10 Antagonis Yang Tak Kalah Tenar Dengan Protagonis Dalam Video Game

in

Sebuah cerita memang selalu memiliki lakon dan musuh, namun tidak selamanya lakon selalu mengambil alih sorotan dalam suatu cerita, jika kita mengenal sosok Darthvader dalam cerita Star Wars, mungkin itu adalah salah satu contoh paling mainstream dalam cerita yang ada, seorang Antagonis yang berawal dari Protagonis sehingga memiliki kesan tersendiri akan keberadaanya dan membuat para penikmat cerita tak mungkin melupakanya.

Dalam Video Game kasus serupa juga sering ada, maka dari itu kami akan membahasnya dengan memberikan 10 nama yang akan tertera dibawah, tentu saja ini hanya sebagian dari keseluruhan Antagonis terkenal yang tak kalah dari Protagonis dalam sebuah Video Games, jadi jika ada kesempatan kami juga akan membuatnya dalam Tulisan Listicle serupa dengan embel-embel Part 2.

Mari kita lanjut, ini dia List nya.


10. Kazuya Mishima (Tekken)

Tekken adalah salah satu Franchise paling terkenal dalam Genre Fighting hingga saat ini, sampai sekarang saja Tekken sudah rilis 7 seri, dan dirumorkan akan berlanjut dengan seri ke 8 yang mungkin akan tiba di Konsol generasi mendatang.

Dalam kisah yang ada dalam game tersebut tidak mungkin kita tak mengenal Kazuya Mishima, menjadi salah satu Villain terkenal dalam Franchise tersebut Kazuya seolah tak pernah Absen dalam setiap cerita yang ada, dia juga adalah ayah kandung dari sang Protagonis utama yaitu Jin Kazama, Jin adalah hasil dari pernikahan antara Jun Kazama dan Kazuya Mishima.

Dalam kisah Tekken yang berawal dari kutukan yang menimpa keluarga Mishima (Heihachi) yang menikahi Kazumi yang ternyata memiliki darah Iblis, membuat Heihachi akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kutukan tersebut dengan membunuh Kazuya setelah bertarung dengan Evil Kazumi hingga membuat Heihachi sampai harus membunuh Kazumi yang sangat dicintainya, hal tersebut juga yang membuat Kazuya membenci Heihachi, sehingga mereka akan langsung bunuh-bunuhan jika bertemu.

Faktanya adalah Kazuya sebenarnya di Plot sebagai Protagonis utama dalam Franchise Tekken sebelum akhirnya dirilis Jin Kazama pertama kali pada Tekken 3. Tekken dan Tekken II adalah debut Kazuya dalam kisah perubahan dari Protagonis menjadi Antagonis utama dalam Franchise Bandai Namco tersebut.


9. Iori Yagami (King of Fighters)

Iori Yagami adalah rival utama dari sang Protagonis utama yaitu Kyo Kusanagi, sebenarnya Iori memiliki nama marga asli ‘Yasakani’ dan memang sudah mendarah daging sejak 660 tahun yang lalu bahwa keluarga Kusanagi dan Yasakani adalah rival abadi dalam dunia King of Fighters.

Awalnya dalam cerita KOF ada 3 Klan penting yang menjaga sebuah keseimbangan, agar Orochi (Antagonis sebenarnya) tetap tersegel dalam 3 Pusaka Kuno yang juga dijaga dengan 3 Klan, yaitu Kusanagi, Yasakani dan Yata, jadi bisa dibilang biarpun ketiga klan tersebut rival namun mereka tetap menjaga tugas penting agar Orochi tidak bangkit, mereka bisa dibilang juga adalah 3 Klan hero yang ada dalam cerita KOF.

Sampai suatu ketika klan Yasakani melakukan kontrak dengan Orochi untuk mengalahkan Kusanagi, itulah alasan mengapa akhirnya Iori juga memiliki darah Orochi, seketika 3 Klan tersebut bubar dan semakin menjauh hingga membenci satu sama lain setelah mengalahkan Orochi, terutama permusuhan antara Klan Kusanagi dan Yasakani yang berlanjut hingga generasi Kyo dan Iori.

