10 Game MMORPG Android Terbaik Untuk Gamer “Pemalas”


Follow Us

Massively Multiplayer Online Role Playing Games atau yang lebih dikenal dengan nama MMORPG adalah sebuah game yang mengedepankan asepek utama eksplorasi, interaksi, dan kustomiasasi yang akan berjalan secara realtime, sehingga interaksi yang terjadi adalah antar player dengan player dari berbagai belahan dunia. Sedangkan untuk elemen wajib yang ada didalam game ini adalah clans, gulid system, PVP, dan sosial interaction lewat chat. Namun dengan kesibukan yang kita miliki, kita kadang tidak sempat memainkan game-game bergenre MMORPG tersebut, oleh karena itu kali ini Gamebrott bakal kasih kalian 8 Game MMORPG Android terbaik untuk Gamer “Pemalas”. Yang dimaksud pemalas disini karena game-game dibawah ini akan memiliki mode autoplay ataupun sebuah system yang unik sehingga buat kalian yang sibuk diurusan dunia nyata masih dapat memainkan game-game berikut meskipun hanya dengan satu jari saja.

Nulis artikel dibayar

1. FlyFF Legacy

 

Game yang merupakan singkatan dari Fly For Fun ini menyuguhkan dunia fantasi yang didukung dengan grafis 3D dengan gaya anime. Sebelumnya game ini sendiri meurpakan game yang dirilis di PC dan dihadirkan kembali oleh sang pengembang Entermate dipaltfrom IOS dan Android. Game ini menyediakan tiga class yang bisa kamu pilih yang terdiri dari Mercenary, Acrobat, dan Magician. Menariknya game yang identic dengan sapu terbang ini memiliki cerita yang seru disetiap quest yang kamu jalankan. Untuk fitur “pemalas”sendiri Fly For Fun sendiri hanya menyediakan auto finding quest saja, sehingga cukup membantu menemukan quest di map Madrigal yang super luas digame ini.


2. Crusaders of Light

 

Jika kalian mencari game mobile yang memiliki tampilan mirip dengan game World of Warcraft adalah pilihan yang tepat. Crusader of Light sendiri adalah game yang dikembangkan oleh NetEase dan dirilis untuk platfrom Andorid. Game ini sendiri memiliki total quest lebih dari 300 jam gameplay, dan akan menyediakan fitur-fitur wajib khas game MMORPG yaitu Gulids, PVP dan eksplorasi. Untuk urusan grafis sendiri sepertinya Crusaders of Light sendiri tidak akan mengecewakan, karena akan memiliki tampilan yang memukau untuk ukuran sebuah game diplatfrom mobile. Fitur utama dari game yang satu ini adalah fitur PVP dimana kalian dapat bermain 40vs40 dengan para pemain lain secara realtime melalui mode Guardian Canyon. Untuk autoplay sendiri game ini hanya menyediakan auto quest, dimana kamu bisa duduk manis sambal menuggu karakter mu menacari NPC atau lokasi quest yang kamu ambil.  Nggak perlu buang-buang energikan brott.


3. Dragon Nest M

 

Hampir sama dengan game Ragnarok yang merupakan game MMORPG klasik yang pernah meramaikan gamenet-gamenet di Indonesia, Dragon Nest juga memiliki versi mobile untuk gamenya. Versi mobile dari Dragon Nest sendiri dikembangkan oleh Shanda Games dimana pengembang ini sudah banyak merilis game-game berkualitas diplatfrom Andorid seperti Dragon Ball Online, Tales Runer dan Suuden Attack. Game ini sendiri tetap mempertahakan desain karakter dengan model chibi dimana kalian bisa memilih 6 class yang terdiri dari Academic, Assassin, Cleric, Archer, Warrior, dan Sorceress. Nilai utama dari game ini adalah sang pengembang meenyediakan begitu banyak daily quest dan event, sehingga progress karakter mu dapat meningkat dengan cepat. Sedangkan untuk fitur “pemalas” atau autoplay, Dragon Nest M menyediakan system auto quest dan auto attack, sehingga kamu tidak akan kehabisan energi mu karena kamu bisa aja memainkan game yang satu ini dengan satu jari saja.

BACA JUGA  Game Adaptasi Anime Attack on Titan ala Clash Royale Telah Resmi Dirilis!

