10 Aplikasi Transfer File Termudah dan Cepat Untuk Android

phone to phone transfer e1570225241996

Perkembangan smartphone kini sangat pesat. Dari yang awalnya hanya punya storage ratusan MB kini bisa ratusan Giga. Tak jarang, banyak pengguna smartphone kini memilih untuk menaruh file bermacam-macam ke handheld mereka ketimbang menggunakan media lain semacam flashdisk karena hal itu. Namun, masalah baru pun muncul. Bagaimana cara memindahkan file yang bejibun banyaknya itu secara praktis dan cepat? Nah salah satunya adalah lewat app-app file transfer.

Di G-List edisi kali ini kami punya 10 rekomendasi app untuk transfer file yang bisa kalian pilih, check it out.


10. Easy Share: WiFi File Transfer

Kita mulai list ini dengan Easy Share: WiFi File Transfer. Sesuai namanya, app ini bergantung dengan koneksi WiFi secara peer-to-peer untuk mengirim data. Selain file sharing dari hape ke hape lewat wifi, kalian bisa transfer file ke PC atau laptop lewat koneksi FTP. Kalian juga bisa membackup app yang terinstall di hape kamu ke SD card secara otomatis. App gratisan (dengan iklan) oleh MobileIdea Studio ini diklaim memiliki file transfer speed hingga 20 MBps


9. SFT – Swift File Transfer

Berikutnya ada Swift File Transfer. App ini mengklaim kalian bisa mengirim file secara offline ke 2 handphone tanpa melalui bluetooth. Cukup dengan menghidupkan antena wifi kedua handheld tersebut tanpa menghubungkannya dengan wifi apapun, maka keduanya akan terhubung. Selain itu, app ini diklaim bisa mengirim file antar handphone yang berjarak 30 meter dengan speed 8 MBps


8. XShare

Selanjutnya ada XShare. App yang juga mengandalkan wifi untuk transfer data ini memiliki fitur scan QR code untuk proses verifikasi transfer data. Selain itu, App yang cuman butuh Android 5 ini juga mengklaim kecepatan transfer 200x lebih cepat ketimbang Bluetooth.


7. SuperBeam

Di nomor 7 ada SuperBeam. App dengan versi berbayar dan gratisan ini punya fitur NFC untuk transfer data. Selain itu, kalian juga bisa sharing file dengan device lain yang belum pakai SuperBeam lewat web interface.


6. Zapya MiniShare

Nomor 6 ada Zapya Minishare. App kecil-kecil cabe rawit ini cuman makan 1.8 MB dari storage kamu loh! Fitur-fitur lainnya meliputi group sharing yang bisa kalian pake buat kirim file ke banyak orang sekaligus, dan kompatibel sama Zapya file share di iOS, PC, dan Mac.


5. Send Anywhere

Top 5 kita mulai dengan Send Anywhere. App yang lagi-lagi juga pake WiFi Direct ini punya fitur file encryption buat ngebantu ngamanin data kamu. Selain enkripsi, ada juga 6 digit PIN biar tambah secure. Versi berbayarnya punya fitur semacam cloud save bernama MyLink yang bisa kalian isi hingga 1TB.


4. Xender

Next ada Xender. App ini secara prinsip dan cara kerjanya sama dengan app lain di list ini. Cuman kamu juga bisa backup data-data penting seperti kontak, SMS, App dari hape kamu ke hape yang lain. Selain itu, app ini juga mendukung file transfer antar platform, seperti Android, iOS, dan Windows.


3. ShareMe

Memasuki top three, kita mulai dengan ShareMe. App yang dulunya adalah MiDrop ini punya fitur interrupted resumes, dimana kamu bisa lanjut transfer file kalo terputus tiba-tiba tanpa harus mengulang dari awal. Selain itu, Xiaomi juga mengklaim app ini gratis dan bebas iklan.


2. AirDroid

Nomor 2 ada AirDroid. Secara fitur, app ini cukup variatif. Selain file transfer, kalian bisa melakukan remote access hape kamu melalui PC atau Mac secara wireless (semacam steam link tapi dibalik gitu). Trus ada juga fitur backup file-file penting, answer call lewat PC, dan juga Find my Phone.


1. SHAREit

Terakhir ada SHAREit. Dengan jumlah download yang mencapai lebih dari 1 miliar pengguna di Play Store, SHAREit menjadi file transfer app yang paling popular di list ini. Dengan fitur media playback (termasuk discover music) dan klaim transfer speed hingga 20 MBps menjadikannya salah satu penghuni top charts di Play Store.


Itulah 10 rekomendasi app untuk transfer file di Android. Semoga list ini bermanfaat buat kalian untuk cari referensi app file sharing di Android. Oiya, kalian bisa download di Play Store lewat link yang bisa diklik di nama masing-masing app lho.

Exit mobile version