10 Game Open World Terbaik di PC Selain GTA

Game Open World

Open World adalah genre klasik dan entry level buat orang-orang yang baru mengenal video game. Ini karena dominan kebebasan yang ditawarkan genrenya. Menghancurkan sesuatu, membuat onar, dan mengeksplorasi menjadi opsi yang bisa dilakukan di game seperti itu.

Berbeda dengan sandbox yang mungkinkanmu untuk berinteraksi dengan obyek untuk memanfaatkannya dan menciptakan sesuatu yang kreatif darinya, open world akan terus gugah imajinasi dan jiwa petualangmu untuk menyusuri dunianya.

Sayang, kebanyakan orang awam atau pemula yang baru terjun di industri video game hanya mengetahui bahwa GTA adalah seri terbaik dari genrenya. Padahal masih banyak game lain yang tak kalah bagus dari game buatan Rockstar tersebut.

Lantas apa saja gamenya? Berikut daftar 10 game open world terbaik di PC selain GTA.

Note:

10. Red Dead Redemption 2

Menjadi prequel yang mengangkat kisah sebelum iterasi pertama, Red Dead Redemption II ceritakan Arthur Morgan dan geng Dutch Van Der Linde untuk temukan kehidupan baru. Game ini dibuat sangat detail untuk level desainnya. Mulai dari komentar Arthur, binatang random yang mati kemudian membusuk ditelan waktu, hingga banyaknya kegiatan random dari beberapa NPC.

Saking detilnya, kamu bisa menemukan rahasia tersembunyi yang tak banyak diketahui banyak orang jika tidak mengeksplorasi dunianya yang luas.

9. Watch Dogs Legion

Seri Watch Dogs gabungkan eksplorasi kota dengan hacking. Berbeda dari seri sebelumnya, Watch Dogs Legion tidak memiliki tokoh utama selain NPC yang direkrut sebagai anggota hacker bernama DedSec. Hal yang membuatnya menarik adalah bagaimana setiap NPC yang kamu rekrut dan mainkan miliki kemampuan uniknya masing-masing. Tiap NPC juga miliki pengisi suara dan berperan penting di setiap cerita. Kamu bisa menyusuri dunianya yang luas untuk menemukan karakter dengan kemampuan unik, mulai dari tentara, polisi, hingga agen rahasia.

8. Saints Row 4

Mirip GTA adalah kalimat yang pertamakali akan muncul di pikiranmu setelah memainkan Saints Row. Game ini punya kota luas dengan sensasi humor konyol di setiap serinya. Di seri ini simplenya kamu akan berperan sebagai presiden Amerika Serikat yang memiliki kekuatan supranatural. Kamu bisa terbang menyusuri kota yang luas dan menggunakan berbagai kekuatan unik yang kamu dapatkan dari kapal alien yang menculikmu. Sama seperti prekuelnya, kamu juga bisa berbuat onar hingga polisi bakal kewalahan menghadapimu.

7. Assassin’s Creed IV Black Flag

Sebenarnya seri terbaru yakni Valhalla lebih pantas dimasukkan di sini karena semua elemen fantasy ala Witcher ada di dalamnya, namun karena semua seri Assassin’s Creed miliki desain level open world maka saya memilih seri keempat karena preferensi pribadi dan kegemaran saya dengan petualangan menyusuri lautan. Game ini ceritakan seorang bajak laut yang ‘tak sengaja’ jadi seorang Assassin meski dengan kesadaran sendiri. Membuatnya jadi hybrid Assassin x Bajak Laut.

Selain ceritanya yang menarik, seri Black Flag miliki dunia yang dipenuhi dengan pulau dan lautan luas yang akan menggugah jiwa petualangmu. Kamu tak hanya akan menemukan bajak laut lain, namun juga armada angkatan laut yang bisa kamu lawan. Beberapa pulau juga simpan ragam misteri menarik dari zaman bajak laut Karibia masih populer.

6. The Witcher 3 Wild Hunt

Siapa ngga kenal Geralt of Rivia? Kisah petualangannya berburu monster dan wanita menjadi intrik yang menarik yang perlu diikuti. Di seri The Witcher 3 Wild Hunt CD Projekt RED memanfaatkan dunia open world yang sangat luas namun tidak hampa. Mereka memberikan ragam misteri dengan desain side quest yang berarti di setiap misinya. Membuatmu betah berlama-lama untuk eksplorasi dan menguak misteri.

5. Sea of Thieves

Jika Assassin’s Creed IV Black Flag kita akan bertualang menyusuri lautan dengan peperangan laut yang epik, maka di Sea of Thieves kita akan arungi lautan dan kepulauan dengan kisah dan misterinya yang menarik. Kolaborasinya dengan Pirates of the Caribbean milik Disney buatmu tak hanya akan menyusuri kepulauan saja, melainkan menyelami lautan dan bertemu monster maupun para undead dan segala mitos bajak laut untuk kamu lawan.

4. Horizon Zero Dawn

Berperan sebagai anak buangan di dunia yang dikuasai robot binatang bernama Machine, Aloy bertualang untuk mencari tahu rahasia di balik robot tersebut. Sebenarnya dunia gamenya tak begitu inovatif karena game ini sama seperti game open world biasa dengan gabungan elemen yang telah ada di beragam game lain. Namun eksplorasi akan buatmu bisa ‘menangkap’ tiap robot binatang untuk menemanimu bertempur.

3. Just Cause 3

Game paling rusuh yang pernah saya mainkan karena dunianya yang luas dan kemampuan menghancurkan beragam bangunan membuatnya semakin memuaskan bagi pecinta open world. Kamu bisa terbang menggunakan parasut untuk mengeksplorasi dunianya yang dipenuhi warna ngejreng hijau dan biru karena banyaknya pulau dan lautan luas yang membentang di sepanjang gamenya. Eksplorasimu jadi semakin menarik ketika kamu bisa hancurkan beberapa bangunan markas musuh dan bikin onar di sana.

2. Mafia Definitive Edition Trilogy

Tiga seri Definitive Edition dari Mafia ini punya perubahan yang berbeda di setiap permainannya. Di seri pertama yang 100% remake, kamu akan bisa eksplorasi kota luas dengan opsi minimalis yang bakal buatmu bosan selain memandangi tampilan visualnya saja. Seri kedua akan berimu tambahan opsi meskipun hanya remaster, kamu bisa beli baju, senjata, dan lain sebagainya untuk mendukung misimu. Sementara seri ketiga sudah kayak game open world modern saat ini dengan ragam opsi menarik untuk kalahkan musuh.

1. Middle Earth Series

Dimulai dari kisah balas dendam, seri Middle Earth miliki konsep Nemesis System yang menarik. Bahwa setiap jendral musuh random yang muncul punya dendam tersendiri padamu seiring berjalannya waktu. Setiap wilayah akan berisi markas musuh yang mana bisa kamu hajar aja pimpinannya buat menguasainya. Kamu juga bakal nemu berbagai peperangan menarik saat markas musuh kamu kuasai. Tentu saja sembari merekrut jendral baru untuk membantumu.


Tentu saja game di atas hanyalah gambaran semata dari banyaknya game open world di luar sana, namun setidaknya bisa berikanmu inspirasi untuk memilih.

Dari daftar di atas, manakah yang pernah kamu mainkan? Atau kamu punya rekomendasi lainnya? Seperti biasa, jangan malu buat cantumin di kolom komentar ya.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version