10 Easter Egg dan Detail yang Mungkin Kamu Lewatkan di Serial TV Fallout

Easter Egg dan Detail Kecil di Serial TV Fallout

Seminggu lebih berlalu sudah semenjak ditayangkannya serial TV Fallout. Dan siapa sangka, adaptasi satu ini bisa dibilang sukses mencuri hati para fans gamenya, maupun mereka yang sama sekali belum terjun ke dalam dunia Fallout.

Satu hal yang dipercaya membuat serial TV Fallout ini sukses adalah berkat Kilter Films selaku studio yang bekerja sama langsung dengan sang developer gamenya: Bethesda, yang mana berhasil membawakan adaptasinya dengan cita rasa yang begitu kental dunia Fallout-nya.

Serial TV Fallout (via Bethesda)

Seiring menyaksikan serial TV-nya, fans mungkin dengan cepat mengetahui referensi-referensi dari game yang muncul pada suatu adegan. Namun apakah kamu tahu bahwa ada beberapa easter egg dan detail kecil yang mungkin terlewatkan karena disisipkan begitu cerdik?

Nah, berikut ini 10 easter egg dan detail yang mungkin kamu lewatkan ketika menyaksikan serial TV Fallout. Disclaimer: Artikel ini sebisa mungkin akan mencoba menghindari spoiler, namun tetap disarankan untuk menyaksikan keseluruhan serial TV-nya terlebih dahulu.

1. Nuansa kekeluargaan sebagai pembuka cerita

Hari pernikahan Lucy

Jika telah memainkan Fallout 3 dan 4 yang digarap oleh Bethesda, adegan bernuansa kekeluargaan agaknya menjadi sebuah ciri khas yang dilakukan oleh sang developer. Fallout 3 diawali dengan rangkaian momen masa kecil pemain hingga beranjak dewasa yang selalu didampingi sang ayah, kemudian Fallout 4 dibuka dengan sepasang suami istri yang belum lama telah dikaruniai momongan.

Dalam serial TV-nya pun demikian, dibuka dengan Cooper bersama putrinya yang tengah menjadi penghibur di sebuah acara ulang tahun, kemudian dilanjutkan dengan Lucy bersama sang ayah bersama komunitas Vault 33 yang tengah merayakan acara pernikahan. Kesamaan lain dari semua pembuka antara game dan serial TV-nya tersebut juga kerap dilanjutkan dengan momen-momen ‘kehancuran’.

2. Value senjata Junk Jet

Junk Jet yang terpajang di Ma June Sundries

Menjadi salah satu senjata ikonik yang pertama kali diperkenalkan lewat Fallout 4. Alih-alih menggunakan peluru, Junk Jet memanfaatkan “sampah” yang kamu simpan untuk dilontarkan ke musuh. Walau demikian, damage yang dihasilkan cenderung tidak terlalu tinggi, terutama jika belum dimodifikasi dengan pretelan tambahan.

Fans mungkin langsung mengenali wujud senjata ini ketika pertama kali muncul di serial TV Fallout. Namun apakah kamu juga menyadari bahwa “nilai” jual Junk Jet ini sama seperti dalam gamenya? Pada adegan di kota Filly, terlihat Lucy yang memasuki toko milik Ma June, kemudian tersorot sebuah Junk Jet yang dipajang dengan harga 285 Caps, yang mana sama seperti dalam gamenya.

3. Status anti radiasi Vault Jumpsuit

Sesi foto promosi Vault-Tec

Pada salah satu adegan sebelum Great War, terlihat Cooper yang tengah melakukan sesi foto untuk menjadi model Vault Boy, yang mana ia mengenakan Vault Jumpsuit—pakaian sehari-hari para Vault Dweller nantinya. Cooper menanyakan apakah pakaian tersebut benar-benar memblokir radiasi, kemudian para karyawan Vault-Tec mengangguk dan menjawab “tentu saja”.

Lucu-nya, Vault Jumpsuit sendiri merupakan satu dari sedikit equipment yang memang miliki daya tahan terhadap radiasi tanpa perlu dimodifikasi, hanya saja nilai statusnya sendiri terbilang paling rendah jika dibandingkan dengan yang lain.

4. Skill yang dimiliki Lucy

Lucy menjelaskan kelebihannya

Saat pertama kali Lucy diperkenalkan, diperlihatkan dirinya sedang menjelaskan kemampuan dan kelebihannya sebagai pertimbangan menjadi kandidat program pernikahan. Secara tidak langsung ia tengah menyebutkan Skill seperti dalam gamenya, yang mana Lucy sendiri telah mengalokasikan poin untuk Repair, Science, Speech, Athletics dan Guns.

Walau serial TV ini tidak mengungkapkan status S.P.E.C.I.A.L (Strength, Perception, Endurance, Charisma, Intelligence dan Luck) yang dimiliki Lucy, status tersebut bisa dilihat lewat game Fallout Shelter yang belakangan dapatkan update konten baru terkait para karakter dari serial TV-nya.

