Dear Kaum “Mendang-Mending”, Ini 10 Game Alternatif Cyberpunk 2077 yang Cocok Buatmu

in , , , , , ,
Game Alternatif Cyberpunk 2077 Untuk Mendang Mending

Tanpa disertai adanya lagi penundaan, game Cyberpunk 2077 akhirnya telah resmi meluncur hari ini. Dari sana, Banyak rasa syukur dan kelegaan yang terpanjat ketika game yang konon paling dinanti-nanti ini telah mulai tersaji di depan para khalayak. Meski begitu, tidak semua dari mereka punya kesempatan yang sama dalam menikmatinya.

Atas berbagai alasan yang melatarbelakangi, di situlah rasa kompromi muncul. Baik itu karena masalah ketidakcukupan dompet atau ketiadaan hardware yang memadai, sebagian dari kalian mungkin ada yang sedang tak mau memaksakan diri untuk larut dalam derasnya hype Cyberpunk 2077. Hal tersebut tentu saja cukup normal untuk dirasakan.

Namun, demi setidaknya meredam ego mendang-mendingmu di media sosial, mungkin ada baiknya bila kami berupaya membantu kalian dalam mencari bentuk pelampiasan yang lebih positif. Yakni, dengan memberi sekumpulan list dari game alternatif Cyberpunk 2077 yang bisa kamu mainkan berikut.

 

10. Kingdom Come Deliverance

Walau punya perbedaan setting yang cukup kontras dengan Cyberpunk 2077, game keluaran 2018 ini tergolong cukup underrated. Sering kali dicap sebagai salah satu hidden game dari genre Open World, Kingdom Come Deliverance punya konsep RPG untuk mengatur sekaligus mengembangkan kemampuan karaktermu.

Gambarannya pun boleh dibilang cukup detil walau diimbangi dengan padanan gameplay bertempur yang memang tidaklah terlalu bersahabat untuk para pemain kasul. Disamping itu, game RPG medieval ini juga dikenal punya cerita yang cukup bercabang dari berbagai caramu untuk menyelesaikannya

 

9. Watch Dogs Series

Pertama kali leburkan adanya tema “hacking” dan genre open world menjadi satu, Watch Dogs jelas menyimpan adanya satu konsep arah yang sama dengan Cyberpunk 2077.  Seri terbarunya seperti Watch Dogs Legion pun merupakan satu bentuk pilihan “mendang-mending” yang paling maksimal untuk kamu pilih. Karena di game tersebut, kamu bisa berperan sebagai siapa saja dengan kemampuan yang berbeda-beda.

Namun bila seri Legion dirasa masih terlalu memberatkan buatmu, memainkan seri Watch Dog 1 dan 2 juga tidaklah buruk. Ada aspek cerita yang jauh lebih terfokus dari dua seri game awalnya yang tentu saja cukup menarik untuk kamu simak.

 

8. Mafia series

Merupakan seri game open world yang juga bisa menjadi opsi penting buatmu. Khususnya Apabila kamu cukup tertarik dengan era keklasikan yang dibawa oleh franchise Madia. Hampir semuas serinya mempunyai fokus yang kuat terhadap aspek cerita. Apalagi melalui sisi gelap dari kekejaman dunia kelompok mafia yang bisa cukup mencerminkan keberadaan kelompok faksi-faksi di Cyberpunk 2077.

Selain dari hal itu, 2 seri awal game Mafia merupakan seri yang paling kami rekomendasikan. Untuk Mafia 3, walau cerita dan karakternya bisa berkesan menarik, sisi replaybility yang dihadirkannya pun kurang begitu maksimal. Sementara bila kamu punya budget lebih, kamu pun juga dapat langsung menjajal versi remake dari Mafia 1 dalam Mafia: Definitive Edition yang kualitasnya masih tetap terjaga.

 

7. Borderlands Series

Dengan kesannya yang nyeleneh, seri game Borderlands bisa menjadi sebuah game Cyberpunk 2077 dalam suatu versi yang lebih hiperbolis. Sama-sama merupakan game First-Person Shooter dan RPG, Borderlands sendiri menyimpan suatu keunikan besar pada tambahan sisi genre Looter Shooter-nya.

