10 Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 yang Cocok untuk Spek PC Kentang

Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021

PC menjadi salah satu platform gaming paling populer dan diminati oleh para gamer. Berbeda dengan konsol, platform ini dapat berkembang terus dari tahun ke tahun dengan berbagai perangkatnya yang bisa diganti ataupun di-upgrade oleh penggunanya. Meskipun perkembangan teknologi semakin canggih, bukan berarti video game PC selalu memiliki spek yang tinggi. Ada banyak daftar game PC ringan terbaik di dunia yang sangat cocok untuk gamer yang memiliki spek PC kentang.

Pada kesempatan kali, kami akan memberikan informasi mengenai 10 game PC ringan terbaik di dunia 2021 yang cocok dimainkan untk spek PC kentang. Daftar game PC ringan ini dilihat berdasarkan spek processor, graphic card dan memory RAM seminim mungkin yang dibutuhkan gamer, namun game tersebut tidak kalah seru dengan game berat lainnya.

Inilah 10 game PC ringan terbaik di dunia 2021 yang cocok untuk spek PC kentang kalian!

1. Among Us

10 Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 yang Cocok untuk Spek PC Kentang 14

Game PC ringan terbaik di dunia 2021 pertama dalam daftar ini adalah Among Us. Game buatan developer Innersloth yang saling memfitnah orang lain ini pertama kali rilis pada 15 Juni 2018 untuk platform Android dan iOS. Kemudian disusul perilisannya untuk platform gaming PC, Nintendo Switch, PS4, PS5, Xbox One dan Xbox Series.

Among Us menghadirkan sebuah game multiplayer online dimana pemain dengan memiliki 2 peran, yaitu Crew dan Imposter. Peran Crew berusaha mengungkap siapa Imposter diantara mereka. Kalian tentu saja akan saling menuduh satu sama lain agar dapat bertahan hidup ketika Emergency Meeting dimulai. Sementara pihak Imposter dapat membuat berbagai rencana untuk memecah-belah pihak Crew atauPUN membunuh mereka sampai tersisa sedikit.

Game ini sangat seru bahkan menjadi populer berkat fitur menarik ini. Dan baru-baru ini, InnerSloth mengumumkan akan ada banyak fitur gameplay baru melalui sebuah update baru mereka. Tidak heran jika Among Us digemari oleh gamer karena memiliki fitur menarik seperti permainan Werewolf. Belum lagi dengan betapa ringannya game ini yang bisa kalian mainkan bahkan di PC dengan spek kentang sekalipun.

Inilah spesifikasi game Among Us di PC berdasarkan informasi dari Steam:

2. Celeste

10 Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 yang Cocok untuk Spek PC Kentang 15

Selanjutnya adalah game platform populer yang berjudul Celeste. Game buatan developer Extremely OK Games ini telah masuk dalam berbagai nominasi dan mendapatkan penghargaan dalam ajang bergengsi seperti The Game Awards. Celeste pertama kali rilis 25 Januari 2018 untuk platform PS4, Xbox One, Nintendo Switch, PC dan kemudian disusul perilisannya untuk platform Stadia.

Menghadirkan sebuah game platform seru yang cukup memberikan tantangan kepada pemain. Kalian harus dapat melewati berbagai rintangan dengan memanfaatkan kemampuan dan platform seperti dinding dengan banyak perangkap mematikan. Setiap stage memiliki presisi platform yang tepat dimana pemain harus sangat teliti dalam melakukan berbagai loncatan.

Bukan itu saja menjadi keunggulan game Celeste. Game ini turut menghadirkan desain gambar 8-bit yang menarik dan penuh warna. Soundtrack-nya pun juga bagus menyesuaikan stage-stage yang akan dilewati oleh pemain.

Bagi kalian yang penasaran ingin mencoba game Celeste, kalian tidak perlu khawatir takut kesulitan memainkannya. Karena game ini masih bisa dimainkan secara fun meskipun kalian bukan penggemar berat tipe game ber-genre platform.

Inilah spesifikasi game Celeste di PC berdasarkan informasi dari Steam:

3. Cuphead

10 Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 yang Cocok untuk Spek PC Kentang 16

Masih seputar game platform yang seru, daftar game PC ringan terbaik di dunia 2021 selanjutnya adalah Cuphead. Game run and gun shooter buatan developer Studio MDHR pertama kali rilis pada 29 September 2017 untuk platform gaming PC dan Xbox One. Kemudian disusul perilisannya untuk platform gaming lainnya seperti Nintendo Switch dan PS4.

Sekilas game ini tampak menyenangkan dan mengingatkan kita pada kartun klasik masa-masa emas animasi Amerika di era tahun 1930-an, seperti Mickey Mouse dari Disney. Namun kenyataannya game ini tidak seperti penampilannya yang terlihat seperti kartun klasik. Cuphead menghadirkan sebuah gameplay yang sangat menantang bahkan membuat para pemain geram, kesal dan marah.

Sejak perilisannya pertama kali, Cuphead dikenal banyak orang sebagai game yang sangat menantang dan bahkan sering disebut sebagai game Souls-like atau game seperti Dark Soul. Memainkan game ini membuat kalian akan lebih sering mati dibandingkan berhasil menyelesaikan stage level game Cuphead. Game ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mencari game penuh tantangan seperti Dark Soul.

Inilah spesifikasi game Cuphead di PC berdasarkan informasi dari Steam:

4. Darkest Dungeon

10 Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 yang Cocok untuk Spek PC Kentang 17

Butuh game PC ringan yang penuh tantangan lainnya? Kalian bisa mencoba game berjudul Darkest Dungeon. Game ber-genre role-playing ini sangat populer bagi kalangan gamer berkat menghadirkan petualangan dengan tingkat kesulitannya yang sulit dan bisa bikin stres, baik itu karakter dalam game maupun pemainnya sendiri.

Darkest Dungeon menghadirkan sebuah permainan dimana pemain harus menyelesaikan berbagai tantangan dungeon yang diduga berasal dari makhluk mengerikan. Pemain akan merekrut berbagai macam pasukan dengan kemampuan mereka masing-masing. Pasukan tersebut dikirim ke dalam dungeon maksimal 4 orang untuk menyelesaikan berbagai misi serta membasmi monster dan boss-nya. Dungeon ini akan terus beregenerasi di dekat kota dan beberapa ada yang memiliki peran penting dalam progress cerita.

Dengan sifat Dungeon-nya yang random, pemain akan menelusuri berbagai macam item, equipment dan musuh yang selalu berbeda di tiap lokasi. Banyak hal yang harus kalian perhatikan terhadap pasukan yang kalian miliki, mulai dari skill, equipment sampai kondisi kesehatan fisik serta psikologi mereka. Selain itu, musuh-musuh yang kalian hadapi pun terkadang bisa membantai pasukan kalian hanya dengan satu serangan. Darkest Dungeon sangat cocok untuk gamer yang menyukai game role-playing yang penuh tantangan.

Inilah spesifikasi game Darkest Dungeon di PC berdasarkan informasi dari Steam:

Spesifikasi Minimum Darkest Dungeon di PC

Spesifikasi Rekomendasi Darkest Dungeon di PC

5. Disco Elysium – The Final Cut

10 Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 yang Cocok untuk Spek PC Kentang 18

Selanjutnya ada game role-playing populer yang merupakan versi terbaru dari sebelumnya, yaitu Disco Elysium: The Final Cut. Game ini bercerita tentang seorang detektif yang mengalami amnesia dimana dirinya harus menginvestigasi berbagai macam kasus misteri di kota.

Game buatan developer ZA/UM ini rilis pertama kali pada 15 Oktober 2019 untuk platform PC, kemudian dirilis juga pada platform gaming lainnya bersamaan dengan update dan versi terbaru berjudul Discro Elysium: The Final Cut. Versi terbaru ini menghadirkan fitur full voice dan banyak konten baru yang tidak ada di versi sebelumnya.

Discro Elysium mendapatkan banyak respon positif dari gamer dan juga berbagai pihak berkat fitur kebebasan pemain dalam suatu pilihan seperti game role playing klasik. Selain itu game ini sama sekali tidak memiliki fitur combat dimana semua masalah dapat diselesaikan dengan skill yang dimiliki karakter dan juga pilihan dialog dalam game. Jangan lupa pula game ini menghadirkan visual menarik yang seperti sebuah lukisan dari seorang pelukis.

