10 Cara Mudah untuk Membuat HP Android Ngebut

Cara Buat Android Ngebut

Kehadiran sebuah smartphone kini bagaikan sesuatu yang tak terpisahkan dari keseharian manusia. Waktu berputar dan tampaknya hal tersebut benar adanya. Namun, ternyata masih banyak orang yang mencari cara untuk membuat HP Android ngebut, entah memang butuh, atau hanya sekedar coba-coba.

Mengoprek smartphone atau HP agar senantiasa berikan performa terbaiknya merupakan sebuah hal yang menarik bagi sebagian orang. Namun, sebagai orang awam atau yang tak mau ambil resiko, cara tanpa mengutak-atik HP tentu dirasa lebih aman.

Agar brott semua tak penasaran, berikut adalah 10 cara mudah untuk membuat HP Android milikmu ngebut seperti sedia kala.

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Bukan sulap, bukan sihir, namun menghapus aplikasi yang tidak terpakai, terbukti bisa membuat HP Android milikmu ngebut, brott. Jangan salah, meski tidak digunakan, namun beberapa aplikasi bisa berjalan secara background yang boleh buat baterai ponselmu habis. Bila tak memungkinkan, bisa mencoba hapus cache data melalui pengaturan.

Meski cara ini tak serta-merta akan efektif, namun penulis merasa bahwa cara ini akan lebih bermanfaat buatmu yang masih gunakan HP lawas. Lumayan bukan menambah masa pakai satu dua tahun sembari menabung?

2. Mengosongkan RAM

Kalau boleh dibilang, cara satu ini termasuk sangat klasik, bahkan kerap digunakan saat HP berbasis Android pertama dirilis. Hanya dengan beberapa kali ketukan, jumlah RAM yang sedang dipakai oleh aplikasi lainnya akan langsung dikosongkan.

Perlu dicatat bahwa cara ini akan menutup semua aplikasi yang kamu jalankan, jadi pastikan kamu telah menyimpan data yang diperlukan.

3. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Berbicara fakta, sebenarnya tak sedikit orang yang kerap gunakan aplikasi Lite ketimbang versi normalnya, termasuk penulis. Meski gunakan HP kekinian, namun rasanya beberapa fitur yang kerap disediakan versi normal tak melulu dibutuhkan. Jadi, ini bisa menjadi sebuah alternatif untuk membuat HP Android milikmu lebih ngebut, brott.

4. Lakukan Pembaruan Pada HP Android Milikmu

Melakukan pembaruan kadang bisa membantu keluarkan potensi sebenarnya dari HP berbasis Android milikmu, loh. Dengan lakukan pembaruan ke versi yang lebih baru, diharapkan kestabilan dan performa dapat ditingkatkan, dan problem hilang dengan sendirinya.

5. Jangan Lakukan Pembaruan Pada HP Android

Berbicara fakta, siapa bilang pembaruan akan selalu berikan sesuatu yang berguna? Kejadian ini pernah menimpa penulis yang gunakan HP Xiaomi Mi A1 dan Oppo F11. Menawarkan pembaruan terbaru, namun yang ada bukannya penambahan performa, melainkan penurunan performa secara keseluruhan.

Ponsel Mi A1 yang biasanya digunakan untuk bermain games, malah menjadi memble semenjak pembaruan. Lain halnya dengan Oppo F11 yang setelah diperbarui, bluetooth dan location akan menyala menyala setiap ada notifikasi muncul di layar.

6. Matikan Fitur Pembaruan Otomatis

Berdasarkan pengalaman penulis di atas, tentu membuat sedikit “trauma” ketika melakukan pembaruan yang konon katanya mampu berikan performa ekstra, brott. Memang, menonaktifkan fitur ini terbilang cukup ribet, namun adalah langkah yang harus ditempuh untuk minimalisir kejadian tak mengenakkan.

7. Restart Ponselmu

Bukan bermaksud berikan punchline ala salah satu ISP, namun lakukan restart pada HP Android milikmu bisa menjadi solusi mudah. Hal ini lagi-lagi pernah dialami penulis dengan limbah Jepang-nya, Sony XZ2 Premium, yang terkadang benar-benar terasa lelet ketika membuka aplikasi. Solusinya? Lakukan restart dan ponsel kembali seperti sedia kala.

8. Gunakan Launcher Android Terbaik

Sebelumnya, kami pernah membuat list apa saja launcher Android terbaik yang bisa kamu coba. Buktinya, dengan gunakan launcher tersebut, bisa saja HP Android milikmu makin ngebut karena bermacam faktor teknis.

9. Pindahkan atau Hapus File yang Tak Diperlukan

Masalah yang kerap dialami user ialah penyimpanan yang memang sudah terlalu sempit. Dengan memindahkan file berupa dokumen, gambar, maupun video yang tak digunakan, tentu akan membuat ruang ponselmu lega. Idealnya, menyisakan 10% dari total penyimpanan yang ditawarkan terbukti masih mampu keluarkan performa ponsel secara optimal.

10. Lakukan Factory Reset

Bila semua cara di atas tidak mempan untuk dilakukan, maka cara terakhir ini mungkin bisa kamu praktekkan. Harap diperhatikan bahwa cara ini akan menghapus semua data yang ada di HP Android milikmu demi membuatnya kembali ngebut. Pindahkan semua data yang kamu butuhkan sebelum melakukan cara ini ya, brott!

Akhir Kata

Sekiranya itulah 10 cara mudah untuk membuat HP Android milikmu kembali ngebut, brott. Cara di atas tampaknya perlu kamu lakukan terlebih bila ponsel milikmu sudah berulah, entah karena faktor usia, atau memang saatnya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version