10 Game Dating Sim Buat Kamu yang Masih Jomblo Saat Valentine

Game Dating Sim

Valentine tentu dikenal sebagai hari kasih sayang bagi banyak warga dunia. Hari yang jatuh pada tanggal 14 Februari ini kerap dirayakan dengan berbagi cokelat, menembak calon pacar yang sudah lama di-PDKT, hingga menanam benih-benih kehidupan yang akan dirayakan sembilan bulan kemudian.

Namun saya paham bahwa kamu yang membaca artikel ini mungkin masih atau tengah menjalani masa bujang aka jomblo. Daripada mengejar-mengejar dia yang tidak pasti, bagaimana bila mencoba game-game simulasi kencan atau dating sim untuk mengisi kekosonganmu sementara?

Game Dating Sim Buat Kamu yang Masih Jomblo Saat Valentine

Game Valentine

Berikut 10 game dating sim pilihan untuk mengisi kekosongan hatimu wahai para jomblowan (dan jomblowati) selama hari Valentine (atau hari-hari berikutnya).

HuniePop

Sebuah game pekob berkedok puzzle ala match-three. Ya, HuniePop menyajikan premis permainan dimana kamu harus menyelesaikan serangkaian puzzle jika ingin menyenangkan hati berbagai wanita yang kamu ajak kencan.

Mungkin terdengar mudah, mengingat puzzle tipe tile-matching sendiri populer dimainkan oleh anak kecil atau ibu-ibu rumah tangga yang biasa main Candy Crush. Namun jangan salah, hadir mekanisme-mekanisme yang tentunya sedikit berikan tantangan tersendiri. Hal ini tentu juga dipersulit dengan ketidaksabaranmu yang pasti ingin segera membawa wanita pilihanmu untuk bercinta.

Jika puas dengan yang pertama, coba juga HuniePop 2 yang hadirkan fitur-fitur baru lebih menantang dan tentunya ragam wanita baru untuk diajak kencan.

Sunrider Academy

Jika membutuhkan game dating sim yang sedikit santuy, Sunrider Academy mungkin bisa menjadi salah satu pilihannya. Dalam game ini kamu akan menjalani kehidupan ala anak sekolahan; belajar dan tentu saja mencari cinta dalam prosesnya. Mungkin terdengar simpel, namun kemampuan pengelolaan waktumu juga akan diuji dalam game ini.

Kamu akan berperan sebagai Kayto Shields, wakil ketua OSIS yang dibebani tanggung jawab sebagai manajer aktivitas ekstrakurikuler di sekolahnya. Alih-alih menjadi tugas yang mudah, kondisi yang dihadapi justru lebih parah, dan tugasmu adalah membantu beberapa aktivitas ekstrakurikuler tersebut agar tidak dibubarkan di akhir tahun.

Some Some Convenience Store

Menjadi kasir sebuah minimarket dan menemukan cinta dalam prosesnya bisa dibilang menjadi premis dating sim dari Some Some Convenience Store. Tidak hanya sekadar mengejar cinta saja, namun kamu juga akan mengelola minimarket tempatmu bekerja.

Cerita dimulai ketika kamu menemukan sebuah aplikasi dating bernama Some Some dan dicocokkan dengan tiga wanita menawan; seorang wanita asing yang tengah belajar jadi idol K-Pop, sesosok gadis bodyguard yang acuh tak acuh, serta gadis yang turut melamar kerja paruh waktu di minimarketmu.

Find Love or Die Trying

Acara TV yang mempertemukan cinta mungkin sudah sering kita saksikan dimana-mana. Namun bagaimana jika kematian menunggu jika tak kunjung berhasil dapatkan kekasih di akhir acara tersebut? Itulah premis yang coba disajikan dalam game visual novel Find Love or Die Trying.

Dalam acara petaka ini kamu akan bertemu dengan wanita-wanita cantik pilihan, bahkan sang host yang tidak kalah menawan bisa kamu jadikan kekasih. Hanya saja, kamu hanya memiliki waktu tujuh hari untuk mendapatkan hati mereka dan bersama meninggalkan pulau tempat acara tersebut berlangsung.

House Party

House Party menawarkan premis permainan dimana segala aksi dan interaksi yang kamu lakukan akan menentukan kejadian selanjutnya. Namun tujuan utama dalam game ini tentunya adalah berpesta ria, hingga mendapatkan cinta satu malam.

