10 Artis Berikut Sempat Sumbang Wajahnya di Video Game

in
10 Steven Ogg X Trevor Philips

Menggunakan artis atau aktor atau aktris atau apapun sebutannya dalam video game bukanlah sebuah hal yang baru. Namun menyumbang wajah dalam video game menjadi sesuatu yang cukup sulit dilakukan mengingat alatnya yang cukup mahal. Developer harus memiliki motion capture, hingga scan wajah menggunakan kamera khusus sehingga tampilan visualnya sangat mirip.

Kami sekarang telah resmi hadir di platform Tiktok! Follow akun Tiktok kami di @gamebrott.com untuk menjumpai berbagai informasi serta konten-konten video menarik kami lainnya.

Proses “penyumbangan” wajah tersebut seolah buktikan bahwa para aktor bisa ditransfer dalam video game dan memerankannya layaknya dalam film. Lantas, siapa saja para artis yang menyumbangkan wajahnya dalam video game sekaligus memerankannya? Berikut daftarnya.

10. Steven Ogg sebagai Trevor Philips – Grand Theft Auto V

10 Steven Ogg X Trevor Philips
Steven Ogg X Trevor Philips

Memulai debut sebagai aktor di film berjudul Law & Order di tahun 1990 dan Third Watch di tahun 1999. Sejak saat itu ia memainkan beberapa film. Karir Steven Ogg semakin meroket setelah ia diberi peran sebagai Trevor Philips oleh Rockstar di Grand Theft Auto V. Ia menyumbangkan wajah dan aktingnya yang sangat keren di salah satu karya terbaik Rockstar tersebut.

9. Kevin Spacey sebagai Jonathan Irons – Call of Duty: Advanced Warfare

9 Kevin Spacey X Jonathan Irons
Kevin Spacey X Jonathan Irons

Ingat press F to pay respect? Jika ya kamu pasti main Call of Duty: Advanced Warfare. Game ini perkenalkan Kevin Spacey sebagai pemeran karakter Jonathan Irons, antagonis utama gamenya. Spacey mulai karirnya pada tahun 80-an sebagai stage actor. Ia kemudian bermain sebagai pemeran pembantu di The Usual Suspects (1995). Karirnya menanjak sejak dapatkan penghargaan berkat perannya di American Beauty (1999).

8. Terry Crews sebagai Commander Isaiah Jaxon – Crackdown 3

8 Terry Crews X Commander Isaiah Jaxon
Terry Crews X Commander Isaiah Jaxon

Berkarir sebagai pemain football pada tahun 1988, Terry Crews terjun ke dunia film tahun 1996 dengan film yang ia buat dan produseri sendiri berjudul Young Boys Incorporated. Sejak saat itu dia bermain di beberapa film seperti The 6th Day (2000), Serving Sara (2002), hingga Idiocracy (2006). Crews terjun ke video game sebagai pengisi suara Hale Caesar di The Expendables 2 dan Benjamin King di Saints Row 4. Wajah dan suaranya akhirnya diadaptasi ke Crackdown 3.

7. Keanu Reeves sebagai Johnny Silverhand – Cyberpunk 2077

7 Keanu Reeves X Johnny Silverhand
Keanu Reeves X Johnny Silverhand

Mega bintang Keanu Reeves bukan orang baru di dunia film, karirnya melejit setelah memainkan film berjudul Speed di tahun 1994. Ia beberapakali berperan dalam film box office seperti The Matrix, Constantine hingga yang paling baru John Wick. Keanu terjun dalam industri video game sebagai Neo di Enter the Matrix dan Cyberpunk 2077 sebagai Johnny Silverhand.