Berkat kebangkitan kekuatan Orochi pada Iori membuat dia seketika menjadi Villain karena Iori tidak sadarkan diri serta haus darah, akibatnya Iori kehilangan kekuatanya yaitu ‘Violet Flames’ karena dinilai sudah ‘Tidak Pantas’ dan berakhir dicuri oleh Ash Crimson yang juga menjadi Protagonis baru dalam KOF, namun Iori sebenarnya tetap membantu Kyo dan Chizuru jika ada masalah serius yang berhubungan dengan Orochi, jadi bisa dibilang Iori kadang jahat kadang juga baik, biarpun oleh SNK sendiri Iori sudah di Plot menjadi salah satu Antagonis utama.

Saking tenarnya Iori hampir selalu menjadi Roster utama jika SNK melakukan kolaborasi dalam suatu game.


8. Geese Howard (Fatal Fury)

Geese Howard adalah musuh bebuyutan dari Terry Bogard dan Andy Bogard dalam seri Fatal Fury, sebelum bergabung menjadi satu dengan King of Fighters, Fatal Fury adalah salah satu Franchise SNK yang tidak kalah ngetren pada masanya, namu karena SNK berupaya membuat KOF menjadi lebih luas, Fatal Fury menjadi digabungkan dalam seri KOF.

Geese adalah Villain yang serupa Mafia, yang menjadi penguasa dunia gelap di daerah South Town dalam seri Fatal Fury, Geese juga adalah adik angkat dari ayah Terry dan Andy sampai akhirnya mereka saling bunuh-bunuhan akibat memperebutkan gulungan rahasia milik dojo tempat Geese dan Jeff Bogard (ayah Terry) belajar ilmu bela diri, Geese memaksa ayah Terry untuk memberikan gulungan tersebut hingga bertarung sampai ayah Jeff meninggal.


7. Sephiroth (Final Fantasy 7)

Siapa yang tidak mengenal orang ini?, dalam kisah FF7, Sephiroth seolah menjadi daya tarik tersendiri dalam kisah FF7, Sephiroth juga adalah salah satu Villain yang berhasil mengalahkan Hero dalam cerita tersebut yaitu Zack, sebelum Cloud, Zack adalah Protagonis utama dalam Timeline Final Fantasy 7, bahkan dia juga berhasil membunuh kekasih dari Jack yaitu Aerith.

Sampai akhirnya Cloud Strife dapat mengalahkan Sephiroth dengan cara yang tidak mudah, bukti kekuatanya menjadi tolak ukur bahwa Sephiroth adalah salah satu Villain paling gahar dan tenar, sehingga tidak heran dia menjadi salah satu karakter yang memiliki banyak penggemar dalam Franchise Final Fantasy.


6. Bowser (Mario Bross)

Satu-satunya Antagonis dalam cerita Mario yang paling jelas identitasnya, konsistensinya dalam membuat kekacauan di Mario Universe membuat kita sangat kenal dengan sosok Kura-kura Naga satu ini.

Dalam cerita Bowser sendiri tidak terlalu jahat seperti Villain lain dalam game-game lain sih, hanya saja motifnya yang kadang tidak jelas saat menjadi Villain membuatnya menjadi karakter yang dikenal masyarakat hingga sekarang, kadang Bowser ingin menikahi Peach, kadang juga ingin menjadi raja dalam Kerajaan Jamur, dll.

Ya memang tidak jelas motif dia menjdi Villain, sama seperti bentuknya yang tidak jelas. Kura-kura kok Naga!


5. Tim Rocket (Pokemon)

Trio Kwek-Kwek dari Universe Pokemon ini tentu saja tak boleh dilupakan, terdiri dari Meowth, Jessie dan James (Versi Internasional), mereka selalu memiliki tujuan untuk menangkap Pokemon yang dimiliki oleh Ash, terutama Pikachu, karena mereka percaya jika menyerahkan Pikachu pada atasan, mereka akan naik Pangkat.

Namun selain kegiatan nyolong yang mereka perbuat, mereka juga sering terlibat dalam kegiatan positif seperti membantu Ash dan kawan-kawan mengalahkan musuh, jadi bisa dibilang mereka kadang jahat, kadang juga baik, karena sifat asli mereka juga tidak jahat kok.

Keberadaan mereka dalam seri Pokemon terbukti membawa kesan tersendiri, disaat kita biasanya benci pada karakter Antagonis yang selalu mengganggu, Tim Rocket bisa dibilang kebalikanya, keberadaan mereka selalu menjadi elemen hiburan tersendiri dalam Pokemon, kadang tanpa mereka Pokemon agak sedikit hambar, karena kurang bumbu lawak seperti yang biasanya Tim Rocket hadirkan dalam setiap cerita.


