10 Game Dengan Kisah Bertahan Hidup yang Paling Menegangkan

in
Game Dengan Kisah Bertahan Hidup yang Paling Menegangkan

Storyline atau garis cerita merupakan salah satu aspek yang penting dalam sebuah game. Salah satu genre storyline yang memiliki banyak kejutan dan menegangkan adalah survival. Beberapa Game Dengan Kisah Bertahan Hidup yang Paling Menegangkan bahkan mendapatkan penghargaan dan review positif. Sehingga tak heran, gameplay bisa jadi alasan “yang bisa dipikir nanti” dan lebih memilih menikmati cerita dari pada menikmati gameplay. Berikut ini 10 Game Dengan Kisah Bertahan Hidup yang Paling Menegangkan dan bisa bikin kamu tegang selama memainkannya;

1. I Am Alive

 

Game ini merupakan sebuah Game Dengan Kisah Bertahan Hidup yang Paling Menegangkan dan punya “rasa” seperti The Last of Us. I Am Alive merupakan sebuah game yang dibuat sejak tahun 2003 oleh Darkworks sebelum kemudian  tahun 2008 pengerjaannya diselesaikan oleh Ubisoft Shanghai hingga tahun 2012. Game ini kemudian dirilis tahun 2012 pada tanggal 7 Maret untuk XBox 360 dan April 2012 di PS3. Di dalam I Am Alive, kamu akan menjadi seorang laki-laki tak bernama yang berusaha menyelamatkan istri dan anaknya dari bencana yang menimpa Amerika. Dalam perjalanannya, ia bertemu dengan seorang perempuan bernama Mei. Mereka berdua lalu berusaha bertahan hidup dari bencana dan sekelompok orang yang memiliki niat jahat. Lelaki yang menjad tokoh utama itu pun juga berjanji akan menyusul istri dan anak perempuannya. Game yang dibuat menggunakan Unreal Engine 2 ini mendapatkan banyak review yang bermacam-macam. Sebagian memuji game ini dan memberikan nilai yang cukup bagus. Tapi ada juga yang memberikan review buruk dengan mengatakan bahwa game ini memiliki gameplay dan grafik yang ketinggalan jaman. Tapi I Am Alive tetap patut dicoba dan bisa jadi salah satu game dengan garis cerita Survival terbaik.

2. State of Decay Series

 

 

Game bergenre action-adventure survival horror ini menjadi salah satu dari 10 Game Dengan Kisah Bertahan Hidup yang Paling Menegangkan. Dikembangkan oleh Undead Labs, State of Decay series selalu punya storyline yang cukup bagus, gameplay yang menarik, dan grafis yang bagus. Banyak yang berpendapat bahwa game ini tidak punya storyline yang linier seperti misalnya I Am Alive atau The Last of Us, sehingga storylinenya tidak dibilang Survival. Padahal dalam game ini juga kamu berusaha bertahan hidup dari serangan Zombie dan tak hanya itu, di seri pertamanya, kamu harus berusaha untuk membuat kamu dan kelompokmu keluar dari Trumbull Valley. Dengan gameplay, grafis dan cerita yang menarik, pada serial keduanya yakni State of Decay 2 mampu meraih 3 juta pemain. Game ini juga mendapatkan review positif dari beberapa website game. Salah satu reviewer Polygon bahkan mengatakan bahwa State of Decay merupakan salah satu game survival terbaik yang pernah ia mainkan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di dalam game ini kamu akan menjadi penghuni Trumbull Valley yang pulang dari memancing dan mendapati kotamu sudah hancur diserang zombie. Kamu harus berusaha bertahan hidup dari serangan zombie, mencari perbekalan, membuat tempat perlindungan, hingga akhirnya kamu harus bisa keluar dari Trumbull Valley.

3. The Walking Dead Series

 

Game yang dikembangkan oleh Telltale ini memiliki cerita yang penuh emosi dan karakter yang menarik. Game ini rasanya pantas dimasukkan ke dalam salah satu game dengan kisah bertahan hidup terbaik. Meskipun gameplaynya adalah choice matter, dimana artinya akan ada banyak jalur cerita, The Walking Dead Series tetap memiliki unsur Survival yang kuat dalam gamenya. Cerita dan karakter dalam serial game ini mendapatkan banyak pujian dari berbagai pihak. Misalnya saja, episode 1 dari game ini mendapatkan nilai 84/100 dan menjadi editor choice untuk IGN dan PCgamer. Lalu episode kedua dari game ini mendapatkan penghargaan Best Adventure Game di GameSpy E3 2012. Kesuksesan dua episode sebelumnya pun berlanjut di 3 episode setelahnya. Tanpa rasa ragu, semua game yang menjadi bagian dari The Walking Dead Series bisa menjadi pilihan utamamu ketika ingin memainkan Game Dengan Storyline Survival Terbaik plus bisa memilih jalur cerita dan ending. Keren kan?

