10 Game Bertemakan Pecinan untuk Temani Imlek Tahun 2021

in
Game Imlek 2021

Pada hari Jum’at tanggal 12 Februari 2021 nanti, menjadi perayaan tahun baru China yang akan dirayakan oleh semua orang di Asia. Khususnya bagi mereka yang merupakan keturunan Tionghoa dan masih melestarikan budayanya.

Libur nasional yang juga ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk merayakannya menjadi sebuah kesempatan bagi kamu yang merayakan Imlek untuk menikmati kumpul keluarga dan tentu saja, memainkan game dengan tema pecinan yang bisa menemani perayaanmu.

Dan untuk menyambutnya, kami telah siapkan sekitar 10 rekomendasi video game dengan tema pecinan atau angkat kultur Tiongkok yang cukup kental untuk menemani liburanmu di tahun kerbau logam.

Berikut 10 game bertemakan pecinan untuk temani imlek tahun 2021.

Disclaimer
  • Game yang dimaksud miliki tema keseluruhan Tiongkok dengan budaya atau sebagian miliki bagian dari budaya Tiongkok yang kental.
  • Game yang masuk daftar tidak termasuk game dengan bagian kecil bertema pecinan. Misalnya: Unit China di C&C Generals/Zero-Hour, hadir dengan karakter yang berasal dari Tiongkok dengan stage daerah asalnya, termasuk pergi ke area Tiongkok di sesi levelnya.
  • Sudah termasuk game yang telah dirilis atau sempat dirilis meskipun pada akhirnya dicabut dari pasaran (kami tidak menyarankan memainkannya secara ilegal untuk kondisi yang disebutkan, namun jika keadaannya sudah seperti ini, umumnya hanya cara itulah yang satu-satunya bisa dilakukan untuk memainkannya). Game yang belum atau akan rilis tidak masuk daftar.
  • Game sudah mendukung bahasa Inggris. Game yang belum tidak akan dimasukkan daftar.

10. Dynasty Warriors Series

Jika berbicara Tiongkok, tak afdol rasanya jika tidak memasukkan Dynasty Warriors dalam daftar berikut. Franchise milik Koei Tecmo tersebut ceritakan kisah peperangan antara tiga kerajaan yang menjadi seri spin-off Romance of the Three Kingdoms. Game ini adalah salah satu hack and slash terbaik dengan satu lawan ribuan unit yang muncul di sebuah map sandbox. Player akan ditugaskan untuk merebut pos dan kastil musuh sembari mengalahkan para hero yang muncul menjaganya. Sayangnya iterasi terbarunya yakni ke-9 yang diubah menjadi open-world tak dapatkan resepsi positif dari para fansnya dan justru alami kendala luar biasa saat perilisannya.

9. Romance of the Three Kingdoms Series

Romance of the Three Kingdoms adalah game turn-based strategy milik Koei Tecmo yang didasarkan oleh novel dengan judul yang sama buatan Lui Guanzhong. Gamenya juga angkat kisah dan tema berdasarkan teks historis abad ketiga yakni Records of the Three Kingdoms yang ditulis oleh Chen Shou. Player akan mengatur beberapa kota, karakter, hingga masalah politiknya. Termasuk peperangan antar wilayah dan menangani bencana alam yang melanda.

8. Devotion

Angkat tema sosial di Taiwan pada tahun 80-an, psychological horror Devotion kisahkan seorang ayah bernama Du Feng Yu yang harus menyelamatkan putrinya, Mei Shin yang menderita penyakit misterius. Feng Yu tak mengindahkan saran dokter untuk menyembuhkan anaknya, namun justru percaya ajaran sesat dari sifu Heuh. Sayangnya, kontroversi konten yang sindir Presiden Tiongkok Xi Jinping paksa developernya, Red Candle Games cabut gamenya dari pasaran. Namun mereka kembali merilis versi fisiknya di Taiwan saja untuk saat ini.

7. Assassin’s Creed Chronicles: China

Assassin’s Creed Chronicles: China merupakan sub-seri dari franchisenya yang bersetting di Tiongkok pada tahun 1526. Kamu akan perankan seorang perempuan bernama Shao Jun yang merupakan murid dari Ezio Auditore da Firenze yang ingin balaskan dendam terhadap kelompok Templar bernama Eight Tigers. Kelompok yang telah luluh-lantakkan Assassin Brotherhood di Tiongkok. Berbeda dari game utamanya, Chronicles didesain dalam bentuk side-scrolling layaknya Super Mario, namun dengan elemen stealth yang masih unik.

