10 Game Esports PC Terbaik & Terpopuler Ditahun 2020

in , , ,

Industri video games tidak bisa dilepaskan dengan dunia esports. Semakin maju dan berkembangnya dunia video games maka ekosistem esports juga akan turut maju dan berkembang. Oleh karena itu kini banyak developer video games di seluruh dunia tidak hanya membuat game biasa saja. Mereka juga berusaha membidik gamenya agar masuk kedunia esports.

Salah satu keuntungan video games yang kompetitif dan dapat masuk kedunia esports adalah game tersebut mempunyai jumlah pemain yang banyak serta dimainkan dalam rentang waktu yang lama, bahkan hingga puluhan tahun. Para pemain terkesan loyal dan menarik teman-temannya untuk bermain bersama dan membuat tim. Lalu video games PC esports apa saja yang terbaik ditahun 2020 ini. Berikut daftarnya:

10. Starcraft 2

Starcraft 2 adalah video games bergenre RTS yang dirilis pada tahun 2010. Game tersebut sangat populer sekali dinegara Korea Selatan dan mempunyai kompetisi esports yang besar disana. Starcraft 2 adalah salah satu dari sedikit game non team alias single player team yang dapat masuk keranah esports dunia. Saat ini ada banyak turnamen internasional yang diselengarakan oleh Blizzard selaku sang devoper dan yang terbesar adalah WCS 2019 Global Finals yang mempertemukan pemain-pemain terbaik dari seluruh dunia dan memperebutkan total hadiah sebanyak $700.000 atau sekitar 10 milyar rupiah.

09. Rocket League

Rocket League adalah game hybrid antara sepakbola dan dengan menggunakan kendaraan. Game Rocket League ini sangat digemari dinegara Eropa dan Amerika Serikat serta mempunyai jumlah pemain yang banyak pula. Kompetisi esportsnya juga semakin berkembang dan konsisten. Apalagi Psyonix selaku sang developer yang merilis game ini pada tahun 2015 kemarin sepertinya semakin percaya diri menatap gamenya kedalam industri esports dunia.

08. Rainbow Six Siege

Game besutan Ubisoft yang dirilis pada tahun 2015 kemarin ini sekarang mulai menunjukan geliatnya didunia esports. Apalagi game Rainbow Six Siege merupakan game bergenre team tactical shooter yang mana mempunyai tingkat kekompetitifan yang tinggi. Turnamen esports bernama Rainbow Six Pro League rutin diadakan tiap tahunnya diberbagai region dunia, antara lain Amerika Utara, Eropa, Asia Pasifik, serta Korea Selatan.

07. Fortnite

Fortnite adalah game bergenre battleroyale yang dirilis pada akhir tahun 2017 kemarin. Selama tiga tahun terakhir menjadi game yang trending dan paling banyak ditonton di twitch. Epic Games selaku sang developer juga berusaha membuat Fortnite menjadi game yang kompetitif dan masuk dunia esports dengan mengadakan turnamen-turnamen tingkat internasional. Turnamen terbesar ditahun 2019 kemarin adalah Fortnite World Cup 2019 yang mempunyai total hadiah sebanyak $15.000.000 atau sekitar 200 milyar rupiah untuk tiga divisi turnamen yaitu solo, duo, dan squad.

06. Hearthstone

Hearthstone adalah game bergenre digital card game yang berhasil mampu masuk kedua esports. Pertama kali dirilis pada tahun 2014 oleh Blizzard dan langsung menjadi primadona para pemain game bergenre card game. Hearthstone saat ini sudah tersedia untuk platform mobile dan mengusung fitur cross-patform sehingga membuat pemain semakin banyak memainkan game Harthstone. Turnamen esports juga rutin diadakan tiap tahunnya dengan turnamen terbesarnya adalah Hearthstone World Champions yang memperebutkan total hadiah sebesar $1.000.000 atau sekitar 14 milyar rupiah.

