10 Alasan Kenapa Console Lebih Baik Dibanding PC Gaming


Follow Us

Gamer terbagi menjadi beberapa jenis, tapi umumnya terdapat dua jenis gamer: Casual dan Hardcore. Banyak banget gamer hardcore yang ngga cuman mainin gamenya dengan super serius, tapi juga umum memainkannya di PC. Sementara gamer casual yang cuman pengen hilangin stress dan have fun banyak dominasi console. Terus dari keduanya siapa yang terbaik? Console kah? PC kah?

Nulis artikel dibayar

Banyak sekali pernyataan di internet bahwa console itu lebih baik dibanding PC Gaming karena memang didesain khusus untuk memainkan game aja. Lalu, apa aja sih keunggulannya? Saya udah ngumpulin banyak sekali keunggulan console dibanding PC Gaming yang bisa kamu baca di bawah. Sebelumnya, ini adalah artikel counter dari artikel saya sebelumnya yang bisa kamu baca melalui link berikut. Oke ngga perlu nunggu lama lagi cekidot!

10. Jarang ada Cheater


Masalah utama yang dihadapin gamer PC adalah bejibunnya orang-orang kurang pintar dan males tingkat dewa bahkan cuman buat main game tapi pengen menang cepet, atau bahasa kerennya cheater. Makhluk kurang ajar ini banyak banget di PC, hampir ngga pernah absen muncul di game kompetitif pas baru dirilis. Ngga cuman bikin developer pusing tapi player yang main jujur juga pusing. Hal ini tentu karena dipicu dengan open-source-nya data game yang mereka mainkan dan bisa dimodifikasi sesuka hati.

Kalo di console? Jarang banget kamu nemuin ini, karena console dibuat sedemikian rupa biar ga gampang diutik-utik filenya. Apakah tetap bersih? Nggak! Tetep ada cheater di game console kompetitif, tapi kalo dibandingin di PC jumlahnya jomplang banget.

9. Langsung Jalan


Langsung jalan? Ngga, ini bukan jalan kencan bareng console, tapi consolenya langsung bisa dimainin. Beda dengan PC yang perlu colok sana-sini, rakit ini-itu, kamu tinggal colokin console ke TV/Monitor dan colok kabel power ke listrik, nyalain, beres kamu bisa maen game yang kamu suka. Nikmat mana yang bisa kau dustakan?

8. Ngga Perlu Cek Spesifikasi

Pemilik atau calon pemilik PC pasti harus nentuin dulu spesifikasi yang mereka butuhkan sesuai kegiatan gaming mereka. Misalnya aja pengen maen Metro Exodus nih, ternyata butuh 8GB RAM dan yang lain, harus nabung buat beli RAM terbaik biar tahan lama mengingat itu investasi juga. Nah console? Gak perlu! Cari di toko, beli, bawa pulang, dan mainkan. Ya, sesimple itu!

7. Lebih Murah


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, PC butuh komponen banyak, salah satunya RAM. Ia juga butuh CPU, GPU, Motherboard, HDD, Monitor, Keyboard, Mouse, Headset, hingga Speaker. Yang kalo dihitung-hitung bakal bikin dompetmu menangis. Sementara console tinggal cek harga pastinya di toko, udah bayar segitu ya segitu.

6. Bisa Dinikmati dengan Posisi Apapun


Kalo PC kamu cuman bisa duduk atau mentok laptop gaming kamu bisa sambil tengkurep, console ga perlu! Mau posisi 69, eh maksud kami posisi jongkok, duduk, tiduran, duduk sambil kaki diangkat, sampe pose ala kapten Ginyu dari Dragon Ball juga bisa. Maen di sofa atau kasur juga bisa.

5. Game Eksklusif Menjanjikan


PC sebenernya punya game eksklusif, tapi rata-rata gamenya banyak mikirnya, MMORPG lah, MOBA, Real Time Strategy, dsb. Kalo buat kamu-kamu anak milenial Indonesia zaman now yang kebanyakan males mikir, tentu genre kayak gitu ga bakal kamu sentuh. Tentunya kamu bakal milih game multiplatform dan hanya bisa ngiler liat God of War seri terbaru yang cuman bisa dimainin mereka yang punya PS4. Ya, console rata-rata punya game eksklusif yang beneran bagus demi meninggikan derajat console tersebut di pasaran.



