10 Alasan Mengapa GTA San Andreas Masih Tetap Laris Manis di Indonesia


Follow Us

Membicarakan game Grand Theft Auto alias GTA di kalangan gamer-gamer Indonesia tentunya tidak dapat lepas dari salah satu seri paling ikoniknya, yaitu San Andreas. Seri ketujuh dari franchise GTA tentunya masih menjadi seri paling populer yang bahkan masih terbilang banyak dimainkan oleh para gamer di sini meskipun telah dirilis 15 tahun yang lalu. Menjadi bukti kejayaan di era Playstation 2 dahulu, tentunya kita bertanya-tanya mengapa game lawas ini masih tetap laris di Indonesia, dan bahkan popularitasnya mampu menyaingi game-game Rockstar terbaru seperti GTA V dan Red Dead Redemption 2.

Nulis artikel dibayar

Kamipun merangkum beberapa alasan yang kelihatannya akan menjelaskan mengapa seri GTA San Andreas ini masih tetap laris dan bahkan menjadi bagian bagi gamer di Indonesia. Yuk cek 10 Alasannya di bawah ini!


10. Ramah Kebutuhan Spek

Salah satu alasan yang paling mudah ditebak mengapa GTA San Andreas laris manis di Indonesia tentunya tidak jauh-jauh dari kebutuhan spesifikasi PC atau laptop yang ringan. Sehingga lebih banyak kalangan gamer yang dapat dengan mudah memainkan game ini di PC atau laptop dengan spek pas-pasan mereka dan sudah dapat menikmati petualangan CJ dan merasakan salah satu pengalaman open-world terbaik yang ditawarkan Rockstar. Sedangkan yang memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi “mumpuni” masih dapat meningkatkan grafik bawaan dari GTA San Andreas ini supaya lebih memeanjakan mata lewat mod grafis.


9. Map Bervariasi yang Terasa Luas

Secara ukuran sebenarnya map GTA San Andreas jauh lebih kecil dari GTA V, namun untuk urusan “terasa lebih besar” kelihatannya kita bisa setuju bahwa GTA San Andreas akan terasa lebih luas dan masif dengan 3 buah pulau terpisah dengan 3 kota besar yang memiliki keunikan masing-masing. Rockstar sendiri dahulu dengan cerdik dapat memasukkan beragam elemen mulai dari perkotaan, pedesaan, pegunungan, hutan, perkebunan, dan lain-lain ke dalam sebuah kemasan kecil. Berbeda dengan GTA V yang mengandalkan ukuran saja, namun akan terasa lebih kecil dan kosong ketimbang San Andreas. Apalagi GTA San Andreas memiliki lebih banyak tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi dan eksplorasi yang semakin membuat map milik GTA San Andreas terasa lebih menyenangkan.


8. Memiliki Alur Cerita GTA Terbaik

Mungkin untuk hal ini akan sedikit subyektif, namun bila kita membicarakan GTA setelah masuk ke 3D era (Sejak GTA 3) dan terus berlanjut ke GTA V, maka alur cerita terbaik yang pernah diangkat oleh GTA adalah San Andreas. Menceritakan CJ yang harus kembali ke kampung halamannya setelah Ibunya dibunuh, Ia harus mengembalikan nama baik dirinya dan Geng Grove Street-nya sekaligus mencari siapa dalang sebenarnya dari pembunuh Ibunya, sekaligus memperbaiki nasibnya sendiri.

BACA JUGA  Akankah GTA 6 Rilis di PS 5 Tahun 2020 Mendatang ?

Selama campaign kamu akan bertualang dari satu kota ke kota lainnya, menemui berbagai karakter baru yang menarik, serta menjalankan beragam misi yang tidak akan terasa repetitif. Cerita yang diberikan pun tidak terburu-buru dimana kamu dapat mengikuti evolusi dari CJ yang awalnya hanyalah anggota geng jalanan hingga menjadi salah satu orang paling berkuasa di San Andreas.


