10 Game Cross Platform yang Bisa Dimainkan Saat Ini Juga

in , , , , , , ,

Berbicara tentang industri game pastinya tak lepas dari platform sebagai tempat atau sarana untuk memainkan suatu game itu sendiri. Dewasa ini perkembangan industri game juga telah melahirkan berbagai macam platform dari yang awalnya berupa konsol dan PC kemudian merambah ke perangkat pintar yang biasa digunakan sebagai alat untuk komunikasi pun kini sudah menjadi platform untuk bermain game. Perkembangan tersebut tentunya semakin mempermudah kita untuk memainkan game itu sendiri dimana saja dan kapan saja terlepas kita juga harus tetap bisa mengatur tempat dan waktu untuk bermain game.

Hingga saat ini beberapa platform untuk bermain game yang cukup populer adalah Smartphone untuk bermain game mobile, PlayStation 4, PC (Windows, Mac, Linux), Nintendo Switch, dan Xbox One. Bahkan beberapa game yang rilis di platform yang berbeda juga mendukung fitur cross play yang artinya game tersebut bisa dimainkan di berbagai macam platform bahkan memungkinkan untuk bermain secara multiplayer secara bersamaan. Nah, setelah menyinggung sedikit terkait cross platform kali ini kita akan membahas listicle tentang “10 Game Cross Platform yang Bisa Dimainkan Saat Ini Juga”

World of Tanks Blitz

World of Tanks Blitz pada dasarnya tak jauh berbeda dengan World of Tanks. Bahkan beberapa pemainnya menyebutkan bahwa World of Tanks Blitz merupakan versi mobile dari World of Tanks. Terlepas dari semua itu memang benar adanya World of Tanks Blitz memang rilis di perangkat mobile namun saat ini game tersebut juga tersedia untuk PC yang bisa diunduh melalui Steam maupun Microsoft Store/Apps Store. Bahkan kalian juga bisa bermain bersama dengan pemain lainnya yang bermain melalui Smartphone.


Minecraft

Siapa yang tak mengenal Minecraft, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa mengenal popularitas dari game yang khas dengan grafik “kotak-kotak”-nya ini. Terlepas dari itu semua gameplay yang ditawarkan melebihi visual yang tersaji. Kalian bisa bermain dengan bebas, mengumpulkan apa saja hingga membangun apa saja yang kalian inginkan. Bahkan game yang pertama kali rilis di PC ini juga telah mendukung fitur cross platform yang bisa dimainkan secara bersama-sama melalui Xbox One, PC dan Smartphone.


Final Fantasy XIV

Final Fantasy XIV mengambil pendekatan yang sedikit berbeda dari franchise yang biasanya menyajikan pengalaman single player-nya ini. Final Fantasy XIV merupakan game MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) yang rilis di dua platform berbeda, yaitu PC (Windows, Mac) dan PlayStation 4. Sebagai game online tentunya akan mempertemukan banyak pemainnya di dalam game tersebut. Bahkan jika kalian berada di dalam server yang sama kalian bisa bertemu dengan pemain yang bermain menggunakan PS4 maupun PC.


Trailblazers

Mendengar judul game diatas nampaknya cukup asing di telinga kalian. Trailblazers sendiri merupakan game racing yang unik dengan fitur co-op serta multiplayer split-screen. Selain itu gameplay yang ditawarkan juga akan menghadirkan pengalaman yang berbeda di setiap pertandingan yang berlangsung. Trailblazers juga rilis untuk beberapa platform sehingga mendukung fitur cross platform yang bisa dimainkan baik di PC maupun PlayStation 4 secara bersamaan. Selain itu untuk pemain yang bermain di Xbox One bisa bertemu dengan pemain yang bermain di Nintendo Switch.


Roblox

Roblox sendiri merupakan salah satu game yang menawarkan fitur sosial sehingga sanagat menyenangkan jika dimainkan bersama teman-teman. Game ini cocok untuk anak-anak dan remaja yang ingin bermain secara bebas di dunia Roblox. Sebaga game yang menawarkan fitur sosial yang tinggi, Roblox juga tersedia untuk berbagai platform seperti PC, Xbox One bahkan di Smartphone yang memungkinkan pemainnya bermain secara bersamaan.


