10 Game Dengan Mod Terbanyak Sekaligus Tergila!


Follow Us

Tak dapat dipungkiri bahwa telah banyak game yang telah dirilis kepasaran disempurnakan kembali oleh para gamer melalui mod. Mod hadir bagaikan sebuah sarana yang mampu membuat game terasa lebih lengkap dan terasa lebih liar lagi.

Nulis artikel dibayar

Ibarat Indomie tanpa ekstra tambahan telur, banyak gamer merasa tak lengkap rasanya bila memainkan suatu game tertentu tanpa menggunakan mod. Bahkan terkadang mod malah berakhir menjadi identitas & daya tarik utama dari suatu game, dan berikut ini adalah 10 game yang memiliki mod terbanyak sekaligus tergila.

The Witcher 3 (2.500+ Mods)

Jadi sebuah maha karya yang sangat luar biasa, CD Projekt Red mampu tuai kesuksesan melalui kisah penutup dari trilogy seri The Witcher ini. Tak main-main, The Witcher 3: Wild Hunt mampu sabet lebih dari 200 penghargaan, termasuk penghargaan sebagai game terbaik pada tahun 2015.

Ada banyak daya tarik yang ditawarkan oleh The Witcher 3: Wild Hunt ini, mulai dari cerita menarik, grafis menawan, hingga gameplay yang solid. Tak cukup hanya itu, pada versi PCnya game ini terbuka untuk disuntikan mod, banyak mod yang membuat game ini semakin sempurna & adiktif untuk dimainkan. Mulai dari sekedar mod untuk semakin mempercantik atau memperburuk tampilan grafis, mod nyeleneh yang memungkinkan kalian mengendarai skateboard, hingga mod nakal berupa nude mod.

Dragon Age: origins (2.700+ Mods)

Hadir dengan berbagai konten menarik didalamnya, Dragon Age: Origins mampu buktikan kapasitasnya sebagai sebuah game RPG yang Solid. Game racikan BioWare ini mampu menyabet gelar sebagai game RPG terbaik pada tahun 2009 silam.

Sebagai sebuah game RPG yang mengutamakan “kebebasan” sebagai daya tarik utama, para modder mengutak-atik game ini agar tampil jauh lebih bebas lagi. Berbagai mod yang telah diracik oleh para modder memungkinkan kalian untuk mengubah ataupun menambah berbagai hal yang ada di dalam gamenya. Mulai dari sekedar mengubah skin, hingga mengubah gameplay yang memungkinkan kalian tidur dengan siapa saja, termasuk dengan anjing sekalipun.

The Elder Scrolls III: Morrowind (5.200+ Mods)

Para pecinta western RPG klasik tentunya mengenal game yang satu ini, game yang telah dirilis 16 tahun silam ini tetap jadi salah satu primadona dalam franchise The Elder’s Scrolls. Meskipun telah tergolong sebagai game tua dan telah memiliki grafis yang terlihat ketinggalan zaman, The Elder Scrolls III: Morrowind tetap memiliki sebuah daya tarik tersendiri.

BACA JUGA  Game Horror Dollhouse Mendapatkan Update Besar-besaran
Where is the Jedi?

Daya tarik tersebut terletak pada kemungkinan menyuntikan mod pada game ini, lebih dari 5.200 The Elder Scrolls III: Morrowind yang telah beredar menawarkan perombakan hingga kegilaan. Contohnya, ada sebuah mod skin yang bisa merubah tokoh yang kalian mainkan menjadi seekor Dinosaurus super absurd bersenjatakan Lightsaber.

GTA San Andreas (12.800+ Mods)

Tak dapat dipungkiri bahwa selain berhasil menyabet gelar game terbaik pada tahun 2004 silam, GTA San Andreas menjadi salah satu seri GTA yang masih tetap dimainkan oleh banyak gamer hingga sekarang. Spesifikasi yang ringan menjadikan game ini sebagai salah satu game favorit bagi para gamer kentang, kesempatan untuk bereksperimen dengan ribuan mod yang disediakan oleh para modder kian memperkuat keunikan game ini.

Hasil gambar untuk gta san andreas realistic graphic
Mod “gila” yang memaksa game tahun 2004 ini tampil dengan grafis menawan.


Mulai dari mod grafis yang membuat game ini tampil dengan grafis menawan dan akhirnya dipaksa bersanding dengan game keluaran jaman sekarang. Ataupun berbagai mod gila yang membuat game ini terasa sebagai sebuah game yang lain, contohnya seperti sebuah mod yang memungkinkan GTA V San Andreas ini berubah menjadi Marvel’s Spider-Man yang hanya rilis eksklusif di PlayStation 4.


Fallout 3 (14.700+ Mods)

Cerita mengharukan yang sangat menarik merupakan salah satu kekuatan dari Fallout 3, namun selain itu, ia juga memiliki berbagai daya tarik lain yang tak dapat dicampakan begitu saja. Mulai dari gameplaynya yang adiktif, grafis yang terlihat indah pada masanya, hingga kebebasan yang ditawarkan kepada pemain.

Hasil gambar untuk fallout 3 new york
Sebuah mod yang memungkinkan kalian menjelajahi kota New York yang telah hancur.

Pada versi PCnya, tak hanya kebebasan dalam game semata, kalian dapat membuat game ini semakin “liar” dengan menyuntikan Mod. Ada lebih dari 14.700 mod yang telah beredar, dan tentunya berbagai mod tersebut menawarkan kesempatan agar Fallout 3 tampil menjadi game yang semakin adiktif.

