10 Game Buatan Anak Bangsa yang Jangan Kamu Lewatkan di Steam Summer Sale


Add Friend

Steam Summer Sale telah berjalan sekitar semiggu, dan sepertinya telah banyak dari kamu yang telah merampungkan wishlist yang telah kamu simpan sekian lama untuk dituntaskan di summer sale tahun ini. Dan mungkin kini kamu kebingungan, entah karena sisa wallet yang berlebih, atau mungkin hanya bingung untuk membeli game apa lagi.

Kali ini, kami akan memberikanmu beberapa referensi game yang bisa kamu beli di Summer Sale. Dan game-game yang ada di daftar ini merupakan game-game buatan para pengembang lokal. Jadi tidak ada salahnya untuk membeli game-game mereka sembari mendukung karya yang telah mereka buat. Karena tentunya game buatan Indonesia sendiri masih sedikit yang mampu masuk ke dalam Steam Store.

1. Dreadout Collection  

 

Pengembang: Digital Happiness
Harga = Rp 16.500 – Rp. 41.678 (Link)

Siapa yang tahu game horor yang satu ini, game yang sempat viral karena dimainkan oleh youtuber Pewdiepie ini memang menjadi salah satu game horor sekaligus game terbaik yang pernah dibuat oleh pengembang Indonesia. Dan jika kamu merupakan penyuka game horor dan belum sempat mencoba game yang satu ini maka sekaranglah saat yang tepat untuk membeli game ini. Kamu akan mampu merasakan petualangan ala Fatal Frame dan Outlast dengan nuansa horor dan mistis lokal yang pastinya akan membuat suasana seram dalam gamenya semakin mencekam. Kamu sendiri yang telah menamatkan game pertamanya juga bisa membeli Keepers of The Dark yang tidak kalah seram.


2. Almightree: The Last Dreamer

 

Pengembang: Chocoarts
Harga = Rp 6.899,- (Link)

Bagi kamu yang menyukai game  3D platformer ala Bastion maupun seri lama Zelda pasti akan menikmati game yang satu ini. Namun, satu perbedaan besar dalam game ini adalah ia bukan berofkus pada pertarungan melawan monster dan sejenisnya. Namun menjadikan puzzle sebagai tantangan utamanya, dan game ini melakukannya dengan sangat baik. Kamu akan disuguhi sebuah petualangan sembari memecahkan puzzle yang cukup menantang namun tetap tidak membuatmu frustasi. Ditambah lagi game ini memiliki gaya visual serta soundtrack yang indah pastinya akan membuatmu lebih dapat menikmati game ini.

BACA JUGA  Kingdom Come: Deliverance Dapatkan Rating Versi ESRB

3. Nusakana 

 

Pengembang:  Studio Namaapa
Harga = Rp 18.399,- (Link)

Bila kamu masih ingat dengan game JRPG lawas seperti Final Fantasy atau Chrono Tiger, maka kamu tentunya familiar dengan game-game dengan genre seperti ini. Namun, dalam game ini kamu bukan hanya menemukan dirimu dalam sebuah skenario yang mengharuskan kamu mengikuti cerita melainkan kamu diberi kebebasan untuk melakukan berbagai aktifitas yang telah disediakan oleh game ini sejak awal permainan. Kamu tetap bisa menyelesaikan cerita maupun quest yang disediakan, tapi disamping itu kamu akan disibukkan dengan  berbagai aktifitas lain seperti memancing, crafting, bahkan sim dating dengan karakter-karakter yang ada di dalam game ini.


4. NSFW ~ Not a Simulator For Working

 

Pengembang: GameChanger Studio
Harga = Rp 14.999,- (Link)

Satu game lain yang juga sempat menjadi viral di youtube, namun bukan karena kengeriannya. Tapi karena konsep ‘unik dan nakal’ yang dia tawarkan. Seperti nama gamenya sendiri, game ini melibatkan sesuatu yang NSFW (Not Safe For Work). Dimana kamu akan menjadi seorang karyawan kantoran biasa yang bukannya menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, kamu malah berakhir menghabiskan hari-harimu dengan menonton film dewasa. Dan tujuan dari game ini hanya satu, berusaha agar kamu dapat terus menonton film dewasa tersebut tanpa ketahuan oleh rekan kerjamu. Game ini sendiri memiliki mekanis yang simpel, dan sebenarnya lebih terasa humor ketimbang aspek NSFW-nya. Meskipun kami tetap menyarankan untuk menggunakan headphone ketika memainkan game ini.


5. Just Deserts

 

Pengembang: Vifth Floor
Harga = Rp 62.999,- (Link)

Genre Visual Novel memang memiliki fansnya tersendiri. Apalagi bagi kamu yang memang menyukainya maka game ini dapat menambah koleksi game visual novel milikmu. Game ini sendiri layaknya visual novel lainnya memiliki jalinan cerita dimana kamu harus berinteraksi dengan karakter-karakter lain. Dimana dalam kasus game ini kebetulan kamu tengah berada di dalam sebuah tim militer yang berisi wanita-wanita cantik dengan kepribadian unik masing-masing. Dan seperti game dating sim pada umumnya kamu bisa mendekati satu atau bahkan semua wanita yang ada untuk mendapatkan rahasia-rahasia dari mereka, dan tentunya mempengaruhi progres cerita yang kamu jalani.

