10 Game Jadul PC Terpopuler dan Terbaik di Dunia Tahun 1990-an

Game Jadul PC

Banyak hal bersejarah terjadi di tahun 1990-an di dunia, terlebih pada industri video game. Pada tahun itu, perkembangan video game tidak seperti saat ini dimana gamer bisa dapat dengan mudah bermain game di berbagai platform termasuk PC. Sementara beberapa game jadul populer yang ada di PC pada saat itu tak banyak orang bisa memainkannya karena masih terbatasnya informasi, perangkat dan harga yang tinggi pada tahun 1990-an.

Pada kesempatan kali, kami akan memberikan informasi mengenai 10 game jadul PC terpopuler dan terbaik di dunia tahun 1990-an. Daftar game ini sudah pasti tidak asing lagi bagi para gamer dan juga dianggap sebagai game klasik legendaris di industri video game.

Inilah 10 game jadul PC terpopuler dan terbaik di dunia tahun 1990-an!

1. Wolfenstein 3D (1992)

10 Game Jadul PC Terpopuler dan Terbaik di Dunia Tahun 1990-an 11

Game jadul PC terpopuler dan terbaik di dunia tahun 1990-an pertama dalam daftar ini adalah Wolfenstein 3D. Game FPS buatan developer id Software ini pertama kali rilis di platform PC (DOS) pada 5 Mei 1992.

Wolfenstein 3D menghadirkan cerita yang cukup simpel dimana kalian akan menyerbu markas militer musuh dan menghadapi berbagai pasukan tentara. Wolfenstein 3D merupakan game yang terinspirasi/berdasarkan video game Castle Wolfenstein dan Beyond Castle Wolfenstein.

Beberapa gamer yang lahir tahun 1990-an atau pernah memiliki PC jadul, pasti pernah memainkan game ini pada masa kecilnya. Wolfenstein 3D dianggap sebagai salah satu game terbaik di dunia sepanjang masa dan mendapatkan julukan sebagai “Grandfather of 3D Shooter”.

2. Doom & Doom II: Hell on Earth (1993 & 1994)

Jika berbicara mengenai video game buatan id Software dan game jadul PC FPS, sudah pasti saya akan memasukkan game Doom dalam daftar ini. Tidak ada yang tidak kenal dengan game klasik dan legenda seperti Doom dan Doom II: Hell on Earth.

Doom pertama kali rilis pada 10 Desember 1993 untuk platform PC (MS-DOS) yang dibuat oleh developer id Software. Game yang disebut sebagai successor dari Wolfenstein 3D ini menjadi pioner dalam mempopulerkan video game ber-genre FPS dengan pace gameplay yang sangat cepat pada zamannya. Sehingga menjadi inspirasi bagi banyak developer lainnya dalam mengikuti jejak kesuksesan membuat video game genre FPS seperti Doom.

Sekuelnya Doom: Hell on Earth yang rilis satu tahun kemudian, tepatnya pada 10 Oktober 1994 oleh developer id Software. Game ini menghadirkan gameplay yang sama dengan menceritakan akhir nasib dari sang Protagonist Doomguy dalam usahanya melindungi umat manusia dari serangan para Demona. Tentu saja game sekuelnya juga sukses dan mendapatkan banyak respon positif dari gamer.

3. SimCity2000 (1993)

10 Game Jadul PC Terpopuler dan Terbaik di Dunia Tahun 1990-an 12

Game jadul PC terpopuler dan terbaik di dunia tahun 1990-an selanjutnya adalah SimCity2000. Game simulasi membangun kota ini pertama kali rilis untuk komputer Apple Macintosh pada tahun 1993.

SimCity2000 adalah salah satu game paling populer dari seri game Sim lainnya. Bahkan game ini sebagai model bagi para developer internal dan developer game lainnya untuk mengembangkan video game dengan genre simulasi seperti ini.

Para pemain dibuat sepandai mungkin untuk membangun kota, mulai dari gedung, kondisi tanah, perawatan kota untuk tetap bersih, pasokan energi listrik dan masih banyak lagi. Kalian akan dibuat menghabiskan berjam-jam untuk membangun kota idaman kalian sendiri.

