10 Daftar Game Seri Pokemon Dari Yang Terburuk Hingga Terbaik

in

Game Pokemon adalah salah satu legenda hidup pada sejarah video game, siapa yang sangka Nintendo akan secara terus menerus mengembangkan Franchise satu ini? sejak rilis tahun 1996, game yang bernama asli Pocket Monster ini tetap hidup hingga kini berkat keciamikan sang pengembang yaitu Game Freak yang bergandeng dengan Nintendo.

Hingga saat ini sudah sangat banyak judul dari seri game ini yang menemani kita sejak dulu, dengan kedatangan seri terbaru nanti yang berjudul Pokemon Sword and Shield pada November nanti sudah sangat tepat kita menjuluki game satu ini sebagai Legenda hidup, namanya terkenal sejak lama, namun tetap berada bersama kita hingga saat ini.

Dalam sebuah proses pengembangan tentunya terdapat sebuah perubahan-perubahan yang terjadi, dan hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada fakta bahwa suatu karya itu ternilai lebih baik, cukup baik, atau biasa saja, sebenarnya dalam konteks ini kami enggan menyebut buruk seperti judul diatas, hanya saja dengan standarisasi Pokemon yang kami tahu memiliki kualitas tinggi ada beberapa karya dari Franchise ini yang kurang mendapatkan respon baik, yah bisa dibilang kurang membuat para penggemar puas (termasuk kami).

Maka dari itu kami akan memberikan 10 Judul dari Franchise ternama nan melegenda ini dari yang kami anggap Terburuk hingga yang Terbaik:


10. Pokemon Omega Ruby And Alpha Sapphire


Memang seri ini adalah remake dari Ruby And Sapphire, yang tentunya Nintendo bawakan dengan engine baru yang digunakan untuk membuat seri X And Y, namun ternyata projek remake satu ini kurang diminati para penggemar game Pokemon karena dinilai (belum siap) terburu-buru dalam mengerjakan projek remake ini, sehingga hasil kurang maksimal, padahal saat 3DS muncul fans sendiri yang menggebu-gebu merengek pada Nintendo untuk mengerjakan versi remake dari versi orisinilnya.


9. Pokemon Sun And Moon


Seri ini juga sebenarnya tidak buruk, dengan optimalisasi engine pada seri ini membuat penampilan akan pemandangan game memiliki daya jual tersendiri, hanya saja hal yang kurang dari seri ini ternyata malah terdapat pada Gameplaynya, dimana kita seperti kehilangan identitas Pokemon disaat Gym Leader kalah penting dengan Island Trials.


8. Pokemon Diamond And Pearl


Seri Pokemon yang pertama tiba saat Nintendo DS pertama rilis, menjadikan game ini adalah salah satu revolusioner dari Franchise Pokemon sendiri, dimana kamu pertama kali diperkenalkan dengan generasi baru dan region baru bernama Sinnoh. Disini juga Nintendo memperkenalkan Baby Pokemon (Evolusi Awal) yang tadinya belum pernah dibahas pada seri-seri sebelumnya, serta memperkenalkan Mystery Gift, Evolusi baru dan tidak lupa Quest tersendiri untuk mengevolusi Pokemon tertentu.


7. Pokemon Ultra Sun And Ultra Moon


Seri ini kurang lebih sama dengan versi Orisinilnya yaitu Sun And Moon, hanya saja datang dengan grapik yang lebih baik karena muncul di era konsol Nintendo 3DS, jadi bisa dibilang versi HD nya lah. Hanya saja berkat tidak adanya perubahan kecuali kualitas grapik saja banyak penggemar yang kurang mengapresiasi seri satu ini, padahal tetap seru dan memorable, makanya game ini tidak heran mendapatkan rating 4.7/5.


