10 Game Dengan Fitur Multiplayer Co-op untuk Melatih Kerja Sama Tim

in , , , , , , , ,
Portal 2 Game High Definition Wallpaper

Genre multiplayer dalam video game dapat dikatakan sebagai salah satu genre terpenting dalam dunia video game. Bagaimana tidak? Game multiplayer memiliki keunikan tersendiri dimana pemain dapat bermain bersama secara langsung dengan pemain lainnya.

Pada awalnya, game multiplayer mungkin hanya mencakup game olahraga saja seperti Pong (1972) yang sering kali dianggap sebagai video game berkomersil pertama yang pernah ada. Kini, dengan kehadiran internet, game multiplayer berkembang lebih pesat dengan menghadirkan berbagai konsep yang unik.

Game bertemakan multiplayer pada awalnya mungkin diciptakan hanya sekedar untuk saling mengalahkan lawan saja. Namun, tak sedikit game multiplayer lainnya yang mendorong para pemain untuk bekerja sama. Contohnya seperti game dengan genre co-op dimana kalian harus saling membantu dengan pemain lainnya demi menyelesaikan suatu misi atau level.

Kepopuleran industri video game saat ini membuat para developer semakin kreatif dalam memberikan pengalaman bermain bersama yang unik. Contohnya seperti 10 game co-op berikut yang bisa kalian mainkan bersama teman untuk melatih kerja sama antar tim.

10. Rainbow Six: Vegas 2

Tom Clancys Rainbow Six Vegas 2 Free Download

Setelah kesuksesan game pertamanya, Ubisoft selaku developer langsung mengembangkan dan merilis sekuelnya yang bertajuk Tom Clancy’s Rainbow Six: Vegas 2. Sama seperti game terdahulunya, Rainbow Six: Vegas 2 bukan hanya game FPS biasa karena pemain diharuskan untuk menyusun strategi penyerangan dengan memberikan komando kepada AI teammates.

Rainbow Six: Vegas 2 juga miliki mode co-op dimana kalian bisa mengajak 1 orang teman untuk bermain di Story Mode. Selain itu, ada juga mode Terrorist Hunt dimana terdapat map khusus yang berbeda dengan Story Mode dan bisa dimainkan hingga 4 pemain.

Uniknya lagi, komunitas Rainbow Six: Vegas 2 juga masih aktif. Ini terbukti dengan banyaknya orang yang masih mencari teman di halaman Steam Community untuk bermain mode Terroris Hunt. Sayangnya, kini dikabarkan server game telah ditutup oleh Ubisoft sehingga game tidak lagi bisa diakses secara online. Namun, bagi kalian yang masih ingin mencoba mode co-op dapat bermain secara koneksi lokal melalui LAN.

Rainbow Six: Vegas 2 bisa kalian beli melalui Steam dengan harga yang cukup murah yaitu Rp99,000 (saat ini sedang diskon 75% menjadi Rp24,750 sampai tanggal 30 Maret 2021)

 

9. Assassin’s Creed Unity

Screenshot 1

Assassin’s Creed Unity merupakan seri Assassin’s Creed yang dapat dikatakan kurang beruntung. Meskipun memiliki berbagai mekanisme gameplay baru serta tampilan grafis yang gahar, sayangnya semua itu tertutupi akibat banyaknya kekacauan pada waktu perilisan. Dengan berbagai masalah mengenai performa serta banyaknya bug dan glitch membuat Assassin’s Creed Unity banyak dikecam oleh para fansnya.

Tetapi, terlepas dari segala perkara tersebut, Assassin’s Creed Unity sebenarnya merupakan game yang cukup baik. Dengan grafis yang memukau, sejumlah mekanisme gameplay terbaru, serta dunia open-world yang lebih detail membuat game ini patut diapresiasi.

Uniknya lagi, Assassin’s Creed Unity untuk pertama kalinya menghadirkan fitur co-op. Dimana dua sampai empat pemain dapat menyelesaikan misi secara bersamaan. Misi yang dihadirkan juga cukup bervariasi dengan memberikan berbagai skenario unik berdasarkan sejarah dunia nyata. Desain levelnya pun juga dirancang sedemikian rupa sehingga para pemain diharuskan berkoordinasi dan juga saling berkomunikasi demi menyelesaikan misi dan membunuh target.