5. Bendera NCR dan tema musik Fallout 4

Tidak bisa dipungkiri banyak fans tentu memahami dan mungkin tergerak ketika pertama kali melihat adegan di atas—diperlihatkannya bendera NCR (New California Republic) bersamaan dengan diputarnya tema musik Fallout 4.

Secara pribadi, saya sendiri cukup merinding saat menyaksikan adegan tersebut, yang secara tiba-tiba turut memicu nostalgia saya ketika memainkan Fallout: New Vegas dan Fallout: New Vegas hampir satu dekade lalu. Memang bukan easter egg vital, namun hanya sekadar apresiasi saya selaku penggemar gamenya.

6. Ada inspirasi dari nama Todd Howard (?)

Todd Howard selaku sutradara game Fallout

Ketika menyaksikan adegan-adegan pra Great War atau sebelum jatuhnya bom nuklir di Amerika, fans mungkin menyadari bahwa keluarga Cooper memiliki akhiran nama Howard, yakni Cooper Howard, Barb Howard dan Janey Howard.

Hal tersebut tentu langsung memicu pertanyaan apakah nama tersebut terinspirasi atau memang ada keterlibatan sang sutradara gamenya: Todd Howard. Namun lewat sebuah wawancara yang dilakukan oleh IGN, ketika ditanyai hal tersebut sang sutradara hanya menjawab “no comment“.

7. Referensi kode “101097”

Sebuah kode penting

Menjelang akhir season pertama serial TV Fallout, diperlihatkan sebuah kode “101097” yang diekspektasikan menjadi pemicu plot untuk season berikutnya. Namun tentu saja kode tersebut bukanlah sebuah angka yang dipilih secara acak.

Kode “101097” mereferensikan kepada tanggal 10 Oktober 1997, yang mana menjadi tanggal peluncuran Fallout pertama ketika masih dikembangkan oleh Interplay Entertainment bersama Black Isle Studios.

8. The Ghoul punya Bloody Mess Perks (?)

Tembak-tembakkan di Filly

Ragam adegan yang memperlihatkan aksi The Ghoul bisa dibilang sangat brutal, penuh dengan cipratan darah dan lepasnya bagian-bagian tubuh. Fans berteori bahwa dirinya memiliki seuah perks bernama Bloody Mess, yang mana meningkatan damage dan memiliki chance membuat targetnya meledak.

Fans juga beranggapan bahwa The Ghoul memiliki kemampuan VATS (meningkatkan akurasi serangan) karena bidikannya terbilang sangat presisi. Namun hal tersebut juga kerap dibantah karena VATS sendiri sejatinya hanya bisa digunakan oleh orang yang memakai Pip-Boy.

9. Sindiran terhadap pemain Fallout (?)

Cooper akan menjual Lucy

Satu hal yang bisa dibilang lucu dalam serial TV Fallout adalah suatu adegan yang mana The Ghoul menarik paksa Lucy untuk dijual ke pemasok organ tubuh. Pada adegan tersebut, The Ghoul dengan sarkas menyebutkan bahwa “Golden Rule” di Wasteland adalah “Thou shalt get sidetracked by bullshit every goddamn time.”

Buat kamu yang tidak bisa berbahasa enggres, kalimat tersebut memiliki arti seseorang yang selalu teralihkan dengan hal lain ketika tengah mengerjakan sesuatu. Fans beranggapan bahwa kalimat tersebut merupakan lelucon dan sindiran kepada pemain Fallout atau game RPG pada umumnya, yang mana mereka kerap lebih memilih melakukan banyak side quest atau aktivitas sampingan terlebih dahulu, bahkan ketika ada quest utama yang secara penceritaan sangatlah genting.

10. Nomor Telepon Vault-Tec

Cooper sebagai bintang iklan promosi Vault-Tec

Untuk satu ini mungkin bisa dibilang easter egg terbesar dari serial TV Fallout. Ketika tengah diperlihatkan iklan Vault-Tec, tercantmu sebuah nomor bagi orang-orang yang ingin mengetahui lebih banyak tentang Vault itu sendiri.

Menarik-nya, nomor telepon tersebut bisa ditelpon dan di SMS di dunia nyata. Jika menelpon nomor di atas yang diterjemahkan menjadi: (213) 258-2858, alih-alih mendapatkan suara customer service, akan terdengar suara jeritan seorang laki-laki selama sekitar 17 detik. Dan bila mengirimkan SMS, akan muncul balasan formal ala korporat.

Kamu bisa cek penampakan keduanya lewat cuitan di bawah ini.

Itulah beberapa easter egg dan detail akan hal-hal yang mungkin kamu lewatkan ketika menyaksikan serial TV Fallout. Secara tidak langsung hal ini juga membuktikan bahwa studio yang menggarap adaptasi ini paham betul dalam memanfaatkan materi asli dari game-game Fallout yang sudah diluncurkan sampai saat ini.

Nah, dari 10 hal di atas, kira-kira mana yang menurutmu paling menarik brott? Atau kamu justru tahu detail lain yang lebih menarik dan tidak ada pada list ini? Yuk, langsung aja share pendapatmu di kolom komentar ya!


Baca juga informasi menarik atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version