4. Legacy of Discord: Furious Wings

 

Mendapat review yang sangat baik di Google Play dan AppStore game yang dikembangkan oleh GTarcade dan Youzu Interactive ini menjadi salah satu game bergenre MMORPG yang wajib kamu mainkan. Hal tersebut dikarenakan selain memiliki cerita yang menarik dan didukung gameplay dan tampilan graphics yang indah. Terdapat 3 job class yang bisa kamu pilih dalam Legacy of Discord, diantaranya Berseker, Bladedance, dan Sorceress. Nilai plus lain yang dimiliki game ini adalah visualisasi skill dari tiap hero divisualisasikan dengan sangat memuaskan, sehingga kamu lupa jika sedang memainkan game dilayar smartphone mu. Untuk autoplay dalam game ini sendiri sebenarnya hampir sama dengan game MMORPG lain karena hanya menyediakan auto battle saja, namun karena ada beberpa bug (atau karena kebaikan dari sang pengembang ^-^) saat mengaktifkan mode auto battle meskipun mana mu dalam keadaan habis, karakter mu tetap dapat melancarkan skill meskipun  mana mu habis sekalipun. Meskipun hal ini merupakan sebuah bug, namun kamu bisa menghemat pengeluaran mu untuk membeli mana potion.

5. A Valiant Story

 

Diurutan selanjutnya ada game yang dikembangkan oleh Gameview yang dirilis di IOS dan Andorid yaitu A Valiant Story. Game ini sendiri adalah game3 3D MMORPG dengan tampilan art yang indah. Layaknya game MMORPG pada umumnya game ini menawarkan kebebasan bagi para pemainnya untuk melakukan eksplorasi dan menentukan gaya bermain sendiri. Selain itu juga terdapat sistem marriage system yang memungkinkan mu menikah dengan player lain yang berbeda gender, dimana akan memberikan banyak keuntungan seperti kostum eksklusif dan dungeon eksklusif. Alasan utama game ini sangat disarankan bagi para gamer pemalas karena, meskipun kamu tidak dalam mode auto, hanya dengan menekan tombol attack karakter mu akan secara otomatis mencari musuh terdekat. Sedangkan dalam mode autonya karakter mu akan bergerak sekaligus menyerang dengan berbagai skill yang kamu punya. Cocok bangetkan dimainkan buat kamu yang pemalas.


6. RO : Idle Poring

 

Jika menyebut nama Ragnarok tentunya punya tempat sendiri dihati para gamer, khususnya pecinta game bergenre MMORPG di Indonesia. Mencoba mengulang sukses game Ragnarok pada era 2000an, akhirnya sang pengembang merilis game RO : Idle Poring yang dirilis untuk platfrom IOS dan Andoird. Saat memainkan game RO :Idle Poring sendiri kalian akan langsung dibawa bernostalgia karena dari soundtrack hingga desain map, class, pet, hinggga system yang ditawarkan akan mengingatkan kamu pada game Ragnarok Klasik. Meskipun masih mempertahankan system yang ada didakam game Ragnarok klasik, game ini tetap dikemas kekinian, dimana secara grafis memiliki tampilan yang indah dan menawarkan fitur baru yang disebut Pet Exploration. Game ini sendiri sangat cocok dimainkan untuk kamu-kamu yang memiliki waktu terbatas karena kesibukan ataupun kemalasan mu, karena level karakter dalam game RO : Idle Poring sendiri menawarkan sebuah system yang disebut non-stop level up system, dimana saat kamu tidur sekalipun level character yang kamu gunakan akan tetap naik. Untuk battle system sendiri kamu juga tidak perlu ambil pusing, karena karakter mu akan begerak dan menyerang secara otomatis.

BACA JUGA  Naruto Slugfest : Game Terbaru dari Petualangan Sang Ninja dengan Genre MMORPG Telah Dirilis di Android!

7. Lineage 2 Revolution

 

Lineage 2 Revolution sendiri akan menyajikan tampilan grafik yang berkualitas tinggi karena di didukung dengan Unreal Engine 4 dan akan memiliki sistem Open Wolrd dengan skala besar. Layaknya game bergenre MMORPG lainnya, game ini akan menawarkan dunia yang sangat luas untuk dieksplorasi, interaksi dengan ratusan NPC, dan mengambil berbagai quest untuk mengingkatkan level karakter mu. Ada 4 ras yang bisa kamu pilih dalam game ini, yang terdiri dari human, elf, dark elf, dan dwarf. Yang membuat game karya NetMarble ini cocok untuk dimainkan oleh para kalian yang “pemalas” karena hampir semua fitur dalam digame ini baik itu story quest,side quest, daily quest, bahkan dungeons pun bisa kamu selesaikan hanya dengan menekan quest tersebut kemudian karakter mu bergerak secara auto untuk menyelesaikan quest tersebut.