Assassin’s Creed Unity dapat kalian beli melalui Steam atau Epic Games atau kalian juga bisa membelinya melalui Ubisoft Connect melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui link ini.

8. Portal 2

Maxresdefault

Portal 2 memang memiliki gameplay yang cukup sederhana. Pemain hanya perlu menembak portal kearah tembok kemudian masuk melalui portal tersebut demi menyelesaikan puzzle. Namun, bukan berarti kesederhanaan tersebut membuat game buatan Valve ini membosankan.

Sama halnya dengan game pertamanya, Portal 2 memberikan sederetan level dengan desain yang akan membuat pemain berpikir keras untuk melanjutkan ke level selanjutnya. Selain itu, terdapat beberapa mekanisme terbaru seperti fitur gel yang membuat pemain berlari lebih cepat atau melompat lebih tinggi.

Portal 2 juga menghadirkan fitur co-op yang bisa dimainkan oleh 2 orang. Tentunya, desain level yang disajikan juga lebih sulit dan beragam. Dengan gameplay yang unik serta sejumlah sajian komedi dalam ceritanya membuat Portal 2 cocok dimainkan bersama keluarga atau teman, terutama pada mode co-op-nya.

Portal 2 kini tersedia di platform Steam yang dibanderol dengan harga Rp69,999. Akan lebih murah apabila kalian menunggu saat perayaan Steam Sale yang biasanya bisa diskon hingga 90%.

7. Don’t Starve Together

Steamworkshop Webupload Previewfile 437795317 Preview (1)

Game bergenre survival yang satu ini memang cukup unik. Bukan hanya dari segi gameplaynya saja tetapi juga tampilan artstyle-nya yang ikonis layaknya seperti digambar langsung menggunakan pensil. Dalam game Don’t Starve, para pemain diharuskan untuk mengandalkan lingkungan sekitar dalam mengumpulkan recources demi bertahan hidup. Game ini juga menghadirkan sejumlah karakter dimana setiap tokohnya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Semenjak perilisannya, Don’s Starve meraih kesuksesan besar dan mendapatkan respon yang baik dari para kritikus maupun para pemainnya. Hal tersebut pun mendorong Klei Entertainment selaku developer untuk mengembangkan versi co-opnya yang bertajuk Don’t Starve Together.

Don’t Starve Together awalnya dirilis sebagai ekspansi dari game pertamanya. Namun, berkat kepopulerannya, Don’t Starve Together akhirnya dirilis secara terpisah (standalone). Versi co-op ini juga menghadirkan seluruh karakter dari game Don’t Starve sebelumnya dan dapat menampung hingga 6 pemain sekaligus.

Pemain juga dapat bermain sendiri layaknya game singleplayer, bermain bersama teman melalui private server, atau bersama pemain lainnya secara online. Kerja sama dan saling berbagi recources merupakan kunci utama dalam terus bertahan hidup. Sehingga cocok untuk kalian yang ingin melatih kerja sama antar tim.

Don’t Starve Together bisa kalian beli melalui halaman Steam seharga Rp95,999. Pembeli juga akan langsung mendapatkan 2 game sekaligus yang bisa diberikan kepada 1 orang teman melalui fitur gift.

6. Overcooked 1&2

Maxresdefault

Jangan terkecoh dengan penampilannya. Meskipun memiliki desain yang terkesan cartoonish, namun ini bukanlah game yang mudah. Overcooked merupakan game co-op dimana para pemainnya harus bekerja sama dalam memasak dan menyajikan makanan. Dikembangkan oleh Ghost town Games, Overcooked mendapat respon positif dari para kritikus maupun pemain berkat gameplaynya yang unik dan menarik.

Overcooked mengharuskan kalian untuk saling bekerja sama dalam membuat berbagai masakan dan menyajikannya. Game ini dapat menampung hingga 4 pemain sekaligus dimana masing-masing harus saling membantu menyelesaikan berbagai tugas seperti memasak, memotong sayuran, menyajikan makanan, hingga mencuci piring. Tak hanya itu, beberapa level juga memiliki skenario tantangan tersendiri seperti truk yang berjalan, ditengah laut berombak, dilanda gempa bumi dan masih banyak lagi.

