10 Game Jadul PS1 Terpopuler yang Perlu di Remake atau Remaster Sekarang Juga!

Game jadul PS1 remake remaster

Para gamer pasti memiliki banyak kenangan ketika masih kecil bermain berbagai judul video game di konsol PlayStation 1 atau biasa disingkat PS1. Konsol game ini menjadi awal kesuksesan konsol buatan Sony yang berhasil menjadi pusat perhatian banyak orang di dunia. Berbagai judul game populer telah rilis di PS1 yang bahkan hingga kini seri game tersebut masih dilanjutkan dengan berbagai sekuel di konsol PS selanjutnya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 10 game jadul PS1 terpopuler yang perlu mendapatkan remake atau remaster dengan grafis lebih modern sekarang juga. Judul video game yang ada dalam daftar ini berdasarkan game-game populer yang paling banyak mendapatkan permintaan dari gamer dan penggemarnya untuk mendapatkan versi remake atau remaster.

Inilah 10 game PS1 terpopuler yang perlu di remake atau remaster sekarang juga!

1. Chrono Trigger dan Chrono Cross

10 Game Jadul PS1 Terpopuler yang Perlu di Remake atau Remaster Sekarang Juga! 12

Game PS1 terpopuler yang perlu di remake atau remaster pertama dalam daftar ini adalah game Chrono Trigger dan Chrono Cross. Kedua game ini sangat populer dikalangan para gamer sebagai sebuah game JRPG yang menghadirkan cerita Time Traveler atau penjelajah waktu.

Chrono Trigger dan Chrono Cross berani mengambil setting cerita dimana developer game masih jarang mengunakan tema time traveler sebagai cerita utamanya terlebih pada genre RPG maupun JRPG. Tentu saja kedua game ini menghadirkan petualangan luar biasa yang dipenuhi momen-momen dramatis pada playable character maupun boss yang dihadapi.

10 Game Jadul PS1 Terpopuler yang Perlu di Remake atau Remaster Sekarang Juga! 13

Jika Square Enix sebagai selaku pihak yang memegang franchise seri Chrono tertarik untuk mengerjakan seri game ini, mungkin alangkah lebih baik jika mereka membuatnya dalam format remake. Sama halnya seperti yang mereka lakukan pada Final Fantasy VII Remake.

Dan jangan lupa untuk mengajak Akira Toriyama (kreator Dragon Ball) untuk mendesain kembali para karakter Chrono Trigger dengan tampilan baru mereka.

2. Dino Crisis

10 Game Jadul PS1 Terpopuler yang Perlu di Remake atau Remaster Sekarang Juga! 14

Selanjutnya adalah game Dino Crisis yang disebut-sebut sebagai video game horror Resident Evil versi dinosaurus. Game ini sudah lama sekali banyak mendapatkan permintaan dari gamer untuk sebuah sekuel setelah Dino Crisis 2 yang rilis di PS1 pada 13 September 2000. Hmm, kalian tanya Dino Crisis 3? Itu game banyak dianggap tidak pernah ada oleh para penggemar Dino Crisis.

Dengan aktifnya Capcom dalam merilis versi remake game lama mereka, banyak gamer berharap pihak developer untuk membuat sebuah remake game Dino Crisis. Apalagi dengan format tampilan grafis yang tinggi menggunakan RE Engine. Kualitas game dengan engine milik Capcom tersebut bisa kalian lihat di game-game terbaru mereka seperti Resident Evil 7, Resident Evil Village, Resident Evil 2 Remake, Resident Evil 3 Remake serta Devil May Cry 5.

Bayangkan saja betapa seramnya kalian dikejar-kejar dinosaurus dengan grafis modern memperlihatkan betapa menyeramkannya makhluk pra-sejarah tersebut.

3. Final Fantasy VI

10 Game Jadul PS1 Terpopuler yang Perlu di Remake atau Remaster Sekarang Juga! 15

Kemudian ada salah satu seri Final Fantasy yang sering terlewat oleh para gamer RPG, yaitu Final Fantasy VI. Tak banyak yang mengetahui bahwa Final Fantasy VI memiliki cerita yang cukup gelap dan tidak kalah epik dengan seri Final Fantasy lainnya. Belum lagi dengan antagonist utama, yaitu Kefka yang penuh rencana jahat dan bahkan berhasil membuat protagonist di game ini gagal dalam menyelamatkan dunia.

