10 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk PC dan Laptop 2021

in ,
Edit Video

Dengan semakin populernya YouTube dan social media berbasik video, banyak orang yang mulai tertarik untuk menyentuh dunia video editing yang sebelumnya hanya terbatas pada mereka para wedding organizer, film-maker, travel, dan sejenisnya.

Namun dengan banyaknya aplikasi edit video di luar sana, tak sedikit yang mulai resah menentukan aplikasi mana yang harus mereka gunakan. Apakah itu gratis, berbayar, miliki fitur lengkap, mudah digunakan untuk pemula, mendukung kebebasan berkreasi, maupun yang lain.

Kabar baiknya, kami telah rangkum sekitar 10 aplikasi edit video yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Lantas apa saja aplikasi edit video yang bakal membantumu? Berikut 10 aplikasi edit video terbaik untuk PC dan laptop 2021. Perlu diingat, kami juga memasukkan salah satu aplikasi yang hanya bisa diakses di Mac/Apple Device saja, jadi tak sepenuhnya PC untuk Windows.

10. Sony Vegas Pro (Kini Vegas Pro Saja)

Sony Vegas Pro bukan nama yang baru di dunia editing video. Aplikasi yang sudah bernama Vegas Pro saja karena lisensinya telah dibeli MAGIX Software ini merupakan aplikasi edit video profesional dengan multi-track video dan audio. Kamu bisa numpuk lebih dari 5 video maupun audio di Vegas Pro. Ngga pake fitur subscription alias langganan jadi salah satu keunggulannya meskipun di sisi lain, MAGIX Software juga nawarin fitur ini buat kamu yang ngga mau bayar $400 buat beli softwarenya.

9. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio miliki preset editing yang beragam. Kamu bisa edit video layaknya video editor profesional dengan cara yang sangat mudah, tinggal tempel dan jadi. Aplikasi edit video yang satu ini saya rekomendasiin buat kamu yang pengen cari yang mudah dengan banyak preset yang ngga ecek-ecek. Khususnya bagi kamu yang baru belajar.

8. Cyberlink PowerDirector

Aplikasi kedua yang membuat saya semakin jatuh cinta secara pribadi dengan dunia video editing setelah Windows Movie Maker (saya tidak memasukkannya karena tidak ada di Windows 10). Meski hasil editan emang tergantung sense masing-masing editor, namun Cyberlink PowerDirector punya ragam fitur yang kamu butuhkan dalam video editing. Kemudahan menjadi salah satu kuncinya dengan template yang telah mereka sediakan.

7. Lightworks

Lightworks jadi salah satu aplikasi edit video yang juga sangat umum digunakan di film Hollywood kebanyakan. Menariknya, versi gratis yang disodorkan miliki nyaris semua fitur yang dimilikinya. Batasan yang diberikan untuk versi gratis Lightworks adalah export file video yang hanya web-compatible dalam resolusi 720p. Biaya berlangganannya juga tidak begitu mengeruk dompet yakni sekitar $30 sudah termasuk pajak. Sayangnya tidak ada penyesuaian harga dan paket untuk regional lain. Tapi bagi kamu yang ingin membelinya secara permanen, sepertinya kamu harus siapkan dana sekitar 7-8 juta rupiah. Bedanya jika kamu beli yang permanen adalah tidak adanya update besar yang mereka implementasikan.

6. Apple Final Cut Pro X (Hanya untuk Mac)

Kamu pengguna Apple jelas ngga mungkin ngga kenal Final Cut Pro X. Aplikasi ini banyak digunakan video editor profesional hanya dengan sekali beli tak seperti Adobe Premiere Pro yang harus berlangganan. Sayangnya dia hanya tersedia di Apple / Mac saja. Fitur Magnetic Timeline, grouping tools, dan efeknya yang beragam membuatnya paling mudah untuk menaklukkan hati para video editor. Tak termasuk fitur integrasinya dengan aplikasi Apple yang lain, salah satunya seperti iTunes.

5. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve miliki keunggulan color grading dengan in-depth color grading yang sangat imersif. Kamu bisa potong video dan audio, menambah animasi 2D atau 3D, dan efek lainnya. Ia miliki fitur yang sangat kaya dengan interface yang sangat intuitif. Membuatmu jelas bakal otomatis jatuh cinta sama aplikasi edit video yang satu ini.

4. Wondershare Filmora

Wondershare Filmora terbagi atas dua jenis: pemula dan profesional. Kamu yang pengen kemudahan bisa aktifin fitur Easy Mode. Kemudahannya udah kayak aplikasi edit video biasa, lengkap dengan beberapa efek yang bakal mudah diimplementasikan. Ia juga punya integrasi langsung ke YouTube atau Facebook agar kamu bisa langsung upload ke kedua platform tersebut. Sayangnya, kamu perlu bayar aplikasinya kalo pengen nyimpen filemu ke PC.

3. Corel Video Studio

Aplikasi yang paling mendekati aplikasi editing video profesional. Corel Video Studio hadir dengan beberapa preset mudah dengan templatenya yang luar biasa kaya. Ia juga bisa membuat efek video background transparan dengan beberapa klik. Dengan masking yang mudah tak ada yang sadar kalo kamu ternyata pake aplikasi yang gampang banget diutik-utik.

2. Hitfilm Express

Sebuah aplikasi edit video yang bisa dibilang bisa jadi perkenalanmu dengan aplikasi edit video profesional. Hitfilm Express punya fitur basic editing seperti trimming (potong), dan audio editing dengan visual effect / VFX yang bakal dorongmu buat belajar lebih jauh tentangnya. Ini digoda dengan kurang lebih 180 VFX yang telah disediakan. Kamu yang ingin menikmati lebih banyak fitur bisa membeli versi pro-nya.

1. Adobe Premiere Pro

Secara pribadi, Adobe Premiere Pro adalah aplikasi yang saya gunakan hingga detik ini untuk video editing. Memang, sekilas ia nampak sulit untuk digunakan karena memang aplikasi edit video ini didesain untuk profesional. Tapi kalo kamu udah biasa mengoperasikan Photoshop, sepertinya ngga bakal lama bisa belajar aplikasi ini. Ia miliki banyak sekali kustomisasi manual dengan ragam efek yang bisa diaplikasikan. Kamu bahkan bisa bikin efek baru dari kombinasi efek yang disediakan. Kreatifitas adalah jalan ninjamu ketika menggunakan aplikasi ini.


Itulah 10 aplikasi edit video terbaik untuk PC dan laptop 2021 versi kami. Kami berharap agar kamu bisa menjadikannya referensi untuk menuangkan ide kreatifmu. Tentu saja semua hasil video bakal ditentukan oleh editornya bukan aplikasinya. Karena aplikasi edit video bukanlah ilmu sihir yang bisa mengubahnya dalam sekejap. Ibarat pake Unreal Engine 4 pasti grafik gamenya bagus, ngga, ngga gitu konsepnya. Semua kembali ke yang pegang.

Punya aplikasi lain? Atau mungkin masih pengen nambah 20 aplikasi lagi? Biasa, cantumin semua isi otakmu di kolom komentar artikel ini atau saat kami membagikannya di Facebook.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).