15 Game Untuk Melatih Kesabaran Terbaik di Bulan Puasa Tahun 2024

Game Untuk Melatih Kesabaran

Game Untuk Melatih Kesabaran Bulan Puasa — Selama bulan puasa ini, saat menunggu waktu berbuka, hal yang biasanya kita lakukan adalah ngabuburit, habiskan waktu bersama keluarga atau teman, dan sebagainya.

Bagi para gamer, bermain game adalah kunci menghabiskan waktu luang, salah satunya bermain game untuk melatih kesabaran.

Beragam judul mulai dari AAA hingga indie disajikan untukmu yang ingin menguji kesabaran saat melakukan sesuatu di game. Kali ini, kami akan berikan 15 game melatih mesabaran terbaik di bulan Puasa tahun 2024!

Disclaimer: Artikel ini dibuat berdasarkan pendapat pribadi penulis untukmu yang sedang mencari rekomendasi game melatih kesabaran terbaik tahun 2024 di bulan puasa.

Game untuk Melatih Kesabaran

List game melatih kesabaran di bulan puasa tahun ini

Inilah dia list game melatih kesabaran di bulan Ramadan tahun 2024:

1. Only Up!

Only Up!

Pertama adalah Only Up. Game buatan SKCR Games ini hadir sebagai game yang mengajak pemain berpikir bagaimana caranya naik hingga ke tingkat teratas.

Game ini membuatmu harus memikirkan strategi bagaimana cara menaiki berbagai benda di udara setinggi-tinggi mungkin. Namun, cara-cara yang diterapkan mungkin bisa membuatmu stress tingkat tinggi. Apalagi jika tidak sengaja terjatuh dari ketinggian, maka kamu sebisa mungkin harus mengulang dari awal untuk mencapai tingkat tertinggi rintangan.

Walau sempat viral karena tingkat kesulitannya, game ini telah dihapus oleh developer keberadaannya. Namun, game ini kembali lagi dengan nama sama dari developer berbeda yang dapat kamu mainkan di Steam.

2. Elden Ring

FromSoftware memang terkenal membuat game – game fenomenal yang tentunya membuat kesabaranmu diuji berkali – kali. Salah satunya adalah game terpopuler mereka, Elden Ring.

Walau kalian masih baru pertama kali bermain, kalian akan dihadapkan dengan berbagai musuh yang mengeghikan. Belum lagi beragam boss yang bisa membuatmu naik darah dibuatnya. Berhadapan dengan boss, mati, berhadapan lagi, mati lagi, begitu seterusnya sampai kalian berhasil membunuh boss tersebut.

Elden Ring adalah game untuk melatih kesabaran pertama yang bisa jadi pilihan untuk kalian. Walaupun sulit, tapi sekali bermain akan membuatmu ketagihan. Hati – hati, jangan sampai konsol atau PC-mu melayang, mengingat ini adalah bulan puasa yang penuh berkah.

3. I Wanna Be the Guy

I Wanna be The Guy

Selanjutnya adalah I Wanna be The Guy. Game platform 2D ini bisa menjadi rekomendasi bagi kamu yang ingin melatih kesabaran di bulan suci ini.

Game ini mempunyai berbagai elemen game-game populer. Karena karakter kita begitu lemah hingga harus berhati-hati melewati bermacam rintangan. Ini dikarenakan kesulitannya yang lumayan bikin naik darah.

Meski desainnya tidak begitu rumit, beberapa rintangan dalam game terdapat jebakan yang ditujukan untuk mengeliminasimu dan mengulang kembali dari awal. Meski begitu, I Wanna be The Guy bisa jadi pilihan jika ingin melatih kesabaran sambil menguras hati dan pikiran.

4. Dark Souls Series

Masih kakak-beradik dengan Elden Ring, Dark Souls series adalah seri game besutan FromSoftware yang lebih dulu membuat para gamer naik tensi dibuatnya.

Game ini hampir sama dengan Elden Ring, yaitu mengerjakan misi, menghajar boss, mati, hidup kembali, menghajar boss, mati, dan ulangi terus sampai kalian berhasil mematikan boss tersebut dan misi akan selesai.

Game ini membuatmu cukup pede melawan musuh – musuh yang masih bisa diatasi. Namun, ketika melawan berbagai boss, rasanya ingin membanting stik saat itu. Walau mencoba berkali – kali, tetap saja sulit ditaklukkan. Jadi, Dark Souls series sangat cocok sebagai game untuk melatih kesabaran kalian di bulan puasa.

