10 Fakta Menarik PS2 sebagai Konsol Game Terpopuler di Dunia Generasi Penerus PS1

10 Fakta Menarik Ps2 Sebagai Konsol Game Terpopuler Di Dunia Sebagai Penerus Ps1 Header

Para gamer pasti sudah tidak asing lagi dengan konsol game PlayStation 2 atau biasa disingkat PS2 dari Sony. Konsol game ini sangat populer di dunia bahkan dianggap salah satu konsol terpopuler di dunia industri video game. Banyak sekali judul video game yang saat ini menjadi sukses dan populer berkat perilisan game-nya yang pertama kali rilis di konsol PS2.

Meskipun sudah berhenti diproduksi sejak tahun 2013, konsol game ini masih banyak diminati para gamer. Terlebih di Indonesia yang hingga saat ini masih sering kita temukan tempat-tempat yang menyediakan rental PS2 untuk anak-anak bermain.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai fakta menarik konsol PS2 yang harus kalian ketahui. Apa saja fakta menarik konsol PS2 yang belum kalian ketahui? Yuk, kita mulai saja pembahasannya!

1. Konsol PS2 Laris Manis saat Peluncuran Pertamanya

10 Fakta Menarik PS2 sebagai Konsol Game Terpopuler di Dunia Generasi Penerus PS1 13

Sebagai penerus konsol game PS1, para gamer berharap besar dengan PS2. Mereka mengharapkan konsol ini dapat memberikan pengalaman luar biasa dalam bermain video game seperti PS1.

Dengan tingginya antusias para gamer, konsol PS2 milik Sony ini laris manis pada saat peluncuran pertamanya di bulan Maret tahun 2000. Diketahui penjualan konsol PS2 beserta aksesorisnya berhasil raup keuntungan sebanyak $250 juta atau sekitar Rp 3,56 triliun (berdasarkan nilai mata uang sekarang).

Hasil penjualan ini berhasil mengalahkan pesaingnya pada waktu itu, yaitu Dreamcast. Konsol game Dreamcast hanya berhasil meraih keuntungan sebesar $97 juta atau sekitar Rp 1,38 triliun (berdasarkan nilai mata uang sekarang) di hari pertama peluncurannya.

2. Mendukung Bermain Game PS1 dan Konsol Game Pertama yang Menghadirkan Fitur Dapat Memutar Film lewat DVD

10 Fakta Menarik PS2 sebagai Konsol Game Terpopuler di Dunia Generasi Penerus PS1 14

Seperti yang kalian ketahui, konsol PS2 menggunakan media kaset DVD sebagai format video game mereka. Meskipun menggunakan DVD, konsol PS2 dapat mendukung kaset CD dimana penggunanya dapat memainkan game original PS1 mereka di konsol tersebut.

10 Fakta Menarik PS2 sebagai Konsol Game Terpopuler di Dunia Generasi Penerus PS1 15

Tidak hanya itu saja keistimewaan pada PS2. Para penggunanya juga bisa memutar film yang menggunakan kaset DVD di konsol PS2. Ini menjadi konsol game pertama yang dapat memutar film melalui kaset DVD.

3. Konsol PS2 Bisa Dijadikan sebagai PC Linux

10 Fakta Menarik PS2 sebagai Konsol Game Terpopuler di Dunia Generasi Penerus PS1 16

Tidak banyak diketahui bahwa konsol PS2 dapat dijadikan sebagai PC dengan sistem OS (Operating System) Linux. Hal ini bisa terjadi berkat alat tambahan yang dirilis oleh Sony bernama Linux for PlayStation 2. Alat-alat tersebut berupa perangkat tambahan yang diperlukan PC pada umumnya, seperti USB Keyboard, Mouse, VGA Adapter, PS2 Network Adapter, dan HDD dengan kapasitas 40GB.

4. Menjadi Salah Satu Konsol Game Pertama dengan Sistem Online

Melihat kemajuan konsol Dreamcast milik perusahaan Sega yang menghadirkan fitur online bermain game, Sony pun mengikuti jejak konsol tersebut pada PS2 mereka. Untuk dapat bermain video game secara online pada konsol PS2, diperlukan adapter khusus yang akan dipasang pada port Ethernet yang ada di konsol tersebut.

