10 Game Offline Seru yang Bisa Dimainin Sambil Santai

Game Offline Santai

Jika kebanyakan orang berpikir bahwa bermain video game adalah sesuatu yang akan membuat orang ‘senang’ saja, maka jawaban tersebut bisa dikatakan kurang tepat. Karena faktanya game kebanyakan akan membuat orang berpikir logis untuk menyelesaikan tantangan yang ada tanpa ada waktu untuk bisa ‘senang’ dan santai. Tak sedikit game yang malah bikin stres.

Meskipun demikian, banyak developer yang membuat video game yang diperuntukkan bagi mereka yang maunya hanya santai saja menikmati keindahan alam atau hanya ingin tertawa terbahak-bahak karena hal isenk yang ingin dilakukan. Apalagi jika gamenya bisa dimainkan tanpa koneksi internet atau bahasa teknisnya offline atau luring.

Melalui daftar berikut, kami telah rangkumkan 10 game offline seru yang bisa dimainin sambil santai tanpa perlu memikirkan sesuatu yang logis. Ya… meskipun tak semuanya harus ‘santai banget’ sih, tapi setidaknya ada tantangan yang ngga perlu membuatmu berpikir sangat keras untuk menyelesaikannya. Apa saja gamenya?

Note:

10. Firewatch

Terlepas dari kisahnya yang ceritakan seorang penjaga hutan yang terus berpatroli seiring berjalannya cerita, Firewatch adalah game yang bisa dimainkan sambil santai. Ini karena pemandangan alam indah yang bikin relax di sepanjang permainannya. Kamu akan menyusuri hutan sambil menguak misteri yang ada di dalamnya. Sayang, gameplaynya yang pendek bisa buatmu agak kecewa karena ngga bisa berlama-lama memainkannya.

9. The Sims 4

https://www.youtube.com/watch?v=z00mK3Pxc8w

Bicara santai, ngga afdol rasanya kalo ga bicarain The Sims 4. Seri ini secara teknis jauh lebih advance dibanding iterasi sebelumnya. Kamu akan bermain sebagai ‘Tuhan’ dan mengatur manusia atau Sims sesuai dengan keinginanmu dia mau jadi apa pada nantinya. Ngga ada hal yang lebih santai dibanding melihat mereka menjalankan aktifitasnya masing-masing atau malah kamu buat mereka melakukan sesuatu sesukamu.

8. Cities Skylines

Selain mengatur manusia, membangun kota adalah hal super santai yang bisa kamu mainkan di Cities Skylines. Beragam opsi yang sangat detail bahkan jalanan yang bisa kamu custom sendiri membuat kota yang kamu bangun menjadi lebih berkarakter dan khas. Sayangnya terdapat titik di mana kamu ngga bisa santai kalo kamu salah membangun infrastruktur yang menyebabkan wargamu protes dan akan mengacaukan ekonomi kotamu.

7. Abzu

Menjelajahi lautan adalah hal yang banyak diimpikan oleh sebagian orang, terutama pecinta lautan, dan Abzu merealisasikannya dengan sangat baik. Bukan sebagai orang yang harus bertahan hidup layaknya Subnautica, melainkan sebagai orang yang suka menjelajahi lautan tanpa perlu pusing dikejar waktu atau bar meter oksigen yang akan habis. Di sini kamu akan bisa melihat biota laut dan kehidupan bawah laut yang sangat indah di sepanjang permainanmu diiringi musik yang akan membuatmu larut dalam petualangan.

6. Journey

Pernah kepikiran ngga gimana kalo kamu main game petualangan tapi hanya bertualang bebas tanpa perlu memikirkan banyak hal? Journey mengabulkannya. Meskipun tak sebebas menjelajahi open world karena ada tujuan tertentu di akhir cerita, game ini akan pertemukanmu dengan reruntuhan sebuah peradaban di sepanjang perjalananmu. Di sepanjang permainan, kamu akan bertemu ‘penduduk lokal’ yang diiringi musik memukau yang akan terus memacumu untuk tak hanya menikmati dunianya, namun juga perjalananmu.