Game ini bisa dibilang hidden gem bagi para penggemar RPG dan juga Final Fantasy. Karena itulah banyak para gamer ingin Square Enix membuat sebuah versi remake dengan kualitas seperti Final Fantasy VII Remake, bukan sekadar remaster atau port.

4. King’s Field

10 Game Jadul PS1 Terpopuler yang Perlu di Remake atau Remaster Sekarang Juga! 16

Berbicara mengenai hidden gem, tak banyak yang mengetahui bahwa developer FromSoftware pernah membuat game Souls-like untuk konsol PS1. Game tersebut adalah King’s Field.

King’s Field adalah sebuah seri RPG dengan format FPS buatan developer FromSoftware yang menghadirkan petualangan fantasi menghadapi berbagai macam musuh. Pemain juga diharuskan menyelesaikan sebuah puzzle di beberapa lokasi dungeon yang akan kalian telusuri. Game ini disebut hidden gem oleh gamer karena memiliki tingkat kesulitan yang cukup sulit untuk standar PS1. Banyak yang bilang jika kalian penggemar seri Dark Souls buatan FromSoftware, mungkin kalian akan suka atau merasa tertantang dengan game lama mereka.

Para gamer terlebih penggemar FromSoftware ingin sekali seri game King’s Field dilanjutkan atau dibuat versi remake. Mereka berharap game tersebut menggunakan sistem engine yang sama seperti Dark Souls.

5. Mega Man Legends

10 Game Jadul PS1 Terpopuler yang Perlu di Remake atau Remaster Sekarang Juga! 17

Siapa sih yang tidak kenal dengan game Mega Man Legends? Game petualangan action ini banyak digemari oleh para gamer di berbagai negara bahkan juga di Indonesia. Mega Man Legends juga menghadirkan grafis yang bagus untuk sebuah game yang rilis untuk konsol PS1 di tahun 1997.

Banyak gamer menanti sebuah game baru dari seri Mega Man Legends yang merupakan sub-series dari franchise Mega Man. Mereka berharap Capcom selaku pihak yang memegang lisensi merilis game terbarunya, baik itu remake ataupun remaster dari seri Mega Man Legends.

6. Metal Gear Solid

10 Game Jadul PS1 Terpopuler yang Perlu di Remake atau Remaster Sekarang Juga! 18

Game jadul PS1 yang perlu di remake atau remaster selanjutnya adalah salah satu game terpopuler buatan Hideo Kojima, yaitu Metal Gear Solid. Game ini menghadirkan cerita luar biasa dengan berbagai fiksi militer dan juga politik khas Hideo Kojima. Belum lagi dengan game-nya hadir dengan full-voice dan grafis tampilan 3D yang menampilkan secara total kemampuan dari konsol PS1.

Para gamer banyak yang berharap game ini mendapatkan sebuah remaster ketimbang remake. Itu karena mereka merasa game ini tidak perlu dibuat cerita ulang atau penambahan cerita dalam format remake tanpa mengajak sang kreator Hideo Kojima dalam pembuatannya. Meskipun begitu, kesempatan game ini mendapatkan remaster masih kecil mengingat bagaimana Konami masih sibuk mengatur ulang jajaran staf mereka untuk tim pengembangan video game.

7. Nascar Rumble

10 Game Jadul PS1 Terpopuler yang Perlu di Remake atau Remaster Sekarang Juga! 19

Untuk game ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para gamer di Indonesia, yaitu Nascar Rumble. Game racing dengan menghadirkan kekuatan power up ini sangat seru dimainkan untuk berbagai kalangan umur, baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Para gamer di berbagai negara sangat penasaran bagaimana jika game ini dirilis versi remake atau remaster dengan tampilan grafis yang lebih modern. Banyak yang berharap pihak EA selaku pemegang lisensi game ini membuat versi remake atau remaster-nya. Pasti bakal seru kalau mereka membuatnya dan kita bisa bermain dengan teman baik secara offline maupun bermain dengan pemain lain lewat fitur Multiplayer Online.

