10 Game Anime Terbaik yang Harus Dimainkan di 2021

Game Anime

Game anime tak hanya representasikan budaya Jepang yakni anime, namun juga berikan imajinasi apa saja yang orang-orang dari negeri sakura tersebut bayangkan. Mulai dari kekuatan super, dunia penuh warna, dan terkadang kisah kelam di balik game yang sekilas ceria.

Tentu saja tak semua game anime dibuat oleh developer Jepang. Beberapa developer barat maupun asia lain yang merupakan fans berat dari kultur pop tersebut juga mengembangkan game serupa yang tak kalah menarik baik dari konsep maupun permainannya.

Setiap tahun, kita mendapatkan game anime yang beragam, baik yang cukup menarik dan menyenangkan untuk diikuti, hingga yang mungkin bakal membuatmu kecewa.

Di tahun 2021 ini, kita disuguhkan banyak game anime dari developer besar dan indie yang bisa menemani harimu di kala belajar maupun bekerja dari rumah. Tapi tenang, kamu yang bingung mau main yang mana tak perlu mencarinya di internet karena kami telah merangkumkannya untukmu.

Kami telah memilih sekitar 10 game anime yang harus dimainkan di tahun 2021 ini. Tentu saja gamenya adalah game baru dan bukan rilisan tahun lalu. Apa saja gamenya? Yuk, langsung aja kita cek.

Disclaimer

Persona 5 Strikers

Persona 5 Strikers simplenya game musou dengan gameplay ala ATLUS. Gamenya akan ajakmu memainkan Joker a.k.a Ren Amamiya/Akira Kurusu bertualang di dunianya. Tak hanya eksplorasi, kamu juga akan bisa membantai para shadow bersama teman-temanmu baik di kota maupun dungeon khusus. Bedanya, kini kamu memainkannya dengan permainan action dan bukan turn-based seperti Persona 5 orisinal.

Ys IX: Monstrum Nox

Ceritakan manusia yang berubah jadi monstrum di malam hari, Ys IX: Monstrum Nox akan bawa Adol Christin untuk kembali bertualang di dunia dan kisah berbeda. Monstrum adalah manusia dengan jiwa khusus yang memiliki kekuatan uniknya masing-masing. Mereka akan bantu Adol dan teman-temannya untuk mengeksplorasi dungeon yang luas dengan gliding, lari di tembok, hingga berikan beragam efek saat battle.

Dengan visual anime dan action RPG yang disandangnya, Ys IX: Monstrum Nox akan pertahankan ciri khasnya dengan bawa mekanik “party” yang telah mereka sempurnakan di Ys VIII: Lacrimosa of Dana yang telah dilengkapi ragam peningkatan menarik.

Shin Megami Tensei III Nocturne HD Remaster

Game ini sebenarnya adalah remaster dari versi PlayStation 2-nya dengan tampilan visual yang lebih baik dan jelas. Ia masih ceritakan seorang anak SMA di Tokyo yang bisa berubah menjadi demi-fiend setelah dunia alami Conception, sebuah insiden yang diakibatkan oleh sekumpulan kultus demi terciptanya dunia baru. Tokyo berubah menjadi Vortex World yang berisi banyak setan.

Gamenya sendiri punya banyak ending, oleh karenanya kamu harus berhati-hati untuk memilih apapun tujuanmu saat memainkannya.

Edge of Eternity

Dikembangkan oleh developer asal Prancis, Edge of Eternity ceritakan kakak beradik Daryon dan Selene untuk selamatkan dunianya, Heryon dari wabah penyakit bernama The Corrosion dan alien. Awalnya tujuanmu hanya berkutat pada penyembuhan ibumu yang terkena penyakit tersebut. Namun semuanya berubah menjadi lebih besar setelah kamu mengetahui rahasia tentangnya.

Adaptasi turn-based RPG sebagai dasar permainannya, Edge of Eternity sekilas akan sangat mirip dengan Star Ocean. Ia miliki sistem strategi dan ragam hal yang bisa dimanfaatkan saat battle selain kemampuan setiap karaktermu. Misalnya saja menghancurkan unit untuk melukai bos dan yang lain. Sayangnya game ini masih dirilis untuk PC saja. Developer berencana meluncurkannya ke console kemungkinan besar akhir tahun ini.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Doki Doki Literature Club Plus!

