10 Film Rekomendasi Bertema Wild West Ala Red Dead Redemption

yttyt 1

Film mungkin jadi salah satu hal yang tak terabaikan dalam diri tiap manusia di era modern saat ini, ia hadir tak hanya sebagai sebuah hiburan semata, namun juga menghadirkan sajian yang dapat memperluas wawasan. Film mampu memberikan dampak besar terhadap banyak hal, termasuk dalam dunia industri game sekalipun, banyak video game yang hadir berawal dari film. Ada juga yang tercipta karena terinspirasi dari sebuah film, dan ada pula yang mengambil referensi dari film untuk diimplementasikan dalam game.

Seperti Payday misalnya, yang tercipta akibat terinspirasi dari film legendaris “Heat” yang dibintangi oleh Robert De Niro & Al Pacino. Jika ditilik lebih jauh, franchise racikan Rockstar seperti GTA menggunakan banyak sekali referensi dari film, tak hanya itu, franchisenya yang lain – Red Dead Redemption juga menampilkan banyak sekali referensi dari film didalamnya.

Pada Red Dead Redemption 2 yang telah rilis beberapa waktu lalu, kita disuguhkan banyak sekali plot serta adegan sinematik ala film western yang benar-benar menarik. Sudah puas atau baru akan mencicipi Red Dead Redemption 2? berikut ini kami sajikan 10 film rekomendasi bertema wild west ala franchise Red Dead Redemption.


10. Ned Kelly (2004)

Film ini diambil berdasarkan kisah nyata Ned Kelly di tahun 1800-an, dan mendiang aktor legendaris Heath Ledger didapuk berperan sebagai Ned Kelly di film ini. Ned Kelly sendiri adalah seorang bushranger asal Australia yang sangat melegenda, ia memiliki kelompok bernama Kelly Gang, yang terdiri dari Ned dan para adik-adiknya.

Banyak yang menganggap Ned Kelly sebagai kriminal, namun banyak pula yang menganggap ia sebagai “Robin Hood”. Dimana Ned merampok dari yang kaya untuk dibagikan kepada yang miskin, kisah hidupnya benar-benar sangat menarik untuk diikuti.

Aksi Ned yang tak terlupakan adalah dimana ia melakukan baku tembak dengan polisi dengan menggunakan baju besi tebal yang menutup kepala & badannya. Saking legendarisnya, rencananya kisah Ned Kelly akan kembali diangkat ke layar lebar melalui film berjudul “The True History of the Kelly Gang“.


9. The Magnificent 7 (2016)

Bila kita lihat, poster perdana Red Dead Redemption 2 terlihat cukup mirip dengan poster & salah satu adegan yang ada dalam The Magnificent 7. Film The Magnificent 7 sendiri merupakan sebuah film remake dengan judul sama yang telah dirilis di tahun 1960 silam. The Magnificent 7 menceritakan tentang 7 pria yang saling bahu membahu untuk melindungi sebuah kota kecil yang tertindas karena ulah gang kriminal, yang dipimpin oleh Bartholomew Bogue.

7 pria dengan latar belakang & motivasi yang berbeda-beda ini sebelumnya tak saling mengenal, namun mereka harus saling bekerjasama untuk menghancurkan kelompok Bogue dan membebaskan kota kecil tersebut dari penindasan yang selama ini telah terjadi. Drama pengorbanan yang tersaji dalam film ini terasa sangat menarik untuk diikuti, berbagai scene aksi yang tersaji juga terasa mengibur.


8. The Hateful Eight (2015)

Film racikan Quentin Tarantino ini menceritakan tentang seorang bounty hunterJohn Ruth bersama bersama dengan pengemudinya, sedang dalam perjalanan mengantar tawanan Daisy Domergue untuk dihukum mati. Di tengah jalan, kereta mereka dihentikan 2 orang asing, Major Marquis seorang bounty hunter & Chris Mannix seorang Sheriff, mereka tak memiliki kendaraan dan terpaksa menumpang Ruth.

Namun karena badai salju yang terlalu ganas, mereka berlima pun terpaksa berteduh kedalam sebuah penginapan, didalam penginapan, mereka berlima kembali bertemu dengan orang-orang asing lainnya. Di dalam penginapan tersebut ada mantan Jendral – Smithers, Algojo – Oswaldo Mobray, dan seorang pengembara – Joe Gage .

John Ruth mencurigai ada satu atau dua komplotan Daisy Domergue di penginapan yang berusaha membebaskan Daisy yang kepalanya dihargai $10.000 tersebut. Kecurigaan, konflik, hingga rasisme yang timbul pun membuat semuanya menjadi runyam, mereka terpaksa terjebak di penginapan itu sampai badai mereda, bersama dengan dengan kebencian dan kecurigaan yang semakin meninggi. Tentunya film ini dipenuhi dengan adegan brutal & pembunuhan berdarah khas ala film Quentin Tarantino.


