10 Franchise Game Populer yang Perlu Dibangkitkan Lagi Saat Ini!

Franchise Game Populer

Persaingan dalam industri video game semakin sulit. Berbagai judul franchise kini menduduki pasar video game, seperti Call of Duty, Battlefield, FIFA, Final Fantasy masih banyak lagi. Namun karena persaingan yang sulit, beberapa judul franchise game pun menghilang tak ada kabar. Pada kesempatan kali ini Gamebrott akan membahas mengenai 10 franchise game populer yang perlu dibangkitkan lagi saat ini!

Franchise Game Populer yang Perlu Dibangkitkan

Informasi ini berasal dari seorang user bernama Emotional-Efficiency di sebuah thread forum Reddit. Pada thread tersebut, dia menanyakan kepada Redditors mengenai franchise game populer apa yang perlu dibangkitkan lagi.

Franchise game populer yang dimaksud adalah sebuah produk video game yang dulu sempat populer. Saat ini game-game tersebut tiba-tiba saja menghilang dan tidak ada kabar mengenai sekuel, prekuel, remake ataupun remaster.

Ada banyak franchise game yang ingin para Redditors atau gamer inginkan game favoritnya bangkit. Berikut ini adalah 10 franchise game yang perlu dibangkitkan lagi menurut para Redditors dan gamer.

10. Silent Hill

10 Franchise Game Populer yang Perlu Dibangkitkan Lagi Saat Ini! 12

Franchise game pertama yang perlu dibangkitkan lagi adalah seri Silent Hill. Ketika melihat judul ini, saya tidak heran banyak gamer ingin Konami membuat franchise game ini bangkit kembali.

Franchise game survival horror ini menjadi favorit para gamer karena menggunakan konsep horror yang berbeda saat pertama kali rilis di Playstation 1. Menggunakan sebuah kota angker, beberapa elemen mitologi mistis dan juga kondisi psikologi tiap protagonist, membuat game ini menghadirkan horror dengan cerita yang sangat menarik. Kehadiran game ini menjadi pioner bagi beberapa judul game yang menggunakan konsep genre psychological horror.

Sejak dibatalkannya game terbaru Silent Hills yang rencananya akan dibuat oleh Hideo Kojima dengan turut dibantu oleh Guillermo del Toro (Pacific Rim) dan aktor Norman Reedus (The Walking Dead), tidak ada lagi kabar terbaru dari franchise game ini (selain game pachinko).

Berulang kali para gamer kecewa dengan janji palsu Konami membuat mereka sudah tidak percaya lagi dengan mereka terkait kabar game terbaru Silent Hill.

9. Jet Set Radio

10 Franchise Game Populer yang Perlu Dibangkitkan Lagi Saat Ini! 13

Selanjutnya ada franchise game Jet Set Radio yang ingin dibangkitkan lagi oleh para gamer. Game action dikembangkan oleh Smilebit ini memiliki konsep yang fun dengan grafis, musik dan gameplay-nya.

Game yang pertama kali rilis pada 29 Juni 200 untuk Dreamcast sangat populer dikalangan para game hingga membuat Jet Set Radio di-port berbagai platfom seperti PS3, PS Vita, Xbox 360, PC, Android, iOS dan Java ME. Sejak game terakhirnya berjudul Jet Set Radio Future rilis di Xbox pada 22 Februari 2002, tidak ada kabar game terbaru dari franchise ini.

Informasi terakhir dari Kazuki Hosokawa selaku Lead Designer game Jet Set Radio mengatakan bahwa tim developer sudah terlalu tua untuk melanjutkan franchise game. Mereka tidak yakin bisa membuat sekuel game-nya memiliki energi yang sama dengan game mereka buat sebelumnya.

Meskipun pihak Sega selaku publisher telah memberikan lampu hijau untuk sekuelnya, namun tim developer merasa hampir mustahil membuat sekuel game ini.

8. Star Wars: Knight of the Old Republic

10 Franchise Game Populer yang Perlu Dibangkitkan Lagi Saat Ini! 14

Franchise game yang ingin dibangkitkan selanjutnya adalah Star Wars: Knight of the Old Republic. Game dengan genre RPG ini merupakan adaptasi dari komik berdasarkan franchise film populer Star Wars.