Rocket League

Jika kalian ingin merasakan sensasi bermain sepak bola namun dengan kendaraan khususnya mobil Rocket League merupakan pilihan yang tepat. Game kompetitif ini membutuhkan koordinasi serta kerjasama tim yang solid dari tiga pemain di dalam tim tersebut. Menjadi game kompetitif pastinya setiap pemain akan melawan pemain lainnya di seluruh dunia tak heran game ini juga rilis di berbagai platform serta mendukung fitur cross platform. Rocket League sendiri telah rilis di PC, Xbox One, PS 4 serta Nintendo Switch. Dalam fitur cross play-nya sendiri pengguna PC bisa bertemu dengan pemain lainnya di platform berbeda, sementara untuk pengguna konsol memiliki batasan tertentu dimana tidak bisa bermain dengan konsol yang berbeda sesuai dengan syarat yang berlaku.


Vainglory

Berbicara tentang game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) memang tidak ada habisnya, bahkan persaingan kini mulai ketat dengan semakin banyak hadirnya game MOBA khususnya di perangkat mobile. Hal tersebut juga membuat dev. dari Vainglory membuat langkah yang jauh dari ekspektasi yaitu merilis Vainglory di PC dengan dukungan fitur cross platform dimana pemain dari perangkat mobile juga bisa bertemu dengan pemain versi PC-nya. Pada dasarnya Vainglory versi PC ini terlihat lebih mudah terutama dari segi kontrolnya yang menggunakan keyboard dan mouse.


Hearthstone

Trading Card Game yang mengadaptasi dunia Warcraft ini cukup populer. Bahkan game yang awalnya rilis di PC ini saat ini bisa dimainkan di berbagai perangkat mobile baik Android mupun iOS. Dengan dukungan cross play ini pada dasarnya memanjakkan para pemainnya untuk bermain Hearthstone dimana saja dan kapan saja tanpa mengurangi tingkat kompetitifnya sama sekali. Bahkan kalian login dengan akun yang sama deck serta rank kalian juga tetap sama baik login di PC maupun perangkat mobile.


Paladins

Paladins menjadi salah satu game yang cukup populer disaat terlepas mengusung pendekatan yang sama dengan game besutan dari Blizzard, yaitu Overwatch. Meskipun begitu Paladins bisa menjadi alternatif yang menarik untuk para kamu “kere” karena tak perlu mengeluarkan biaya untuk memainkan game ini kecuali jika kalian ingin membeli champion-champion yang masih belum dimiliki. Rilis pertama kali di PC dan mendapatkan nilai positif dari para pemainnya membuat dev. dari Paladins memutuskan untuk merilisnya di platform lain, mulai dari Xbox One, PS 4 hingga Nintendo Switch. Bahkan kini telah mendukung fitur cross play dimana pemain Xbox One dan Nintendo Switch dapat bermain bersamaan. Untuk sementara ini Paladins memang baru saja mendukung fitur cross play di Xbox One dan Nintendo Switch sementara PS 4 dan PC masih belum ada kabar.


Fortnite: Battle Royale

Ini dia game yang tengah hangat dan telah rilis di berbagai platform mulai dari PC, Xbox One, PS 4 hingga Nintendo Switch. Selain bisa dimainkan di beberapa platform tersebut, Epic Games juga mendukung fitur cross play dimana pihak dari Xbox One serta Nintendo Switch setuju dengan keputusan tersebut. Sementara itu Sony masih alot untuk menerima tawaran tersebut pada akhirnya luluh dan ikut mendukung cross platform di konsolnya tersebut. Yap, selain gratis game battle royale ini juga seru dimainkan apalagi jika bermain bersama teman-teman. Tak heran jumlah pemain dari Fortnite begitu membludag di seluruh belahan dunia.

Bonus

PUBG Mobile

Loh min kok PUBG Mobile cross platform ? bukannya pake emulator ? kalem netijen semua pasti ada penjelasannya. Yap, benar sekali PUBG Mobile menjadi alternatif yang sangat “worth” untuk kalian yang ingin bermain PUBG namun spesifikasi PC kalian pas-pasan ditambah dengan dompet kalian juga pas-pasan jadi lebih memiliih untuk tetap bermain PUBG namun versi mobile dan di mainkan di PC. Selain itu Tencent selaku publisher juga merilis emulator resmi untuk PC yang pastinya sudah kalian tahu, yaitu Tencent Gaming Buddy. Meskipun pada awal permainan kalian dihadang dengan sebuah jendela peringatan “Emulator detected your team and you will only be paired with players using emulators” yang dimaksud adalah kalian akan berhadapan dengan sesama pemain yang juga menggunakan emulator tapi kalian masih bisa bermain bersama teman kalian yang menggunakan smartphone.


Berikut merupakan daftar game yang bisa dimainkan di berbagai platform dan tentunya bisa kalian mainkan saat ini juga. Beberapa diantaranya juga gratis dimainkan jadi tak perlu lagi merogoh kocek kalian. Jika ada tambahan game cross platform yang tidak ada di list bisa langsung komen dibawah brott.

  

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi