10 Game PS2 yang Layak Mendapatkan Adaptasi Film

in , ,

Di saat masa kejayaan PS2, ada banyak sekali game yang dirilis berdasarkan franchise film seperti Lord of The Rings, Harry Potter serta franchise milik Disney. Bahkan judul-judul tersebut juga termasuk dalam video game AAA dan diawasi langsung dari studio film yang terkait. Lalu, bagaimana dengan adaptasi film dari video game? Memang tidak banyak yang sukses memikat para gamer saat itu, berbanding terbalik dengan film yang diadaptasi menjadi sebuah video game yang sering laku keras.

Hal tersebut membuat penulis masih percaya suatu saat nanti akan ada waktunya video game memiliki adaptasi seri atau movie yang cukup sukses. Bahkan penulis merasa menonton sebuah adaptasi secara tidak langsung dapat sebagai tambahan pengalaman bermain bagi para player untuk merasakan kembali nostalgia serta euforia bermain game, khususnya game PS2. Simak saja pilihan video game PS2 yang layak mendapatkan adaptasinya berikut ini.

 

1. Eureka Seven Franchise (EU: New Wave & EU: New Vision)

Meskipun judul ini berbeda dengan seri anime utama, tapi keterkaitan yang dimilikinya masih tergolong cukup erat, bahkan peran tokoh utama di seri ini cukup berperan di perkembangan seri anime utama. Berpusat pada kedua tokoh protagonis bernama Sumner Sturgeon dan Ruri Flame, story yang ditawarkan terbilang cukup matang serta adegan aksi yang sama serunya dengan seri anime utama membuat penulis memilih game ini untuk dapat diadaptasikan menjadi seri anime maupun movie bila memungkinkan. Kedua protagonis ini bahkan muncul sebagai cameo di cerita utama Eureka Seven di episode 45. Sehingga penulis berharap kedua seri ini mendapatkan adaptasinya sendiri.

 

2. Kingdom Hearts 2

Mungkin ini sedikit terdengar aneh, tapi alangkah baiknya jika Kingdom Hearts 2 diadaptasi jika seri-seri sebelumnya sudah mendapatkan adaptasinya terlebih dahulu, terutama di bagian prequel sebelum kejadian KH2 (petualangan Roxas, Axel dan Xion). Ini dikarenakan franchise game ini memiliki jalan cerita yang terbilang cukup panjang sekaligus kompleks disaat yang sama. Tapi, bagi penulis, KH2 dapat diadaptasi sendiri dikarenakan memiliki salah satu plot atau arc cerita yang cukup menarik sebagai game PS2 saat itu, membuat penulis menaruh harapan besar pada seri ini.

 

3. Area 51

 

4. Commandos: Strike Force

Berlatar belakang di Perang Dunia II, Commandos: Strike Force memberikan sentuhan menarik dengan pemain mengontrol 3 karakter bernama Lt. William Hawkins, Captain Francis O’Brien dan Colonel George Brown yang masing-masing memiliki kemampuan unik untuk menuntaskan misi mereka. Pemain dapat memainkan 3 campaign yang dalam satu campaign tersebut pemain dapat memainkan secara bergantian antara karakter satu dengan yang lain. Ini menjadi daya tarik tersendiri apabila game ini diangkat sebagai salah satu movie aksi dengan konsep infiltrasi dalam Perang Dunia II.

 

5. Darkwatch

Memiliki cerita yang terbilang berat, Darkwatch menawarkan sedikit sentuhan tema Wild West dan Pemburu Vampir dalam satu cerita. Penulis cukup terkesan dengan cerita yang ditawarkan, dari MC yang mendapatkan kekuatan Vampir dan disuguhkan 2 ending berbeda yang meningkatkan potensi game ini untuk diadaptasikan menjadi movie yang menarik. Menceritakan Jericho Cross yang direkrut oleh organisasi bernama Darkwatch, sebuah organisasi pemburu vampir elit di abad 19 yang memiliki tugas untuk menumpas habis seluruh kekuatan gelap nan misterius di wilayah Amerika Frontier.