Fallout New Vegas (19.400+ Mods)

Mengikuti kesuksesan Fallout 3, Bethesda akhirnya meluncurkan Fallout New Vegas 1 tahun setelahnya, yang hadir dengan berbagai peningkatan ketimbang seri ketiganya tersebut. Ia juga hadir dengan cerita yang tak kalah menarik dibanding Fallout 3, lengkap dengan berbagai ending yang beragam.

BACA JUGA  Belum Siap Rilis, Vampire: The Masquerade - Bloodlines 2 Ditunda
My Little Pinoy Pony.

Kebebasan juga masih dipertahankan & semakin ditingkatkan dalam Fallout New Vegas ini, tak cukup hanya dengan kebebasan yang ada dalam game saja? Sama seperti Fallout 3, Fallout New Vegas juga menawarkan berbagai kegilaan yang lebih masif melalui belasan ribu mod yang tersedia.

Fallout 4 (26.100+ Mods)

Sejak pertama kali diumumkan, Fallout 4 mendulang antisipasi yang sangat luar biasa dari para gamer, dan benar saja, setelah dirilis, game ini terbukti laku keras di pasaran dan berhadapan langsung dengan The Witcher 3: Wild Hunt. Fallout 4 yang hadir dengan berbagai penyempurnaan, berakhir menjadi sebuah seri yang terasa paling lengkap dibanding para pendahulunya.

fallout 4 mods additional image 6
Sebuah mod gila dari Fallout 4 memungkinkan kalian melepaskan tembakan kucing.

Dengan Kesuksesannya tersebut, Bethesda seakan tak ragu melanjutkan franchise ini melalui Fallout 76 yang siap dirilis bulan November mendatang. Selama 3 tahun sejak perilisannya, para modder berusaha membuat Fallout 4 tampil menjadi sebuah game yang semakin menarik melalui mod. Berbagai mod menghibur yang telah tercipta ini malah berakhir menjadi daya tarik utama dari game ini, banyak gamer merasa, mod menjadi elemen terpenting dari Fallout 4.

The Elder Scrolls IV: Oblivion (28.700+ Mods)

Menyabet predikat sebagai game terbaik pada tahun 2006 silam, The Elder Scrolls IV: Oblivion tetap mampu buktikan tajinya sebagai game yang tak bisa mati. Meskipun game ini telah tergolong tua dan telah memiliki kelanjutan, The Elder Scrolls IV: Oblivion tetap masih dimainkan oleh banyak gamer hingga saat ini.



Puluhan ribu mod yang telah diracik oleh para modder membuat game ini tetap hidup sampai sekarang, kebebasan yang ditawarkan oleh Bethesda menjadi semakin luas lagi berkat hadirnya mod, mulai dari mod untuk bersenang-senang belaka, hingga mod yang akan membuat game ini semakin realistis. Bahkan saat ini beberapa modder telah meracik sebuah proyek mod super ambisius yang akan mengubah tampilan game tua ini menjadi secantik game jaman sekarang.


GTA V (38.040+ Mods)

Hadirkan dunia super masif dengan beragam konten padat, GTA V tampil sebagai seri tersukses dalam franchise GTA, ia menjadi seri GTA yang terasa paling lengkap. Sabet berbagai penghargaan bergengsi dan berbagai ulasan positif, akhirnya membuat Rockstar merilis kembali game ini ke platform current gen. Dan benar saja, setelah rilis di platform current gen, GTA V semakin laku keras di pasaran, bahkan hingga saat ini masih banyak gamer yang tetap membeli game racikan Rockstar yang satu ini.

BACA JUGA  The Outer Worlds Muat Size Tak Sampai 40 GB

Tentunya berbagai fitur padat yang ditawarkan dalam GTA V ini disempurnakan oleh para modder agar terasa jauh lebih gila & menyenangkan. Banyak mod gila yang membuat GTA V ini tak jadi sekedar game shooter open world biasa, misalnya, dengan menyuntikan mod kalian bisa menjadi para tokoh pop culture yang dapat yang bisa menghancurkan seisi kota.


The Elder Scrolls V: Skyrim (58.300+ Mods)

Sama seperti GTA V, The Elder Scrolls V: Skyrim mampu tampil memukau dan hingga kini masih tetap laris di pasaran, dan tetap menjadi ladang uang bagi Bethesda. Saking larisnya, game ini sampai dirilis ulang ke berbagai platform lain, bahkan Todd Howard selaku direktur dan produser eksekutif dari Bethesda. Mengatakan bahwa, “bila kalian ingin Bethesda berhenti merilis ulang The Elder Scrolls V: Skyrim, maka kalian harus berhenti membelinya”.

Excuse me, WTF?

Jadi raja tertinggi Skyrim dan memenggal para bangsawan tinggi lainnya? bisa.

Selain gameplay & konten yang padat, salah satu hal yang membuat game ini tetap ramai dimainkan hingga sekarang adalah karena fitur mod-nya. Hingga saat ini telah tercatat lebih dari 58.300 mod yang telah diciptakan oleh para modder di seluruh dunia, dan tentunya diantara puluhan ribu mod tersebut banyak yang terlihat menarik & terbilang gila. Dengan mod, kalian bisa melakukan & menyuntikan berbagai hal gila kedalam game ini, seperti menjadi raja tertinggi Skyrim yang bisa memenggal seluruh orang termasuk para bangsawan tinggi misalnya.


Itulah 10 game dengan mod terbanyak sekaligus tergila yang telah meramaikan jagat dunia industri game, manakah yang menjadi favorit kalian? Apakah ada game lain yang yang menurut kalian punya mod yang tak kalah banyak dan tak kalah gila? silahkan tulis di kolom komentar, feel free to discuss.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item