7. The Proposition (2005)

Bercerita mengenai 3 saudara Arthur Burns, Charlie Burns, & Mike Burns yang tergabung dalam Burns brothers gang, gang tersebut telah melakukan banyak tindak kriminal. Yang pada akhirnya menyeret mereka pada baku tembak dengan para polisi setempat, polisi berhasil mengabisi seluruh anggota Burns brothers gang dan menangkap Charlie & Mikey, sementara snag kakak tertua – Arthur berhasil melarikan diri.

Para polisi pun membuat kesepakatan dengan Charlie, mereka memberikan kesempatan selama 9 hari agar Charlie menemukan dan membunuh Arthur. Bila ia gagal, maka Mikey akan digantung tepat pada hari Natal, tentunya ini merupakan hal tak mudah yang harus dilalui Charlie.

Kakak tertuanya tersebut memang dikenal sebagai penjahat paling dalam Burns brothers gang, drama tentang persaudaraan serta penghianatan tersaji sangat rapi dalam film garapan John Hillcoat ini. Menariknya lagi, poster dari Red Dead Redemption pertama maupun yang kedua memiliki art style yang cukup mirip dengan poster The Proposition.


6. Django Unchained (2012)

Digarap oleh Quentin Tarantino, film ini merupakan remake dari Django tahun 1960 silam, film ini bercerita mengenai Django, sosok budak yang dibebaskan oleh seorang bounty hunter sekaligus dokter gigi keliling -. Sebelum dijadikan budak, Django sebenarnya telah menikah dengan seorang wanita pujaan hatinya, namun karena perbudakan yang saat itu tengah merajalela, merekapun akhirnya terpaksa harus terpisah.

Setelah bebas tentunya Django berencana untuk menyelamatkan sang istri dari perbudakan juga, King Schultz yang telah membebaskannya pun berencana membantu Django. Schultz bahkan berencana memberikannya hak kebebasan orang kulit putih pada Django, namun tentunya dengan syarat bahwa Django harus membantu Schultz memburu para penjahat.

Brutal & menarik, hal tersebutlah yang tersaji pada Django Unchained, berbagai kata kasar & adegan penuh darah khas Quentin Tarantino tentunya tersaji dalam film ini.


5. Tombstone (1993)

Film ini diadaptasi berdasarkan kisah nyata dari pertempuran “Gunfight at the O.K. Corral“, Curly Bill Brocius membentuk sebuah kelompok bernama The Cowboys bersama 100 narapidana di Tombstone. The Cowboys terkenal sangat kejam, mereka dengan mudahnya melakukan pembunuhan masal di sebuah pesta pernikahan seorang polisi lokal, para anggota The Cowboys juga memperkosa sang pengantin wanita.

Setelah melakukan hal keji tersebut, seorang seorang pemuka agama mengatakan bahwa aksi yang dilakukan oleh Bill Brocius & The Cowboys akan berujung pada kematian & pembalasan. Tepat seperti apa yang tertera dalam kitab suci mengenai “The Four Horsemen”, di sisi lain, Wyatt Earp datang ke Tombstone untuk menikmati masa pensiunnya dan menemui kedua saudaranya Virgil & Morgan, serta kawan lamanya Doc Holliday.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Namun melihat keresahan warga yang timbul karena ulah The Cowboys, serta hukum yang terasa tak terasa adil di Tombstone. Hati mereka berempat merasa tak dapat inggal diam, dan pada akhirnya, merekalah yang akan jadi “The Four Horsemen” bagi Bill Brocius & The Cowboys.

*Major spoiler RDR 2* kesamaan Tombstone & RDR 2, block kata-kata dikanan untuk melihat spoiler:Protagonis Tombstone – Doc Holliday & Protagonis Red Dead Redemption 2 – Arthur Morgan sama-sama meninggal di usianya yang ke 36 tahun karena penyakit Tuberculosis yang mereka derita 


4. 3:10 to Yuma (2007)

Mengambil latar Arizona di akhir tahun 1880-an, film ini berkisah tentang seorang veteran perang saudara, Dan Evans, lelah berperang, ia memutuskan hidup damai bersama dengan keluarga kecilnya. Namun keterbatasan ekonomi serta panen taninya yang gagal akhirnya memaksa Evans untuk mencari pekerjaan & peruntungan lain.

Dan peruntungan tersebut tiba-tiba datang padanya, Sheriff setempat berhasil menangkap Ben Wade, seorang pimpinan kriminal kelas kakap dengan kelompoknya yang terkenal kejam. Sheriff setempat mencari pengawal yang dapat menemani mereka untuk mengantarkan Ben Wade ke gerbong kereta Yuma diadili, Dengan keterbatasan ekomomi yang dialaminya, Evans pun setuju dengan tawaran tersebut dan meminta imbalan sebesar $200.

Perjalanan untuk membawa Ben Wade menuju ting gantungan tak akan mudah, karena para anak buah Wade akan siap untuk menyelamatkan bossnya tersebut. Drama & aksi yang tersaji di sepanjang film ini benar-benar akan membuat kalian teringat pada kedua judul Red Dead Redemption.