BACA JUGA  Nioh Versi PC Miliki Kontrol PC Terburuk dalam 10 Tahun Terakhir

6. Celestian Tales: Old North

 

Pengembang: Ekuator Games
Harga = Rp 27.499 – Rp 44.196,- (Link)

Salah satu opsi lain bagi para pencinta JRPG klasik, kamu bisa membeli game yang satu ini. Karena game yang satu ini sendiri memiliki aspek-aspek rpg klasik yang sangat kental. Mulai dari visual, karakter, hingga mekanisme permainan yang pastinya dengan mudah akan dikenali oleh para veteran JRPG. Game ini sendiri memiliki 6 karakter dengan kemampuan masing-masing untuk kamu pilih untuk menyelesaikan gamenya. Dan sangat disarankan untuk membeli bundel bersama DLC-DLCnya, karena beberapa elemen seperti pertarungan lebih menantang di DLC yang telah disediakan oleh gamenya.


7. Motte Island

 

Pengembang: Gamebell Studio
Harga = Rp 45.999,- (Link)

Sebenarnya game ini memiliki kelebihan dimana ia tidak memiliki pesaing yang dapat dibandingkan di dalam store. Game ini menggunakan tampilan dari atas (top-down) dengan gameplay dan cerita ala Silent Hill. Secara sekilas game dengan tampilan dari atas ini mungkin akan mengingatkanmu dengan Hotline Miami, namun gameplay yang diusung tentunya berbeda. Bercerita tentang seseorang yang ingin menyelematkan saudarinya yang dihantui oleh roh jahat. Game ini juga memiliki lebih dari satu ending, yang tentunya akan menuntutmu untuk memilih apa yang akan terjadi di akhir cerita game ini. Atau setidaknya mengulangnya untuk megetahui ending yang lain.


8. Infectonator : Survivors

 

Pengembang: Toge Productions
Harga = Rp 22.499,- (Link)

Game dengan karakter-karakter yang ditampilkan dengan art layaknya Metal Slug ini mungkin terlihat lucu. Namun kenyataannya, game ini sendiri merupakan sebuah game survival-horror yang kompleks dan cukup sulit untuk ditaklukan. Mengambil inspirasi dari banyak game-game zombie sejenisnya, game ini menuntutmu untuk menjaga agar grupmu dapat bertahan hidup dan menemukan tempat aman. Game ini sendiri memiliki aspek survival, RTS, tower defense, bahkan hingga simulasi managemen di dalamnya. Apalagi game ini juga akan menghukummu dengan perma-death apabila kamu terbunuh. Game ini juga memiliki keunikan dimana setiap kamu memulai game maka level yang kamu lalui akan berbeda dari sebelumnya.

BACA JUGA  Dead or Alive Xtreme: Venus Vacation Miliki Glitch Visual Pembawa Mimpi Buruk

9. The Admin 

 

Pengembang: Willpowaproject
Harga = Rp 35.999,- (Link)

Sekilas, mungkin kamu akan melihat game ini dan mengingatkanmu dengan Warframe. Karakter cyborg dengan pakaian bionicnya bersenjatakan pedang dan pistol dimana kamu bisa menyerang kesana kemari tanpa harus memutuskan kombo yang kamu lakukan. Namun, secara cerita maka kamu bisa meletakkan The Admin menjadi versi yang lebih sederhana, dimana kamu adalah ‘The Admin’ yang memiliki tugas untuk terus menjaga fasilitas yang tengah kamu tempati sekarang dari berbagai musuh yang menyerang tempatmu. Kamu akan bertemu dengan gelombang musuh dan harus mengalahkan mereka semua. Seiring progres kamu juga akan mampu meningkatkan senjata dan skill yang kamu miliki


10. Battle Ranch: Pigs vs Plants

 

Pengembang: Playboom
Harga = Rp 4.749,- (Link)

Tidak bisa dipungkiri, game ini bisa dibilang merupakan rip-off dari Plants vs Zombies. Dengan tampilan permainan dan bahkan desain karakter yang bisa dibilang masih sangat mirip, game ini mungkin bisa dibilang dapat dijadikan opsi untuk para pecinta PvZ yang kini tentunya tidak dapat menemukan sekuel lanjutan gamenya di Steam setelah diakusisi oleh EA. Kamu masih akan tetap menemukan game dengan mekanisme yang sama. Hanya saja kini para sayuran dan buah harus berhadapan dengan kelompok babi liar alih-alih zombie. Game ini tetaplah sebuah game kasual ringan yang dapat kamu mainkan secara santai, apalagi dengan harga yang sangat murah.


Itulah tadi 10 game yang meruapakan karya studio-studio Indonesia yang kini tengah berada di Steam dan bisa kamu beli selama event Summer Sale ini. Mungkin tidak semua dari daftar tersebut menarik perhatianmu, tapi apa salahnya untuk mendukung mereka dengan membeli karya-karya mereka. Terlebih harga yang ditawarkan dari game-game ini bisa dibilang cukup murah, dimana mayoritas harganya berada di bawah Rp 50.000,- bahkan beberapa di bawah Rp 10.000,-. Apabila ada game lain yang dikembangkan oleh studio lokal namun terlewat jangan lupa untuk memberi tahu kami. Happy Gaming!