10 Alasan Kenapa Banyak Orang Bermain Game Menggunakan Smartphone

mobile gaming

Saat ini ponsel sudah bukan merupakan barang mewah. Hampir semua orang memiliki perangkat tersebut, mulai dari anak SD hingga pekerja kantoran. Itu semua terjadi karena mereka harus memenuhi kebutuhan akan komunikasi.

Salah satu kemampuan ponsel jaman now atau yang disebut smartphone adalah dapat menjalankan video game. Fitur tersebut menjadi incaran banyak orang, terutama bagi kalangan remaja. Bahkan game-game dari PC dan konsol juga sudah masuk ke dunia mobile. Sebut saja Fortnite Mobile dan PUBG Mobile, dua contoh game yang sedang populer saat ini.

Dengan adanya konsol maupun PC, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa ada banyak orang memainkan game melalui smartphone mereka? Bukankah lebih tepat untuk memainkan game menggunakan perangkat yang semestinya? Ternyata, ada alasan di balik itu semua. Apa sajakah alasannya? Silahkan simak di bawah ini:


1. Dapat Dimainkan di Mana Saja

Jelas terlihat bahwa salah satu keunggulan dari smartphone adalah kepraktisannya. Perangkat tersebut memiliki ukuran yang pas di kantong, sehingga memudahkan untuk dibawa ke mana saja. Ketika sedang jenuh dan membutuhkan hiburan, kamu hanya perlu merogoh kantong baju atau celanamu. Dalam hitungan detik, kamu sudah dapat memainkan game. Tidak peduli apakah sedang berada di rumah, di sekolah, kereta api, ataupun tempat-tempat lainnya.


2. Durasi Permainan yang Relatif Singkat

Satu hal yang selalu kamu jumpai ketika bermain game melalui konsol atau PC adalah durasi permainan yang panjang. Untuk menyelesaikan satu misi, biasanya memakan waktu hingga lebih dari 15 menit. Bahkan bisa mencapai satu jam lebih apabila game yang dimainkan memiliki tingkat kesulitan tinggi. Berbeda halnya dengan smartphone, di mana game-nya memiliki durasi permainan yang relatif singkat. Sebut saja Cut The Rope, Angry Birds, hingga game FPS seperti Modern Combat 5 yang rata-rata setiap misinya dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 10 menit.


3. Cocok Untuk Menunggu Antrian

Dapat dimainkan di mana saja serta durasi permainan yang singkat tampaknya merupakan suatu kombinasi yang tepat untuk menghabiskan waktu ketika menunggu antrian. Di mana kamu sedang bosan menunggu dan membutuhkan hiburan, akan tetapi tidak memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan sebuah misi. Dengan hadirnya smartphone, tidak perlu khawatir akan kehilangan progress terlalu banyak jika di tengah permainan nomor antrianmu sudah tiba.


4. Harga Smartphone Semakin Murah

Salah satu faktor yang membuat banyak orang lebih memilih smartphone ketimbang konsol atau PC adalah harganya. Diperlukan dana yang tidak sedikit untuk membeli konsol atau PC dengan spesifikasi tinggi. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan smartphone. Dengan harga relatif murah, kamu sudah bisa mendapatkan sebuah perangkat untuk menjalankan game-game yang sedang populer saat ini. Di samping itu, fungsi utama sebagai alat komunikasi dan fitur tambahan seperti kamera, musik, serta video player juga menjadi perhitungan tersendiri.


5. Banyak Game yang Dapat Dimainkan Secara Cuma-Cuma

Satu lagi keunggulan smartphone atas konsol atau PC adalah banyaknya variasi permainan yang tersedia secara gratis. Sehingga, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan dana lebih banyak demi memainkan sebuah game. Bandingkan saja dengan konsol ataupun PC, selain harga perangkat itu sendiri yang mahal, masih harus mengeluarkan dana tambahan demi membeli game. Harganya pun tak main-main, bisa mencapai ratusan ribu rupiah untuk satu judul. Memang ada juga game free to play untuk konsol serta PC, namun jumlahnya sedikit.


6. Gameplay yang Lebih Mudah Dipahami

Banyak orang terutama casual gamer tidak menyukai gameplay yang terlalu rumit dalam sebuah game.  Bukannya menghibur, kontrol serta gameplay yang rumit justru malah akan membuat mereka kebingungan. Di sinilah smartphone berperan sebagai solusi. Cukup gunakan jarimu untuk mengkombinasikan beberapa gerakan sederhana di atas layar, kamu sudah dapat menikmati permainan.


7. Lebih Mudah Ketika Install dan Uninstall Game

Dengan satu kali klik, game atau aplikasi yang kamu inginkan dapat terinstal dengan mudah di smartphone. Demikian juga ketika ingin menghapus, cukup tahan beberapa saat lalu pilih uninstall. Bandingkan dengan PC, setelah memasang sebuah game, terkadang kamu masih perlu melakukan verifikasi serial number. Belum lagi, jika game yang ingin dimainkan membutuhkan software pendukung atau launcher tambahan.


8. Dapat Bermain Bersama Tanpa Ribet

Bermain game tentu akan lebih seru jika bersama dengan teman bukan? Smartphone selalu menawarkan kemudahan dalam hal tersebut, bahkan ketika game yang dimainkan bukanlah multiplayer. Kamu dapat menantang temanmu untuk memecahkan rekor tertinggi dalam game secara bergantian.


9. Banyak Game yang Mendapat Port Untuk Smartphone

Hal lain yang membuat para pengguna smartphone semakin betah adalah hadirnya game-game konsol serta PC ke perangkat tersebut. Misalnya saja beberapa seri Grand Theft Auto milik Rockstar, LIMBO dari Playdead, This War of Mine dari 11 bit Studios, dan masih banyak lagi. Hadirnya game tersebut di smartphone dapat memberikan pengalaman bermain yang tak kalah seru dengan versi konsol maupun PC. Dengan terus berkembangnya dunia industri video game, di masa mendatang tentunya tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada lebih banyak game yang mendapat port untuk smartphone.


10. Lebih Mudah Dalam Berbagi Data Game

Menunggu merupakan suatu hal yang dibenci oleh semua orang. Apalagi jika harus menunggu sebuah game selesai di-download menggunakan kuota data milik sendiri. Selain menghabiskan waktu, tentunya juga boros kuota. Seperti yang kita tahu, saat ini ukuran sebuah game untuk smartphone dapat mencapai ratusan Megabyte, bahkan ada pula yang mencapai beberapa Gigabyte.  Dengan hadirnya aplikasi pihak ketiga seperti SHAREit, kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu terlalu lama untuk mendapatkan data sebuah game. Namun yang terpenting dari itu semua adalah, kamu dapat menghemat kuota data dengan jumlah yang cukup besar.


Meskipun ada pilihan lain yang lebih cocok untuk bermain game, seperti konsol atau PC, ada banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan smartphone mereka. Itu semua bukanlah tanpa alasan. Beberapa di antaranya seperti yang telah disebutkan di atas. Tidak menutup kemungkinan apabila ada alasan lain terkait mengapa banyak orang bermain game menggunakan smartphone mereka.

Apakah kamu juga termasuk orang yang bermain game menggunakan smartphone? Apakah alasanmu sama seperti yang telah disebutkan di atas? Atau malah belum kami sebutkan? Silahkan beri jawabanmu di kolom komentar.

Exit mobile version