10 Fakta Misterius dari Hideo Kojima yang Tidak Banyak Orang Tahu


source: MrShlapa (deviantart)
Follow Us

Nama Hideo Kojima tentunya sudah tidak asing di telinga kalian. Jenius pembuat game asal Jepang ini tentunya sudah tersohor lewat karya Metal Gear Solid dan P.T. ketika di Konami. Dan sekarang-pun cukup mencuri perhatian lewat proyek misterius terbarunya, Death Stranding. Namun, tahukah kamu bagaimana kehidupan sang desainer game ini sebelum menjadi salah satu orang paling dikenal di industri game dunia? Coba cek 10 Fakta Misterius dari Hideo Kojima yang Tidak Banyak Orang Tahu berikut:

Nulis artikel dibayar

1. Awalnya Tidak Meniti Karir di Dunia Game

Meskipun kini ia dikenal sebagai salah satu jenius dalam membuat game. Awalnya Hideo Kojima sama sekali tidak memiliki pandangan ke video game. Ketika masih kecil Ia bercita-cita menjadi manga artist / ilustrator dan Filmmaker yang kemudian ditentang oleh keluarganya. Saat kuliah pun ia mengambil jurusan Ekonomi, hingga kemudian ia menemukan passion-nya kepada game lewat video game Famicom dan kemudian bekerja di Konami.


2. Masa Kecilnya Sangat Kesepian

Menilik lagi ketika Hideo Kojima masih kecil, Ayah dari Kojima meninggal ketika ia berusia 13 tahun. Sejak itu ia harus mengurus dirinya sendiri di rumah sepulang sekolah hingga Ibunya pulang kerja. Menghabiskan sebagian besar waktunya hanya di rumah membuat Kojima merasa terisolasi. Hal itupun menjadikan Kojima semasa kecil menjadi anak yang tertutup dan kesepian.


3. Selalu Menyalakan TV

Dampak dari poin sebelumnya, dikarenakan masa kecilnya yang kesepian, Hideo Kojima akhirnya memiliki kebiasaan untuk menyalakan TV untuk melawan perasaan kesepiannya. Hal ini pun kerap Ia lakukan ketika ia menginap di hotel ketika melakukan perjalanan ke suatu tempat dimana ia akan langsung menyalakan TV sesaat setelah masuk ke dalam kamar.

BACA JUGA  Absen di E3, Kojima Dengan Death Stranding Siap Tampil Dalam Gamescom 2019

4. Tidak Suka dipanggil Kojima-San

Bagi yang belum tahu, panggilan -San adalah panggilan hormat terutama untuk orang yang lebih tua. Namun Hideo Kojima sendiri mengatakan ia tidak suka dipanggil dengan panggilan tersebut. Ia lebih memilih dipanggil  “Kantoku Kojima” yang berarti Direktur Kojima. Panggilan ini biasanya disematkan pada mereka yang menjadi direktur film, dan ia menganggap bahwa direktur game lebih superior dari direktur film.


5. Menonton Film Setiap Hari

Hideo Kojima sendiri ternyata memiliki kebiasaan untuk menonton film setiap harinya. Hal ini sendiri ternyata merupakan bawaan dari kebiasaan keluarganya yang menonton film setiap malam dan ia tidak diperbolehkan tidur hingga filmnya selesai. Dengan pengalaman menonton berbagai film setiap malam, tentunya tidak mengejutkan bagaimana Kojima bisa meracik cerita menakjubkan untuk game-gamenya.


6. Ibunya Memainkan Metal Gear Solid 3 Hingga Tamat

Ibu Hideo Kojima sendiri merupakan Ibu yang suportif ketika Kojima memutuskan untuk meniti karir di dunia industri game. Bahkan, ibunya sempat memainkan Metal Gear Solid 3: Snake Eater. Bukan hanya sekedar memainkan ia bahkan memainkan gamenya hingga tamat. Ibunya sendiri membutuhkan waktu setahun untuk menyelesaikan game tersebut dengan bantuan beberapa temannya. Ia bahkan sempat menelpon Kojima untuk memberitahu bahwa ia sudah menyelesaikan gamenya.

BACA JUGA  [Rumor] Sony Siap Pamerkan Game Andalan PlayStation hingga Konsol Barunya PS 5

7. Nintendo Memiliki Jasa Besar Bagi Kojima

Secara tidak langsung Nintendo lah yang menjadikan Hideo Kojima seperti yang sekarang kita kenal. Ketika Kojima ingin memulai karirnya di dunia industri video game, Ia berkeinginan untuk masuk ke Nintendo. Meskipun pada akhirnya ia masuk ke dalam Konami di tahun 1986. Namun Kojima secara terus terang mengatakan bahwa Super Mario Bros sebagai inspirasinya untuk terjun ke industri game.


8. Metal Gear Solid Hadir Karena Keterbatasan

Entah berapa banyak dari kalian yang sudah mengetahui, bahwa game Metal Gear Solid awalnya tidak seperti yang dikenal seperti sekarang. Karena pada awalnya Kojima ingin memasukkan pertarungan terbuka ke dalam gamenya. Namun karena keterbatasan kapasitas hardware pada jaman tersebut, akhirnya Kojima mengubah konsep gamenya menjadi Melarikan diri secara stealth yang menjadi ciri khas Metal Gear Solid selanjutnya.


9. Punya Hobi Menjadi Cameo

Hal ini sepertinya bukan hal yang cukup baru karena bagi kalian yang telah memainkan seri Metal Gear Solid pasti pernah menemui karakter Kojima dalam gamenya. Namun tidak hanya disitu, ternyata Hideo Kojima juga kerap tampil sebagai cameo di berbagai video dan film seri milik Youtuber  Atau bahkan setidaknya menyumbangkan suaranya untuk menjadi karakter-karakter yang tidak diduga. Tentunya Kojima senang melakukannya karena kecintaannya pada Film.

BACA JUGA  Konami Tengah Persiapkan Seri Terbaru Silent Hill?

10. Suka Menipu para Fans dengan Proyek yang Dikerjakan

Bila kamu merasa mulai memahami cerita atau setidaknya premis yang ingin dibuat Kojima di proyek terbarunya – Death Stranding. Maka sebaiknya kamu memikirkan ulang hipotesamu, karena kelihatannya seperti proyek-proyek Kojima yang sebelumnya semua trailer Death Stranding yang dipertontonkan memang untuk menyesatkanmu. Sama seperti pengenalan game-game Metal Gear Solid sebelumnya yang selalu berbeda dari jalan cerita game aslinya, maka kita bisa menduga bahwa Death Stranding bukanlah sekedar JNE-walking-Simulator.


[BONUS] Ayah Kojima adalah Anggota Yakuza

Hal ini sendiri belum pasti dan masih rumor dimana Ayah dari Hideo Kojima merupakan seorang anggota Yakuza. Namun bukan hanya sekedar anggota biasa, karena dikutip oleh metalgeartrivia disebutkan bahwa Ayah Kojima merupakan sosok yang berpengaruh di dalam Yakuza. Dan faktanya dia meninggal ketika Kojima berusia 13 tahun, namun tidak ada informasi yang jelas mengapa ia meninggal. Mungkinkah?


Berikut tadi 10 Fakta misterius dari Hideo Kojima. Fakta mana yang paling membuatmu kaget? Atau ada fakta lainnya yang kami tidak ketahui? Tuliskan di komentar ya..


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item