10 Game Mobile Android Terbaik dan Terpopuler di Indonesia Sepanjang Tahun 2021

Game mobile android terbaik di Indonesia 2021

Menjelang penutupan tahun 2021, game mobile masih diminati oleh gamer di Indonesia terlebih pada perangkat smartphone Android. Ada banyak sekali daftar judul game mobile di Android yang terkenal dan menjadi favorit gamer Indonesia. Bahkan beberapa game mobile Android menjadi salah satu game mobile terbaik dan terpopuler pada perangkat tersebut di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 10 game mobile Android terbaik dan terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2021. Daftar game mobile Android ini berdasarkan hasil pengamatan penulis di berbagai platform sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan juga platform streamer seperti Youtube ataupun Twitch yang paling sering mereka mainkan.

Inilah 10 game mobile Android terbaik dan terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2021!

1. Among Us

Game mobile Android terbaik dan terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2021 pertama dalam daftar ini pasti sudah tidak asing bagi kalian. Game tersebut adalah Among Us yang dibuat oleh developer Innersloth.

Menghadirkan permainan yang saling memfitnah orang lain ini pertama kali rilis pada 15 Juni 2018 untuk platform Android dan iOS. Kemudian disusul perilisannya untuk platform gaming PC, Nintendo Switch, PS4, PS5, Xbox One dan Xbox Series.

Saya rasa tidak perlu dijelaskan secara detil mengenai gameplay Among Us karena kalian sendiri sudah mengetahui secara garis besar game-nya bukan? Game yang sangat seru bahkan menjadi populer berkat keunikan gameplay-nya, baik dari gamer maupun para streamer di Indonesia. Hal ini juga berlaku para gamer di luar negeri.

Dengan menghadirkan sebuah update baru mereka, Among Us dapat menambah keseruan bermain. Tidak heran jika Among Us menjadi salah satu game Android terbaik dan juga terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2021 ini.

2. Axie Infinity

Selanjutnya adalah sebuah game yang mengikuti tren blockchain NFT berbasis cryptocurrency Ethereum berjudul Axie Infinity. Game ini dikembangkan oleh developer Sky Mavis yang rilis pertama kali pada bulan Maret 2018 untuk platform PC, Android dan iOS.

Axie Infinity adalah game penghasil uang yang tren dikalangan pemain Indonesia sekitar bulan Juli atau Agustus 2021 yang lalu. Dan game ini makin banyak dimainkan oleh para streamer lokal di platform Facebook.

Untuk mendapatkan uang dari game ini, pemain harus melakukan grinding pada monster peliharaannya. Monster tersebut memiliki nilai jual bergantung pada skill, status dan penampilan yang bisa dijual kepada pemain lain dengan mata uang game bernama Small Love Potion (SLP).

Apakah kalian tertarik memainkan game penghasil uang berjudul Axie Infinity?

3. Blue Archive

10 Game Mobile Android Terbaik dan Terpopuler di Indonesia Sepanjang Tahun 2021 11

Kemudian ada game mobile gacha buatan developer NAT Games berjudul Blue Archive. Game yang saat ini digemari oleh para gamer gacha yang menyukai style anime dengan gambar-gambar karakter imut dan lucu, sudah menjadi pasar utama pada game ini.

Blue Archive pertama kali dirilis oleh developer NAT Games pada 4 Februari 2021 untuk platform Android dan iOS di Jepang. Kemudian disusul perilisannya untuk server Korea dan Global pada 8 November 2021 di platform yang sama.

Game action RPG ini menghadirkan permainan dimana pemain adalah seorang Sensei (guru) yang harus membimbing para muridnya dari berbagai sekolah di kota fiksi bernama Kivotos. Ada banyak misteri yang belum terungkap pada game Blue Archive, meskipun saat ini ceritanya menghadirkan suasana yang cerah dan penuh kesenangan dari para karakternya.

Meskipun saat ini game buatan NAT Games mengalami masalah karena adanya Review Bomb dari pemain, hal tersebut tidak dapat mengubah kondisi bagaimana Blue Archive sangat populer diantara para gamer di Indonesia sejak perilisan server Global menjelang akhir tahun 2021.

