10 Game Bervisualkan Anime Terbaik di Tahun 2018


Follow Us

Meski seringkali dianggap sebagai produk budaya pop yang cukup negatif bagi sebagian orang, tidak selamanya hal-hal yang berbau Anime itu tergolong pantang untuk dinikmati. Dengan mengambil contoh video game, banyak developer masih tetap memerlukan banyak jasa dari para visualis Anime/manga, bahkan mereka sampai rela mengadaptasi langsung seri-seri anime populer yang biasa kamu tonton di TV ataupun mendownloadnya secara ilegal di dunia maya tersebut menjadi suatu karya video game.

Nulis artikel dibayar

Tahun 2018 sendiri boleh saja ditutup dengan tidak banyak tapi cukup solidnya line up game-game berperawakan Anime yang muncul di pasaran. Beberapa diantaranya mungkin tak terlalu cukup dalam memberimu suatu dimensi kepuasan yang betul-betul segar. Akan tetapi, untungnya masih ada beberapa butir mutiara yang bisa kamu capit ditengah-tengah anggapan miring game Anime sebagai suatu filler atau pesona fan service semata.

Tanpa perlu berklise panjang lebar sembari menunggu pergantian tahun, kami ingin membagikan suatu list mengenai game-game Anime apa saja yang sangat begitu luar biasa di tahun 2018 ini, beserta dengan alasan mengapa kamu wajib tahu dan sebisa mungkin berkesempatan untuk memainkan game tersebut selama kamu masih hidup. Yuk mari kita lihat Brot…..


10. Digimon Story: Cyber Sleuth – Hackers Memory

Genre: RPG

Platform: PS4

Dalam deretan terbaik yang paling buncit, game tentang adu monster dan mengkoleksinya ini adalah salah satu game yang cukup bisa membuatmu bernostalgia kembali akan pesona versi Anime yang pertama kali mengudara di tahun 90-an. Dengan nama Digimon Story: Cyber Sleuth – Hackers Memory, game yang telah diracik oleh Bandai Namco tersebut bisa digolongkan sebagai game RPG Digimon yang cukup solid dan dapat sekali untuk dirindukan oleh para penggemar setia.

Yang paling utama, seri Cyber Sleuth – Hackers Memory telah menghadirkan banyak tambahan Digimon baru dengan bentuk visualisasi yang cukup keren dan mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya. Game ini pun juga punya sebuah fokus plot yang hendak dibangun, beserta dengan sistem RPG yang kembali terorientasi pada aksimu dalam membudidayakan Digimon-Digimon yang kamu miliki.


9. Fist of the North Star: Lost Paradise

Genre: Action-adventure

Platform: PS4

Merupakan satu game petualangan adu “nyali” yang diadaptasi dari seri anime/manga populer di tahun 80-an silam. Anime yang banyak diketahui oleh warga netizen karena perkataan “Omae Wa Mou Shindeiru” tersebut telah mendapat suatu versi adaptasi game teranyar di tangan publisher sekelas Sega. Dan hasilnya, Sega rupanya ingin membawa sebuah spirit “Yakuza” dalam mengkontaminasi Anime ini menjadi game yang berjudul Fist of The North Star: Lost Paradise.

Percayalah, melihat reputasi Sega yang cukup manis bersama Yakuza, Fist of the North Star: Lost Paradise tetaplah sebuah game yang mampu menyajikan cakupan gameplay ala Yakuza yang sangat begitu terekspan dari seorang Kenshiro selaku protagonis. Banyaknya penyajian konten yang tidak hanya melulu soal membocorkan kepala/badan para musuh dengan tangan saktimu, membuat game bermuatan Anime “kerad” ini cukup pantas untuk diperhitungkan di tahun 2018.


8. My Hero’s One Justice

Genre: Fighting

BACA JUGA  Ending Rahasia Kingdom Hearts III Rilis Setelah Gamenya Keluar

Platform: PS4, Xbox One, PC, Switch

Melihat serial Animenya sedang naik daun dalam beberapa momen belakangan, Izuku Midoriya tentu tidak mau begitu saja melewatkan kesempatan untuk bisa memamerkan aksi Quirknya di hadapan para kamu semua sebagai para gamer. Melalui perantara Bandai Namco, untuk pertama kalinya kalian bisa menyaksikan Boku No Hero Academia teradaptasi langsung secara aktual ke dalam bentuk video game yang lebih modern.

Berjudul My Hero’s One Justice, debut awal game ini di platform game AAA ternyata tidaklah seburuk yang dikira. Game bergenre fighting tersebut rupanya tergolong cukup seru dan asyik untuk dimainkan. Terutama lewat sudut pandang gameplay 3D-nya yang bisa memberimu banyak ruang untuk melihat beragam aksi jurus-jurus Quirk keren yang dipamerkan oleh tiap karakternya plus dengan¬†tambahan fitur kustomisasi penampilan sebagai bumbu penyedap.