8. Parasite Eve

10 Game Jadul PS1 Terpopuler yang Perlu di Remake atau Remaster Sekarang Juga! 20

Game selanjutnya adalah Parasite Eve yang rilis di konsol PS1. Game ini merupakan video game horror dengan menghadirkan gameplay action RPG.

Seperti yang kalian ketahui, game horror di konsol PS1 didominasi dengan genre action, seperti Resident Evil dan Silent Hill. Kehadiran Parasite Eve yang dibuat oleh Square Soft memberikan keunikan dimana genre RPG dapat digabungkan dalam video game horror.

Para gamer banyak berharap Square Enix selaku pemegang lisensi seri game Parasite Eve untuk membuat sebuah remake game ini. Dengan gameplay dan grafis yang lebih modern, game ini dirasa sangat cocok untuk mendapatkan remake.

9. Vagrant Story

10 Game Jadul PS1 Terpopuler yang Perlu di Remake atau Remaster Sekarang Juga! 21

Berbicara mengenai RPG, tidak lengkap rasanya jika saya tidak mention atau menyebutkan game buatan Square Soft, yaitu Vagrant Story. Game action RPG ini tampil dengan memaksimalkan kemampuan PS1.

Pada awalnya game ini kurang populer diluar Jepang karena kurangnya info mengenai keberadaan game tersebut. Selain itu Vagrant Story dibayang-bayangi game buatan Square Soft lainnya seperti Final Fantasy IX dan Chrono Cross pada waktu itu. Akibatnya game ini kalah populer dengan kedua game tersebut.

Butuh beberapa tahun setelah game tersebut rilis, para gamer menemukan hidden gem buatan Square Soft ini. Mereka tidak menyangka ada sebuah video game yang menghadirkan cerita menarik dengan gameplay action RPG. Belum lagi Vagrant Story hadir dengan tampilan 3D Polygon yang bagus untuk standar konsol PS1 pada zamannya.

Sudah lama sekali sejak game-nya rilis, para gamer tidak mendengar adanya kelanjutan dari Vagrant Story dari Square Eni. Padahal game ini mendapatkan respon positif dan memiliki komunitas penggemarnya di internet. Maka dari itu, gamer cuma bisa menginginkan dan berharap Square Enix dapat membuat sebuah remake ataupun remaster dari hidden gem action RPG ini.

10. Xenogears

10 Game Jadul PS1 Terpopuler yang Perlu di Remake atau Remaster Sekarang Juga! 22

Game jadul PS1 yang perlu di remake atau remaster terakhir dalam daftar ini adalah Xenogears. Game JRPG klasik ini menjadi awal mula kepopuleran seri game Xeno, seperti Xenosaga dan Xenoblade Chronicles.

Xenogears menghadirkan cerita yang unik dengan mencampurkan berbagai elemen dan simbolisme psikologi dan keagamaan didalamnya. Game ini disebut-sebut sempat menjadi proposal untuk cerita Final Fantasy VII. Karena banyaknya unsur elemen cerita yang sedikit berbeda dari seri Final Fantasy lainnya, maka dibuatlah game baru berjudul Xenogears.

Para gamer terlebih penggemar Xenogears sangat berharap game ini mendapatkan sebuah remake. Namun hingga saat ini, pihak Monolith Soft selaku pihak yang memegang lisensi seri Xeno belum memberikan tanggapan dari permintaan gamer. Mereka masih sibuk mengerjakan sekuel terbaru dari seri Xenoblade Chronicles yang sedang dalam tahap pengembangan.

Itulah informasi mengenai 10 game jadul PS1 terpopuler yang perlu di remake atau remaster berdasarkan banyaknya permintaan para gamer dari berbagai negara. Sebenarnya masih banyak judul video game yang ingin saya masukkan dalam daftar ini, seperti Breath of Fire IV, Syphon Filter, Legend of Dragoon dan masih banyak lagi. Adakah video game jadul PS1 favorit kalian yang ingin dibuat versi remake atau remaster.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait PS1, Game PS1 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version