10 Game Dengan Akhir Cerita Paling Emosional!


Follow Us

Pada Film, novel, maupun game pastilah memiliki cerita sebagai daya tarik, dan sebuah cerita pastilah  memiliki sebuah akhir. Sedih, senang, bahagia, hingga menggantung, ending memang ditunjukan agar cerita yang dihadirkan dapat mencapai sesi penutupnya.

Nulis artikel dibayar

Tak jarang berbagai ending yang terjsaji dihadirkan sedramatis mungkin hingga membuat akhir tersebut mampu mengacak-acak tensi perasaan seseorang. Yang pada akhirnya mampu membuat siapapun yang melihatnya merasa emosional, tersenyum bahagia, menitihkan air mata, atau mungkin melongo kebingungan. Deretan game yang telah dirilis ke pasaran tentunya banyak yang menghadirkan cerita menarik, dan berikut ini adalah 10 game yang dengan akhir cerita paling emosional.

10. Deadlight

Hasil gambar untuk deadlight wallpaper

Berusaha mencari keluarganya yang hilang, Randall Wayne melakukan perjalanan berbahaya melawan para zombie, namun seiring berjalannya peristiwa yang terjadi. Randall mulai teringat bahwa sebenarnya anak & istrinya telah mati ditangannya sendiri, ingatan yang selama ini hilang perlahan muncul dan menunjukan bahwa istri & anaknya telah terinfeksi dan istrinya meminta agar Randall membunuh mereka berdua sebelum berubah menjadi zombie.

Pada akhirnya Randall menyadari bahwa kehidupan tak berarti apa-apa tanpa orang yang dicintai, coba untuk menebus rasa bersalahnya. Akhirnya Randall memilih untuk menyelamatkan seorang gadis bernama Stella dari para zombie, ia memberinya semangat dan menyuruh Stella kabur menggunakan kapal.

Sementara dirinya telah siap merenggang nyawa demi menghentikan para zombie yang mengejar mereka berdua. Sebelum menghadapi pertarungan terakhirnya, Randall melihat bayangan anak & istrinya, yang seolah-olah mengajaknya untuk kembali bersama, sebuah akhir yang dramatis dengan pengorbanan yang heroik.



9. Bioshock Infinite

Gambar terkait

Apa jadinya bila ternyata protagonis utama & antagonis utama ternyata merupakan orang yang sama? sebuah plot twist yang sangat mengejutkan memang. Booker DeWitt yang harus membayar hutangnya harus menyerahkan anak semata wayangnya kepada Zachary Comstock.

Setelah melakukan perjalanan panjang bersama Elizabeth, Booker berhasil membunuh Comstock dengan tangannya sendiri, namun akhirnya Booker justru mengetahui bahwa dirinya merupakan Comstock itu sendiri. Singkat cerita, Booker menjadi seseorang yang jahat ketika dirinya menerima upacara pembaptisan, ia “terlahir kembali” menjadi seorang Zachary Comstock di universe lain.  Untuk menghentikan berbagai tindakan jahat Comstock yang akan terjadi, akhirnya Booker harus mati di tangan putrinya sendiri yang tak lain adalah Elizabeth. Terkejut, bingung, sedih, senang, semua perasaan tercampur aduk ketika melihat akhir dari kisah Bioshock Infinite ini.



8. The Last of Us

Image result for last of us

Kesedihan luar biasa tentunya dirasakan Joel di saat ia terpaksa melihat putri semata wayangnya meninggal di genggamannya. Namun setelah bertemu Ellie & mengalami berbagai pengalaman dengannya, seiring berjalannya waktu Joel menganggap bahwa Ellie menjadi orang paling berarti dalam hidupnya dan mampu membuat dirinya akhirnya merasakan kembali kasih sayang yang telah lama tak ia rasakan.

Tentunya saat Ellie diculik oleh Marlene untuk “dikorbankan” sebagai vaksin, tentunya Joel dihadapkan dengan 2 pilihan  yang sangat sulit. Joel harus memutuskan untuk menyelamatkan putri barunya atau menyelamatkan jutaan orang lainnya dengan mengorbankan Ellie. Dan akhirnya Joel  lebih memilih untuk menyelamatkan Ellie dan menghabisi Marlene beserta para anak buahnya.

