10 Game Engine Terbaik Di Dunia

uneal 4

Pernahkah anda berpikir dan bertanya software apa yang digunakan developer game untuk menciptakan hasil karyanya? Saya akan menjawab pertanyaan anda dan mengulas tentang Game Engine tapi luangkan waktu anda untuk membaca artikel ini karena anda pasti akan penasaran untuk membuat game.

Game engine adalah software yang dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah game. Fungsi dari game engine, yaitu sebagai mesin render (Renderer) 2D atau 3D, suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi dan pengaturan grafik. Game Engine dapat membuat berbagai tipe game sesuai dengan keinginan anda. Sekarang mari kita lihat dan baca 10 game engine ini:

Cry Engine

Cry engine ini buatan dari Crytek. Sudah banyak game yang diciptakan melalui game engine ini dan grafisnya cukup bagus. Game yang berhasil di ciptakan antara lain : Crysis series, FarCry, Cabal 2, Sniper : Ghost Warrior 2, dll.


Unreal Engine

Kalau ini game engine kesukaan saya karena ini keluaran dari Epic Games yang menghasilkan framerate stabil, kualitas grafis yang bagus, dynamic shadow, HDRR, depth of field dan DX 11. Kabar baiknya Unreal Engine telah mengratiskan semua update-update yang dirilis Epic Games dan bisa digunakan untuk membuat apapun, baik game, keperluan edukasi, maupun film dan juga animasi tetapi ada syarat ketika gamenya dikomersialkan.

Game yang berhasil diciptakan : Bioshock, Ragnarok Online 2, Lineage II, Mass Effect 1 2 3, dll.


Rage Engine

Rage (Rockstar Advanced Game Engine) yang dibuat oleh Rockstar San Diego 2004 dan engine ini dibantu dengan Euphoria yang merupakan sofware 3D utama untuk membuat game MAX PAYNE 3. Kehebatan dari Game Engine ini dapat memuat game open world tanpa loading, AI yang memuaskan, Draw Distance Render yang jauh dan juga cuaca yang realistis.

Game yang berhasil diciptakan : Grand Thief Auto IV – V, Max Payne 3, Midnight Club : Lost Angeles, dll.


Infinity Ward Engine

Game engine ini dibuat oleh developer tanpa nama resmi yang di adaptasi dari ID Tech 3. Kehebatan dari Infinity Ward Engine adalah efek pencahayaan yang cukup realitis, AI yang kompleks dan cerdas, Depth Of Field, Dynamic Bullet Peneration, dll.

Game yang berhasil diciptakan : Call Of Duty Series


Frosbite Engine

Game Engine ini memberikan tampilan grafik yang cukup mengagumkan tapi sayang Game Engine ini tidak mendukung DX 9 dan Windows XP hanya mendukung menggunakan DX 11. Grafik yang ditampilkan cukup memuaskan.

Game yang berhasil diciptakan : Battlefield Series, Need For Speed : The Run, dll.


Creation Engine

Anda pasti pernah memainkan game The Elder Scrolls V : Skyrim. Ya ini, game engine yang dipake untuk membuat game Skyrim. Banyak orang yang berminat untuk main game Skyrim bahkan saya sendiri pun suka main gamenya karena dunianya begitu luas. Game Engine ini khusus untuk membuat game Skyrim dengan random Dungeon, mencari dan menemukan senjata hebat, Quest yang cukup enak di jalankan, Radiant AI, dapat memusuhi penduduk, melawan naga, dll.

Game yang berhasil dicipatkan : The Elder Scrolls V : Skyrim


Anvil Engine

Anda pasti pernah main atau lihat game Assasin’s Creed, nah ternyata gamenya menggunakan Anvil Engine dan Ubisoft telah menciptakan game yang lebih banyak interaksi dengan lingkungan, Cuaca dan iklim dan AI Cerdas.

Game yang berhasil diciptakan : Assasin;s Creed Series, Princes Of Persia : The Forgotten Sands, dll.


Avalance Engine

Mata anda akan dimanjakan dengan berbagai efek yang diberikan melalui Avalance Engine karena efek ledakan yang dihasilkan cukup memukau, Grafis yang mengagumkan, Motion bluring yang smooth, AI yang menarik dan cerdas dll. Game engine ini lebih banyak membuat aksi ledakan, tembakan, dan kendaraan-kendaraan yang dapat di kendarai tapi untuk generasi kedua dari engine ini tidak suport DX 9 dan Windows XP.

Game yang berhasil diciptakan : Just Cause Series, Mad Max, The Hunter, Renegade Ops, dll.


ID Tech Engine

Game engine ini sudah cukup tua karena adalah kakek dari segala game FPS dan engine ini telah dimodifikasi agar banyak orang yang mainkan game hasil ciptaan dari ID Tech Engine. Game Engine ini sudah sampai ke 6. Kehebatan dari game engine ini bisa membuat MEGA TEXTURE dengan resolusi 128.000 x 128.000 pixel. Cukup luar biasa dan memiliki dunia yang dinamis dengan terrain editor yang simple tapi kompleks, Soft-Edged Shadows, HDRR, dll.

Game yang berhasil diciptakan : Doom Series, Quake Series, Prey, dll.


HPL Engine

Game engine ini dibuat oleh Developer Indie Frictional Games dan khusus untuk membuat GAME HORROR. HPL dapat digunakan dengan GE Cross-platform (PC, MAC, LINUX) yang kompatibel dengan OpenGL, OpenAL, dan Newton Games Dynamics. Fitur yang diberikan cukup menarik, yaitu memiliki pyhsics yang detail,  mendukung SSAO (Screen Space Ambient Occlusion), Interaksi Objek yang detail dan Deferred Shading.

Game yang berhasil diciptakan : Amnesia Series, Penumbra Series, dll.
Setelah anda membaca semua artikel diatas pasti anda jadi tertarik untuk membuat game. Ayo, saya dukung anda untuk membuat game dengan ENGINE ini dan mulai bangkitkan game karya anak bangsa biar kedepannya bisa bersaing didunia international dan mengharumkan nama bangsa.

Exit mobile version