4. Metro: Last Night

 

 

Kalau dilihat dari aspek gameplay, Metro: Last Night bukanlah game survival. Tapi unsur-unsur dalam storylinenya membuat game ini masuk ke dalam survival adventure meskipun dengan bentuk first person shooter. Game dengan tema post-apocalyptic ini dikembangkan oleh 4A Games. Game ini bercerita tentang seorang prajurit bernama Artyom yang hidup di bawah kota Moscow setelah kota tersebut terkena bencana nuklir. Dalam seri keduanya ini, Artyom mendapatkan tugas untuk mencari Dark Ones yang misterius. Dalam perjalanannya tersebut, Artyom harus bertahan hidup dari serangan monster-monster yang terkena radiasi nuklir dan juga beberapa tempat yang masih terkena radiasi nuklir. Metro: Last Night menerima banyak review positif dari hampir semua kritik. Game ini pun dinominasikan sebagai game shooter terbaik di VGX Game Award 2013 dan menjadi game Xbox 360 terbaik tahun 2013 oleh Gamespot.

5. Fallout 4

 

 

Siapa yang meragukan Fallout 4 sebagai salah satu Game Dengan Kisah Bertahan Hidup yang Paling Menegangkan saat ini? Game ini bercerita tentang seorang tokoh yang dipanggil Sole Survivor. Ia tinggal di sebuah tempat perlindungan nuklir bawah tanah. Suatu ketika ia melihat pasangannya terbunuh dan sang anak diculik. Ia pun kemudian pergi ke Commonwealth untuk mencari sang anak. Dalam game ini, kamu akan membantu kelompok-kelompok tertentu dan mendapatkan poin. Tak hanya itu, kamu juga akan “crafting” yakni membuat obat-obatan dan peralatan dari bahan-bahan yang kamu temukan sepanjang perjalanan. Gameplay ini semakin menduku Fallout menjadi salah satu game dengan Storyline survival terbaik. Fallout menjadi salah satu game yang mendapatkan nilai review yang hampir sempurna di semua website gaming. Oleh Metacritic game ini diberikan penghargaan sebagai salah satu game paling favorit di tiga platform yakni PC, PS4, dan Xbox One. Game yang sebentar lagi akan meluncurkan seri selanjutnya, yakni Fallout 76 ini, mendapatkan penghargaan dari banyak pihak. Reviewer dari Game Informer merupakan salah satu yang memberikan nilai 9 dari 10 pada game ini. Ia mengatakan bahwa Bethesda telah menciptakan game lain yang bisa menghipnotismu.

6. Dying Light

 

 

Game yang dirilis pada tahun 2015 ini merupakan salah satu Game Dengan Kisah Bertahan Hidup yang Paling Menegangkan. Dying Light mendapatkan banyak sekali review positif. Banyak pihak memuji tampilan grafis, alur cerita, gameplay yang menarik dengan kemampuan parkour, dan banyak kelebihan yang lainnya. Selain itu garis cerita juga menjadi nilai plus dalam game ini. Dying Light akan membuatmu menjadi seorang agent rahasia bernama Kyle Crane. Ia dikirim ke sebuah tempat karantina bernama Harran. Di tempat ini ia akan melawan banyak zombie. Perihal yang membuat game ini makin asyik adalah siklus siang dan malamnya yang ngefek pada kemampuan musuh. Di malam hari musuh akan lebih sulit dihadapi dari pada siang hari. Untuk soal review, Dying Light mendapatkan nilai di atas rata-rata. Game ini kabarnya akan segera merilis sekuel keduanya yang telah diumumkan pada E3 2018 lalu. Game ini bisa kamu mainkan di PC, PS4, dan Xbox One.

7. Far Cry 3

 

Kamu semua pasti sudah tahu tentang game ini kan? Far Cry 3 merupakan salah satu game terbaik dalam franchise Far Cry. Game yang bergenre open world action-adventure FPS ini dikembangkan oleh Ubisfot Montreal dan dipublikasikan oleh Ubisoft. Soal storyline, kamu tak perlu banyak bertanya. Far Cry hadir dengan storyline survival yang menantang. Dalam game ini kamu akan menjadi Jason Brody, yang terjebal di sebuah pulau tropis antara samudera Hindia dan Pasifik. Kamu harus berusaha menyelamatkan teman-temanmu yang telah diculik oleh bajak laut. Tak sampai disitu, kamu juga harus melarikan diri dari pulau itu dan berusaha bertahan hidup. Game ini secara gameplay juga sebenarnya masuk ke ranah survival karena ada beberapa gameplay “crafting”. Kalau soal garis cerita sudah pasti ini survival banget. Game ini mendapatkan banyak review positif dan menjadi salah satu game adventure terbaik yang pernah ada. Udah pernah main?