BACA JUGA  Pengembang Game Asal Indonesia Siap Merilis Game MOBA yang akan Jadi Saingan Mobile Legends dan AOV!


7. Assassin’s Creed 4: Black Flag

Gambar terkait

Sedih & bahagia, keduanya bercampur pada akhir dari game racikan Ubisoft yang satu ini, Perjalanan seorang Edward kenway yang dipenuhi dengan persahabatan & penghianatan memang menjadi sebuah kisah yang sangat menarik untuk diikuti. Seorang bajak laut yang hanya menginginkan kekayaan & kekuasaan ini perlahan mulai menyadari arti persahabatan, berbagai peristiwa yang terjadi mengubah sosok Edward Kenway menjadi seorang pria yang bijaksana.

Tujuan utama Edward awalnya hanyalah menjadi kaya & berkuasa demi membahagiakan istrinya di kampung halaman, namun sayangnya. Saat ia sudah memiliki kekayaan, ia harus menerima sepucuk surat yang mengatakan bahwa istrinya telah tiada, dan sebuah kabar lain yang mengatakan bahwa ia memiliki seorang putri yang tak pernah ia ketahui selama ini.

Dalam ending Assassin’s Creed 4: Black flag, kita bisa melihat kesedihan yang terbayang oleh Edward ketika sahabat-sahabatnya yang selama ini menemani perjalannanya kini semua telah tiada. Alunan lagu The Parting Glass yang dinyanyikan oleh Anne Bonny semakin memperkuat suasana haru yang tersaji. Hingga akhirnya adegan penutup memperlihatkan pertemuan perdana Edward dengan putri semata wayangnya. Dan akhirnya Edward bisa menemukan kebahagiaan barunya didalam berbagai kesedihan yang ia rasakan, Assassin’s Creed 4: Black Flag terbukti menjadi “salah satu” game dengan akhir paling manis.



6. Spec Ops: The Line

Hasil gambar untuk spec ops the line

Mengetahui bahwa diri sendiri ternyata merupakan tokoh antagonis yang paling dibenci merupakan hal yang sangat ironis & menyedihkan. Sebagai seorang tentara, Captain Martin Walker ingin menjadi seorang pahlawan dengan tindak heroiknya, tetapi dengan semua hal yang tak ia ketahui, ia justru melakukan tindakan tercela yang paling ia benci. Yaitu menghabisi banyak nyawa tak berdosa dengan meluncurkan White Phosphorus, Selain itu ia juga membuat rekan-rekannya terbunuh dengan berbagai aksi & keputusan yang ia buat.

Berubah menjadi sosok yang semakin delusional, Martin Walker coba untuk menyalahkan Conrad atas berbagai aksinya tersebut. Yang pada akhirnya akan menentukan ending dari game ini, dimana kalian akan memilih untuk membunuh conrad, biarkan Conrad membunuh Walker, atau menanggung beban kesalahan seumur hidup bersama kedua sahabat baru, yaitu penyesalan & kesendirian. Kesemua ending tak akan memberikan sesuatu yang terdengar membahagiakan.



5. Shadow of the Colossus

Hasil gambar untuk shadow of the colossus

Merasa putus asa dan tak mampu hidup tanpa Mono, istrinya yang telah tiada, akhirnya Wander melakukan perjalanan panjang untuk membunuh ke-16 Colossi demi membangkitkan kembali istri tercintanya tersebut. Setelah menghabisi Colossi ke 16, Wander baru sadar bahwa ternyata selama ini ke-16 Colossi ini ditugaskan untuk menahan roh jahat bernama Dormin.

Setelah semua Colossi mati, Dormin terlepas dari segel dan akhirnya dapat bangkit kembali dengan merasuki tubuh Wander yang tengah sekarat. Melihat hal tersebut, Lord Emon selaku dukun setempat menyegel kembali Dormin bersama dengan Wander, hal tersebut akhirnya membuat Wander terlahir kembali menjadi seorang bayi.