7. Punya Beragam Fitur yang Menarik

Untuk game open world yang dirilis 2004, GTA San Andreas bisa dibilang menjadi salah satu yang memiliki berbagai fitur menarik yang dapat dinikmati. Mulai dari kostumisasi karakter yang terhitung mendetail mulai dari pakaian, potongan rambut, hingga bentuk badan dari CJ. Belum lagi kamu bisa memodifikasi mobil yang kamu miliki, membeli properti di berbagai penjuru kota, melakukan beragam aktifitas lain seperti bermain basket, mengikuti balapan, hingga menjadi polisi.

San Andreas juga bahkan mendukung fitur co-op dimana kamu bisa bermain bersama temanmu untuk menjelajah atau sekedar membuat kekacauan di Kota. Belum lagi San Andreas memiliki beragam cheat konyol yang dapat diakses dengan mudah lewat joystick atau keyboard seperti mobil terbang, mobil di atas air, pukulan super, tidak bisa mati, jetpack, dan banyak cheat konyol lainnya.


6. Paling Banyak Dimiliki oleh Rental Game

source: romeogamer

Meskipun kini konsol tengah berada di batas ambang akhir sebelum muncul generasi baru dari Playstation 4 ataupun Xbox One. Namun kelihatannya untuk urusan rental game di Indonesia mayoritas masih mengandalkan Playstation 2 sebagai komoditas utamanya. Dan tentunya hal ini membuat keberadaan GTA San Andreas menjadi salah satu primadona yang masih terus bertahan hingga sekarang menjadi game “paling have fun” yang bisa dimainkan di rental.

Meskipun generasi anak-anak pemain rental Playstation ini telah berganti, namun dengan keterbatasan kemajuan rental-rental game terutama diluar kota-kota besar sepertinya mau tidak mau game open world terbaik yang mereka akan kenal dan dapat nikmati disana tentunya adalah GTA San Andreas. Apalagi dengan berbagai versi bootleg yang dibuat oleh para modder Indonesia.


5. Tersedia di Lebih dari Satu Platform

Source: pixellationmagazine

Bagi mereka yang tidak memiliki Playstation 2 dan bahkan tidak diperbolehkan bermain ke rental maka GTA San Andreas ini juga dirilis di berbagai platform lain yang dengan mudah diakses oleh para gamer. Kamu dapat memainkan game ini di PC lewat Steam, Playstation 3 dan Xbox 360 juga memiliki versi dari gamenya. Dan yang terakhir, sejak 2014-2015 Rockstar telah merilis GTA San Andreas ke dalam platform mobile iOS dan Android. Sehingga kamu yang hanya menggunakan smartphone pun dapat memainkan game ini. Apalagi sama seperti versi PC-nya versi mobile dari game ini bisa dibilang ramah spesifikasi untuk hitungan smartphone-smartphone jaman sekarang.

BACA JUGA  GTAVI Sedang Dikerjakan Menurut Resume Salah Satu Mantan Developernya

4. Sering Dimainkan oleh Streamer dan Youtuber Lokal

Satu faktor lain yang menyebabkan game ini masih kerap dimainkan oleh para gamer di Indonesia tentunya karena peran para streamer dan Youtuber yang tetap menggunakan game ini sebagai konten-konten mereka. Dan bukan hanya sekedar memainkan game ini secara biasa, para influencer ini juga menjajal berbagai hal, eksperimen, atau mod aneh yang tentunya pada akhirnya menarik rasa penasaran para penontonnya kembali memainkan GTA San Andreas untuk menjajal sendiri hal-hal tersebut. Konten yang sudah familiar dengan mayoritas gamer di Indonesia, serta game yang mudah didapatkan, dimodifikasi, dan dimainkan tentunya menjadi jalur yang mudah bagi para streamer dan youtuber untuk tetap melestarikan game ini.


3. Karakter-karakter yang Menjadi Ikon Meme

Selain dari sisi gaming, GTA San Andreas sendiri telah diabadikan dalam bentuk memes. Secara internasional tentunya karakter Big Smoke yang menjadi ikon memes dari GTA San Andreas, karakter tambun yang selalu menyuruh-nyuruh CJ untuk kepentingannya dirinya ini tentunya sudah kamu kenal jelas lewat quote-quote ikonik seperti “All you need to do was follow the damn train CJ” setelah misi kejar-kejaran kereta yang gagal. Atau daftar panjang pesanan Big Smoke di resto fast food.