6. Pokemon Red And Blue


Semua berasal dari sini, inilah awal era dari sebuah Legenda Franchise yang saat ini sudah sangat terkenal dan sukses, untuk game yang rilis tahun 1996 tentu saja suatu apresiasi lebih kami tempatkan pada nomor 6 mengalahkan para generasi-generasi Franchise baru yang tentunya hadir dengan apa-apa yang serba baru, terkecuali kualitas (Standarisasi baik) yang dihadirkan oleh masterpiece lawas satu ini, serta nilai nostalgia dan historis tinggi yang dibalut dengan kemasan cerita berkesan.


5. Pokemon Ruby And Sapphire


Pokemon generasi ke3 yang tentunya tidak kalah berkesan, dibungkus dengan cerita yang berkesan judul seri satu ini memiliki keunikan tersendiri, dimana terdapat beberapa tempat ikonik seperti Fortree City dan Sootopolis City yang membuat kamu semakin menganggap bahwa region Hoenn adalah salah satu map terkeren yang pernah dirilis Nintendo dalam Franchise Pokemon.


4. Pokemon Gold And Silver


Pokemon generasi ke 2 ini memang salah satu yang terbaik dari yang terbaik, dimana kita pertama kali diperkenalkan dengan Shiny Pokemon dengan rate kemunculan yang luar biasa susah seperti mengejar nilai IPK di semester akhir, persenan yang hanya 0,(Nol Koma) membuat kita sering menghabiskan waktu untuk berburu Pokemon Shiny tersebut. Region Johto yang baru pada saat itu namun tetap tidak melupakan region Kanto yang menjadi map seri sebelumnya, sehingga hubungan antara generasi pertama dan kedua seakan tetap terhubung rapi, hal ini juga dibuktikan saat kita ternyata memiliki kesempatan untuk melawan Red (Ash) di Mt.Silver sebagai salah satu Battle paling Epic sepanjang masa yang pernah dirilis di Franchise Pokemon.


3. Pokemon FireRed And LeafGreen


Remake dari seri Red And Blue, dimana region Kanto akan bisa kita jelajahi dengan kualitas gambar yang lebih menawan, sehingga pengalaman menjelajah kita dapat semakin yahud berkat rilisnya Remake tersebut di konsol  Gameboy Advance, selain menawarkan graphic lebih baik, disini juga terdapat lokasi baru yang tidak dimunculkan pada versi orisinilnya, yaitu Sevii Island.


2. Pokemon Black 2 And White 2


Setelah versi Orisinilnya yang disebut sebagai projek yang terburu-buru sehingga mendapatkan lumayan banyak kritikan, Nintendo dapat membalikan kata-kata pedas para penggemarnya dengan merilis salah satu Master Piece yang pernah dirilis pada Franchise Pokemon ini. Black 2 And White 2 terkenal dengan sajian cerita yang lebih wah namun tetap berhubungan dengan versi sebelumnya, bisa dibilang dengan adanya versi ke 2 ini, membuat versi Orisinilnya dapat tergendong, yah tadinya jelek jadi kelihatan bagus berkat rilisnya sequel dari judul Franchise tersebut, pokoknya Region Unova terasa lebih wah berkat adanya judul satu ini.


1. Pokemon HeartGold And SoulSilver


Lagi-lagi ini adalah remake dari versi Orisinil judul Franchise Pokemon, namun dari banyaknya remake judul, hanya versi inilah yang kami rasa memiliki segudang hal bahwa Pokemon Gold And Silver kembali hidup namun terasa lebih hidup, ibarat mendapatkan Buff, seri ini muncul ibarat berwujud suatu karya yang membuat para penggemar berhenti mengoceh “Harusnya Gini Nih” atau “Kok Gini Sih”, semua tertutup rapat karena puas. Dalam versi ini kita dapat menjelajah ke banyak Map (Region) dengan memasukan Kaset (Cartridge) versi sebelumnya seperti region Kanto contohnya, kita dapat menemukan keseruan nostalgia lewat sudut pandang baru, ibarat datang dari masa depan hanya untuk menikmati masa lalu yang memiliki nilai tak termakan oleh waktu.


Sampai jumpa lagi di Tulisan-tulisan lain dari saya, dan jangan lupa untuk baca Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah