10 Game Mobile Open World Android dan iOS Terbaik di Dunia Tahun 2021!

Game Mobile Open World 2021

Dengan berkembangnya teknologi, kita semakin mudah bermain video game melalui perangkat smartphone. Perangkat HP pintar yang banyak digunakan oleh orang saat ini adalah smartphone dengan Operating System atau OS Android dan iOS. Perangkat mobile tersebut memiliki banyak sekali daftar game yang bisa kalian dapatkan platform layanan Google Play Store dan App Store. Dan dalam beberapa tahun ini, game mobile open world pun semakin banyak dan semakin populer di pasar game mobile.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 10 game mobile open world Android dan iOS terpopuler dan terbaik di dunia tahun 2021. Daftar game mobile open world ini tidak terbatas pada game online saja, ada juga beberapa game open world yang bisa kalian mainkan secara offline.

Inilah game mobile open world Android dan iOS terpopuler serta terbaik di dunia Tahun 2021!

1. Ark: Survival Evolved

Game mobile open world Android dan iOS terpopuler pertama dalam daftar ini adalah Ark: Survival World. Game survival open world ini merupakan sebuah port untuk perangkat mobile Android dan iOS yang dibuat oleh developer Studio Wildcard dan dibantu oleh beberapa developer lainnya dengan menghadirkan gameplay yang sama dari versi PC ataupun konsol.

Ark: Survival Evolved menghadirkan petualangan yang tidak kalah seru dengan versi aslinya. Kalian juga akan menemukan berbagai macam makhluk hidup yang tinggal di pulau misterius ini.

Selain itu, pemain bisa melakukan berbagai macam aktifitas, mulai dari berpetualang di pulau, membuat senjata, membangun rumah tempat tinggal, memelihara hewan besar dan semua yang bisa dilakukan pada game Ark: Survival Evolved versi PC dan konsol. Dan jangan lupakan juga kalian bisa bermain secara cross-play antara pemain mobile, PC dan juga konsol.

Tak banyak perbedaan secara signifikan antara versi mobile dengan PC dan konsol. Mungkin beberapa fitur ada dibatasi untuk meringankan game agar dapat berjalan di perangkat smartphone pemain.

2. Don’t Starve: Pocket Edition

Dont Starve Pocket Edition

Game mobile open world selanjutnya adalah Don’t Starve: Pocket Edition. Sama halnya dengan Ark: Survival Evolved, Don’t Starve: Pocket Edition merupakan sebuah port untuk perangkat Android dan iOS dari versi PC Don’t Starve yang dibuat oleh developer Klei Entertainment.

Don’t Starve: Pocket Edition menghadirkan permainan yang sama dengan versi original dimana pemain harus bertahan hidup di sebuah hutan misterius. Game ini merupakan single player dan bisa kalian mainkan secara offline.

Sama halnya dengan versi original, game versi mobile ini menghadirkan dunia open world yang akan berubah terus setiap kalian memulai permainan. Kalian harus menelusuri setiap sudut dunianya dan mencoba bertahan hidup dari berbagai monster yang siap membunuh kalian.

Bagi kalian yang ingin mencari game mobile open world single player yang bisa dimainkan secara offline dan memiliki tantangan yang cukup sulit, Don’t Starve: Pocket Edition adalah jawabannya.

3. Genshin Impact

10 Game Mobile Open World Android dan iOS Terbaik di Dunia Tahun 2021! 11

Tidak perlu ditanya lagi kenapa game Genshin Impact masuk dalam daftar. Game buatan developer miHoYo ini menjadi salah satu video game paling populer saat ini yang rilis di berbagai platform gaming, mulai dari PC, konsol PS4, PS5 dan gadget smartphone Android serta iOS.

Genshin Impact menghadirkan open world yang sangat luas yang bisa kalian telusuri setiap sudutnya. Belum lagi dengan banyaknya quest yang bisa kalian temukan dalam game ini. Kalian pun memerlukan kerja keras untuk menaikkan level karakter dan perlengkapan senjata untuk bisa beradaptasi dengan kondisi level world-nya. Dan semua itu akan terus mendapatkan update dari miHoYo secara berkala.