BACA JUGA  Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Segera Sambangi Dunia Esports

Mono akhirnya juga turut hidup kembali, ia tampak kebingungan dan tahu apa yang baru saja terjadi, lalu ia menemukan seorang bayi yang tak lain adalah Wander itu sendiri. Namun Mono tak tahu bahwa bayi itu adalah Wander, suami yang rela mengorbankan apapun untuk Mono, termasuk mengorbankan hidupnya sendiri agar mereka berdua dapat bersatu kembali, sebuah penutup yang membahagiakan sekaligus memilukan.



4. Red Dead Redemption

Gambar terkait

Hidup oleh pedang & mati oleh pedang, mungkin kata tersebutlah yang paling layak mendaskripsikan sosok John Martston dalam Red Dead Redemption. Sebagian besar hidupnya yang dihabiskan dengan menembakan senjata pada akhirnya telah mencapai titik puncaknya. Saatnya bagi John untuk benar-benar pensiun dan hidup tenang bersama dengan keluarga kecilnya, namun sayangnya takdir justru berkata lain.

Aksinya dimasa lalu membuat John dikhianati dan terpaksa harus berurusan dengan Bureau of Investigation yang dipimpin oleh Edgar Ross. Tak ingin keluarganya juga turut menjadi korban, John menyuruh anak & istrinya untuk melarikan diri sementara dirinya harus merenggang nyawa dengan tembakan membabi buta yang melubangi sekujur tubuhnya.

Berselang beberapa tahun setelah kejadian tersebut, Jack anak dari John yang telah tumbuh dewasa, akhirnya memutuskan untuk membalaskan dendam ayahnya tersebut dengan menghabisi Edgar Ross. Dendam telah terbalaskan, walaupun demikian, kematian John tetap menjadi sebuah kematian yang tak pernah dapat dilupakan bagi Jack, termasuk siapapun yang memainkan Red Dead Redemption .




3. To The Moon

Gambar terkait

Mustahil dapatkan keinginan terakhirnya di kehidupan nyata, Johnny yang sudah sekarat hanya bisa mengandalkan Dr. Eva & Dr. Neil yang bisa mengubah ingatannya menjadi keinginan terakhirnya. Dan keinginan terakhir Johnny adalah pergi ke bulan, berbagai cerita romantis yang berujung dengan kematian istri tercinta, membuat Johnny ingin mengabulkan janjinya pergi ke bulan kepada istrinya, walaupun itu hanya sebatas rekayasa ingatan semata.

Melalui perjalanan yang panjang dengan membedah memory dari Johnny, akhirnya Dr. Watts & Dr. Eva berhasil mengabulkan keinginan terakhir Johnny. Melalui rekayasa ingatan yang dibuat, Akhirnya Johnny dapat menjadi seorang astronot & pergi ke bulan bersama istrinya. Diiringi nanda sendu, Johnny menggenggam erat tangan istrinya dan roket pun meluncur, bersama dengan hembusan nafas terakhir dari Johnny di dunia nyata. Bahagia & sedih menyatu menjadikan ending dari To The Moon tak akan pernah terlupakan oleh siapapun yang memainkannya, bahkan banyak gamer mengaku menitihkan air mata ketika memainkan game racikan Freebird yang satu ini.



2. Metal Gear Solid 3: Snake Eater

Hasil gambar untuk metal gear solid 3 snake eater wallpaper


Snake awalnya tak percaya bahwa Big Boss yang merupakan mentornya telah berhianat dari negaranya, Snake akhirnya dikirim oleh pemerintah untuk memburu Big Boss. Setelah menaklukan berbagai mara bahaya, akhirnya menuntun Snake ke pertarungan terakhirnya melawan mentornya tersebut. Sulit bagi Snake untuk menghabisi nyawa salah satu orang yang dulunya pernah menjadi seseorang yang paling berarti bagi Snake. Tapi tugas adalah tugas, melalui pertarungan yang sengit, Snake akhirnya berhasil membunuh The Boss dengan sangat terpaksa.