8. SAO Integral Factor

 

SAO Intergral Factor sendiri cocok dimainkan oleh kamu-kamu yang “pemalas” karena game yang satu ini menawarkan system auto finding quest, dimana kamu hanya perlu menekan tab quest kemudian karakter mu akan bergerak secara otomatis kearah quest tersebut berada. Namun untuk battle sendiri masih berjalan secara realtime sehingga kamu masih perlu menekan beberapa tombol untuk menyelesaikan quest yang kamu ambil. Dari segi cerita game ini akan memiliki cerita orisinal dan akan mengambil setting cerita pada season pertama serial animenya. Disini kamu akan berperan sebagai seorang Beta Tester yang akan ditemani rekan mu yang bernama Koharu, yang terjebak di dalam game SAO, dimana kamu harus menyelesaikan 100 lantai dari Aincrad, untuk bisa keluar dari game ini. Meskipun dari segi cerita game ini menggunkan cerita orisinal, kamu tetap dapat menemui karakter utama dari SAO, seperti, Kirito, Asuna, serta Silica. Dari segi grafis game ini akan menampilkan tampilan 3D yang menarik.

BACA JUGA  Naruto Slugfest : Game Terbaru dari Petualangan Sang Ninja dengan Genre MMORPG Telah Dirilis di Android!

9. Black Desert Mobile

 

Tentunya kalian-kalian sudah tidak asing lagi dengan game yang ada urutan kesembilan ini, game yang merupakan garapan dari  Pearl Abyss ini selain tersedia di PC juga bisa kamu mainkan dipaltfrom IOS dan  Andorid (Meskipun versi globalnya nggak rilis-rilis juga). Dalam game ini kamu dapat memilih karakter yang terdiri dari berbagai job class, meliputi, Warrior, Ranger, Valkyrie, Witch, dan Giant, dan akan tersedia tiga wilayah yang bisa kamu jelajahi, yaitu Balenos, Serendia, dan Calpheon. Secara battle system dari game ini akan berbasis pada kombo dan gerakan-gerakan yang akan membuat mu berdecak kagum, karena didukung dengan efek-efek dan tampilan yang memanjakan mata. Layaknya game MMORPG lainnya, game ini akan menyajikan berbagai jenis quest yang menantang. Setiap quest yang berhasil kamu lakukan akan memberikan mu EXP point dan berbagai item ataupun senjata langka. Sebenarnya sistem auto yang ada digame Black Desert versi Mobile ini sendiri masih tergolong manusiawi, karena hanya menyediakan auto attack saja. Namun siapakah sih yang mau bermain berkualitas menggunkan satu jari saja hehehe~


10. Durango Wild Lands

 

Game yang dikerjakan selama 5 setengah tahun ini berhasil menarik perhatian pemain yang tersebar di 152 negara, dan memilik unduhan 2.800.000 pada versi open beta. Nexon berharap dengan pencapain tersebut, Durango : Wild Lands mampu bertahan hingga 10 tahun kedepan. Sebagai game mobile dengan genre sandbox MMORPG, game ini memiliki banyak kemungkinan yang dapat menghibur para pemainnya. Fitur seperti, berburu dinosaurus, mempelajari berbagai macam skill, hingga petermpuran antar klan, diharapakan mampu menghubungan pemain dari seluruh dunia memalui sebuah game. Menariknya meskipun game ini tidak menyediakan system autoplay seperti game-game lain yang ada dalam list ini, Durango menjadi game yang cocok dimainkan untuk gamer “pemalas” karena dalam game ini kamu memang tidak bisa bermain secara individu sehingga kamu harus bergantung kepada anggota clan mu. Dengan banyaknya Job Class yang ada kamu hanya perlu berfokus pada job yang kamu pilih. Misal kamu mengambil Job Bulider maka untuk persenjataan dan bahan makanan kamu cukup duduk manis dan biarkan anggota clan mu yang membuatakannya untuk  mu.


Tentunya artian pemalas sendiri dikarenakan game-game tersebut mendukung autoplay ataupun menawarkan system yang unik layaknya Durango, dimana kalian bisa bergantung kepada anggota klan mu untuk menyiapakan barang-barang yang kalian inginkan. Jadi, nggak ada alasan lagikan nggak main game karena sibuk? Hidup MMORPG autoplay!!!!


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item