Di game ini, hampir segala loot didapat secara prosedural dalam variasi jumlah katanya bisa mencapai milyaran. Sementara dunia yang akan kamu jelajahi pada masing-masing keempat seri utamanya pun juga termasuk luas serta menyimpan lore yang sebagian cukup bisa membuatmu terpingkal.

 

6. Vampyr

Ingin sebuah variasi pengalaman yang lebih sederhana ? Cobalah game Vampyr. Game action RPG yang secara khusus ingin memperkenalkan kehidupan peranmu sebagai seorang dokter dan vampir. Tentunya dengan aspek penjelajahan yang bisa kamu temukan, game ini juga dikenal memiliki bentuk putusan cerita yang non-linear untuk kamu eksplor.

 

5. The Elder Scrolls V: Skyrim

Sebuah game Open World RPG fenomenal dengan lore cerita yang bisa membuatmu mudah jatuh cinta. Walau hadir dengan tema setting yang penuh fantasi dan hal-hal medieval, seri The Elder Scrolls V: Skyrim tentu bisa menjadi satu pengganti yang cocok bagi Cyberpunk 2077.

Karena dengan resepsinya yang dikenal cukup luar biasa, game keluaran 2011 ini juga banyak disinggung hingga disindir lewat kehadirannya di banyak versi platform. Sehingga memang tetap akan selalu relevan bukan ?

 

4. Fallout 4

Satu game seperguruan dari Skyrim yang juga tidak kalah menarik untuk dijadikan sebagai alternatif Cyberpunk 2077. Karena boleh konsep RPG dan cerita nonlinear yang dimiliki oleh Cyberpunk pada dasarnya cukup mengadopsi kuat dari apa yang sempat lebih dulu dibawa oleh franchise Fallout.

Bedanya, cerita di dalam game Fallout lebih banyak membawa nuansa dunia yang post apoclyptic akibat perang nuklir. Sementara itu untuk seri yang kami rekomendasikan, seri Fallout 4 sendiri bisa menjadi awal mula yang bagus buatmu jika kamu merasa tak nyaman dengan gambaran imersi dari seri-seri Fallout sebelumnya.

 

3. GTA V

Dari game yang pastinya hampir semua orang tahu atau punya, GTA V jelas adalah salah satu alternatif terbaik yang bisa kamu manfaatkan apabila kamu tak bisa memainkan Cyberpunk 2077. Untuk ukuran game open world modern, game ini tentunya sudah dirasa sangat menghadirkan berbagai sajian gameplay yang sungguh lengkap.

Keberadaan versi mode onlinenya hingga kini pun masih dibanjiri oleh banyak pemain dengan update yang tetap akan selalu diperbaharui.

 

2. The Witcher 3: Wild Hunt

Bila merasa ragu dengan Cyberpunk 2077, Cobalah untuk memainkan game buat CD Projekt sebelumnya seperti The Witcher 3: Wild Hunt. Apa yang dipunya Game RPG Open World ini boleh dibilang sangatlah luar biasa.

Sering kali disebut sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa, The Witcher 3 sendiri memang menampilkan banyak hal yang begitu ambisius. Mulai dari isi mapnya yang terlampau luas hingga dibagi ke dalam beberapa sektor baru, sampai ke ceritanya yang terkenal panjang dan menggairahkan.

 

1. Red Dead Online

Kamu tak punya uang untuk membeli Red Dead Redemption 2 ? Mulai saat ini, kamu bisa coba membeli secara terpisah konten onlinenya dengan harga miring di banyak platform.

Yakni hanya dengan harga sekitar 70 ribuan saja, game open world online dengan tema Wild West yang serba realistik ini bisa menjadi salah satu pilihan yang begitu sempurna ketika kamu gagal dalam menekel kemegahan hype Cyberpunk 2077.

Bagaimana ? Apakah List-list game alternatif Cyberpunk 2077 di atas bisa cukup meredakan kebiasaanmu untuk “memendang-mendingkan” sesuatu saat berada dalam komunitas ? Bila dirasa belum, perlukah kami memberikan part keduanya di kemudian hari ?


Baca pula beragam listicle-listicle menarik kami yang lain, beserta tak ketinggalan dengan kabar-kabar seputar dunia video game dari saya, Ido Limando. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]