Di Indonesia sendiri, karakter yang paling sering menjadi meme tentunya sang protagonis CJ yang oleh para pemain disini mendapat panggilan lokal Ucok. Hal ini sendiri disinyalir ketika awal kemunculan mod GTA Extreme Indonesia dimana sang pembuat mod dalam deskripsinya mengubah nama CJ menjadi Ucok dan disitulah nama Ucok menjadi populer digunakan oleh para Youtuber ataupun anak-anak komunitas meme game yang selalu menggunakan nama ini di setiap konten yang dibuat dan berhubungan dengan karakter CJ.


2. Bisa Dimainkan Secara Multiplayer

Kehadiran GTA Online di GTA 5 memang mengubah cara kerja Rockstar dalam memperlakukan game serta konten mereka. Namun ketika Rockstar dengan telaten memberikan support penuh mereka terhadap GTA Online. Para gamer yang memiliki dana dan perangkat game terbatas tentunya tetap tidak dapat menjangkau game tersebut. Disinilah salah satu faktor utama mengapa San Andreas masih laris manis di Indonesia, kehadiran fitur multiplayer dari GTA San Andreas lewat SA:MP (San Andreas: Multi Player) dan MTA (Multiplayer Theft Auto).

Kedua multiplayer ini memang bukan mode multiplayer resmi selayaknya GTA Online. Namun karena kebebasan tersebutlah komunitas dari kedua multiplayer ini berkembang sangat masif, bukan hanya sekedar dalam hal jumlah pemain. Namun juga mode permainan, hingga menjadi moderator di berbagai mode yang telah dibuat dan dikembangkan oleh komunitas itu sendiri.

BACA JUGA  Akankah GTA 6 Rilis di PS 5 Tahun 2020 Mendatang ?

1. Dukungan Mod Lokal yang Menggila

Source: GTAind

Faktor utama yang menurut kami menjadi faktor utama mengapa game ini masih laris manis masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Dengan semakin berkembangnya komunitas para pemain GTA San Andreas yang masih tetap aktif, para modder gamenya pun kini semakin bermunculan. Mulai dari mod-mod standar seperti mengganti model kendaraan, senjata, map. Hingga berbagai mod yang merubah kondisi gamenya seperti tsunami, serangan alien, kiamat, dll.

Bahkan untuk di Indonesia sendiri saja sudah banyak modder yang telah memodifikasi banyak hal di dalam GTA San Andreas versi PCnya, beberapa bahkan menyuntikkan mod-mod yang membawa kearifan lokal seperti berbagai kendaraan dari dalam negeri seperti mobil polisi dan taksi lokal, hingga bangunan seperti SPBU, minimarket lokal, dan lain sebagainya. Bahkan ada versi GTA San Andreas yang telah terpasang mod-mod ini yang dinamai GTA Extreme Indonesia. Dalam deskripsinya game ini telah terpasang ratusan mod & cheat yang siap pakai, dan ada juga misteri-misteri seperti hantu dan lainnya yang bisa dijelajahi oleh para pemain di GTA Extreme Indonesia.

Source: ardiantono.wordpress.com

Disamping itu mod-mod ini dikumpulkan dan telah memiliki website sendiri yang bernama gtaind. GTAind ini sendiri seakan menjadi pusat dan pencarian utama dari komunitas pemain GTA San Andreas di Indonesia ini untuk mencari atau menerbitkan mod-mod untuk game GTA mereka. Para kontributor di GTAInd ini sendiri terbilang masih sangat cukup aktif dalam menerbitkan mod-mod bertema lokal untuk game GTA.


Itulah tadi 10 alasan mengapa GTA San Andreas masih sangat laris dimainkan di Indonesia. Bisa kita lihat bahwa kehadiran komunitas yang masih tetap tinggi lewat multiplayer SAMP dan MTA serta komunitas modder yang berkumpul di GTAInd dan terus aktif memproduksi mod-mod baru yang menarik minat para pemainnya untuk terus memainkan gamenya. Menjadi game lawas tentunya memiliki keuntungan bagi GTA San Andreas sendiri dimana banyak orang yang dengan mudah memainkannya. Terlebih dengan ketersediannya gamenya di berbagai platform. Apa kamu punya alasan lain mengapa game ini begitu laris disini? Tulis di kolom komentar ya!


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang GTA atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item