Sesuai namanya, dalam game ini kamu diundang untuk datang ke pesta yang dihadiri oleh ragam orang dari berbagai ‘kalangan’. Mulai dari tukang pukul yang siap menghajarmu bila berbuat yang aneh-aneh, tamu-tamu pemabuk yang bisa kamu manfaatkan, aktris film porno bisa kamu dekati dan masih banyak lagi.

Monster Prom

Jika menurutmu memacari manusia itu membosankan, bagaimana jika mencoba pacari mahluk-mahluk mitos? Monster Prom menawarkan permainan dating sim dimana kamu harus mencari gebetan yang akan kamu gandeng ke pesta dansa sekolah monster.

Kamu diberikan waktu tiga minggu untuk memenangkan hati monster pilihanmu; seperti putri duyung, medusa, vampir, iblis, hingga mahluk eldritch. Satu hal menarik lainnya adalah kamu bisa memainkan game ini secara multiplayer untuk saling beradu kecekatan dalam memikat monster yang akan dibawa ke pesta dansa.

Ghost Marriage Matchmaking

Jika menurutmu tipe monster biasa saja, mungkin wanita-wanita hantu waifu lebih cocok bagimu yang suka dengan hal-hal mistis. Ghost Marriage Matchmaking menawarkan permainan dimana kamu akan membantu dua hantu untuk memenuhi semua keinginan mereka yang belum tercapai.

Dalam kesehariannya kamu akan melakukan aksi-aksi yang akan mempengaruhi afeksi dari dua hantu yang kamu bantu dan tentunya menentukan rute akhir cerita. Kamu juga bisa mengambil kerja paruh waktu untuk mendapatkan uang yang bisa membantmu dalam menyenangkan hati dua hantu dalam penangananmu.

Hatoful Boyfriend

Buat kamu para wanita yang sering disakiti oleh pria-pria, bagaimana jika berfantasi menjalani hubungan dengan burung-burung merpati? Itulah premis nyeleneh yang coba dicoba tawarkan dalam game Hatoful Boyfriend.

Sebagai satu-satunya manusia yang diterima di sekolah merpati St. PigeoNation’s Institute, kamu bertemu dengan berbagai merpati menawan yang bisa kamu jadikan pacar. Hanya saja, kemampuan akademik dan sosialmu juga perlu ditingkatkan untuk memenangkan hati para merpati ini.

Love Esquire

Jika game-game RPG fantasi biasanya menjadikanmu jagoan utama dalam permainannya, Love Esquire justru menempatkanmu sebagai pembantu seorang ksatria. Dan game ini akan menguji tekadmu dalam memenangkan seorang wanita walau kamu bukan siapa-siapa.

Dalam game ini kamu diberikan waktu tiga bulan untuk mencari cinta sebelum ikut berperang dengan majikan ksatriamu. Terdapat lima wanita menawan yang bisa kamu menangkan hatinya, namun kamu harus menjadi kuat, lebih karismatik dan lebih cerdas jika ingin membawa para wanita ini ke jenjang yang lebih nakal.

I Love You, Colonel Sanders!

Berbicara tentang dating sim tentu tak lengkap jika tak menyertakan I Love You, Colonel Sanders! A Finger Lickin’ Good Dating Simulator. Ya, dalam game ini kamu akan berjuang untuk mengencani sang kolonen penemu resep ayam 11 bumbu rahasia dari waralaba KFC yang telah mendunia.

Tentu bukan sang kolonel yang sudah bapacc-bapacc, melainkan sebuah fiksi dimana ia menjadi murid teladan sekolah kuliner yang didesain dalam balutan gaya anime Jepang. Dalam prosesnya kamu akan menghadapi berbagai keputusan-keputusan yang akan berpengaruh terhadap hubunganmu dengan kolonel dan karakter menarik lainnya.

Itulah 10 game dating sim yang bisa kamu coba mainkan saat hari Valentine maupun hari-hari biasa. Nah dari semua game di atas, kira-kira mana menurutmu yang paling menarik brott? Atau kamu ada rekomendasi game dating sim lain yang nggak kalah menarik? Yuk, langsung aja share pendapatmu di kolom komentar ya!


Baca juga informasi atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version