Setiap NPC dan pilihan dialog yang muncul pada game akan mempengaruhi progress cerita dan pada akhirnya menentukan bagaimana game ini berakhir dalam satu ending. Jika kalian ingin bermain game role playing yang memiliki kebebasan luas dalam pilihan dialog, Disco Elysium: The Final Cut menjadi pilihan terbaik untuk kalian.

Game PC ringan ini sangat cocok kalian yang menyukai tipe game role-playing klasik, terlebih bagi kalian yang memiliki spek PC kentang. Untuk mengetahui spesifikasinya, berikut adalah spesifikasi game Disco Elysium: The Final Cut menurut Steam:

Spesifikasi Minimum Disco Elysium: The Final Cut di PC

Spesifikasi Rekomendasi Disco Elysium: The Final Cut di PC

6. Minecraft

10 Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 yang Cocok untuk Spek PC Kentang 19

Game PC ringan terbaik di dunia selanjutnya dalam daftar ini adalah Minecraft. Game sandbox dari developer Mojang Studios ini sudah tidak asing lagi bagi gamer. Hal ini berkat fitur gameplay yang seru dan memberikan kreatifitas yang tidak terbatas.

Sejak pertama kali rilis pada 18 November 2011 hingga saat ini, developer masih aktif memberikan berbagai update konten. Hal ini untuk memberikan keseruan bermain Minecraft dan juga bagi para penggemar komunitasnya. Belum lagi Minecraft sering menjadi konten bermain para konten kreator streamer Twitch maupun Youtuber.

Sudah tidak perlu ditanyakan lagi bahwa Minecraft menjadi salah satu game PC ringan terbaik di dunia 2021 yang cocok untuk kalian yang memiliki PC kentang. Berikut ini adalah spesifikasi PC untuk bermain Minecraft berdasarkan informasi dari website resminya:

Spesifikasi Minimum Minecraft (Versi Java) di PC

Spesifikasi Rekomendasi Minecraft (Versi Java) di PC

7. Stardew Village

10 Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 yang Cocok untuk Spek PC Kentang 20

Selanjutnya ada game simulasi bercocok tanam populer berjudul Stardew Village. Game yang dibuat oleh developer ConcernedApe rilis pertama kali pada 26 Februari 2016 untuk platform PC. Stardew Village hadir sebagai game nostalgia para penggemar Harvest Moon yang sangat populer sehinga dirilis juga untuk platform gaming lainnya, seperti PS4, Xbox One, Nintendo Switch PS Vita, Android dan juga iOS.

Game yang memiliki premis cerita seperti Harvest Moon, Stardew Village mengharuskan kalian merawat sebuah lahan sawah milik warisan sang kakek protagonist. Kalian akan melakukan berbagai aktifitas, mulai dari bercocok tanam, menjual hasil panen, merawat dan memproduksi sapi, menikah sampai memiliki anak dan masih banyak lagi. Game farming simulation ini sangat cocok bagi kalian penggemar game Harvest Moon.

Berikut ini spesifikasi PC game Stardew Village yang kalian butuhkan berdasarkan informasi dari Steam:

8. Terraria

10 Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 yang Cocok untuk Spek PC Kentang 21

Tidak lengkap rasanya kalau tidak memasukkan game Sandbox populer lainnya seperti Minecraft, yaitu Terraria. Game yang dibuat oleh developer Re-Logic ini pertama kali rilis untuk platform PC, kemudian disusul dengan perilisan game-nya di platform gaming lainnya seperti PS3, Xbox 360, PS Vita dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan MinecraftTerraria tampil dengan fitur gameplay side scrolling dengan open world yang sangat luas bisa kalian telusuri. Tidak hanya di atas permukaan saja, kalian juga bisa menelusuri dunianya lebih luas lagi di bawah tanah dengan berbagai monster mengerikan di sana.

Sebagai game ber-genre sandbox, Terraria juga menghadirkan berbagai kreatifitas yang telah disediakan pada game, mulai dari membangun rumah tempat berlindung, senjata, armor dan masih banyak lagi. Game ini sangat direkomendasikan oleh para gamer berkat keseruan dan juga salah satu game PC ringan terbaik di dunia.