7. Attack on Titan 2

Genre: Action

Platform: PS4, PS Vita, Xbox One, PC, Switch

Salah satu game adaptasi Anime populer yang terkenal akan keberadaan mahluk-mahluk raksasa (Titan) super kejam dan tak berprikemanusiaan. Shigeki No Kyojin masih tetap beruntung dikaruniai kembali versi adaptasi video game di tahun 2018 yang juga masih sangat merepresentasikan gambaran hidup yang sudah kamu saksikan dalam serial Animenya. Lewat bentuk sekuel yang berjudul Attack on Titan 2, game ini ingin memberimu suatu kebebasan konten yang lebih memanjakan lagi dibanding prekuelnya.

Selain kamu juga berkesempatan untuk melanjutkan cerita petualangan season kedua di versi animenya, game buatan Koei Tecmo ini juga untuk pertama kali menyajikan suatu fitur menarik dimana kamu bisa membuat karakter originalmu sendiri. Keasyikan dalam berCo-op juga ingin dioptimalkan kembali oleh Koei Tecmo, karena kamu bahkan bisa bermain secara Co-op di dalam story mode sekalipun. Lalu belum ditambah dengan adanya mode baru menarik yang memungkinmu untuk berperan sebagai sang Titan itu sendiri.


6. Cross Code

Genre: Action RPG

Platform: PC

Radical Fish Games bukanlah sekelompok developer yang berasal negeri matahari terbit. Namun, mereka mampu memanfaatkan visualisasi gaya jejepangan yang sudah teroplos oleh ciri khas mereka untuk menciptakan sebuah game yang luar biasa. Dari tampak kulit, Cross Code memang terlihat sebagai game yang biasa-biasa saja, bahkan ketika kamu melihat bahwa gameplaynya pun sangat 2D dan terkesan jadul. Akan tetapi, hasil jerih payah yang dibuat dari hati pada dasarnya tidak akan pernah bisa membohongi.

Game ini merupakan game Action RPG dengan sistem gameplay yang sangatlah cepat dan adiktif. Mengadaptasi unsur dungeon crawling serta puzzle yang super menarik ala game Zelda, kamu sebagai seorang tokoh protagonis wanita yang badass juga dibekali oleh bejibun variasi potensi skill yang bisa kamu pelajari beserta dengan jumlah varian equipment yang terpancar dari keunikan efeknya masing-masing. Semuanya itu betul-betul saling bersinergi dalam menghadapi tiap musuh yang tidak boleh kamu lawan secara serampangan. Cross Code bisa dibilang sangatlah hardcore dan kompleks dalam menawarkan suatu mekanika RPG, terlepas dari sisi penyajian grafisnya yang masih berada di taraf 16-bit.


5. Valkyria Chronicles 4

Genre: Tactical RPG

Platform: PS4, Xbox One, PC, Switch

Boleh disebut sebagai Call of Duty versi Anime, seri Valkyria Chronicles adalah seri franchise game yang lebih ingin menekankan pentingnya cerita yang dibawa pada masa-masa perang dunia dalam sudut pandang fiksi alternatif. Dibuat langsung oleh Sega, Valkyria Chronicles kini telah memasuki seri keempat dengan judul Valkyria Chronicles 4. Game bergenre RPG taktik tersebut seakan telah berhasil membangkitkan kembali harapan dan kesuksesan yang sudah diraih dari seri pertamanya.

Game ini punya semacam daya tarik yang tidak hanya berasal dari kreasi visual Anime dan karakterisasinya yang amat menggugah emosi. Karena semuanya itu juga tertata rapi oleh sistem gameplay taktikal yang mengkombinasikan unsur turn based dan third person shooter secara berkesinambungan. Dalam seri terbarunya, Valkyria Chronicles 4 mau memberi suatu peningkatan kualitas dari segi ukuran hingga detail dari tiap map pertempuran beserta dengan tambahan class yang bisa kamu utilisasikan.


4. Ni No Kuni 2: Revenant Kingdom

Genre: Action RPG

Platform: PS4, PC

Ghibli adalah satu alasan yang menjadikan franchise ini cukup layak untuk dicintai. Meski seri keduanya tidak lagi melibatkan mereka dalam proses pembuatan, namun spirit yang diwariskan oleh Ghibli masih tetap berdampak secara nyata di dalam seri Ni No Kuni 2: Revenant Kingdom. Keindahan tampilan visual yang dibalut dengan tema cerita ala dongeng anak-anak sama sekali tidak membuat banyak orang dewasa alergi untuk mencicipi game bikinan Studio Level – 5 ini.

Sebagai salah satu harapan yang dapat membuat para penggemar JRPG bisa kembali tersenyum di tahun 2018, Ni No Kuni 2 telah menghadirkan banyak penambahan intensitas gameplay yang jauh lebih dimaksimalkan dari versi prekuelnya, terutama lewat sistem pertarungannya yang kini lebih bersifat action real time. Lalu bisanya kamu untuk membangun kerajaan (sebagai raja) dan melakukan berbagai skirmish ala game RTS, sudah dirasa cukup untuk membuat kita merasa terpikat dengan “warna” yang ingin diberikan oleh game ini.