5. Sekiro: Shadows Die Twice

Sekiro: Shadows Die Twice

Satu lagi game buatan FromSoftware yang bikin kesabaran jadi setipis tisu. Sekiro: Shadows Die Twice adalah game yang mengambil dunia Jepang yang penuh monster-monster raksasa aneh di dalamnya.

Meski ceritanya menarik dengan ending berbeda-beda, game ini bukan main tingkat kesulitannya. Hampir mirip Elden Ring dan seri Dark Souls, pemain akan diajak mengeliminasi berbagai boss atau sub-boss dengan strategi mumpuni.

Karena jika mati sekali saja, pemain akan disuruh mengulang game berkali-kali hingga boss tersebut mati. Walau begitu, game ini bisa menjadi pilihan sambil menunggu waktu bedug tiba.

6. Mobile Legends

Game satu ini tentu tak asing lagi bagi para mobile gamer. Ialah Mobile Legends, game berbasis MOBA yang dibesut oleh Moonton.

Alasan game ini masuk dalam posisi ketiga karena game ini dapat membuatmu naik darah. Bagaimana tidak, ada saja ulah para pemainnya yang buat geleng kepala. Seperti mengambil buff sembarangan, menyerang Lord atau Turtle sendirian tanpa backup, dikala tim sedang melakukan war, ada saja salah satunya memilih farming atau menyerang turret sendirian.

Masih banyak lagi ulah – ulah aneh para pemain game MOBA ini yang bisa dijelaskan. Walau bagaimanapun, game ini bisa masuk dalam list kalian jika ingin melatih kesabaranmu.

7. Octodad: Dadliest Catch

Octodad: Dadliest Catch

Octodad, game yang di kembangkan Young Horses ini sungguh unik. Game ini di rilis pada tahun 2014.

Di sini kita akan berperan sebagai Daddy berbentuk gurita yang super kocak. Kita akan mengendalikan gurita ini berpetualang ke berbagai tempat dan juga menjalankan tugas sebagai suami dari istri dan anak manusia.

Terlihat mudah, namun game ini didapuk melatih kesabaran. Biasanya menggunakan tangan, Octodad malah menyuruhmu memegang atau mengambil sesuatu dengan tentakel Gurita. Terkadang tentakelnya suka menempel ke sembarang arah sehingga sulit dikendalikan, membuatnya masuk dalam list sebagai game bikin stress pemainnya.

8. Free Fire

Free Fire adalah game untuk melatih kesabaran selanjutnya yang masuk dalam list. Game berbasis battle royale ini adalah game yang dapat membuatmu bermain bersama teman – teman tentunya.

Tapi, dalam sebuah tim, tentu ada saja ulahnya yang membuatmu ingin sekali membanting ponsel. Ada macam – macam tingkah mereka, seperti turun di wilayah yang ramai musuhnya, belum mendapatkan senjata padahal tim sedang war, tidak melakukan healing pada teman tim. Parahnya lagi memilih AFK, sehingga player itu mati sia – sia karena terkena ring.

Oleh karena itu, ulah – ulah para pemainnya yang aneh bin ajaib membuat game ini cocok sebagai game untuk melatih kesabaranmu di bulan suci ini.

9. Geometry Dash

Geometry Dash

Ceria, menyenangkan, dan penuh warna. Impresi itulah yang diberikan Geometry Dash terhadap pemainnya. Tapi, game ini rupanya menyuguhkan gameplay yang lumayan melatih kesabaran.

Pada game ini, pemain diajak menyelesaikan berbagai rintangan yang tersedia. Semakin lama, rintangan yang diberikan juga semakin sulit. Bahkan beberapa di antaranya menyimpan jebakan dan membuatmu kembali mengulang dari awal jika tak sempat mengambil checkpoint.

Walau terkenal sulit, Geometry Dash bisa menjadi rekomendasi bagimu yang ingin coba-coba melatih hati dan pikiran dikala menunggu waktu berbuka puasa.

10. Getting Over It with Bennett Foddy

Beberapa kalangan gamer sepertinya tidak asing lagi dengan game ajaib ini. Getting Over It with Bennett Foddy adalah game dengan tugas yang super sederhana, yaitu menaiki bukit terjal dengan bantuan gentong dan sebuah palu.

Gamenya memang sederhana, namun sukses membuat mereka yang bermain emosi dibuatnya. Bagaimana tidak, kalian diharuskan menaiki bukit terjal hanya dengan gentong dan palu.