05. Overwatch

Overwatch adalah game bergenre first person shooter yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment pada tahun 2015 silam. Pada awal kemunculannya game Overwatch sudah mempunyai player base dan menjadi trend dikalangan pencinta game tembak-tembakan. Blizzard juga selalu mendukung terciptanya iklim esports untuk game-game garapannya termasuk Overwatch. Saat ini liga Overwatch atau yang lebih dikenal sebagai Overwatch League selalu rutin diadakan tiap tahunnya dan diikuti oleh 20 tim terbaik dari seluruh dunia. Selain itu Blizzard saat ini juga tengah mengembangkan Overwatch 2 yang rencananya akan dirilis pada tahun 2020 ini membuat masa depan esportsnya juga akan semakin terjamin lagi.

04. PlayerUnknown’s Battleground

PlayerUnknown’s Battlegrounds atau lebih dikenal sebagai PUBG adalah game bergenre battleroyale yang saat ini sedang booming. PUBG Corporation selaku sang developer merilis game tersebut pada akhir 2017 kemarin dan merilis versi mobilenya pada tahun 2018 silam. Saat ini game tersebut mempunyai pemain aktif hingga jutaan pemain setiap harinya dalam dua platform tersebut. Berkat kekompetitifan gameplay PUBG membuat ekosistem esportsnya juga ikut berkembang pesat. Berbagai turnamen esports tingkat nasional maupun internasional rutin diselenggarakan diberbagai negara. Turnamen besar yang akan diselenggarakan pada tahun 2020 ini adalah PUBG Global Series Final Berlin 2020 yang memperebutkan total hadiah sebesar $500.000 atau sekitar 7 milyar rupiah.

03. Counter Strike: Global Offensive

Game CS:GO pertama kali dirilis oleh valve pada tahun 2012 silam. Game bergenre first person shooter tersebut merupakan versi yang terbaru dari seri game Counter Strike. Sejak awal kemunculan game Counter Strike para pemain game dari seluruh dunia sudah menyukai game bergenre tembak-tembakan satu ini. Counter Strike juga dapat dikatakan sebagai salah satu game yang mempelopori tumbuhnya industri esports didunia. Saat ini jumlah pemain game Counter Strike: Global Offensive sangat konsisten dan cenderung naik tiap tahunnya. Valve sebagai developer game CS:GO juga berkomitmen mengadakan turnamen-turnamen esports dunia, salah satunya adalah CS:GO Major Championship yang memperebutkan total hadiah sebesar $1.000.000 atau sekitar 14 milyar rupiah.

02. Dota 2

Dota 2 juga merupakan game yang dikembangkan oleh Valve dan dirilis secara resmi pada tahun 2013. Game bergenre MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena tersebut merupakan seri terbaru dari game Dota Allstar. Game Dota juga merupakan salah satu game pelopor tumbuhnya industri esports dunia pada tahun 2000an. Kini secara rutin Valve mengadakan turnamen Dota 2 kelas dunia tiap tahunnya. Turnamen Dota 2 yaitu The International juga secara rutin memecahkan rekor hadiah terbesar dari seluruh turnamen game esports diseluruh dunia dengan total hadiah sebesar $34.300.000 atau sekitar 485 milyar rupiah.

01. League of Legends

League of Legends dapat dikatakan sebagai game paling populer saat ini. Game paling banyak dilihat di platform twitch selalu diduduki oleh League of Legends. Oleh karena itu iklim esports game League of Legends juga stabil. Tiap tahunnya RIOT Games selaku sang developer selalu mengadakan turnamen yang rutin dan teratur. Puncaknya adalah World Championship yang diadakan pada musim panas tiap tahunnya. Total hadiah yang diperebutkan pada turnamen World Championship 2019 adalah sebesar $2.225.000 atau sekitar 31,5 milyar rupiah.


Itulah tadi daftar game PC dengan kompetisi esports terbaik dan terpopuler ditahun 2020. Dari daftar game diatas game apa saja yang menjadi favorit kalian? Saat ini industri esports semakin berkembang dan maju lagi. Mengingat game dari platform console maupun mobile mulai mengejar ketertinggalan mereka terhadap game-game PC. Kita lihat game apa saja kedepannya yang mampu menyaingi 10 game diatas dalam urusan esports.

 

Roni Istianto

Written by Roni Istianto

Orang Pinggiran