8. Resident Evil 7

 

Kamu semua pasti tahu donk dengan game yang satu ini? Game horror yang hampir semua sekuelnya selalu mencuri perhatian. Tak hanya dalam dunia game, tapi juga dunia film. Resident Evil 7 merupakan salah satu game dengan garis cerita bertahan hidup yang terbaik. Meskipun mungkin kamu bisa bilang bahwa game ini lebih condong ke arah horror atau thriller, tapi coba kamu mainkan dan rasakan. Selain sense horror dan thriller, kamu pasti juga menemukan usaha untuk bertahan hidup dari serangan keluarga “Gila” yang telah menculik istrimu dan sekarang berusaha menghabisimu. Kamu harus berusaha keluar dari rumah aneh itu dan berusaha menyelamatkan diri dari monster-monster menyeramkan. Game ini mendapatkan banyak sekali review positif. Bahkan ia mendapat nilai sempurna 10/10 dari Destructoid.

9. Tomb Raider (2013)

 

 

Tomb Raider memang merupakan sebuah franchise besar yang melegenda. Bukan hanya di dunia game, tapi juga di dunia film. Hampir semua orang pasti mengenal Franchise ini. Tomb Raider yang dirilis pada tahun 2013 ini merupakan salah satu game yang punya jalur cerita survival yang cukup menarik. Game ini memang secara gameplay lebih masuk ke action-adventure. Tapi secara garis cerita game ini masuk ke dalam genre survival. Dalam game ini Lara ada dalam sebuah ekspedisi bersama kapal Endurance dan sedang dalam perjalanan menemukan kerajaan Yamatai yang hilang. Dengan saran dari Whitman, ia pun merambah ke Segitiga Naga. Lalu dalam perjalanan kapal yang dinaikinya terserang badai dan hancur. Lara kemudian terpisah dari yang lain dan berusaha bertahan hidup dari kelompok misterius dan keluar dari gua yang penuh dengan jebakan. Seri terakhir yang akan rilis dan ditunggu oleh banyak orang adalah seri Shadow of the Tomb Raider yang tahun ini pada tanggal 14 September. Seri sebelumnya yang rilis tahun 2016, Rise of the Tomb Raider mendapatkan banyak review positif dan nilai hampir sempurna oleh banyak media game. Game Tomb Raider ini mendapatkan review yang sangat bagus dari hampir semua website gaming.

10. The Last of Us

 

 

Game yang mendapatkan banyak penghargaan ini mungkin pantas diberikan gelar sebagai Game Dengan Kisah Bertahan Hidup yang Paling Menegangkan. Mengkisahkan perjalanan Joel, seorang lelaki yang dulu kehilangan anak semata wayangnya karena bencana Cliquers dan Elly, seorang anak perempuan yang kebal terhadap gigitan cliquers. Joel mendapatkan tugas untuk mengantarkan Elly menuju salah satu kelompok yang bisa menjamin keamanannya. Tapi akhirnya Joel dan Elly malah menjadi teman baik dan berusaha bersama bertahan dari serangan Cliquers, manusia-manusia yang memburu mereka, dan zombie. The Last of Us mendapatkan banyak sekali review positif. Rilis sejak tahun 2013, lalu dibuat remasterednya eksklusif untuk PS4, game ini mendapatkan nilai sempurna 10/10 dari IGN, Eurogamer, Edge, CVG, dan OPM. IGN bahkan menyebutkan The Last of Us sebagai salah satu masterpiece dalam dunia game. Game ini tak hanya menawarkan grafik yang bagus, tapi juga gameplay yang menarik, dan story line yang tidak membosankan. Kalau kamu memainkan game ini, suara cliquers benar-benar bisa memberikanmu rasa takut maksimal. Seri kedua dari game ini akan segera rilis dalam beberapa tahun ke depan.

Itu tadi 10 Game Dengan Kisah Bertahan Hidup yang Paling Menegangkan dan bisa kamu coba. Bermain game dengan stoyline survival memang bukan hanya soal grafis dan gameplay saja. Tapi bagaimana developer mampu mengikat para pemainnya untuk terus memperhatikan cerita dari awal sampai akhir. Jika ada Game Dengan Kisah Bertahan Hidup yang Paling Menegangkan dan menurut kalian cukup bagus dan belum masuk daftar, tinggal tulis saja di komen ya!

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]