10 Game Crossover Fighting Terbaik Sepanjang Sejarah

in
Game Crossover Fighting Terbaik

Game fighting merupakan salah satu genre game yang memiliki banyak peminat. Tak jarang juga, para peminat game fighting, yang mungkin kamu salah satunya, berharap karakter-karakter favoritmu masuk ke dalam 1 game fighting. Seperti yang sedang booking setelah E3 kemarin, yakni game Jump Force. Game crossover fighting yang menggabungkan karakter-karakter populer anime mulai dari One Piece, sampai Bleach. Nah, bicara soal game crossover fighting, berikut ini ada 10 game crossover fighting terbaik sepanjang sejarah yang mungkin kamu pernah memainkan salah satunya.

1. Super Gem Fighter Mini Mix

 

Game crossover fighting terbaik yang satu ini rilis pada tahun 1997 dan bisa dimainkan di PS2, Sega Saturn, PS1, dan beberapa konsol jadul lainnya. Game ini berisikan karakter-karakter dari Street Fighter, Darkstalker, dan Red Earth. Super Gem Fighter Mini Mix ini bisa dibilang game fighting yang “lucu”. Soalnya jika kamu mendengar tokoh Street Fighter pasti kamu membayangkan penampakan karakter yang tinggi dan gagah. Tapi di game yang satu ini berbeda. Di dalam game ini semua karakternya justru dibuat mini, seperti namanya Mini Mix. Pada tahun 2011 game ini mendapatkan penghargaan sebagai game fighting terbaik nomor 42 sepanjang masa oleh Complex.

2. Battle Stadium D.O.N.

 

Apa perasaanmu ketika pertama kali mendengarkan kabar tentang Jump Force? Apakah ada di antara kalian yang berpikir bahwa Jump Force adalah sebuah langkah baru yang terbilang berani menggabungkan karakter anime paling ikonik sepanjang sejarah Jepang dalam sebuah game? Jika kamu berpikir bahwa Jump Force adalah yang pertama, maka kamu salah besar. Game crossover fighting terbaik yang pertama kali menggabungkan 3 judul anime legendaris, yakni One Piece, Naruto, dan Dragon Ball adalah Battle Stadium D.O.N. game yang dikembangkan oleh Eighting ini rilis sejak tahun 2006 dan bisa dimainkan di GameCube dan PS2. Jika kamu punya kesempatan memainkan game ini, maka kamu akan disuguhi 12 karakter yang sudah bisa dimainkan dan 8 karakter yang harus kamu buka selama memainkan game ini. Meskipun grafisnya biasa-biasa saja, tidak seperti Jump Force, tapi Battle Stadium D.O.N tetap menjadi salah satu game crossover fighting terbaik sepanjang sejarah.

3. Capcom vs SNK 2

 

 

Dalam dunia crossover fighting, karakter-karakter Capcom dan SNK adalah salah satu karakter yang paling sering masuk ke dalam sebuah game fighting lintas judul. Salah satu game crossover fighting Capcom SNK yang cukup populer di jamannya adalah Capcom vs SNK 2. Game ini rilis pada tahun  2001 dan dikembangkan oleh Capcom. Game crossover fighting terbaik ini bisa dimainkan di PS2, Xbox One, Arcade, Dreamcast, dan GameCube. Capco vs SNK 2 ini mendapatkan berbagai macam review dari mulai yang baik sampai review buruk di beberapa platform. Pada tahun 2010, Marissa Meli dai UGO.com memasukkan Capcom vs SNK 2 dalam daftar 25 game fighting terbaik sepanjang masa.

4. SoulCalibur Series

 

 

SoulCalibur memang merupakan sebuah game fighting. Tapi tidak seperti dua judul sebelumnya, dimana gamenya memang gabungan dari 2 game, SoulCalibur berbeda. Game gelud yang satu ini lebih sering “mengundang” karakter dari game lain. Itulah yang membuatnya masuk ke dalam bagian dari crossover fighting ini. Karakter tamu yang pernah masuk ke dalam game ini antara lain Heihachi Mishima, Devil Jinm King, Ling Xiaoyu, Asuka Kazama, dan Jun Kazama dari Tekken. Selain itu ada Link dari The Legend of Zelda, Spawn dari Spawn, Lloyd Irving dari Tales of Symphonia, Kratos dari God of War, Ezio Auditore da Firenze dari Assassin’s Creed, dan Geralt of Rivia dari The Witcher. Game ini sudah memiliki lebih dari 5 seri, dan kabarnya seri terakhirnya yakni SoulCalibur VI akan rilis segera tahun ini.

5. Street Fighter x Tekken

 

 

Game buatan Capcom yang rilis pada tahun 2012 ini adalah pertarungan antara 2 game fighting legendaris, yakni Tekken dan Street Fighter. Di dalam game ini, selain karakter dari 2 franchise game, Tekken dan Street Fighter, juga ada “Karakter Tamu” seperti Cole, Kuro, Mega-Man, Pac-Man, dan Toro. Game yang bisa dimainkan di PS Vita, PS3, Xbox 360, dan PC serta konsol yang tidak populer lainnya ini mendapatkan review yang cukup bagus. Sebagai salah satu perbandingan, IGN memberikan nilai 9/10 pada game ini. Tak hanya reviewnya saja yang bagus, game ini juga meraih hasil penjualan yang bagus. Dalam waktu 2 bulan setelah perilisannya, game ini sudah terjual sebesar 1 juta kopi.