Belum lagi pergerakan karakter di game ini super sulit, membuat kalian harus memutar otak hanya untuk bisa naik ke bukit. Jika kalian gagal menaikinya, pastinya hati auto membara di buatnya. Walau gameplay-nya menguras hati, tetaplah menjadi salah satu permainan melatih kesabaran yang cocok dimainkan sebagai pengisi waktu dikala menunggu berbuka puasa.

11. Cuphead

Cuphead

Satu lagi game melatih kesabaran dari Studio MDHR. Cuphead adalah game dengan nuansa kartun di mana mengajakmu berpetualang melawan boss dengan kemampuan berbeda-beda.

Tapi, game tersebut dapat membuat kesabaran pemainnya menjadi setipis benang. Ini dikarenakan serangan para boss datang dari berbagai arah, membuat pemain sebisa mungkin harus menghindarinya. Jika terkena serangan mereka hingga tiga kali, pemain harus mengulang kembali hingga dapat menaklukkan boss itu untuk maju ke stage berikutnya.

Meski punya kesulitan yang lumayan tinggi, game ini bisa menjadi selingan untuk dimainkan baik solo maupun bersama teman di bulan suci tahun ini.

12. Cat Mario

Cat Mario adalah game yang memparodikan seri game terkenal Super Mario Bros. Game ini menjadi salah satu permainan melatih kesabaran yang sukses membuatmu ingin mematikan gamenya.

Game ini walau mekanismenya sama seperti Mario, tapi tingkat kesulitan yang diberikan penciptanya, Gorka Ramirez Olabarrieta benar – benar sulit. Terkadang ada saja rintangan yang diberi jebakan agar kita terjebak dan mengulang game dari awal.

Game ini walau telah lama dirilis, namun masih menjadi salah satu game untuk melatih kesabaran yang cocok kalian mainkan bersama teman – teman. Apalagi jika teman kalian baru mengetahui game ini, Cat Mario bisa jadi bahan prank untuk teman kalian yang ingin menguji kesabarannya.

13. Flappy Bird

Kalangan gamer tentu telah mengenal game satu ini. Flappy Bird adalah salah satu permainan melatih kesabaran selanjutnya yang diklaim mampu membuatmu sebal.

Walau hanya mengandalkan tap, tetap saja halau rintangan yang dihadapi sulit. Karena jika terkena rintangan itu sedikit saja, kalian harus memulainya dari awal lagi dan begitu seterusnya.

Flappy Bird dulunya tersedia di platform mobile, namun kini ditarik karena pencipta game ini, Dong Nguyen merasa tertekan karena pemberitaan kesuksesan gamenya. Namun, kalian jangan sedih, karena Flappy Bird dapat kalian mainkan melalui browser secara online.

14. Super Meat Boy

Game satu ini punya cerita yang bagus, brott. Kekasih dari Meat Boy tersebut diculik oleh seorang crazy rich yang jahat dan mengurungnya di tempat yang sulit dijangkau oleh Meat Boy. Selain itu, game ini juga mempunyai karakter – karakter lucu nan imut pula.

Tapi, keimutan tersebut akan buyar begitu kalian memainkan gamenya. Dalam berbagai tingkat kesulitan, banyak sekali tempat – tempat yang penuh dengan rintangan yang cukup menguras emosi.

Tak hanya itu saja, dalam tempat tersebut akan ada roket – roket yang menargetmu ke manapun. Permainan melatih kesabaran ini memang cocok dimainkan pada bulan puasa, karena selain menguras sabar, Super Meat Boy juga jadi salah satu game untuk menemani ngabuburit kalian di bulan Ramadhan.

15. QWOP

Game QWOP ini adalah game yang sangatlah sederhana. Tugas kalian hanya membantu atlet lari berlari menggunakan keyboard Q,W,O, dan P agar dapat mencapai garis finish.

Walau gamenya simple, tapi dapat membuat para pemain kesal hingga ke ubun – ubun. Setiap key menggerakkan berbagai anggota tubuh pelari tersebut. Walau terlihat gampang, namun jika kalian salah memencet, maka pelari tersebut bisa terjatuh atau malah salto.

Game ini memang cukup sebagai permainan melatih kesabaran kalian di bulan puasa, karena pergerakan sang pelari benar – benar membuatmu geram dan ingin segera meng-close game tersebut.

Itulah 15 game untuk melatih kesabaran di bulan puasa tahun 2024 ini. Apa kalian tertarik dengan salah satu game di atas? Atau kalian punya game melatih kesabaran tersendiri? Berikan komentarmu yuk, Brott!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait G – LIST atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version