Inilah spesifikasi game Terraria di PC berdasarkan informasi dari Steam:

Spesifikasi Minimum Terraria di PC

Spesifikasi Rekomendasi Terraria di PC

9. Undertale dan Deltarune

10 Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 yang Cocok untuk Spek PC Kentang 22

Selanjutnya ada game yang dapat memberikan kalian berbagai motivasi tekad kuat, yaitu Undertale. Game buatan developer indie Toby Fox ini sangat populer dan telah berhasil masuk dalam berbagai nominasi serta memenangkan penghargaan luar biasa.

Undertale pertama kali rilis 15 September 2015 untuk platform PC. Berkat fitur menarik dan gaya ceritanya yang sangat fenomenal, game ini juga rilis untuk platform gaming lainnya seperti PS4, PS Vita, Nintendo Switch dan Xbox One.

Game ber-genre 2D RPG ini menghadirkan petualangan seru nan epik. Kalian akan menemui banyak sekali karakter NPC yang bikin kalian merasakan berbagai emosi, mulai dari terharu, terhibur, sedih dan terkadang kalian bisa menjadi seorang yang brutal tergantung keputusan yang kalian ambil.

Undertale menghadirkan gameplay dimana kalian tidak perlu membunuh musuh satupun yang kalian temukan, baik itu musuh random encounter maupun boss. Hal ini akan mempengaruhi ending pertama, kedua dan selanjutnya apabila kalian ingin memainkannya kembali dari awal.

10 Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 yang Cocok untuk Spek PC Kentang 23

Game penerus Undertale, yaitu Deltarune akan memberikan petualangan yang tidak kalah epik. Sama halnya dengan game pendahulunya, Deltarune juga menghadirkan fitur dimana kalian tidak perlu membunuh musuh apapun dalam game. Dan tentu saja hal ini akan mempengaruhi pada akhir ceritanya.

Tidak perlu ditanya lagi, Undertale dan Deltarune menjadi salah satu game PC ringan terbaik di dunia bagi kalian yang memiliki PC dengan spek kentang. Berikut ini spesifikasi PC yang harus kalian miliki untuk bermain game Undertale dan juga Deltarune berdasarkan informasi dari Steam:

Spesifikasi Game Undertale di PC

Spesifikasi Game Deltarune di PC

10. Untitled Goose Game

10 Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 yang Cocok untuk Spek PC Kentang 24

Game PC ringan terbaik di dunia tahun 2021 terakhir dalam daftar ini adalah Untitled Goose Game. Game ber-genre puzzle stealth buatan developer House House rilis pertama kali pada 20 September 2019 untuk platform PC dan Nintendo Switch. Kemudian disusul perilisannya untuk platform gaming lain seperti PS4 dan Xbox One.

Game ini menghadirkan gameplay dimana pemain adalah seekor angsa yang mencuri berbagai item dari manusia. Kalian harus pandai mencari cara mencuri item-item tersebut dalam memecahkan puzzle untuk meneruskan cerita. Tentu saja sebagai seorang angsa, kalian akan menjadi hewan yang iseng dan harus menjadi sosok angsa yang bikin manusia kesal.

Berkat fitur gameplay yang santai ini, Untitled Goose Game masuk dalam berbagai nominasi ajang penghargaan bergengsi dan bahkan memenangkan beberapa nominasi tersebut. Belum lagi dengan betapa ringannya spesifikasi game ini di PC agar bisa kalian mainkan.

Berikut ini spesifikasi PC game Untitled Goose Game menurut informasi dari Steam:

Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 Lainnya

10 Game PC Ringan Terbaik di Dunia 2021 yang Cocok untuk Spek PC Kentang 25

Selain 10 game di atas, masih ada banyak sekali daftar game PC ringan terbaik di dunia yang ingin saya bagikan kepada kalian. Berikut ini beberapa judul game PC ringan terbaik di dunia lainnya yang bisa kalian coba:

Itulah informasi mengenai 10 game PC ringan terbaik di dunia 2021 yang cocok untuk spek PC kentang. Apakah kalian tertarik mencoba salah satu atau semua daftar game di atas?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Terbaik, Game PC, Game PC Ringan, Game PC Terbaik atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version