4. Albert Wesker (Resident Evil)

Bisa dibilang adalah biang kerok dalam cerita RE, Albert Wesker juga dikenal sebagai Antagonis paling sangar dicerita RE, berawal sebagai pemimpin STARS, ternyata Wesker juga adalah agen ganda dari Umbrella Corporation, namun Wesker memiliki agenda kepentingan sendiri yaitu menginginkan serum untuk membuatnya memiliki kekuatan Super berkat bantuan Virus yang awalnya dibuat untuk menunjang kehidupan manusia (Sebagai Obat macam-macam penyakit).

Wesker sangat sulit dikalahkan, saking jagonya karena memiliki Super Speed, Regen, dan kekuatan Super, Chriss dan Jill butuh dari sekedar ratusan peluru dan ledakan untuk mengalahkanya, biarpun Wesker sudah tewas, keberadaanya masih menjadi ikon sendiri dalam Franchise Resident Evil, sehingga kita tidak mungkin bisa melupakan karakter satu ini. ya gak?


3. Arthas Menethil (Warcraft)

Awalnya Hero menjadi Villain, Arthas dibesarkan menjadi seorang Paladin yang disumpah akan melindungi rakyatnya, dan tentunya pewaris kerajaan setelah ayahnya pensiun, namun Arthas melakukan kesalahan setelah mengambil pedang milik Lich King yang telah dikalahkan, bukanya menjadi baik, Arthas malah termakan kekuatan jahat yang ada didalam pedangnya, sehingga membuatnya kehilangan akal sehat dan berujung membunuh ayahnya sendiri, dengan atas nama ‘Malanjutkan tugas ayahnya’.

Jika diingat-ingat kisah Arthas adalah salah satu kisah yang sempat ngetren karena sering diobrolkan kalangan Gamers pada zamanya game ini baru-baru rilis, karena Blizzard memang tidak pernah setengah-setangah dalam membuild sebuah cerita sebuah Video Games.


2. M. Bison (Street Fighters)

Antagonis paling ngeselin tapi jago yang pernah ada dalam cerita game, M Bison juga bisa dikenal dengan nama Vega, karakter ini terkenal dengan kekuatan Psikokinesis nya sehingga dia tidak pernah menyentuh tanah sama sekali, Bison benar-benar kejam dan ingin menguasai dunia, dalam cerita Street Fighters Bison sudah melakukan beberapa kelakuan jahanam, seperti mebunuh Ayah Chun-li, menyiksa Ryu, mencuci otak Ken, bahkan menculik gadis-gadis seperti Cammy untuk menjadi percobaan.

Pokoknya Antagonis paling tenar jaman Ding-dong menurut kami sih M Bison bisa dibilang adalah rajanya.


1. The Joker (Batman dan DC Comic Game)

Badut paling ikonik sepanjang masa? mungkin bisa dibilang begitu, Joker sendiri berasal dari DC Universe dari Komik Amerika, menjadi salah satu karakter terpenting dalam Kisah Batman, Joker selalu menjadi otak dari setiap kejahatan yang ada di dunia DC, terutama di Gotham City tempat Batman berada.

Saking gilanya Joker dan Otak Jahatnya, dalam beberapa serial game, Joker selalu menjadi inti dari sebuah kejahatan yang ada, biarpun dari segi fisik dia bukanlah petarung yang hebat, rencana jahatnya selalu membawa dampak kekacauan luar biasa.

Contohnya seperti di game Arkham City dan Injustice, dalam seri Injustice, Joker menjadi dalang utama perpecahan antara Justice League setelah merancang kekacauan yang berujung kematian Lois Lane yang membuat Superman hilang kendali dan membunuh Joker, memang Joker terbunuh dalam insiden tersebut, namun dampaknya sangat gila, membuat perpecahan Justice Leage dimana dalam seri tersebut terdapat dua kubu yaitu kubu Batman dan Superman, kedua kelompok tersebut memiliki dua pandangan yang bersebrangan dalam menangani sebuah kejahatan, tragisnya juga malah membuat kedua kelompok tersebut menjadi bermusuhan satu sama lain.

Gila kan dampak dari otak joker?


Sebenarnya masih banyak lagi kok, hanya saja kali ini kami hanya berkesempatan membahas 10 nama, apakah butuh kami buatkan Part 2 nya?

Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih!

Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: [email protected]