6. Gujian 3

Sebenarnya Gujian 3 adalah sekuel dari kedua iterasi pertamanya yang sayangnya hanya iterasi ketiganya saja yang memiliki terjemahan bahasa Inggris. Namun jangan khawatir karena tokoh dan ceritanya berbeda. Gamenya ceritakan seorang ahli pedang keturunan ras surgawi Shadowchasers bernama Beiluo yang terjebak dalam pertempuran antar dewa dan setan. Sayangnya, meski ia hadir dari salah satu ras terkuat, Beiluo enggan menggunakan kekuatan sucinya untuk melawan para setan. Ia juga protes kenapa harus terseret dalam konflik tidak jelas tersebut.

5. Shenmue Series

Seri Shenmue ceritakan seorang pengguna Jujitsu, Ryo Hazuki yang harus balaskan dendam terhadap orang Tiongkok yang membunuh ayahnya, Iwao Hazuki, bernama Lan Di. Selain membunuh ayahnya, Lan Di juga mencuri artefak bernama Dragon Mirror. Seri pertamanya akan bawa Ryo ke Yokosuka, Jepang untuk mencari informasi tentang pembunuh ayahnya tersebut. Sementara seri kedua dan ketiga akan bawanya menyusuri Hong Kong demi balaskan dendam dan menguak misteri dari Dragon Mirror dan cermin kedua bernama Phoenix Mirror.

4. Chinese Parents

Pernahkah kamu membayangkan sulitnya menjadi orang tua keturunan Tionghoa yang harus merawat anaknya demi menjadikannya yang terbaik? Jika ya, maka Chinese Parents akan mengajarkanmu cara-caranya. Kamu akan menjadi seorang anak yang dituntut oleh orang tuamu menyelesaikan tugas yang umumnya sudah biasa dilakukan di negara bagian Asia manapun kecuali Jepang dan Korea. Belajar, bersenang-senang, dan miliki teman adalah tujuan utamamu. Namun, mungkinkah kamu menyelesaikan ujian akhir Gaokao? Kamu memiliki waktu 18 tahun untuk merampungkannya.

3. Sleeping Dogs

Disebut sebagai GTA-nya HongKong, Sleeping Dogs akan ajak kamu untuk berperan sebagai Wei Shen, seorang polisi yang harus menyusup dan bergabung sebagai anggota geng Mafia HongKong Sun On Yee dan menghancurkannya dari dalam. Di sepanjang permainannya, Shen akan diminta untuk melakukan dua tugas baik sebagai polisi dan mafia. Sebagai mafia, ia akan disuruh untuk melakukan tindak kriminal hingga akhirnya membunuh beberapa letnan Sun On Yee yang membuat masalah.

2. Detention

Detention adalah game horror pertama buatan developer asal Taiwan, Red Candle Games yang juga mengerjakan Devotion. Gamenya bersetting di Taiwan pada tahun 60-an dan menceritakan Wei dan Ray yang terjebak di SMA Greenwood yang angker yang terletak di pegunungan terpencil. Kamu akan menemui beberapa makhluk seram bernama Lingered dan bersembunyi dari kejaran mereka sembari menguak misteri masa lalu sekolah terkutuk tersebut.

1. Genshin Impact

Dibuat developer asal Tiongkok, miHoYo, Action RPG Genshin Impact sebenarnya ceritakan seorang traveler yang harus terlempar ke dunia bernama Teyvat. Dalam gamenya, kamu harus menguak misteri Archon dan kembalikan kekuatanmu yang telah direnggut. Di sepanjang petualanganmu, kamu akan menemukan ragam budaya baik Eropa hingga tentu saja Tiongkok yang direpresentasikan dengan kota Liyue yang sangat megah.


Itulah 10 game bertemakan pecinan untuk temani imlek tahun 2021. Adakah dari kamu yang telah mencoba memainkannya? Atau mungkin kamu memiliki rekomendasi lain? Seperti biasa, kamu bisa mencantumkannya via komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).