10 Fakta Menarik Konsol Game PS1 yang Perlu Kalian Ketahui!

10 Fakta Menarik Konsol Game Ps1 Yang Perlu Kalian Ketahui! Header

Konsol gaming saat ini sudah menjadi sebuah media hiburan yang sangat disukai oleh banyak orang. Sudah ada banyak sekali konsol game dari berbagai perusahaan ternama yang telah diproduksi. Salah satu konsol game paling legendaris dari dulu hingga sekarang adalah PlayStation 1 atau biasa disebut dengan PS1.

Konsol game ini memiliki banyak catatan sejarah yang membuat PS1 menjadi salah satu konsol gaming paling populer di industri video game. Saking populermya, konsol tersebut dirilis ulang sebagai PlayStation Classic dari Sony. Banyak hal menarik terjadi selama era konsol tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 10 fakta menarik konsol game PS1 yang perlu kalian ketahui. Apa saja fakta menarik PlayStation 1 atau PS1? Mari kita mulai saja pembahasannya!

1. Berhasil Mencuri Perhatian Gamer dengan Harga yang Lebih Terjangkau

10 Fakta Menarik Konsol Game PS1 yang Perlu Kalian Ketahui! 12

Seperti yang kita ketahui sendiri, pada saat pertama kali rilis konsol PS1 di dunia bahkan di Indonesia, konsol tersebut sudah termasuk barang mewah. Kalau saya tidak salah, sekitar awal tahun 2000, harga konsol PS1 bisa mencapai sekitar Rp 1,3 juta bahkan lebih di Indonesia. Siapa saja yang memiliki barang mewah ini sudah dianggap orang kaya, terlebih anak-anak dan remaja yang lahir di tahun 1990-an.

Ternyata ada fakta menarik dari harga konsol PS1 ini. Pada saat pengumuman pertama kali konsol PS1 di acara E3 tahun 1995, konsol tersebut berhasil menarik perhatian para gamer. Itu karena konsol PS1 berani banting harga menghadapi konsol pesaingnya, yaitu Sega Saturn.

Pada waktu itu, konsol Sega Saturn dijual dengan harga $399, sementara PS1 dijual lebih murah seharga $299. Perbedaan harga $100 ini mencuri perhatian banyak gamer dan membuat konsol tersebut laris di pasaran. Hal seperti ini juga terjadi di era konsol PS4, dimana Sony menawarkan harga konsol tersebut $100 lebih murah dibandingkan konsol pesaingnya, yaitu Xbox One.

2. Ada 1300 Judul Game PS1

10 Fakta Menarik Konsol Game PS1 yang Perlu Kalian Ketahui! 13

Hingga akhir hidup konsol PS1, tercatat ada 1300 judul game dari berbagai developer di berbagai negara rilis pada konsol tersebut. Judul-judul game tersebut ada yang populer dan sudah tidak asing lagi bagi para gamer. Ada juga judul game yang tenggelam dari persaingan industri video game yang bahkan kita tidak pernah tahu game tersebut pernah rilis di PS1.

3. Crash Bandicoot Adalah Maskot Resmi PS1

10 Fakta Menarik Konsol Game PS1 yang Perlu Kalian Ketahui! 14

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter Crash Bandicoot dari seri game dengan judul yang sama dengan namanya. Ternyata Sony memilih Crash Bandicoot sebagai maskot untuk konsol game PS1. Dari sekian banyak karakter game imut, lucu dan dapat menarik perhatian banyak orang, ternyata Crash Bandicoot yang menjadi maskot resmi konsol ini secara global.

4. Maskot Konsol PS1 Eksklusif untuk Jepang

10 Fakta Menarik Konsol Game PS1 yang Perlu Kalian Ketahui! 15

Meskipun Crash Bandicoot menjadi maskot resmi konsol PS1 secara global, ternyata ada yang beda dengan maskot konsol tersebut untuk di Jepang. Tanpa kita sadari maskot PS1 eksklusif di Jepang ini sudah ada sejak tahun 1999. Maskot tersebut bernama Toro the White Cat yang berasal dari game Doko Demo Issho yang rilis di Jepang.

5. Maskot PS1 yang Terlupakan

10 Fakta Menarik Konsol Game PS1 yang Perlu Kalian Ketahui! 16

Selain Crash Bandicoot dan Toro, ada satu lagi maskot yang bisa dibilang terlupakan untuk konsol PS1. Dia adalah Polygon Man. Polygon Man adalah karakter yang didesain oleh Sony pada saat proses pembuatan konsol PS1. Karakter tersebut dibuat untuk menunjukkan betapa hebatnya kemampuan 3D pada konsol PS1.

