10 Channel Youtube Untuk Menambah Insight Video Game Kamu

in ,

Youtube saat ini menjadi primadona dalam membagikan sebuah konten kepada konsumen yang tentu sangat unik sekali dari setiap konten yang dibagikan. Penulis merasa media saat ini sudah mulai cukup luas untuk dapat diperoleh serta mendapatkan perhatian lebih khususnya pada industri video game. Sayangnya, mungkin tidak semua orang juga mendapatkan manfaatnya bahwa sebenarnya youtube memiliki segudang konten yang sangat menarik namun tertutup dengan konten-konten yang mungkin tidak seharusnya layak untuk dikonsumsi juga. Pembaca mungkin ingin menambahkan daftar channel ini kedalam daftar langganan mereka bila pembaca tertarik dengan kontennya.


1. Gamology

Gamology


Merupakan salah satu channel yang membahas seberapa bagus gameplay serta grafis yang ditawarkan oleh suatu game melalui pendapat yang dipaparkan oleh para aktor-aktor terkenal, ahli dan juga para professionals. Penulis cukup suka dengan pembawaan dan konten-konten yang diberikan karena kita juga belajar dari situ seberapa real atau seberapa bagusnya suatu game yang ditawarkan.


2. AskGameDev

Ask Gamedev


Ask GameDev memberikan kamu beberapa tips dan trick serta beragam info-info menarik lainnya seputar industry game. Beberapa diantara menarik perhatian penulis seperti rekomendasi podcast game developer, kemudian mengulas pembuatan game mobile dan lainnya. Pembaca bisa menambahkan channel ini sebagai tontonan ringan yang dikemas dengan menarik.


3. Game Maker’s Toolkit

Game Maker's Toolkit


Sama seperti channel Ask GameDev, channel Game Maker’s Toolkit akan memberikan kamu beragam ulasan yang cukup menarik terhadap beberapa game seperti bagaiman desain level dibuat di Last of Us II, kemudian beberapa review game-game indie dan lainnya.


4. Brackeys

Brackeys


Penulis merasa takjub ada salah satu situs channel yang cukup berdedikasi dalam memberikan beragam tutorial yang bahkan ada juga situs website yang bisa kalian kunjungi bagi kalian yang membutuhkan asset untuk pembuatan game. Kalian bisa cek websitenya disini https://brackeys.com/


5. ESVLB Gaming

Esvlb Gaming

Channel ini membahas mengenai bagaimana sebuah musik bisa memberikan nuansa tersendiri untuk beberapa game yang sudah dirilis. Beberapa kontennya bahkan bersifat hanya sebuah memes saja. Tapi penulis tetap merekomendasikannya buat beberapa pembaca yang mencoba untuk mencari referensi yang membahas music dalam game. Mungkin penulis akan membahas beberapa artist atau composer yang memberikan kontribusinya dalam membuat lagu untuk video game.


6. Keith Burgun

Keith Burgun


Channel yang dibuka oleh Keith Burgun membahas beberapa hal seperti yang terbaru adalah mengenai kekerasan di dalam game, kemudian membahas bagaimana MOBA bisa dikembangkan dan beberapa video menarik lainnya. Channel ini kurang lebih seperti webinar bagi penulis. Itu sesuatu hal yang bagus sih.


7. Sunder

Sunder

Channel youtube yang ini akan mengajak pembaca sekalian untuk ikut melihat hasil analisis desain level pada sebuah game dan juga beberapa review game. Namun, channel ini tidak sering mengangkat beberapa topik dan video terakhir yang diunggah berusia satu tahun lamanya. Pembaca setidaknya masih bisa melihat beberapa analisis desain level yang dilakukan oleh channel ini.


8. LEMMiNO

Lemmino

Channel ini sedikit berbeda bila dibandingkan channel lainnya, bila channel berisikan seputar video game sepenuhnya, LEMMiNO membawakan beberapa konten menarik yang membahas suatu topik secara naratif. Untuk konten video game ini sendiri pembaca bisa melihat seri ‘Top 10 Facts’ yang disuguhkannya.


9.ExtraCreditsExtra Credits


Penulis sangat merekomendasikan channel ini bila pembaca ingin mengenal lebih jauh mengenai lingkungan industri video game yang ada saat ini. Ada beberapa video yang sudah lama dirilis namun masih sangat relevan dengan kondisi industri saat ini. Meskipun tidak semua video membahas mengenai video game, namun pembaca bisa menikmati konten-konten lainnya yang disuguhkan.


10. Odd Thinkering

Odd Thinkering

Penulis merasa channel ini masih terbilang cukup muda dan konten-konten yang disajikan sebenarnya merupakan tindakan restorasi benda-benda usang dan rusak menjadi utuh kembali. Beberapa konsol yang rusak oleh pemilik channel direstorasi kembali agar dapat digunakan.


Mungkin itu saja dari penulis, setidaknya 10 channel ini akan menambah wawasan pembaca seperti apa sih industri video game itu, atau mungkin pembaca bisa memberikan inspirasi-inspirasi channel lainnya yang mungkin bisa pembaca ikut diskusikan di kolom komentar di bawah.

Gideonair

Written by Gideonair

Avid Graphic Designer and Photography, also having huge interest in PC Gaming, Peripherals and PC Hardware. Fried Rice Addict.