 

6. Final Fantasy XII

Sebagai salah satu game populer dalam seri Final Fantasy, petualangan Vaan dan kawan-kawan sangat layak mendapatkan adaptasinya setelah Final Fantasy VII. Bagi penulis sendiri, cerita mereka layak dibuat dalam bentuk animasi seri maupun movie. Inti ceritanya pun sederhana, adanya perang antara Kerjaan Rozarria dan Kerajaan Archadia yang ikut melibatkan Kerajaan Dalmasca yang terapit pada kedua kerajaan, petualangan Vaan pun dimulai dengan adanya konspirasi pembunuhan Raja Raminas dari Dalmasca oleh bawahannya sendiri yang sebenarnya dilakukan oleh Vayne, calon raja selanjutnya dari Archadia.

 

7. Destroy All Humans! Franchise

Mungkin dari gameplay yang ditawarkan terlihat family-friendly atau layak untuk segala umur, tapi justru berbeda jika nanti diadaptasi. Sama seperti teori-teori konspirasi yang sering bertebaran di Internet, Destroy All Humans! menceritakan seorang alien bernama Crypto-137 yang berencana untuk menolong Crypto-136 dan melanjutkan misi mereka untuk menginvasi bumi dengan tujuan untuk mencegah kepunahan spesies mereka. Selain adaptasi film, penulis juga cukup menyukai hasil remake yang cukup segar dan banyaknya perubahan dari segi grafis sekaligus mekanik kontrolnya.

 

8. Zone of The Enders Franchise

Game legendaris dari Hideo Kojima ini mendapatkan review yang cukup positif di kalangan gamer saat itu. Franchise ini sebenarnya sudah mendapatkan adaptasi anime sebanyak 26 episode, tapi penulis rasa masih bisa mendapatkan adaptasi kembali dengan peningkatan grafik yang jauh lebih baik. Menceritakan mengenai usaha manusia yang telah menduduki Mars dan Jupiter serta penemuan sumber daya alam baru, pihak bumi memutuskan untuk melakukan eksploitasi terhadap pihak Mars serta Jupiter dengan tujuan untuk mengambil alih sumber daya alam tersebut. Usaha mereka dibantu dengan kekuatan mecha yang disebut Orbital Frames.

 

9. Genji: Dawn of The Samurai

 

Genji: Dawn of The Samurai menceritakan seorang samurai bernama Minamoto Yoshitsune yang bersumpah melakukan balas dendam terhadap Klan Taira atas kematian ayahnya. Cerita yang dibawakannya berdasarkan cerita lama yang disebut The Tales of Heikei, salah satu perang yang terkenal di Jepang melibatkan Minamoto Clan dan Taira Clan yang sedikit dimodifikasi dengan hadirnya kekuatan magis misterius bernama Amahagane. Penulis pun merekomendasikan game ini untuk dapat diadaptasi menjadi sebuah film, terutama dengan adanya sequel yang dirilis untuk PS3 yang mungkin bisa menjadi tambahan cerita ketika diadaptasikan.

 

10. Sonic Riders: Zero Gravity

Salah satu trilogy dari Sonic Riders, seri keduanya yakni Sonic Riders: Zero Gravity layak untuk mendapatkan adaptasi movie. Ini dikarenakan cerita yang dimiliki terbilang sudah cukup padat dan segar dibandingkan seri sebelumnya. Pemain dapat melihat sudut pandang kedua kubu yang bernama Kubu Heroes dan Kubu Babylon. Kedua kubu ini akan mengungkap sebuah rahasia besar meteor misterius yang ternyata merupakan sebuah mesin penggerak pesawat luar angkasa yang sebelumnya pernah ditemukan di seri sebelumnya. Tentu itu akan menjadi cerita yang menarik dengan melihat dari kedua sudut pandang tentang bagaimana mereka akan memanfaatkan kekuatan misterius dari pesawat alien tersebut.

 

Jadi, itulah game PS2 pilihan penulis yang layak mendapatkan adaptasi sebuah film. Sebenarnya penulis sendiri masih ada referensi lain seperti Wild Arms 5, Suikoden 5, Tenchu dan lainnya yang dapat diangkat menjadi sebuah media lain seperti film, hanya saja penulis masih mempertimbangkan apakah mereka layak mendapatkan adaptasinya atau tidak. Mungkin penulis akan membahasnya di artikel selanjutnya. Pembaca pun juga dapat memberikan pendapat game lain yang layak mendapatkan adaptasi film, coba komentar di bawah ya!


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait dengan analisis video game serta insight menarik lainnya dari Gideonair.

For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Gideonair

Written by Gideonair

Avid Graphic Designer. Having huge interest in PC Gaming, Peripherals, Game Analyst-to-be and Mini-Reviews.

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.