10 Alasan Kenapa Warframe adalah Game Free to Play Terbaik Saat ini ?


Banyak player Warframe yang sekarang sedang senang bukan kepalang melihat pengumuman Tennocon kemarin. Dengan tambahan update open world yang bersetting di planet Venus, beserta adanya gameplay pertarungan antar pesawat yang bisa dibajak secara langsung, tentu banyak player yang saat ini semakin optimistis dengan masa depan perkembangan free to play yang satu ini.

Ya, Warframe dari yang dulunya hanya sebagai game action biasa-biasa saja, sekarang sudah menjelma menjadi sesosok “ular” yang siap menerkam para pesaing-pesaingnya lewat berjibun konten yang sudah dihadirkan oleh Digital Extreme. Bagi saya sendiri, setetes keringat yang para developer curahkan dalam membuat game ini beserta keseriusan mereka untuk membangun relasi yang baik dengan para komunitas jelas sudah dirasa cukup untuk menahbiskan game ini sebagai game Free to Play terbaik sepanjang masa.

Eits tunggu dulu, istilah “sepanjang masa” nampaknya sangatlah terdengar naif dan berlebihan. Mungkin alangkah bijaknya bila saya menyebut Warframe sebagai game free to play terbaik saat ini. Sebagai salah satu pemain yang sudah memainkan game ini sekitar 360 jam lebih dengan banyak progress konten yang masih terbengkalai, tentu saya punya alasan kuat kenapa kalian para gamer yang haus akan keberadaan game gratisan setidaknya wajib untuk merasakan betapa manisnya game ini ?


1. “Warframe”-nya sendiri

Sesuai dengan judul gamenya, dalam Warframe kalian akan bermain sebagai “Warframe” (yo dawg). Warframe adalah sejenis mahluk yang mempunyai peran selayaknya ninja di Anime Naruto dalam versi sci-fi. Masing-masing dari mereka memiliki beragam skill unik dan cara bermain yang berbeda-beda.

Misal; ada satu warframe yang punya skill untuk memberi serangan langsung ke musuh entah melalui serangan yang berbau magic ala rasengan atau chidori maupun melalui kekuatan fisik dari sang Warframe tersebut. Lalu ada juga Warframe yang punya peran sebaliknya mirip seperti Sakura Haruno di mana ia bisa memberikan bantuan penyembuhan atau mungkin buff bagi Warframe rekan-rekanmu yang sedang terluka. Belum lagi masih ada Warframe dengan kemampuan yang lebih bersifat utilitas seperti menghentikan musuh lewat serangan waktu atau Warframe yang dapat memanggil mayat-mayat musuh yang sudah mati selayaknya necromancer.

Itu pun masih termasuk sedikitnya contoh dari banyaknya Warframe yang bisa kamu mainkan di game ini. By the way, Saya belum sempat bilang tentang adanya satu Warframe yang dapat menyesuaikan warna kostum yang kamu kustomisasi dengan berbagai elemen ya ? Walaupun free to play, semua Warframe di dalam game ini menariknya bisa kamu dapatkan secara gratis dengan menyelesaikan misi-misi tertentu dan mencari drop dari sebuah misi atau boss tanpa merasa perlu harus melakukan top up selayaknya para sultan ketika bermain game-game freemium.


2. “Membantai” banyak musuh dengan “elegan” itu sangat Menyenangkan

Meski bertemakan ala cyber ninja, kamu pun juga bisa memainkan game ini secara rambo dengan membantai musuh-musuh yang kamu jumpai baik melalui skill dari Warframemu, ataupun segala macam senjatanya yang sedang kamu pakai. Sehingga bisa dibilang bahwa game ini juga memiliki perpaduan akan unsur platforminghack and slash, third person shooter, sampai ke stealth action yang dikemas secara lebih dinamis.

Masih berbicara dalam konteks “bantai-membantai”, sebenarnya aspek combat tersebut bukanlah satu-satunya hal yang akan kalian rasakan dalam Warframe. Kalian juga dirasa perlu untuk mempelajari sebuah sistem-sistem pergerakan (movement) yang merupakan salah satu hal yang tak kalah esensialnya di game ini. Seperti layaknya ninja, kalian di sini bisa melakukan aksi-aksi parkour yang menjurus ke gerakan akrboatik seperti sprint, sliding, bullet jump, double jump gliding, sampai menempel ke dinding seperti seekor cicak. kalian bisa memanfaatkan elemen-elemen movement tersebut guna menyelesaikan misi secara efektif, ataupun mengalahkan para musuh dan boss secara lebih cyantik.


3. Co-op yang cukup “kompetitif”

Seperti yang kalian tahu Warframe pada dasarnya memang merupakan game Co-op. Namun, game ini juga mampu menampilkan sisi kekompetitifan di antara playernya ketika berhasil bekerja sama dalam menyelesaikan suatu misi. Di akhir misi bersama dengan teman-teman ataupun orang-orang random yang bermain bersama kalian, akan muncul sebuah info statistik mengenai aksi-aksi yang kalian sudah lakukan dalam misi tersebut. Baik tentang presentase damage yang sudah kalian keluarkan bila dibandingkan dengan player lain, jumlah kill, loot yang telah diambil, dan masih banyak lagi.

balik lagi mengenai aspek co-op nya sendiri, game ini sudah menawarkan hal-hal yang sangat begitu mengasyikan ketika kalian mencoba bermain bersama dengan para player lain baik secara casual, ataupun serius dalam misi-misi tertentu. Sebagian misi ataupun konten end-game dalam Warframe memang ada yang sangat begitu membutuhkan komunikasi dan koordinasi yang begitu baik di antara sesama para playernya. Terutama mengenai komposisi Warframe yang di pakai oleh tiap player, senjata, beserta dengan hasil buildnya dari masing-masing aspek tersebut.

Namun, apabila kalian memang benar-benar ingin murni secara langsung mengadu kebolehanmu dengan para player lain, pihak developer juga sudah memberikan satu konten yang dirasa dapat menyalurkan hasrat-hasrat para player yang sudah merasa gatal ingin mengalahkan Warframe milik player-player lain dalam mode PvPnya secara khusus.


4. “Variasi” senjata yang aduhai

Karena bersetting di luar angkasa, rasanya tidak etis bila seorang Warframe hanya dibekali senjata pedang, kunai, panah dan shuriken semata demi membuat mereka benar-benar terlihat seperti seorang ninja. Di sini akan ada banyak berjibun lingkup senjata, mulai dari bermacam-macam senjata api ala tentara seperti pistol, assault rifle, shotgun, sniper rifle, maupun senjata-senjata sci-fi kontemporer yang bermuatan energi laser sekalipun. Belum termasuk juga dengan adanya variasi senjata melee, terutama dengan adanya senjata semacam palu, kapak, arit, tongkat, dan masih banyak lagi.

Menariknya, semua senjata yang ada di game ini tidak ada satupun yang murni didapat melalui microtransaction. Semuanya bisa kalian akuisisi dengan rajin memainkan gamenya dan mencari blueprint beserta material yang dibutuhkan guna bisa menciptakan senjata tersebut.


5. Bisa “bergacha” tanpa energi dan embel-embel premium lainnya