Sudah stres dengan versi pertama gamenya? Tenang, developer Doki Doki Literature Club Plus! Masih akan menambahkan ragam hal baru di dalamnya. Game ini akan sama persis dengan iterasi pertama, namun dengan enam side story baru dan ratusan hal yang bisa kamu buka. Tidak, tidak akan ada cewek baru untuk kamu cintai, kamu masih diberi pilihan empat cewek: Sayuri, Natsuki, Yuki, dan Monika.

Tentu saja saya mengingatkan jika kamu tak suka horror, maka game ini kemungkinan tidak akan cocok buatmu karena akan cukup “mengganggu” jiwa dan pikiranmu. Tapi kalau kamu masih ingin memainkannya, your choice.

Kimetsu no Yaiba: Hinokami Keppuutan

Dikerjakan oleh CyberConnect2, sudah pasti Kimetsu no Yaiba: Hinokami Keppuutan akan miliki sistem pertempuran yang solid. Gamenya kurang lebih akan berikan kisah yang sama dengan anime maupun manganya, Kimetsu no Yaiba di mana kamu akan berperan sebagai Kamado Tanjiro untuk menemukan obat adikmu, Nezuko yang telah berubah menjadi oni. Terlihat RPG? Oho tentu tidak, gamenya merupakan game fighting versus yang mungkinkanmu memainkan mode versus secara terpisah.

NieR: Replicant ver. 1.22474487139

Ceritakan seorang anak muda yang tinggal di desa terpencil, NieR: Replicant Ver 1.2xxxxx adalah versi remaster dari seri orisinalnya dan prekuel dari NieR: Automata yang hanya dirilis di Jepang. Demi menyelamatkan adik perempuannya, Yonah dari penyakitnya, anak muda ini kemudian bertualang bersama Grimoire Weiss, sebuah buku sihir yang bisa berbicara untuk mencari “Sealed Verses” yang bisa menyembuhkan adiknya.

The Great Ace Attorney Chronicles

Profesi detektif bukanlah satu-satunya profesi di mana kamu harus mencari bukti untuk membela korban dan menemukan tersangka, namun pengacara juga menjadi salah satunya. Game ini ceritakan Phoenix Wright atau nama Jepangnya, Ryuunosuke pada abad ke-19 untuk membela para kliennya dalam pengadilan dengan mengumpulkan bukti dan saksi yang ada.

Game ini berisi kurang lebih tiga game yang kisahkan karir Ryuunosuke hingga jadi pengacara terkenal yang kita kenal saat ini hingga diadaptasi via anime maupun filmnya.

Tales of Arise

Bersetting pada pertempuran planet Dahna dan Rena yang tak kunjung berakhir, Tales of Arise akan bawamu pada kisah dua tokoh utama Alphen dan Shionne yang sama-sama memiliki kutukannya masing-masing. Alphen yang tak bisa merasakan rasa sakit meski dilukai, sementara Shionne yang tubuhnya tak bisa disentuh oleh siapapun karena “perisai” jarumnya. Berusaha meredakan konflik kedua planet, mereka bertualang dan menemukan teman-teman baru di sepanjang perjalanannya.

Scarlet Nexus

https://www.youtube.com/watch?v=uobG2Y70iMo

Scarlet Nexus adalah judul baru game anime orisinal buatan Bandai Namco. Kamu akan berperan sebagai dua karakter berbeda yakni Yuito atau Kasane yang miliki alur ceritanya masing-masing dalam menjalani kehidupan sebagai pasukan OSF (Other Suppression Force) untuk membantai entitas misterius bernama Other yang jatuh dari langit dan mengacau negara New Himuka.

Gameplaynya cukup unik karena kamu bisa meminjam kekuatan semua karakter yang ada di dalamnya dan memanfaatkan segala cara untuk mengalahkan musuh-musuhmu. Menariknya, Scarlet Nexus juga tawarkan bond system yang mirip dengan seri Persona. Bedanya, melalui bond, kamu bisa meningkatkan kemampuan karakter saat battle.

Honorable Mentions

The Legend of Heroes: Hajimari no Kiseki

Natsuno Kanata -Beyond the Summer- (JP Only for Now)

ANNO: Mutationem

IdolDays

THE IDOLM@STER STARLIT SEASON


Itulah 10 game anime terbaik yang harus dimainkan tahun 2021, semoga bisa menjadi referensimu ya. Apa game yang kamu tunggu? Seperti biasa, kamu bisa cantumin daftarnya melalui kolom komentar di bawah.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version