6. Norman Reedus sebagai Sam Porter Bridges – Death Stranding

6 Norman Reedus X Sam Bridge
Norman Reedus X Sam Bridge

Berperan di film thriller horror, Mimic (1997), Norman Reedus melanjutkan karirnya di dunia film di beberapa judul seperti Blade (2002), hingga American Gangster (2007). Karirnya melejit setelah memerankan Daryl Dixon di serial TV The Walking Dead. Ia ditunjuk Hideo Kojima untuk perankan dan sumbangkan wajah dan tubuhnya sebagai Sam Porter Bridges di game barunya, Death Stranding. Reedus sebelumnya juga ditunjuk untuk jadi pemeran utama seri terbaru Silent Hills namun batal karena drama Konami.

5. Ned Luke sebagai Michael de Santa – Grand Theft Auto V

5 Ned Luke X Michael De Santa
Ned Luke X Michael De Santa

Sukses berkarir di Law & Order: Special Victims Unit di tahun 1999 dan Boardwalk Empire di 2010, Ned Luke ditunjuk Rockstar untuk sumbang wajah dan suaranya di Grand Theft Auto V. Seri yang tidak akan menyangka akan membesarkan namanya di masa datang.

4. Morgan Freeman sebagai dirinya – South Park: The Stick of Truth dan The Fractured But Whole

4 Morgan Freeman As Himself
Morgan Freeman As Himself

Perannya di dunia film sudah bukan hal baru lagi, Morgan Freeman adalah salah satu aktor paling populer dan ikonik asal Amerika Serikat dengan suaranya yang mirip dengan pidato politikus. Tidak ada yang menyangka bahwa pekerjaan pertama Freeman adalah Mekanik Angkatan Udara Amerika Serikat. Saking terkenalnya, ia ditunjuk untuk perankan dirinya sendiri di serial animasi South Park termasuk video game adaptasinya.

3. Mads Mikkelsen sebagai Clifford Unger – Death Stranding

3 Mads Mikkelsen X Clifford Unger
Mads Mikkelsen X Clifford Unger

Kesuksesan Mads Mikkelsen sebagai aktor senada dengan kesuksesan yang diraih industri film asal Denmark. Mikkelsen memulai karir sebagai aktor pada tahun 1996 di Pusher. Pelan namun pasti ia menjadi salah satu aktor terbaik berkat beberapa perannya di film seperti Shake It (2001) hingga King Arthur (2004). Ia dipilih Hideo Kojima untuk perankan Clifford Unger di Death Stranding.

2. Elliot Page sebagai Jodie Holmes – Beyond: Two Souls

2 Elliot Page X Jodie Holmes
Elliot Page X Jodie Holmes

Di industri video game, wajah Elliot Page sering dikaitkan dengan karakter utama The Last of Us yakni Ellie karena sangat mirip dengannya. Padahal, pada kenyataannya ia tidak memerankan salah satu game besar buatan Naughty Dog tersebut. Karirnya dimulai sebagai aktris di beberapa film seperti serial Pit Pony (1999), Juno (2007), hingga Inception (2010). Page terjun ke video game sebagai Jodie Holmes di Beyond: Two Souls.

1. Shawn Fonteno sebagai Franklin Clinton – Grand Theft Auto V

1 Shawn Fonteno X Franklin Clinton
Shawn Fonteno X Franklin Clinton

Shawn Fonteno adalah seorang rapper sebuah grup bernama Kam&Solo sekaligus aktor yang sempat memainkan beberapa film seperti Dead Homiez di tahun 1996, Three Strikes (2000), dan The Wash (2001). Karirnya meroket setelah ia jadi pemeran utama sekaligus menyumbangkan wajahnya di salah satu game terbaik Rockstar yakni Grand Theft Auto V sebagai Franklin Clinton. Fonteno adalah sepupu tertua dari Young Maylay, pengisi suara Carl Johnson atau CJ di Grand Theft Auto San Andreas.


Itulah 10 artis yang menyumbangkan wajah dan perannya dalam video game. Manakah yang menjadi favoritmu? Atau kamu punya daftar lain? Silakan cantumkan pendapatmu di kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Written by Ayyadana Akbar

Sr. Writer and Video Editor.
Mostly will cover PC/Console Japanese game, RPG, and shooter games.
Contact him at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.