Jadi sudah pasti Genshin Impact masuk dalam daftar game mobile open world Android dan iOS terpopuler di dunia tahun 2021.

4. GTA III, GTA: Vice City, GTA: San Andreas, GTA: Chinatown Wars dan Bully

10 Game Mobile Open World Android dan iOS Terbaik di Dunia Tahun 2021! 12

Jika berbicara mengenai game open world, sudah pasti kalian akan membayangkan game populer buatan developer Rockstar, yaitu seri game GTA. Secara spesifik, Rockstar telah merilis sebuah port game GTA III, GTA: Vice City, GTA: San Andreas, GTA: Chinatown Wars dan Bully untuk perangkat smartphone Android dan iOS.

Ke-5 game GTA populer ini sudah pasti akan memberikan rasa nostalgia ketika kalian memainkan game-nya pertama kali di konsol PS2 dan Nintendo DS (untuk GTA: Chinatown Wars). Sudah pasti kalian akan menghabiskan banyak waktu melakukan berbagai aktfitias di dunia game GTA ini melalui perangkat smartphone Android dan iOS.

5. Honkai Impact 3rd

10 Game Mobile Open World Android dan iOS Terbaik di Dunia Tahun 2021! 13

Berbicara mengenai game miHoYo, tentu saja saya akan memasukkan game Honkai Impact 3rd dalam daftar ini. Game yang rilis di berbagai platform gaming termasuk Android dan iOS ini secara garis besar menghadirkan gameplay yang linier. Nmun dalam beberapa update terakhir miHoYo terus memberikan update untuk mendukung sebuah gameplay open world yang seru.

Terhitung ada 3 macam mode permainan yang menghadirkan fitur open world di Honkai Impact 3rd (bonus 1 pada update story The Birty of Tragedy). Meskipun fitur open world pada game ini cukup simpel dan tidak seluas Genshin Impact, namun para pemain menyukai mode tersebut hadir di Honkai Impact 3rd. Terlebih pada cerita A Post-Honkai Odyssey yang memiliki kemiripan gameplay dengan Devil May Cry.

6. Minecraft

10 Game Mobile Open World Android dan iOS Terbaik di Dunia Tahun 2021! 14

Game mobile open world Android dan iOS terpopuler di dunia selanjutnya adalah Minecraft. Game ber-genre Sandbox dari developer Mojang Studios ini merupakan port dari versi PC.

Meskipun sebuah port untuk perangkat Android dan iOS, Minecraft versi smartphone ini tetap memberikan rasa keseruan dan melakukan berbagai kreatifitas yang bisa kalian lakukan seperti versi PC maupun konsol.

Apakah kalian ingin berpetualang di dunia open world yang luas di Minecraft? Bisa! Apakah kalian ingin menjadi ksatria gagah mengalahkan Ender Dragon? Bisa! Apapun yang bisa kalian lakukan pada Minecraft versi PC, juga bisa dilakukan pada versi mobile ini. Tidak lupa juga kalian bisa memainkannya dengan pemain lain. Hal ini berkat didukungnya fitur multiplayer online, baik sesama perangkat mobile maupun cross-play dengan pemain PC serta konsol.

7. Monster Hunter Stories

10 Game Mobile Open World Android dan iOS Terbaik di Dunia Tahun 2021! 15

Jika kalian membutuhkan petualangan cerita seru dan menegangkan, kalian bisa mencoba game Monster Hunter Stories. Game buatan developer Capcom dan Marvelous menghadirkan gameplay yang sedikit berbeda dengan franchise Monster Hunter dimana menghadirkan elemen turn based RPG dan daapt memiliki peliharaan monster yang sudah tidak asing bagi para penggemarnya.

Game ini pertama kali rilis untuk platform Nintendo 3DS pada 8 Oktober 2016. Banyaknya respon positif dari gamer dan penggemar Monster Hunter, akhirnya game Monster Hunter: Stories dirilis untuk smartphone Android dan juga iOS. Bahkan, versi game mobile-nya mendapatkan peningkatan grafis dari versi Nintendo 3DS.