Sebelumnya penulis Gamebrott telah mecoba game Blue Archive dan memberikan impresinya kepada para pembaca. Jika kalian penasaran impresi penulis kami terhadap game Blue Archive, kalian bisa baca selengkapnya melalui artike Gamebrott di sini.

4. Garena Free Fire

10 Game Mobile Android Terbaik dan Terpopuler di Indonesia Sepanjang Tahun 2021 12

Game Android terbaik dan terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2021 selanjutnya sudah pasti ada game battle royale buatan developer 111 Dots Studio, yaitu Free Fire atau Garena Free Fire. Game ini pertama kali rilis pada 23 Agustus 2017 untuk platform Android dan iOS.

Garena Free Fire menghadirkan permainan battle royale yang sudah tidak asing lagi bagi para penikmat game mobile di Indonesia. Game ini terus menghadirkan berbagai variasi fitur gameplay dan event menarik untuk menghibur pemain setia serta menarik perhatian pemain baru.

Tidak heran jika kalian sering menemukan gamer Indonesia memainkan game ini dimanapun dan kapanpun dari segala umur, baik itu anak-anak, remaja bahkan orang dewasa.

5. Genshin Impact

10 Game Mobile Android Terbaik dan Terpopuler di Indonesia Sepanjang Tahun 2021 13

Kemudian ada game open world yang sudah tidak asing lagi bagi para gamer di Indonesia maupun luar negeri, yaitu Genshin Impact. Genshin Impact menjadi salah satu game mobile paling digemari oleh gamer yang bahkan mendapatkan penghargaan sebagai “Best Game Mobile” pada ajang penghargaan The Game Awards 2021.

Game buatan developer miHoYo ini pertama kali rilis pada 28 September 2020 secara global untuk platform Android, iOS, PC dan PS4. Kemudian disusul perilisannya untuk platform PS5 dan adanya rencana miHoYo merilis game tersebut untuk Nintendo Switch.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Genshin Impact menghadirkan open world yang sangat luas yang bisa kalian telusuri setiap sudutnya. Belum lagi dengan banyaknya quest yang bisa kalian temukan dalam game ini. Kalian pun memerlukan kerja keras untuk menaikkan level karakter dan perlengkapan senjata untuk bisa beradaptasi dengan kondisi level world-nya. Dan semua itu akan terus mendapatkan update dari miHoYo secara berkala.

Jadi sudah pasti Genshin Impact masuk dalam daftar game mobile Android terbaik dan terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2021.

6. Mobile Legends: Bang Bang

10 Game Mobile Android Terbaik dan Terpopuler di Indonesia Sepanjang Tahun 2021 14

Tidak lengkap rasanya jika membahas game Android terbaik dan terpopuler di Indonesia jika tidak memasukkan game mobile Mobile Legends: Bang Bang. Game buatan developer Moonton rilis pertama kali pada 14 Juli 2016 untuk platform Android. Kemudian disusul perilisannya untuk platform iOS pada 9 November 2016.

Game multiplayer online battle arena atau biasa disingkat MOBA ini tidak hanya populer di Indonesia, bahkan game tersebut juga sangat populer di negara lain yang ada di Asia Tenggara. Dengan fitur yang berfokus pada kompetitif MOBA menghadirkan keseruan yang luar biasa bagi para pemain.

Belum lagi pihak Moonton sering melakukan promosi dengan menghadirkan berbagai event menarik, mulai dari turnamen resmi, event, kolaborasi dan masih banyak lagi. Tidak heran jika Moonton berjuang keras mempromosikan game Mobile Legends: Bang Bang untuk menjadi game MOBA terbaik dan terpopuler mengalahkan game lainnya.

7. PUBG Mobile

10 Game Mobile Android Terbaik dan Terpopuler di Indonesia Sepanjang Tahun 2021 15

Jika sebelumnya sudah membahas Garena Free Fire, tentu saja game mobile Android terbaik dan terpopuler di Indonesia selanjutnya adalah pesain mereka dalam genre battle royale. Siapa lagi kalau bukan PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile atau biasa disingkat PUBG Mobile. Game battle royale shooter buatan developer LightSpeed & Quantum Studio rilis pertama kali pada 19 Maret 2018 untuk platform Android dan iOS.

