Waspada! 10 Game Psikologi Horor Ini Buatmu Auto Emotional Damage!

Game Psikologi Horor Terseram

Seperti yang kalian tahu, psikologi horor merupakan salah satu genre yang berfokus pada perubahan kondisi mental karakter yang dapat terganggu di dalam game. Seperti game horor lainnya, psikologi horor juga perlahan – lahan terus tumbuh secara konsisten menjadi sebuah genre yang cukup diminati dalam beberapa tahun terakhir. Banyak sekali judul game psikologi horor yang rilis di tahun ini, seperti Martha is Dead, MADiSON, dan banyak lagi.

Seiring kemajuan teknologi, psikologi horor punya peningkatan kualitas mumpuni karena para developer diberi kebebasan untuk mengeluarkan ide – ide agar membuat game tersebut semakin seram dan buat pemain auto emotional damage. Nah, tanpa berlama – lama lagi, berikut 10 game psikologi horor yang bisa buat para pemainnya kena mental!

Apa Saja Game – Game Psikologi Horor Terseram Versi Gamebrott?

Dreadout

Ada beragam judul game psikologi horor terseram yang beredar di lini masa, mulai dari sudut pandang orang pertama, ketiga, dan masih banyak lagi. Kali ini, kami telah merangkum beberapa game psikologi horor versi kami yang mantap buat dinikmati, di antaranya adalah:

1. Detention

Detention

Developer: Red Candle Games

Publisher:  Red Candle Games , Coconut Island Games, Playism

Platform:  Nintendo Switch, PlayStation 4, Android, PC

Pada artikel sebelumnya, game ini dirilis pada tahun 2017 dan sempat diangkat menjadi film. Menceritakan tentang masa white terror yang terjadi pada tahun 1967 di Taiwan. Dalam game ini, kalian akan menemukan berbagai macam hantu yang dapat membuat kalian deg-degan, contohnya Lingered. Game ini sangatlah penulis rekomendasikan, karena ada rahasia yang membuat kalian mindblowing setelah memainkannya.

2. Layers of Fear

Layers Of Fear

Developer: Bloober Team, Anshar Studios, Incuvo, Incuvo SA

Publisher:  Bloober Team, Gun Media, Aspyr, NA PUBLISHING INC., NatsumeAtari

Platform:  Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One

Selanjutnya ada Layers of Fear. Game ini dikembangkan oleh Blooober Team yang sebelumnya telah berpengalaman membuat berbagai game psikologi horor seperti Observer, Blair Witch, dan The Medium. Dalam game ini, pemain akan mengendalikan sang tokoh utama, seorang pelukis yang sangat ingin membuat sebuah karya masterpiece. Game ini tak hanya menyeramkan, ini bisa membuatmu senam jantung karena banyaknya unsur jumpscare di dalamnya.

3. Doki Doki Literature Club!

Doki Doki Literature Club

Developer: Team Salvato

Publisher: Team Salvato

Platform: PC

Di mata kalangan gamer, ini hanyalah kumpulan para waifu cantik yang siap jadi kesukaan para wibu. Namun, jika kalian telah memainkannya, banyak sekali unsur menyeramkan dalam satu cerita. Game psikologi horor terseram ini berbasiskan visual novel but in another level. Di sini kalian akan memainkan karakter cowok SMA yang masuk ekskul literatur dipenuhi oleh gadis – gadis cantik. Awalnya, mereka senang sekali karena ada anggota cowok yang masuk ke ekskul. Namun, seiring berjalannya cerita, kejadian – kejadian aneh dan penuh jumpscare akan datang menghantuimu!

4. Outlast

Outlast

Developer: Red Barrels

Publisher:  Red Barrels, RH BADRO

Platform: PlayStation 4, Android, Xbox One, Nintendo Switch, PC

Siapa yang tak kenal dengan game psikologi horor satu ini? Ialah Outlast, salah satu game yang hingga kini masih digandrungi oleh para gamer. Menceritakan tentang jurnalis freelance yang ingin lakukan investigasi di sebuah RSJ terbengkalai. Namun, seiring cerita berjalan, para pemain sebagai sang jurnalis malah diganggu oleh berbagai kawanan psikopat dan jahat yang tak henti – hentinya mengejar. Ngerinya lagi, di game ini kalian hanya bisa menghindar dan kabur dari kejaran mereka. Game ini cocok sekali bagi kamu yang ingin memainkan emosi dan adrenalin, karena jujur, Outlast sukses membuat penulis rada parno dibuatnya!