6. Mortal Kombat vs DC Universe

 

 

Mortal Kombat memang sebuah game fighting yang sudah melegenda. Sejak pertama kali kemunculannya pada tahun 1992 Mortal Kombat selalu memiliki pecintanya sendiri. Lalu pada tahun 2008 tepatnya di bulan November tanggal 16, Mortal Kombat berkolaborasi dengan DC Universe, franchise yang juga telah menjadi legenda. Penggabungan 2 game ini tak pelak wajib dimasukkan ke dalam daftar 10 game cross-over fighting terbaik dalam sejarah. Ada 22 karakter dalam game ini, dengan masing-masing 11 dari DC dan 11 dari Mortal Kombat. Dari 22 karakter tersebut ada 2 karakter yang harus kamu dapatkan dengan menyelesaikan beberapa pertandingan. Game yang satu ini pun mendapatkan review yang cukup baik dari beberapa media game. Mortal Kombat vs DC Universe ini bisa dimainkan di PS3 dan Xbox 360.

7. Super Smash Bros Brawl

 

 

Super Smash Bros. Brawl ini merupakan game crossover fighting terbaik yang menjadi seri ketiga dari Super Smash Bros. Game ini dikembangkan oleh Sora Ltd. Dan Game Arts. Game ini mungkin jarang kalian dengar, kecuali para pemain Wii. Pasalnya, permainan berantem ini hanya dirilis untuk Wii. Ada 37 karakter yang bisa dimainkan dalam game ini. Seperti misalnya Link, Fox, Dr. Mario, Roy, Young Link, Mewtwo, Picho, Diddy Kong, Wario, Sonic, hinggal Solid Snake dari Metal Gear. Game ini mendapatkan review yang benar-benar bagus. Famitsu bahkan memberikan nilai sempurna 40/40 untuk game yang satu ini. Media game lain memberikan nilai hampir sempurna. Tak perlu berpikir dua kali untuk memasukkan permainan ini dalam daftar game gelud cross-over terbaik.

8. Tatsunoko vs Capcom: Ultimate All-Stars

 

 

Selanjutnya ada game crossover fighting terbaik berjudul Tatsunoko vs Capcom: Ultimate All-Stars. Game yang dikembangkan oleh Eighting dan dipasarkan Capcom ini rilis pada tahun 2008 untuk Arcade (kalau kalian kurang ngerti apa itu arcade, inget ding dong?) dan juga Wii. Awalnya game ini dirilis di Jepang, sebelum akhirnya di tahun 2010 game ini dirilis juga di Amerika Utara dan Eropa. Game ini terdiri dari 26 karakter yang bisa dimainkan dari beberapa franchise terkenal seperti misalnya Street Fighter, Mega Man, Viewtiful Joe, dan anime Tatsunoko Production. Sama seperti game-game sebelumnya, Tatsunoko vs. Capcom ini juga mendapatkan review positif hampir di semua website gaming dunia.

9. Ultimate Marvel vs Capcom 3

 

 

Game yang dikembangkan oleh Capcom dan Eighting ini merupakan update dari Marvel vs. Capcom 3: Fate of Two Worlds. Seperti namanya, game ini merupakan cross-over fighting yang menggabungkan 2 franchise besar yakni Marvel dan juga Capcom. Game yang rilis pada November 2011 ini bisa dimainkan di PS3 dan Xbox 360. Lalu pada tahun 2012, game ini juga dirilis untuk platform PS Vita. Kamu tak perlu khawatir, jika kebanyakan game yang disebutkan di atas tidak ada versi remasterednya, game yang satu ini ada. Kamu juga bisa memainkan game ini di PS4, Xbox One, dan PC dengan OS Windows.

Game ini terdiri dari 36 karakter yang berasal dari seri sebelumnya dengan tambahan 12 karakter baru. 12 karakter tersebut adalah 6 dari Marvel yakni Doctor Strange, Ghost Rider, Hawkeye, Iron Fist, Nova dan Rocket Raccoon. Lalu ada 6 dari Capcom yakni Firebrand, Frank West, Nemesis T-Type dari Resident Evil, Phoenix Wright, Strider Hiryu, dan Vergil dari Devil May Cry.

10. Marvel vs Capcom: Infinite

 

 

Game yang satu ini hitungannya masuk dalam ero modern karena rilis pada tahun 2017. Game fighting ini pun dikembangkan dengan menggunakan Unreal Engine 4 yang membuat grafisnya cukup memuaskan. Ada 30 karakter yang bisa dimainkan dalam game ini. Kamu bisa memainakn Black Panther, Hulk, Winter Soldier alias Bucky, Ultron, Captain Marvel, Monster Hunter, Ryu, dan banyak karakter lainnya. Game ini mendapatkan nilai yang lumayan. Pasalnya dari semua website gaming yang memberikan penilainnya, tidak ada satupun yang memberikan nilai di atas 9. Meskipun begitu, bagi yang ingin merasakan game gelud cross-over dengan grafis yang lumayan memuaskan, Marvel vs Capcom: Infinite ini bisa jadi pilihan utamamu.

Itu tadi 10 game crossover fighting terbaik sepanjang sejarah. Sebenarnya banyak game crossover fighting lain. Tapi mungkin 10 game tadi adalah yang paling ikonik dan kamu ingat sepanjang kamu bermain game. Jadi mana yang menjadi favoritmu? Kalau ada yang belm masuk ke dalam daftar, tinggal tulis saja di komentar ya!

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]