PUBG Mobile menghadirkan permainan yang sama dengan induk game-nya PUBG. Pemain akan bersaing satu sama lain dengan total pemain 100 dalam pulau yang luas untuk bertahan hidup. Berbagai senjata api dan perlengkapan survival bisa pemain temukan untuk menjadi yang terbaik dan ‘winner winner chicken dinner‘.

Pada awalnya PUBG Mobile hadir dengan spesifikasi yang cukup tinggi dimana diharuskan bermain pada perangkat dengan spek HP mid sampai high. Hal ini membuat pemain lain yang tidak memiliki spek HP tersebut merasa kecewa.

Dengan banyaknya masukan dari para pemain untuk bisa bermain pada HP spek low, akhirnya developer merilis versi late game ini pada 24 Januari 2019. PUBG Mobile menjadi salah satu pilihan game mobile Android bagi kalian yang mencari tipe permainan seru ber-genre battle royale.

8. Ragnarok X: Next Generation

10 Game Mobile Android Terbaik dan Terpopuler di Indonesia Sepanjang Tahun 2021 16

Selanjutnya adalah game baru yang berasal dari seri game penuh nostalgia bagi gamer Indonesia, yaitu Ragnarok X: Next Generation. Game ini menghadirkan genre yang sama dengan pendahulunya, yaitu MMORPG dalam perangkat Android dan iOS.

Kehadiran Ragnarok X: Next Generation memberikan rasa antusias tinggi dari gamer Indonesia. Apalagi pada para veteran game Ragnarok untuk merasakan momen-momen nostalgia ketika bermain dulu. Ketika game ini rilis, banyak respon positif dari gamer terhadap game terbaru dari seri Ragnarok.

Jadi jika kalian ingin bernostalgia dan kembali dalam petualangan yang seru, baik itu bermain sendiri ataupun bersama teman dan juga member Guild di Ragnarok X: Next Generation.

9. Slither.io

10 Game Mobile Android Terbaik dan Terpopuler di Indonesia Sepanjang Tahun 2021 17

Kemudian ada game cacing-cacingan yang sangat populer, baik itu dari gamer Indonesia maupun luar negeri berjudul Slither.io. Game multiplayer online sebagai hewan cacing buatan developer Steve Howse rilis pertama kali pada 25 Maret 2016 untuk platform PC melalui browser dan iOS. Kemudian disusul perilisannya untuk Android pada 27 Maret 2016.

Pemain akan mengendalikan seekor cacing berwarna-warni dalam sebuah satu tempat berisi banyak makanan. Kalian juga akan menemui pemain lain di tempat tersebut dan mencoba bertahan hidup menjadi dimakan atau memakan. Semakin besar tubuh cacing kalian, maka semakin besar kesempatan kalian menjadi hewan yang akan memakan cacing pemain lain.

Kedengarannya simpel tapi game ini sangat populer bagi para gamer terlebih di Indonesia. Dengan permainan yang mudah, tidak heran jika banyak orang menyukai game Slither.io, Bahkan menjadi salah satu game mobile Android terbaik dan terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2021.

10. Stumble Guys

10 Game Mobile Android Terbaik dan Terpopuler di Indonesia Sepanjang Tahun 2021 18

Game mobile Android terbaik dan terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2021 terakhir dalam daftar ini adalah Stumble Guys. Secara garis besar, Stumble Guys menghadirkan permainan seru seperti game Fall Guys yang populer.

Game ini menjadi impian para pengguna perangkat smartphone Android maupun iOS untuk bisa bermain game seperti Fall Guys. Stumble Guys menghadirkan berbagai mode permainan dalam stage dengan total pemain sebanyak 36 player.

Dalam batas waktu dan aturan tertentu, seluruh pemain harus bisa memenangkan stage tersebut. Setiap stage memiliki batas pemain yang bisa lolos masuk ke stage selanjutnya. Berbagai macam stage dengan banyak tantangan harus kalian lalui agar bisa menjadi nomor satu dalam game.

Itulah informasi mengenai 10 game mobile Android terbaik dan terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2021. Apakah kalian tertarik mencoba salah satu atau semua daftar game di atas?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game TerbaikGame Android atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version