3. Octopath Traveler

Genre: RPG

Platform: Switch

Ingin mengembalikan pesona game Final Fantasy zaman 16-bit ke dalam era industri game modern adalah misi yang sepertinya sedang diusung Square Enix ketika merilis game mereka yang berjudul Octopath Traveler. Bagaimana tidak, game ini berhasil membuktikan bahwa grafis kekinian bukanlah hal yang paling dicari di dalam lingkup ekosistem game JRPG.

Dengan artstylenya yang unik, elegan, serta mampu memberi suatu kesan Fantasi yang cukup memanjakan, game ini menghadirkan sebuah sistem bermain paling beda dibandingkan game-game JRPG biasanya. Octopath Traveler seakan ingin membuat semua karakter yang ada di game terasa sangat begitu spesial, terutama karena adanya pemilihan 8 macam cabang cerita yang masing-masing tertanam dari tiap karakternya. Selain itu, sistem pertarungan di game ini juga dibuat sangat ikonik selayaknya game Final Fantasy lewat pemanfaatan gaya bertarung turn based dan sistem job ganda yang menarik.


2. Dragon Ball FighterZ

Genre: Fighting

Platform: PS4, Xbox One, PC, Switch

Bila Octopath ingin mencoba mengembalikan kejayaan game Final Fantasy ke zaman 16 bit, maka seri game Dragon Ball pun juga sedang mengemban suatu misi yang kurang lebih sama dalam skala berbeda. Ingin membawa franchise yang diadaptasi dari serial Anime Minggu pagi populer tersebut ke dalam genre fighting yang lebih pantas, kali ini Bandai Namco lewat Arc System Works telah berhasil mewujudkan para fans lama lewat game yang berjudul Dragon Ball FighterZ.

BACA JUGA  Sambut Tahun 2019, League of Legends Rilis Trailer Bernuansakan Anime

Game dengan genre adu gelut tersebut kini lebih ingin dipadatkan ke dalam gameplay 2D, namun juga memiliki grafik yang sekilas juga bisa membuatnya terkesan seperti game 3D. Lewat kapabilitas Arc System Works selaku developer, Dragon Ball FighterZ telah berhasil mereka olah menjadi satu game fighting dengan efek-efek animasi memukau yang mampu mengundang decak kagum dari banyak penggemar lama ataupun baru, terutama karena mekanisme gameplaynya yang tidak terlalu sulit untuk dipelajari.

Bahkan game ini telah dirasa berkontribusi tinggi dakam menjadikan iklim eSports FGC (Fighting Game Community) tumbuh dan semakin bersemi kembali semenjak kehadiran Tekken 7. Sehingga, jangan kaget apabila banyak orang yang merasa bahwa Dragon Ball FighterZ bisa dibilang merupakan game Fighting terbaik di tahun ini.


1. Dragon Quest XI: Echoes of an Elusive Age

Genre: RPG

Platform: PS4, PC, Switch, 3DS

Game JRPG dengan gaya visual yang dibuat oleh pencipta Dragon Ball ini merupakan seri game yang sama sekali tak boleh dikesampingkan untuk kamu yang sudah cukup rindu sekali dalam menanti-nantikan kemunculan game RPG klasik yang berkualitas. Karena franchise Dragon Quest nampaknya masih tetap tidak mau punah hingga saat ini. Kemunculan seri terbarunya yang berjudul Dragon Quest XI: Echoes of an Elusive Age telah berhasil membangkitkan suatu gairah dari para penggemar RPG yang menyukai game ini semenjak fenomenalnya seri Dragon Quest VIII.

Lewat grafisnya yang semakin dipercantik dan disesuaikan dengan kebutuhan industri game modern, Seri kesebelas dari Dragon Age tersebut juga telah menghadirkan suatu hal yang segar baik dari karakterisasi yang ditampakkan dari para karakter, dan cerita dengan tidak lupa mempertahankan sistem pertarungan turn based yang sudah banyak menginspirasi kemunculan game-game JRPG lain di muka bumi ini. Bagi kami, Dragon Quest XI adalah role model sejati yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi derasnya arus game online dan mobile yang gemar merongrong eksistensi dari game-game single player.


Demikianlah deretan list kami mengenai kumpulan-kumpulan game bertampangkan Anime yang wajib dikatakan sebagai yang terbaik di tahun 2018 ini. Dan karena merupakan yang TERBAIK, kami sangat merekemondasi keras kepada kalian untuk sebisa mungkin memainkannya sebelum tahun 2019 resmi bergulir dan menumpuki kumpulan game-game di atas dengan game-game anyar yang tak kalah menarik lainnya.

Adakah suatu hal yang ingin kalian tambahkan atau kurangkan dari apa yang telah kami bagikan ? Kalian bisa suarakan opinimu secara langsung melalui kolom komentar Facebook kami, serta jangan lewatkan pula kesempatan untuk membaca list-list menarik lain yang bisa kamu jumpai dalam rubrik G | LIST berikut.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+