Kesuksesannya Overcooked akhirnya membuat sang developer merilis sekuelnya yaitu Overcooked 2. Dalam sekuelnya, terdapat beberapa fitur gameplay baru seperti pemain kini dapat melempar benda atau makanan untuk dioper ke pemain lainnya.

Jika tertarik mencobanya, Overcooked tersedia di platform PS4, Xbox One dan PC melalui Steam dan Epic Games Store. Selain itu, terdapat juga Overcooked: All You Can Eat yang merupakan versi remaster dari kedua game yang tersedia bagi pemilik konsol Xbox Series X dan Playstation 5.

5. Call of Duty (Zombie Mode)

Fa3e849f693bbf1f4e1e0cb594375f43

Berawal hanya dari sebuah easter eggs, kini mode zombie dalam seri Call of Duty sudah menjadi sebuah tradisi. Pertama kali diperkenalkan dalam Call of Duty: World at War sebagai level terakhir, semenjak itu mode zombie menjadi populer dikalangan para fans Call of Duty. Treyarch selaku developer pun meneruskannya kedalam sekuel lanjutannya yaitu Call of Duty: Black Ops.

Gameplaynya pun cukup sederhana, pemain diharuskan untuk terus bertahan hidup selama mungkin ditengah serangan para zombie yang akan bertambah banyak pada setiap levelnya. Mode ini juga dapat menampung 4 orang yang diharuskan berkoordinasi demi membuka wilayah baru. Setiap map juga tersedia beberapa senjata yang bisa dibeli dengan menggunakan poin yang didapat setiap membunuh zombie. Pemain juga harus membarikade pintu atau jendela untuk menghalangi zombie untuk masuk kedalam area map.

Kini, mode zombie juga hadir dalam game Call of Duty terbaru yaitu Call of Duty: Black Ops Cold War. Terdapat beberapa karakter serta mekanisme gameplay terbaru, namun core gameplay yang disajikan tetap sama. Black Ops Cold War kini tersedia di platform PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan PC melalui battle.net.

4. Stardew Valley

Stardew Valley

Bagi kalian yang ingin bernostalgia kembali dalam bermain Harvest Moon di PS1, Stardew Valley adalah salah satu alternatif terbaik. Semenjak perilisannya, game yang dikembangkan oleh satu orang ini langsung menarik perhatian banyak orang. Hal tersebut tentunya dengan artsyle unik yang menganut desain pixel art serta gameplaynya yang sangat terinspirasi dari Harvest Moon: Back to Nature.

Awalnya, seorang developer bernama Eric “ConcernedApe” Barone berniat untuk me-remake Harvest Moon: Back to Nature seorang diri. Namun, seiring pembuatan game, Barone pun menambahkan beberapa fitur terbaru yang terinspirasi dari game lain seperti Animal Crossing, Minecraft dan Terraria. Alhasil, jerih payah sang developer pun terbayar berkat apresiasi dari para kritikus maupun pemain.

Kini, Stardew Valley juga mendukung fitur co-op dimana pemain dapat bermain dengan 3 orang lainnya dan saling membantu dalam mengurus kebun, menambang dan juga berinteraksi dengan penduduk desa. Mode co-op juga bisa dimainkan secara langsung melalui local splitscreen. Jadi, pemain tidak harus terkoneksi ke internet untuk bermain bersama. Selain itu, komunitas modding untuk game ini juga cukup aktif sehingga pemain dapat menambahkan aspek gameplay baru sesuai keinginan.

Stardew Valley kini tersedia di platform PS4, Xbox One, dan PC melalui Steam.

3. Payday 2

Payday 2 Update

Payday 2 merupakan salah satu game co-op terpopuler. Hal tersebut tentunya dengan konsep yang unik, dimana pemain diharuskan bekerja sama untuk merampok bank sembari menahan serangan polisi dan tentara. Tak hanya gameplay saja, Payday 2 juga menyajikan cerita yang cukup menarik dan dipresentasikan melalui banyak media seperti komik dan web-series.

