10 Aplikasi Mobile Paling Banyak Di Download Dalam 1 Dekade

10 aplikasi paling banyak diunduh

Aplikasi mobile saat ini banyak sekali digunakan oleh masyarakat, mereka mendownloadnya untuk digunakan dalam berbagai hal. Aplikasi ini tentu saja banyak didownload oleh orang untuk sekedar bergaya atau digunakan untuk bisnis.

Nah, mungkin kamu penasaran mengenai aplikasi-aplikasi apa saja yang banyak didownload oleh para pemilik ponsel pintar di seluruh dunia dalam 10 tahun terakhir. Oleh karena itu, kami akan memberikan daftar 10 aplikasi mobile paling banyak didownload dalam 1 dekade.

Data ini kami peroleh melalui situs App Annie, sebuah situs yang berfokus untuk mengetahui perkembangan ranking pada aplikasi-aplikasi yang beredar di masyarakat. Data yang diperoleh merupakan kumpulan data yang dikumpulkan sejak Januari 2012 silam hingga November 2019.

1 Facebook

Aplikasi sosial media buatan Mark Zuckerberg ini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh oleh para pengguna ponsel di seluruh dunia. Dengan begitu, jika anggapan bahwa facebook sudah ketinggalan zaman sungguh sangat tak relevan.

Dalam sepuluh tahun terakhir, menurut App Annie, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi paling populer untuk diunduh. Facebook menempati posisi pertama dari 10 aplikasi paling banyak didownload oleh pengguna.


2 Facebook Messenger

Facebook kembali menjadi salah satu aplikasi paling banyak diunduh. Kali ini melalui aplikasi perpesanan miliknya, yaitu facebook messenger. Aplikasi perpesanan ini adalah satu paket untuk diunduh jika kamu ingin berkirim pesan dengan teman-temanmu di Facebook.

Jika dulu kamu bisa mengirim pesan hanya melalui satu aplikasi. Saat ini Facebook telah memisahkanya menjadi 2 aplikasi yang berbeda.


3 WhatsApp Messenger

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang sangat populer di dunia. Aplikasi ini sangat populer karena dinilai sebagai aplikasi perpesanan paling ringan dibanding aplikasi sejenis lainya. Selain ringan, tampilan antar muka dari WhatsApp juga mudah untuk dimengerti, terutama untuk para orang-orang yang tak terlalu paham dengan smartphone.

WhatsApp sendiri adalah salah satu perusahaan dari facebook. WhatsApp diakuisisi oleh facebook pada 2014 lalu, sehingga dengan begitu, lagi-lagi perusahaan milik Mark ini menenmpatkan aplikasinya menjadi salah satu yang paling banyak diunduh.


4 Instagram

 

Instagram adalah salah satu media sosial dimana kamu bisa mengunggah sebuah foto dan membagikanya dengan pengikutnya. Saat ini penggunaan Instagram menjadi sangat populer, popularitas dari aplikasi ini semakin melejit stiap tahunya setelah dirilis pada tahun 2010 silam.

Aplikasi sosial media ini juga memiliki induk perusahaan Facebook. Kamu bisa melihatnya setelah update baru-baru ini dimana terdapat sebuah tulisan from Facebook saat kamu pertama kali membuka aplikasi tersebut. Tak bisa dipungkiri memang, karena Mark lagi-lagi menempatkan aplikasi buatanya menjadi salah satu yang terpopuler.


5 Snapchat

Snapchat adalah salah satu aplikasi media sosial sekaligus perpesanan yang sangat populer dikalangan anak muda. Aplikasi perpesanan ini menjadi sangat populer karena memiliki fitur yang kekinian. Pengguna’anya juga sangat simple, sehingga siapa saja dengan mudah bisa mendaftarkan dirinya.

Diluncurkan pada 2011 silam, kini aplikasi Snapchat menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh oleh masyarakat dan menempati posisi ke-5 dalam satu dekade.


6 Skype

Skype adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan panggilan video. Aplikasi inimemiliki fitur panggilan video yang dulu sangat jarang sekali dimiliki oleh banyak aplikasi serupa di zamanya. Walaupun sempat redup, ternyata skype tetap masih banyak digunakan oleh banyak orang saat ini.

Diluncurkan pada 2003 silam, aplikasi ini awalnya hanya tersedia untuk versi PC semata. Namun, setelah berkembanganya OS Android dan iOS, mereka juga membuatnya untuk versi Mobile.


7 TikTok

TikTok, sebuah aplikasi media sosial untuk membuat video pendek yang sangat viral digunakan oleh banyak orang. Aplikasi ini sangat populer dikalangan masyarakat karena tampil dalam wujud yang cukup berbeda. Jika biasanya aplikasi media sosial itu berupa pesan text. TikTok hanya membuat sebuah video-video pendek yang bisa diedit sesuai kebutuhanmu. Tentu saja dengan filter-filter yang telah disediakan oleh aplikasi, serta ditambah kreativitas dari pembuatnya.

Aplikasi ini diluncurkan pada 2016 silam, namun walau masih baru, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh oleh masyarakat. Walaupun cringe(bagi sebagian orang), namun aplikasi ini memang cukup unik dan berbeda dari aplikasi perpesanan lainya.


8 UC Browser

Jika kebanyakan aplikasi diatas berupa sosial media, atau aplikasi perpesanan. Nampaknya posisi ke-8 akan sangat berbeda, karena UC browser adalah sebuah aplikasi browser yang digunakan untuk melakukan pencarian. Aplikasi buatan Alibaba ini sangat populer karena memiliki fitur yang tak dimiliki oleh kebanyakan browser lain yang beredar.

UC Browser adalah sebuah aplikasi browser miliki Alibaba Group. Dimana perusahaan ini dimiliki oleh Jack Ma, seorang busnisesman yang sangat populer dikalangan masyarakat luas karena kepribadianya yang nyentrik serta menimbulkan kehebohan.


9 Youtube

Youtube kali ini sukses menampati posisi ke-9 dalam 10 aplikasi paling banyak diunduh dalam 1 dekade ini. Aplikasi milik Google ini adalah sebuah aplikasi yang berupa platfrom untuk mengunggah video. Aplikasi ini menjadi sangat populer setelah banyak conten creator yang membuat channelnya pada platform ini. Para conten creator ini disebut dengan nama Youtuber.

Saat ini, Youtube adalah salah satu platform unggah video paling banyak pengguananya. Dirilis pada 2005 silam, youtube semakin terkenal, selain karena banyaknya youtuber, hal ini mungkin disebabkan karena aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi bawaan ketika kamu membeli ponsel berbasis Android.


10 Twitter

Twitter adalah salah satu aplikasi sosial media yang masih bertahan hingga saat ini. Walaupun sempat dikabarkan bangkrut dan akan menutup layananya, mereka ternyata sukses kembali bangkit dan menjadi salah satu sosial media paling ramai digunakan.

Berbeda dengan sosial media lainya, twitter memiliki ciri khas dimana mereka memiliki sebuah batasan dalam menulis sebuah post. Kebanyakan, saya berupa sebuah kalimat-kalimat pendek semata. Selain itu, twitter juga sangat ringan dan hemat kuota, karena sosial media ini, sebagaian besar hanya berupa teks semata.


Itulah 10 aplikasi paling banyak diunduh oleh masyarakat dalam 1 dekade ini. Untuk membaca lebih jelasnya, kamu bisa mengaksesnya melalui link atau tautan berikut, silahkan klik disini

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version