Meski kebanyakan ngga semua game eksklusif dirilis di console aja, sebagai contoh Yakuza akhirnya rilis ke PC atau Ace Combat yang juga rilis ke PC. Namun semua itu kan perusahaan pihak ketiga dari manufaktur console, jadi wajar. Sementara perusahaan pihak pertama ga bakal ngerilis itu game ke PC. Contoh nih, kamu ga bakal nemu Uncharted di PC karena Naughty Dog merupakan developer pihak pertama yang dimiliki Sony Interactive Entertainment.

4. Controller Lebih Mudah Digunakan Dibanding Keyboard dan Mouse


Sebenernya ini masalah preferensi, tapi buat tangan kita yang udah biasa pegang controller sejak kecil tentu ia lebih nyaman dan mudah digunakan dibanding keyboard dan mouse saat main game. Terlebih bagi kamu yang sampe saat ini belum bisa ngetik tanpa liat keyboard.

3. Game Jepang Lebih Banyak


Sama kayak poin sebelumnya, ini juga masalah preferensi. Console yang kebanyakan datang dari Jepang, di mana semua kreativitas dan karya nyeleneh ada di sana semua, maka wajar apabila game Jepang lebih mendominasi dibanding console barat yang sampe detik ini yang paling sukses cuman Xbox.



Game Jepang umumnya berkutat di RPG, petualangan, imajinasi, dan cerita. Terlebih ngga sedikit game asal negeri sakura tersebut yang bakal muasin nafsu wibumu. Meski sekarang udah dikit-dikit nongol juga di PC (game Jepang), tapi kan ngga semuanya.

2. Main Bareng Keluarga Jadi Lebih Menyenangkan


Ini yang ngga bisa dilakukan PC, meskipun dia punya colokan yang ultra kompatibel dengan device apapun, tapi karena mekanismenya yang ribet, PC cuman bisa dipake satu atau maksimal dua orang aja di depan layar. Sementara console bisa dipake sampe empat orang atau lebih di depan layar. Tentunya jika didukung dengan layar TV yang besar.



Dengan begini, kamu bisa main sama kakak, adik, ayah, ibu, atau saudaramu jadi lebih menyenangkan. Taroh ruang keluarga, main bareng.

1. Lebih Jarang ada Bajakan


Oke mungkin pengguna bajakan di luar sana banyak yang protes masalah ini. Tapi jujur, apa sih yang bisa kamu banggakan dari bajakan secara esensi? Ngga ada, mana ada orang nyolong terus bangga? Kalo ada berarti moral situ rusak sampe ke ubun-ubun.

Minimnya pembajakan bukan berarti ngga ada bajakan sama sekali di console, tapi dia bisa ditekan lebih dalam. Buat developer dan publisher setidaknya bisa bertahan hidup di industri ini karena kamu telah mendukungnya dengan membeli game aslinya.

Jadi kamu yang sampe saat ini masih gunain bajakan, bersyukurlah pada mereka yang membeli gamenya makannya kamu bisa nikmatin game-game keren dari developer terbaik sampe saat ini. Saya pribadi pernah main bajakan, tapi sejak kenal game orisinal dan tahu bagaimana cara belinya, sekarang udah sangat amat jarang nyentuh begituan. Kalo ada yang bagus dan saya suka setelah liat trailer dan baca detil beritanya pasti siapin duit untuk beli. Jadi, kalo diitung ya saya juga sangat bersyukur. Tapi plis, dikit-dikit kamu tinggalin perbuatan tercela tersebut kalo misalnya sekarang belum bisa.


Nah itulah 10 alasan kenapa console lebih baik dari PC. Ngga perlu menjatuhkan satu sama lain, karena setiap platform punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Menurutmu, apa lagi yang jadi keunggulan console? Cantumin dong di bawah. Pengen baca artikel kayak gini lagi? Kamu bisa cek di G-List kami.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item