Sama seperti game terdahulunya yaitu Payday: The Heist, Payday 2 dapat menampung 4 orang pemain. Tersedia juga berbagai misi dan beberapa karakter yang cukup beragam. Beberapa level pun juga dapat diselesaikan melalui stealth dengan cara menghindari kamera dan membunuh musuh mengunakan senjata dengan silencer. Tentunya, pemain harus saling bekerja sama demi menyelesaikan misi dan mendapatkan reward yang maksimal.

Payday tersedia di platform PS4, Xbox One, dan PC melalui Steam. Sekuelnya yang bertajuk Payday 3 direncanakan akan rilis di tahun 2023 yang akan dipublish oleh Koch Media.

2. Borderlands

Hx1lj

Perpaduan antara RPG, FPS, looter-shooter dan co-op membuat seri Borderlands populer di kalangan para gamer. Tak hanya gameplay, Borderlands juga menyajikan cerita yang menarik serta artstyle dengan desain cell-shaded yang membuatnya cukup ikonis.

Selain itu, seri Borderlands juga menyediakan berbagai karakter yang masing-masing memiliki kelebihan dan skill tersendiri. Beberapa skill tersebut juga bisa digunakan secara bersamaan untuk saling membantu dalam menyelesaikan quest. Senjata yang tersedia juga sangat beragam karena kombinasi tipe senjata akan tergenerasi secara random. Hal tersebut pun membuat seri Borderlands mendapat penghargaan rekor dunia sebagai game dengan ragam senjata terbanyak yang pernah ada.

Kini, seri Borderlands sudah miliki empat game utama yang masing-masing harus dimainkan apabila ingin memahami jalan ceritanya. Seri Borderlands tersedia di PC melalui platform Steam dan tersedia juga Borderlands: The Handsome Collection yang merupakan versi remaster dari Borederlands 2 dan Borderlands: The Pre-Sequel untuk konsol dan PC.

1. Left 4 Dead 2

Left 4 Dead 2 Download Xgamex

Sudah banyak game yang mencoba meniru kesuksesan dari Left 4 Dead 2. Namun, sepertinya sampai saat ini game kedua dari seri Left 4 Dead masih belum bisa dikalahan. Konsep yang unik seperti saling bekerja sama untuk menembak segerombolan zombie merupakan salah satu nilai jual yang sering kali dijadikan inspirasi bagi game zombie lainnya.

Tak hanya zombie biasa, terdapat sejumlah zombie dengan kemampuan khusus yang akan mencoba untuk memisahkan para pemain. Jadi, pemain diharuskan untuk terus saling membantu dan berbagi item seperti senjata, medkit, adrenaline dan sebagainya. Selain itu, tersedia juga berbagai mode dan karakter yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Left 4 Dead 2 juga memiliki dukungan mod dengan komunitas modding yang cukup aktif. Jadi, apabila kalian bosan dengan map atau senjata yang ada, kalian dapat langsung mengunduh berbagai mod melalui Steam Community seperti custom map, skin senjata, skin karakter dan sebagainya. Bahkan dengan bantuan console command, game dapat menampung lebih dari batas maksimal pemain (4 orang).

Left 4 Dead 2 saat ini hanya tersedia di platform PC melalui Steam. Left 4 Dead 2 juga sudah menampung semua map dari Left 4 Dead sebelumnya serta sejumlah level, karakter dan mode game terbaru.


List tersebut membuktikan bahwa game bukanlah hanya sekedar hiburan semata saja. Karena game juga bisa mengajarkan pentingnya kerja sama melalui koordinasi serta komunikasi yang baik. Tentunya, masih banyak game co-op lainnya yang tidak masuk kedalam list. Terlebih semakin banyak judul-judul terbaru yang juga mengimplementasikan fitur co-op didalamnya. Namun, sepertinya list diatas sudah cukup dalam mencakup beberapa game co-op terbaik. Beberapa game dalam list juga terbilang cukup ringan di PC low-spec dan harganya juga cukup terjangkau.


Baca juga listicle serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.