3. The Good, the Bad and the Ugly (1966)

Sergio Leone akan selalu dikenang melalui berbagai film Spaghetti Western (film bertema wild west yang dibuat oleh orang Italia) racikannya, bisa dibilang bahwa ia merupakan rajanya film bertema wild west. Semasa hidupnya, ia telah meracik setidaknya 5 film bertema wild west, 3 diantaranya merupakan sebuah trilogy melegenda (Dollars Trilogy) yang dibintangi oleh Clint Eastwood sebagai “Pria tanpa nama/Man with no name”.

Trilogy tersebut diantaranya adalah A Fistful of Dollars (1964), For a Few Dollars More (1965), The Good, the Bad and the Ugly (1966). Jika membahas yang terbaik, maka The Good, the Bad and the Ugly merupakan jawabannya, diposisikan sebagai seri penutup, jdudul tersebut berhasil menampilkan sajian film wild west yang tak terlupakan.

Seperti judulnya, The Good, the Bad and the Ugly merepresentasikan ketiga karakter yang muncul, Man with no name sebagai The Good, Senteza sebagai The Bad dan Tuco sebagai The Ugly. Man with no name merupakan seorang bounty hunter yang awalnya membuaru Tuco, saat hendak dieksekusi, Man with no name menyelamatkan Tuco. Dan dari situlah awal kemitraan terjadi, namun semuanya tak berjalan dengan mulus karena ego dari mereka masing-masing.

Sedangkan disisi lain, Senteza/The Bad mengincar sebuah harta karun emas konfederasi yang tersembunyi di sebuah makam. Perjalanan & konflik yang dilalui Tuco & Man with no name akhirnya mengarahkan mereka kepada emas yang diincar oleh Senteza. Berbagai konflik menarik serta aksi yang tersaji dalam film ini benar-baenar sangat menarik & tak akan mudah untuk dilupakan, menjadikan The Good, the Bad and the Ugly sebagai sebuah penutup yang manis dari Dollars Trilogy.


2. Unforgiven (1992)

Bisa dibilang ini adalah film “perpisahan” Clint Eastwood dalam dunia perfilman wild west, bisa dibilang juga bahwa film ini memiliki jalan cerita sangat mirip dengan Red Dead Redmption pertama. Film ini menceritakan tentang William “Will” Munny – mantan pembunuh kejam, perampok, & kriminal paling berbahaya di dataran Amerika.

Namun berkat mendiang istrinya – Claudia, Will perlahan menjadi orang baik dan perlahan mencari “penebusan”, ia menjalani masa tuanya sebagai peternak babi untuk menghidupi kedua anaknya. Tetapi keterbatasan ekonomi yang ia alami akhirnya membawa Will kembali ke dunia lamanya, ia terpaksa harus melakukan pekerjaan terakhirnya. Yaitu memburu 2 “penjahat kelamin” demi imbalan 1000$, aksinya tak akan mudah karena 2 penjahat tersebut dilindungi oleh pihak berwajib.

Karakter John Marston dalam Red Dead Redemption pertama digambarkan cukup mirip dengan Will, dimana mereka berdua awalnya ingin pensiun & mencari “penebusan”. Namun demi “keluarga” mereka harus kembali lagi terjun dalam dunia lamanya yang kejam, film Unforgiven ini juga diwarnai dengan aksi “Pembalasan” yang sangat menarik.


1. The Revenant (2015)

Film ini telah memboyong banyak penghargaan sekaligus menghantarkan Lonardo DiCaprio mendapatkan piala Oscar pertamanya. Tentunya film ini memiliki banyak sekali kelebihan & hal menarik didalamnya, The Revenant terinspirasi dari kisah nyata tentang kehidupan Hugh Glass.

Pad suatu hari di tahun 1800-an, Hugh Glass sekarat karena bertarung melawan beruang grizzly, kelompoknya coba merawatnya, namun tak bisa membawanya untuk pulang karena musim dingin yang terlalu ganas. Kelompoknya akhirnya menyuruh anak Hugh & 2 orang lainnya (Fitzgerald & Bridger) untuk tinggal merawat Hugh dengan imbalan uang.

Namun salah FItzgerald berkhianat dan membunuh anak Hugh, ia memaksa Bridge untuk ikut bersamanya dan meninggalkan Hugh mati sendirian. Hugh yang tersulut dengan dendam yang membara akhirnya mencoba untuk hidup dengan berbagai cara, yang ada dalam hatinya hanyalah satu – balas dendam.

Sinematografi, musik, acting, cerita, semuanya tersaji dengan sangat rapi & indah dalam The Revenant, menariknya lagi film ini tampaknya juga cukup menginspirasi Red Dead Redemption 2. Dimana adegan pencabikan yang dilakukan oleh beruang terasa sangat mirip seperti yang ada dalam The Revenant.




Bonus: Brokeback Mountain (2005)

Film ini bercerita tentang perjuangan hidup 2 orang Cowboy di alam barat yang liar dan tak akan pernah terlupakan, just watch it yourself.


Itulah 10 film rekomendasi bertema wild west ala Red Dead Redemption yang sangat sayang untuk kalian lewatkan, manakah yang terbaik? ataukah kalian punya rekomendasi lain? silahkan tulis di kolom komentar. Feel free to discuss.


Baca juga Listicle atau artikel menarik lainnya dari Ernard Anky.

Exit mobile version