BACA JUGA  Pria ini Dapatkan Hadiah $20,000 Setelah Temukan Bug Fatal pada Keamanan Steam

Dan benar saja, setelah peristiwa tersebut, Snake akhirnya mengetahui bahwa selama ini Big Boss tak bernah berhianat, ia hanya dimanfaatkan oleh pemerintah untuk membersihkan nama negaranya dari berbagai kekacauan yang telah terjadi. Satu-satunya cara untuk melakukan hal tersebut adalah, The Boss harus menjadi “kambing hitam” yang berpura-pura menjadi penjahat dan bergabung dengan Volgin. Berbagai rencana yang ia atur semata-mata hanya demi Negara yang amat ia cintai, dan semua rencana tersebut berjalan sesuai rencana, termasuk kematiannya di tangan murid yang paling ia sayangi.

Snake yang mengetahui hal tersebut tentunya sangat terpukul dan merasa kecewa dengan Negaranya, ia menganggap bahwa The Boss adalah seseorang patriot sejati dengan jasa yang tak bisa dilupakan. Walaupun pada akhirnya The Boss dipandang mati sebagai seorang kriminal, Snake akhirnya memberikan bunga & penghormatan terakhirnya kepada The Boss di makamnya. Sebuah akhir yang pada awalnya diterka sebagai “happy ending” namun ternyata terlihat sangat memilukan dengan berbagai peristiwa yang terbongkar.



Honorable Mentions

Sebelum masuk ke nomer 1, inilah deretan judul lain yang memiliki ending tak kalah emosional:

Final Fantasy Crisis Core

Gambar terkait

Heavy Rain

Gambar terkait

Final Fantasy X

Hasil gambar untuk final fantasy X ending

Half Life 2

Hasil gambar untuk Half Life 2 ending

Finding Paradise

Gambar terkait

Final Fantasy Type 0

Gambar terkait

Final Fantasy VII

Hasil gambar untuk aerith death


1. The Walking Dead Season 1

Image result for walking dead telltale

Takdir mempertemukan Lee & Clementine, Lee yang awalnya hanya bersembunyi dari kejaran zombie tak sengaja menemukan Clementine yang tengah sendirian di rumahnya. Merasa iba, Lee akhirnya coba membantu Clementine untuk menemukan kedua orang tuanya. Perjalanan pajang yang mereka lalui membuat mereka berdua menemukan teman-teman baru dan membuat hubungan keduanya bagaikan ayah & anak. Lee selalu menyayangi Clementine dan mengajarkannya berbagai ilmu untuk bertahan hidup & menghadapi dunia yang kejam ini.

Tetapi suatu ketika Clementine hilang dari pengawasan Lee, tentu saja Lee khawatir dan langsung mencari Clementine, naasnya, saat melakukan pencarian Lee tergigit oleh zombie, dan akhirnya membuat tangannya terpaksa harus diamputasi. Lee yang terus melakukan pencarian akhirnya dapat menemukan Clementine, ia pun langsung membawa Clementine untuk menemui orang tuanya. Namun sayang, ternyata kedua orang tua Clementine telah berubah menjadi zombie, tentunya Clementine kcil yang melihat kedua orang tuanya menjadi zombie langsung merasa sedih.

Tak cukup dengan berbagai kenaasan yang terjadi, ternyata gigitan zombie di tangan Lee telah menjalar walaupun tangannya sendiri sudah dipotong. Selama ini Lee merahasiakan hal tersebut agar Clementine tak cemas, namun semuanya bagaikan sebuah bom waktu, Lee akhirnya sekarat dan hanya ada 2 pilihan tersisa untuk dilakukan Clementine. Membunuh Lee atau meninggalkannya sendirian untuk menjadi zombie, kedua pilihan ini tak ada yang terdengan baik, semuanya terlihat memilukan.



Itulah beragam ending emosional yang pernah hadir dalam dunia game, menurut kalian manakah yang paling emosional? atau kalian punya pilihan tersendiri?, silahkan tulis di komom komentar. Feel free to discuss!


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+