Star Wars: Knight of the Old Republic sangat populer dikalangan para gamer, baik itu penggemar seri Star Wars ataupun bukan penggemar serinya. Game ini menghadirkan gameplay RPG yang sangat seru dengan cerita perang yang tidak kalah bagus dengan seri utama Star Wars.

Para gamer ingin sekali game terbaru dari franchise Star Wars: Knight of the Old Republic dengan sebuah sekuel ataupun prekuel untuk memperluas dunia cerita Star Wars. Meskipun ada game MMORPG berjudul Star Wars: The Old Republic, para gamer ingin franchise Star Wars: Knight of the Old Republic dilanjutkan. Atau setidaknya game Star Wars: Knight of the Old Republic 3 yang sebelumnya dibatalkan, harus dilanjutkan kembali proyeknya.

7. Portal

10 Franchise Game Populer yang Perlu Dibangkitkan Lagi Saat Ini! 15

Para gamer pasti sudah tidak asing lagi dengan franchise game Portal. Ternyata para game masih ingin game ini dibangkitkan kembali sebagai cerita sekuel. Game puzzle platform yang dikembangkan oleh Valve ini disebut sebagai game terbaik sepanjang masa untuk seri game Portal 2.

Franchise game Portal dikenal memiliki gameplay puzzle yang seru, humor yang menghibur serta cerita unik yang masih satu universe dengan game Half-Life.

Portal terdiri dari 3 game utama dan memiliki banyak spin-off dengan berbagai keunikannya sendiri. Hingga saat ini, para gamer berharap adanya sebuah sekuel dari game Portal yang melanjutkan cerita saga dari laboratorium percobaan Aperture Science Enrichment Center.

6. Timesplitters

10 Franchise Game Populer yang Perlu Dibangkitkan Lagi Saat Ini! 16

Franchise game populer selanjutnya yang ingin dibangkitkan lagi adalah Timesplitters. Game FPS dikembangkan Free Radical Design (sekarang menjadi Crytek UK) ini sangat populer di era konsol PS2. Xbox dan GameCube.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Game yang menceritakan tentang pasukan militer khusus menghadapi makhluk bernama Timespiltters berusaha merusak sejarah umat manusia. Para pasukan militer tersebut berusaha membasmi mereka semua dalam perjalanan waktu yang berada di berbagai lokasi sejarah penting manusia.

Terhitung ada 3 seri game ini, yaitu Timespiltters, Timesplitters 2 dan Timespiltters: Future Effect. Rencana tim developer ingin membuat sekuel berjudul Timesplitters 4, namun proyek tersebut dibatalkan. Kini para gamer masih menanti franchise game Timesplitters kembali di industri video game.

5. Tom Clancy’s Splinter Cell

10 Franchise Game Populer yang Perlu Dibangkitkan Lagi Saat Ini! 17

Franchise game selanjutnya adalah Tom Clancy’s Splinter Cell yang dikenal sebagai game stealth shooter yang terinspirasi dari seri Metal Gear. Game ini sudah tidak muncul lagi dalam industri game sejak game terakhirnya berjudul Tom Clancy’s Splinter Cell: Blacklist yang rilis tahun 2013.

Sempat muncul beberapa rumor dan konfirmasi terkait game terbaru dari seri Splinter Cell ini. Pada tahun 2019, Julian Gerighty selaku Ubisoft Creative Director mengatakan bahwa dia beserta timnya masih dalam tahap pengembangan game terbaru Splinter Cell. Namun hingga saat ini, belum ada kabar terbaru dari mereka.

Kemunculan terakhir sang protagonist Sam Fisher ada pada game Rainbox Six: Siege. Pada kemunculannya, Sam Fisher yang sudah tua mengatakan saat ini hanya dia yang tersisa sebagai agen khusus dalam misi infiltrasi seperti dirinya. Ini merupakan referensi khusus untuk rival abadinya, yaitu Snake dari seri game Metal Gear Solid.

Para gamer ingin melihat lebih sang legenda Sam Fisher dan berharap akan ada game terbaru Tom Clancy’s Splinter Cell.