5. Story of Seasons Friends of Mineral Town

Pernah main Harvest Moon Back to Nature kan? Jika ya Story of Seasons Friends of Mineral Town bisa dikatakan remake dari game PS1 tersebut. Bukan berdasarkan game PS1 sih lebih tepatnya karena pada kenyataannya Marvelous justru mengambil Harvest Moon: Friends of Mineral Town yang sempat dirilis di Nintendo GameBoy Advance sebagai dasarnya. Permainannya akan sangat familiar dengan versi GBA atau PS1-nya yakni bercocok tanam, beternak, hingga menjalin kasih dengan banyak orang di desa Mineral. Kamu akan bertemu banyak karakter familiar dan tentu saja karakter baru yang tidak ada di seri orisinalnya. Ohya, kamu bisa berperan sebagai pria atau wanita untuk tokoh utamanya.

4. Animal Crossing: New Horizons (Nintendo Switch Exclusive)

Sempat gemparkan dunia, Animal Crossing: New Horizons mungkin saat ini telah ‘mati’ kepopulerannya. Namun tak bisa dipungkiri bahwa gamenya adalah salah satu judul yang bisa dimainkan dengan sangat santai. Kamu akan bisa membangun desa di sebuah lahan kosong dan menarik banyak turis ke sana. Banyak hal yang bisa kamu lakukan dalam gamenya seperti membangun rumah, menebang pohon, memancing, mendekorasi interior rumahmu, dsb. Kamu juga bisa memainkannya secara online dan ketemu teman-temanmu. Kalau harus dimiripin sih ini mirip The Sims namun dengan tokoh binatang.

3. Euro Truck Simulator Series

Tentu saja kamu tak bisa melewatkan Euro Truck Simulator dalam permainan yang bisa dimainkan secara santai. Di Indonesia sendiri game ini kebanyakan dimod yang kemudian menyulap truk yang harusnya kamu bawa berubah menjadi bus dan harus mengantarkan penumpang dan bukan barang-barang. Kamu yang berimpian menjadi sopir bus dengan menjelajahi dunia open worldnya yang luas bisa berimajinasi di sini. Tentu saja akan lebih lengkap jika kamu punya steering wheel untuk menambah keimersifan gamenya.

2. No Man’s Sky

Kamu bosan di bumi dan ingin menjelajahi ruang angkasa tanpa batasan apapun? No Man’s Sky adalah jawabannya. Meski gagal saat perilisan karena janji yang tak dipenuhi, kini gamenya bangkit dan menjadi salah satu game eksplorasi luar angkasa yang menarik. Kamu bisa bermain super santuy dengan memainkan creative mode di mana kamu ngga perlu pusing mikirin sumber daya dan bisa melakukan apapun dalam gamenya. Membangun markas hingga menemukan planet lain di galaksi lain bisa menjadi kebebasanmu di sini.

1. Untitled Goose Game

Kekonyolan menjadi salah satu hal yang bisa membuatmu memainkan video game dengan sangat santai, dan Untitled Goose Game akan bisa menjadi kiblatmu untuk mengabulkannya. Kamu akan mengendalikan angsa nakal yang bisa melakukan prank ke manusia. Misalnya saja mencuri mainan anak kecil hingga mengagetkan ibu-ibu yang lagi bawa belanjaan. Game ini cocok banget buat kamu yang nakal banget dan suka isenk.


Itulah 10 game offline seru yang bisa dimainin sambil santai. Kamu bisa memilih banyak game di atas untuk bisa kamu nikmati tanpa perlu memikirkan hal rumit yang biasanya ada di video game. Apakah kamu pernah memainkan salah satunya? Atau kamu punya daftar game lain? Cantumin ya di kolom komentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version