4. System Shock & System Shock 2 (1994 & 1999)

10 Game Jadul PC Terpopuler dan Terbaik di Dunia Tahun 1990-an 13

Selanjutnya adalah 2 game action RPG dengan gameplay FPS dan adanya unsur horror berjudul System Shock dan System Shock 2. System Shock dibuat pertama kali oleh developer LookingGlass Technologies yang rilis pada 23 September 1994 untuk platform PC (MS-DOS). Game sekuelnya dibuat oleh developer LookingGlass Technologies bekerja sama dengan Irrational Games yang rilis pertama kali pada 11 Agustus 1999 untuk platform PC.

Jika kalian pernah bermain seri game Bioshock, kalian pasti akan menyukai game ini. Itu karena seri game tersebut merupakan spiritual successor dari seri System Shock. Dengan tampilan FPS dan adanya beberapa elemen RPG serta unsur horror, kalian akan menelusuri dunia cyberpunk klasik era 1990-an.

5. Command & Conquer Series (1995-1999)

10 Game Jadul PC Terpopuler dan Terbaik di Dunia Tahun 1990-an 14

Kemudian ada game pendahulu Real-Time Strategy yang hingga saat ini serinya masih digemari oleh para gamer, yaitu Command & Conquer. Pada era tahun 1990-an, terhitung ada 8 game dari seri Command & Conquer. Game ini pertama kali rilis pada 26 September 1995 yang dibuat oleh developer Westwood Studios.

Pada awalnya game ini dibuat sebagai salah satu franchise Dune. Namun karena adanya masalah copyright, akhirnya developer Westwood Studios membuat judul game baru sendiri. Suksesnya game pertama, Command & Conquer mendapatkan banyak sekali sekuel serta prekuel cerita dari serinya.

Saya sangat rekomendasi untuk kalian mencoba game klasik Command & Conquer ini. Terlebih bagi para penggemarnya yang ingin bernostalgia dengan beberapa elemen klasik pada game-nya.

6. Duke Nukem 3D (1996)

10 Game Jadul PC Terpopuler dan Terbaik di Dunia Tahun 1990-an 15

Jika sebelumnya kita sudah membahas game jadul PC FPS terpopuler di dunia Doom, tidak lengkap rasanya tanpa menyebutkan video game Duke Nukem 3D dalam daftar ini. Game yang dibuat oleh developer 3D Realms rilis pertama kali pada 29 Januari 1996 untuk platform PC (MS-DOS).

Sama halnya dengan Doom dan Wolfenstein 3D, Duke Nukem 3D salah satu video game yang berhasil populer dalam memberikan gameplay FPS pada era tahun 90-an. Jika kedua game buatan id Software lebih serius dalam cerita dan permainan, Duke Nukem 3D dengan berani mengambil tone gameplay yang lebih santai, beberapa lelucon satir dan mencampurkan berbagai macam pop kultur populer.

Meskipun disebut-sebut meniru game Doom, Duke Nukem 3D sangat menyenangkan dimainkan. Namun harap diingat, beberapa unsur game ini tidak cocok untuk anak-anak di bawah umur. Jadi bijaklah kalian ketika bermain game Duke Nukem 3D.

7. Quake & Quake II (1996 & 1997)

10 Game Jadul PC Terpopuler dan Terbaik di Dunia Tahun 1990-an 16

Game jadul PC pada tahun 1990-an, memang didominasi oleh developer id Software dengan berbagai judul game populer mereka seperti Doom dan Wolfenstein 3D. Dan untuk daftar selanjutnya adalah Quake dan Quake II.

Game ini hampir mirip dengan Doom dimana pemain akan menghadapi berbagai monster mengerikan yang siap membunuh protagonist. Quake dan Quake II merupakan hasil peningkatan dari engine Doom yang digunakan oleh id Software. Sehingga game ini menghadirkan gameplay yang lebih cepat, fleksibel dan juga visual yang lebih baik dari pendahulu pada masanya.

