata, seakan telah mengawali keteganganmu dalam memainkan game Parasite Eve. Jangan lupakan juga dengan bertambahnya ukuran tubuh si tikus yang kita sebut saja bernama Jackey, yang nampaknya dapat membuatmu trauma ketika melihat hewan yang satu ini sedang berkeliaran di sekitar.


10. Anjing Polisi – Parasite Eve

 

Parasite Eve 1 nampaknya benar-benar menjadi pionir dari munculnya adegan-adegan transformasi yang mengundang decak kegilaan dari siapapun yang menonton. Si anjing polisi yang sebenarnya mempunyai loyalitas tak ternilai di game ini pun secara tragis telah menjadi korban dari terror sang parasit yang tak berprikemahlukhidupan.

Transformasi monster yang dialami oleh Anjing ini sungguh tidak main-main. Goresan luka di atas kepalanya tersebut dibuatnya terbuka dan memotong sampai ke tiga bagian yang masing-masingnya membentuk kepala secara utuh. Lalu ada pula sebuah lubang bertaring muncul di sekitar bagian punggung yang mengeluarkan semacam organ tubuh tambahan beserta dengan sepasang mata di dekatnya. Tergolong sangat menyedihkan sekali melihat apabila anjing ini sempat mempunyai hubungan keakraban yang luar biasa dengan seorang karakter NPC anak kecil di game tersebut.


Demikianlah list mengenai adegan-adegan transformasi monster yang dapat berpotensi membuatmu trauma secara tak berkesudahan. Cukup merasa terpuaskankah rasa ingin tahumu tentang hal ini, atau justru mungkin malah membuatmu harus sering-sering berkonsultasi dengan para ahli psikolog ? Jangan sampai ya sekumupulan adegan video di atas dapat mempengaruhi kondisi kejiwaanmu ketika menjalani berbagai aktivitas di awal bulan “OKTOBER” ini ? hehehe………

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]