Jika kalian membutuhkan game single player dengan cerita seru di perangkat Android maupun iOS, Monster Hunter Stories adalah jawabannya.

8. Sky: Children of Light

10 Game Mobile Open World Android dan iOS Terbaik di Dunia Tahun 2021! 16

Mau mencari game mobile open world yang santai dengan alunan lagu lembut, kalian bisa mencoba game Sky: Children of Light. Game adventure open world ini dibuat oleh Thatgamecompany, developer yang sama membuat game populer Journey. Game ini pertama kali rilis untuk perangkat iOS pada 18 Juli 2019 dan kemudian disusul perilisan di Android pada 7 April 2020.

Sky: Children of Light berfokus pada gameplay eksplorasi dimana kalian harus menelusuri setiap lokasi di dunia open world yang luas. Kalian bisa memainkan game ini sendiri atau bersama dengan pemain lain lewat fitur multiplayer online. Berpetualang di dunia yang luas dengan alunan musik merdu dan pemandangan indah menjadi fitur penting yang bisa kalian coba pada game ini.

9. Terraria

10 Game Mobile Open World Android dan iOS Terbaik di Dunia Tahun 2021! 17

Setelah sebelumnya saya membahas Minecraft, tidak lengkap rasanya kalau tidak memasukkan game Sandbox populer lainnya, yaitu Terraria. Game yang dibuat oleh developer Re-Logic ini pertama kali rilis untuk platform PC, kemudian disusul dengan perilisan game-nya di platform gaming lainnya termasuk Android dan iOS.

Berbeda dengan Minecraft, Terraria tampil dengan fitur gameplay side scrolling dengan open world yang sangat luas bisa kalian telusuri. Tidak hanya di atas permukaan saja, kalian juga bisa menelusuri dunianya lebih luas lagi di bawah tanah dengan berbagai monster mengerikan di sana.

Sama halnya dengan Minecraft, game ini juga menghadirkan berbagai kreatifitas yang telah disediakan pada game, mulai dari membangun rumah tempat berlindung, senjata, armor dan masih banyak lagi. Tentu saja kalian bisa memainkan game ini sendirian maupun bersama pemain lainnya pada server dalam mode multiplayer online.

10. The First Tree

10 Game Mobile Open World Android dan iOS Terbaik di Dunia Tahun 2021! 18

Game mobile open world Android dan iOS terpopuler di dunia terakhir dalam daftar ini adalah The First Tree. The First Tree yang dibuat oleh David Wehle menghadirkan petualangan open world yang luas dan penuh momen dramatis dan menyedihkan. Game ini rilis di berbagai platform gaming, seperti PC, PS4, Xbox One, Android dan iOS.

Pemain akan mengendalikan dua karakter hewan rubah yang merupakan orang tua dan anaknya. Sang orang tua berpetualang di dunia yang luas mencari sang anak yang hilang. Sementara si anak rubah berusaha untuk mencari sang ayah yang diasingkan di lokasi Alaska.

The First Tree adalah sebuah game yang berfokus pada eksplorasi untuk menemukan keluarga sang rubah. Dengan luasnya dunia pada game, kalian akan mendapatkan alunan lagu yang lembut menyesuaikan penceritaan dalam petualangan para rubah mencari keluarganya.

Kalian akan menemukan cerita yang bikin kalian menangis dalam game The First Tree. Meskipun tanpa dialog, game ini memperlihatkan berbagai momen yang memiliki penggambaran ceritanya sendiri sehingga dapat dipahami oleh para pemain. Siap-siap saja kalian akan mengeluarkan air mata ketika menamatkan game The First Tree.

Itulah informasi mengenai 10 game mobile open world Android dan iOS terpopuler di dunia tahun 2021. Sebenarnya masih ada banyak sekali yang ingin saya masukkan dalam daftar ini, seperti The Pathless, Crashlands, Gangstar New Orleans dan masih banyak lagi. Apa game mobile open world favorit kalian di perangkat Android dan iOS?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Terbaik, Game Android, Game iOS atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version