Jika kalian menyukai game Doom, tidak ada salahnya juga kalian mencoba game Quake ini. Terhitung ada banyak ekspansi yang dihadirkan pada game ini yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Jadi kalian bisa menghabiskan waktu luang mencoba bermain salah satu game jadul PC terpopuler dan terbaik di tahun 1990-an.

8. Diablo (1997)

10 Game Jadul PC Terpopuler dan Terbaik di Dunia Tahun 1990-an 17

Selanjutnya adalah game action RPG populer dengan gameplay point’and-click, yaitu Diablo. Game ini dibuat oleh developer Blizzard North yang pertama kali rilis pada 3 Januari 1997 untuk platform PC.

Diablo menghadirkan petualangan fantasi yang seru dan menegangkan dalam sebuah dungeon yang berubah-ubah dipenuhi dengan berbagai monster mengerikan. Pemain akan menelusuri setiap sudut dungeon tersebut, menghadapi para monster, menemukan harta karun dan menyelesaikan game dengan menghadapi boss yang sangat menantang.

Jika kalian ingin bermain game yang simpel dan penuh elemen RPG klasik, tidak ada salahnya mencoba Diablo. Sekuelnya Diablo II tidak kalah serunya dengan game ini. Tapi karena game tersebut rilis tahun 2000, maka saya tidak memasukkannya dalam daftar ini.

9. Fallout & Fallout 2 (1997 & 1998)

10 Game Jadul PC Terpopuler dan Terbaik di Dunia Tahun 1990-an 18

Selanjutnya adalah game role-playing populer berjudul Fallout dan Fallout 2. Game yang dibuat oleh developer Black Isle Studios ini pertama kali rilis pada 10 Oktober 1997 dan sekuelnya pada 29 Oktober 1998 untuk platform PC.

Game pertama Fallout mendapatkan banyak tanggapan positif dari gamer dan juga berbagai pihak. Fallout menghadirkan gameplay yang sangat luas, mulai dari sistem karakter, cerita dan masih banyak lagi. Game ini mendapatkan julukan sebagai salah satu game terbaik yang pernah ada.

Sementara untuk Fallout 2, game ini tidak kalah populernya dengan prekuelnya. Dengan menghadirkan banyak fitur seperti Fallout pertama dengan lebih banyak konten gameplay di dalamnya membuat game ini sangat cocok untuk kalian dalam menghabiskan waktu luang. Meskipun game ini dikenal memiliki banyak bug dan glitch pada saat pertama kali rilis pada waktu itu. Namun saat ini game tersebut sudah diperbaiki dengan banyak patch baik itu official maupun dari modder di internet.

10. Half-Life (1998)

10 Game Jadul PC Terpopuler dan Terbaik di Dunia Tahun 1990-an 19

Game jadul PC terakhir terpopuler dan terbaik di dunia tahun 1990-an terakhir dalam daftar ini adalah Half-Life. Game FPS buatan developer Valve ini pertama kali rilis pada 19 November 1998 untuk platform PC.

Kalian akan berperan sebagai Gordon Freeman dalam sebuah fasilitas penelitian bernama Black Mesa. Namun karena adanya salah perhitungan dalam penelitian, sebuah portal dimensi pun terbuka. Portal tersebut mengeluarkan berbagai makhluk mengerikan sehingga dapat mengacam keselamatan orang-orang di sana. Tidak hanya itu saja, pasukan militer pemerintahan pun datang untuk menutupi dan menghancurkan segala bukti perihal yang terjadi di Black Mesa.

Pemain akan menelusuri berbagai lokasi di Black Mesa untuk bertahan hidup dari serangan monster dan juga militer pemerintah. Kalian juga akan ditugaskan mencari cara untuk menutupi portal tersebut agar kondisi kembali seperti semula. Namun seperti yang kalian ketahui, hal tersebut tidak berhasil dan berlanjut ke Half-Life 2, Alyx dan juga Half-Life 3 yang tak kunjung rilis.

Itulah 10 game jadul PC terpopuler dan terbaik di dunia tahun 1990-an. Sebenarnya masih banyak judul game jadul PC lainnya yang ingin saya masukkan di sini. Apakah game jadul PC favorit kalian masuk dalam daftar ini?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game PC, Game Terbaik, Game Ringan atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version