10 Fakta Menarik PS2 sebagai Konsol Game Terpopuler di Dunia Generasi Penerus PS1 17

Beberapa judul video game yang mendukung fitur online pada konsol PS2 adalah Call of Duty 1-3, Delta Force: Black Hawk Down, Final Fantasy XI, Gran Turismo 4, kedua game Resident Evil Outbreak dan masih banyak lagi.

5. Seorang Gamer Mengubah Namanya menjadi Mr. Playstation 2

10 Fakta Menarik PS2 sebagai Konsol Game Terpopuler di Dunia Generasi Penerus PS1 18

Tidak perlu ditanyakan lagi betapa populernya konsol PS2 di berbagai negara. Saking populernya, para gamer pun berani melakukan hal yang tidak terduga. Salah satunya adalah seorang gamer bernama Dan Holmes tergila-gila dengan PS2 hingga mengubah namanya menjadi Mr. PlayStation 2.

6. Fungsi Menara di Intro PS2

https://youtu.be/JyUW5BT4eSk

Kalian pasti sering melihat menara-menara yang muncul ketika menghidupkan PS2, bukan? Ternyata ada fungsi dari muncul menara-menara itu loh. Diketahui bahwa jumlah menara yang muncul mewakili jumlah save data pada memory card yang terhubung ke PS2. Semakin banyak save data yang kalian miliki di memory card, semakin banyak pula menaranya.

7. Ada 3800 Judul Video Game Rilis di Konsol PS2

10 Fakta Menarik PS2 sebagai Konsol Game Terpopuler di Dunia Generasi Penerus PS1 19

Dari awal perilisan konsol PS2 pada 4 Maret tahun 2000 hingga akhir masa produksinya tahun 2013, sudah ada banyak sekali video game dari berbagai developer rilis di konsol tersebut. Tercatat ada 3800 judul video game telah rilis di konsol PS2.

8. Video Game Terakhir di PS2 Adalah PES 2014

10 Fakta Menarik PS2 sebagai Konsol Game Terpopuler di Dunia Generasi Penerus PS1 20

Meskipun produksinya telah berakhir pada tahun 2013, beberapa developer game masih aktif merilis game mereka di tahun tersebut. Dan game terakhir untuk konsol PS2 adalah Pro Evolution Soccer 2014 atau PES 2014 yang rilis pada 8 November 2013.

9. Game Paling Laris di PS2

Dari sekian banyak game populer yang rilis di konsol PS2, ada satu game yang memiliki total penjualan paling laris diantara judul video game lainnya. Kalian pasti sudah bisa menebak game apa itu, bukan?

Game paling laris di PS2 adalah GTA: San Andreas yang dibuat oleh developer Rockstar North. Tercatat pada Februari tahun 2009, game ini telah terjual sebanyak 17,33 juta kopi di seluruh dunia.

10 Fakta Menarik PS2 sebagai Konsol Game Terpopuler di Dunia Generasi Penerus PS1 21

10. PS2 Telah Terjual Lebih dari 155 Juta Unit di Seluruh Dunia

10 Fakta Menarik PS2 sebagai Konsol Game Terpopuler di Dunia Generasi Penerus PS1 22

Dengan populernya PS2 yang dianggap salah satu konsol game terbaik, konsol ini berhasil menunjukkan total penjualan yang luar biasa. Tercatat konsol PS2 milik Sony telah berhasil terjual sebanyak 155 juta unit di seluruh dunia. Bahkan PS2 menjadi konsol video game terlaris di urutan pertama mengalahkan konsol dan handheld gaming lain bahkan produk dari Sony sendiri.

10 Fakta Menarik Konsol Game PS1 yang Perlu Kalian Ketahui!

10 Fakta Menarik PS2 sebagai Konsol Game Terpopuler di Dunia Generasi Penerus PS1 23

Berbicara mengenai konsol milik Sony, sebelumnya kami telah memberikan informasi menarik kepada pembaca mengenai fakta konsol game PS1. Jika kalian penasaran dengan konsol legendaris ini, kalian bisa baca selengkapnya melalui artikel Gamebrott di sini.

Itulah informasi fakta menarik PS2 sebagai konsol game terpopuler di dunia generasi penerus PS1 milik Sony. Masa-masa menyenangkan apa saja yang telah kalian lalui bersama konsol PS2?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait PS2 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version