Ternyata ada fakta menarik mengenai maskot konsol PS1 yang sampai terlupakan oleh banyak orang. Itu karena Ken Kutaragi selaku Lead Developer konsol PS1 tidak menyukai Polygon Man. Lihat betapa runcing Polygon Man yang bisa saja menakuti para gamer terlebih anak kecil.

Meskipun dilupakan, Polygon Man muncul sebagai karakter antagonist utama di game PlayStation All-Stars Battle Royale.

6. Arti Simbol Tombol Stik PS1

10 Fakta Menarik Konsol Game PS1 yang Perlu Kalian Ketahui! 17

Fakta menarik PS1 selanjutnya adalah mengenai arti simbol dari tombol stik PS1. Untuk simbol “Segitiga” pada stik PS1 melambangkan arti sudut pandang yang menunjuk ke arah tujuan. Sementara itu simbol “Kotak” atau “Persegi” pada stik PS1 melambangkan arti selembar kertas untuk mewakili sebuah pilihan.

Sementara simbol “Bulat” dan “X” melambangkan arti “Ya” dan “Tidak”. Hal ini terlihat pada budaya dari Jepang dimana lambang “Bulat” merupakan arti pemberikan tanda “Iya”, “Diterima” dan sejenisnya. Sementara “X” merupakan arti penolakan yang juga berlaku untuk negara lain selain Jepang.

7. Konsol PS1 Berakhir di Tahun 2004, tetapi Game-nya Masih Aktif Produksi sampai Tahun 2006.

10 Fakta Menarik Konsol Game PS1 yang Perlu Kalian Ketahui! 18

Diketahui konsol PS1 mengakhiri produksinya pada tahun 2004 dan melanjutkan kesuksesan melalui konsol PS2 dan seterusnya. Namun hal tersebut bukan berarti konsolnya benar-benar berakhir. Game yang rilis di konsol PS1 masih tetap berjalan sampai tahun 2006. Game terakhir yang rilis pada konsol tersebut adalah Strider Hiryu buatan developer Capcom.

8. Game Paling Laris di PS1

10 Fakta Menarik Konsol Game PS1 yang Perlu Kalian Ketahui! 19

Konsol PS1 memiliki banyak judul game populer yang telah rilis. Bahkan game-game tersebut menjadi sebuah franchise populer dan tetap melanjutkan kesuksesannya di konsol game generasi baru.

Jika kalian bertanya mengenai “game paling laris di PS1”, jawabannya adalah Gran Turismo yang dibuat oleh developer Polys Entertainment (sekarang Polyphony Digital). Tercatat game Gran Turismo terjual sebanyak 10,85 juta unit pada Maret 2013. Ini menjadikan game simulasi balap mobil tersebut game paling laris di konsol PS1.

9. Konsol Game Pertama dengan Total Penjualan sampai 100 Juta Unit di Dunia

10 Fakta Menarik Konsol Game PS1 yang Perlu Kalian Ketahui! 20

Berbicara mengenai total penjualan, diketahui konsol PS1 menjadi konsol game pertama yang berhasil terjual hingga 100 juta unit di dunia. Total penjualan ini berkat kemampuan konsol tersebut yang dapat menjalankan 3D, penggunaan CD sebagai media game dan penggunaan memory card yang dapat menyimpan save data game hingga 128 kb atau setara dengan 15 block.

Selain itu, banyak developer telah membuat game-game populer yang membuat konsol PS1 ini semakin populer.

10. Konsol PS1 Menjadi Pelopor Konsol Lain Merilis Konsol Versi Slim

10 Fakta Menarik Konsol Game PS1 yang Perlu Kalian Ketahui! 21

Seperti yang kalian ketahui, konsol PS1 memiliki 2 variasi, yaitu versi besar (disebut Fat) dan versi kecil (disebut Slim). Ternyata, rilisan konsol PS1 versi kecil ini menjadi pelopor para industri konsol game lain termasuk konsol milik Sony hingga saat ini. Biasanya versi Slim ini memiliki pengurangan perangkat untuk mengurangi harga agar para gamer dapat membelinya.

Itulah informasi mengenai fakta menarik konsol PlayStation 1 atau PS1 yang harus kamu ketahui. Para gamer pasti setuju bahwa game PS1 ini menjadi salah satu konsol game legendaris dan terpopuler di dunia.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait PS1 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version