4. Legacy of Kain

10 Franchise Game Populer yang Perlu Dibangkitkan Lagi Saat Ini! 18

Selanjutnya ada franchise game Legacy of Kain yang sempat populer di era platform game PS1, PS2 dan Dreamcast. Game action adventure ini dikenal dengan setting cerita gothic fantasy. Meskipun Legacy of Kain populer dikalangan para gamer, namun nasib franchise game ini terombang-ambing karena masalah internal.

Hal ini terjadi pada saat pengembangan Nosgoth yang disebut masih satu franchise dengan Legacy of Kain. Pada akhirnya di tahun 2016, proyek game ini dibatalkan. Para gamer berharap sebuah game terbaru dari franchise Legacy of Kain bisa rilis suatu hari nanti.

3. Command and Conquer

10 Franchise Game Populer yang Perlu Dibangkitkan Lagi Saat Ini! 19

Judul franchise game populer yang perlu dibangkitkan selanjutnya adalah Command and Conquer. Game dengan genre real-time strategy atau RTS ini sangat populer dikalangan gamer pencinta genre ini. Hal ini dibuktikan dengan EA sebagai publisher utama merilis sebuah remaster dari 2 judul klasik Command and Conquer dan Command & Conquer: Red Alert.

Pihak EA juga merilis sebuah mobile game berjudul Command & Conquare: Rivals. Namun tampaknya game tersebut mendapatkan respon negatif dari pecinta franchise game ini karena dianggap telah mengubah unsur utama RTS game menjadi tipikal mobile game dengan segala fitur item cash.

Meskipun begitu, gamer masih berharap EA merilis game terbaru dari seri Command and Conquer, bukan sebuah mobile game dimana beberapa gamer menganggap game tersebut hanya memanfaatkan komunitasnya dalam mencari keuntungan.

2. The Lord of the Rings: The Battle for Middle Earth

10 Franchise Game Populer yang Perlu Dibangkitkan Lagi Saat Ini! 20

Satu lagi franchise game dari EA yang diinginkan para gamer untuk dibangkitkan, yaitu The Lord of the Rings: The Battle for Middle Earth. Game ber-genre RTS ini berdasarkan novel karya J.R.R. Tolkien berjudul The Lord of The Rings dan The Hobbit.

Banyak elemen dari novel The Lord of The Rings bisa kalian temukan, mulai dari para monster, sihir dan juga beberapa karakter dari novel ada pada game. Franchise ini sudah lama sekali tidak ada game terbarunya sejak The Lord of the Rings: The Battle for Middle Earth II rilis pada tahun 2006.

Hingga saat ini, tidak ada kabar terbaru dari EA mengenai proyek game terbaru dari franchise game The Lord of the Rings: The Battle for Middle Earth.

1. Burnout

10 Franchise Game Populer yang Perlu Dibangkitkan Lagi Saat Ini! 21

Dan franchise game yang paling diinginkan para gamer untuk dibangkitkan adalah game racing populer berjudul Burnout. Game buatan developer Criterion Games ini sangat populer berkat fitur dimana pemain bisa menghancurkan pembalap mobil lainnya dalam balapan.

Terhitung ada 8 game utama dari seri Burnout, game-game tersebut mendapatkan respon positif dari gamer. Kepopuleran franchise game ini membuat developer Criterion Games merilis versi remaster dari game Burnout Paradise pada 19 Juni 2020.

Meskipun sudah mendapatkan versi remaster dari salah satu seri Burnout, gamer masih belum puas dan ingin developer Criterion Games merilis game terbaru franchise game balap tabrak-tabrakan mobil ini.

Itulah informasi mengenai 10 franchise game populer yang perlu dibangkitkan lagi berdasarkan permintaan para gamer. Sebenarnya masih banyak franchise game populer yang ingin saya sebutkan dalam daftar ini, seperti L.A. Noire, Parasite Eve, Dino Crisis, F-Zero, Legend of Dragoon dan lainnya. Adakah franchise game populer favorit kalian yang ingin dibangkitkan kembali?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game PC, PS1, PS2, PS3, PS4, PS5, Xbox, Xbox 360, Xbox One, Xbox Series X/S atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version