5. Alan Wake

Alan Wake

Developer: Remedy Entertainment

Publisher: Remedy Entertainment, Microsoft, Xbox Game Studios, THQ Nordic

Platform: PlayStation 4, PlayStation 5, Nintendo Switch, Xbox 360, Xbox One, Xbox Series X/S, PC

Alan Wake merupakan game psikologi horor terseram selanjutnya yang bisa buatmu emotional damage. Game ini terinspirasi dari Stephen King, seorang novelis horor terkenal. Berceritakan tentang Alan Wake, seorang penulis yang takut akan kehilangan akal sehatnya. Game ini kental akan kekuatan supranatural yang sukses buat pemainnya merinding disko. Sekuelnya, Alan Wake 2 telah diumumkan di akhir 2021 lalu dan direncanakan rilis pada tahun 2023 mendatang.

6. The Walking Dead

The Walking Dead

Developer: Telltale Games, Skybound Entertainment, Scopely

Publisher: Telltale Games, Skybound Entertainment, Scopely, dll.

Platform: PlayStation 3, PlayStation 4, PSVita, Nintendo Switch, Android, iOS, Xbox 360, Xbox One, PC

The Walking Dead menceritakan tentang Lee yang dibawa ke kantor polisi karena menabrak pembatas jalan. Ia mencoba kabur, dan ketika menemukan sebuah shelter di sebuah perumahan, ia bertemu Clementine yang ditinggal orangtuanya pergi ke Savannah. Keduanya akhirnya bergabung dan berpetualang hingga menemukan peternakan milik Hershel Greene dan kawan – kawan (Kenny, Katjaa, Duck). Kejadian demi kejadian terus – menerus menimpa kelompok ini dalam dunia apocalypse yang mampu mengguncang emosi dan jiwa.

7. Amnesia: The Dark Descent

Amnesia: The Dark Descent

Developer: Frictional Games

Publisher: Frictional Games, CreaTeam Mobile

Platform: PlayStation 4, Nintendo Switch, Android, Xbox One, PC

Amnesia: The Dark Descent adalah game psikologi horor selanjutnya dalam list ini. Mengangkat first person yang cukup mirip dengan Outlast, game ini cukup populer di kalangan gamer, streamer, maupun Youtuber. Alasan kenapa Amnesia digandrungi karena selain tiadanya senjata apapun dan hanya menghindar dari hantu aneh, konsepnya bisa dibilang antimainstream ketika dirilis, karena saat itu beberapa game horor berbalik arah ke aksi dengan kehadiran tentara, alien, dan lainnya.

8. Silent Hill

Silent Hill

Developer: Konami, Kojima Productions, Team Silent, dll.

Publisher: Konami

Platform: PS1

Kalian tentu sudah kenal dengan game psikologis horor terseram satu ini. Silent Hill merupakan game yang dirilis tahun 1999 di PS1 dan Game Boy Advance di tahun 2001. Menceritakan tentang Harry Mason yang masuk ke kota bernama Silent Hill mencari anaknya yang hilang, Cheryl Mason. Dalam game ini, kalian akan dikenalkan dengan keseraman di kota tersebut yang sukses buatmu senam jantung. Walau kala itu mekanismenya cukup sulit, cerita yang disajikan terstruktur dan melekat di hati para gamer dan penggemarnya.

9. Silent Hill 2

Silent Hill 2

Developer: Konami, Team Silent, Konami Computer Entertainment Japan, Creature Labs

Publisher: Konami

Platform: PlayStation 2, Playstation 2, Xbox, PC

Selanjutnya adalah Silent Hill 2. Menceritakan tentang James Sunderland mendapat surat dari istrinya, Mary yang telah meninggal akibat penyakit tiga tahun lalu. Dalam game ini, kalian akan diajak mengikuti James mengelilingi kota Silent Hill yang penuh kabut dan menguak misteri dibalik kematian sang istri dan keanehan kota tersebut. Menurut penulis sendiri, seri kedua dari franchise Silent Hill ini masih merupakan salah satu yang terbaik, baik dalam cerita maupun atmosfir seram yang sukses membuatmu emotional damage.

10. MADiSON

MADiSON

Developer: BLOODIOUS GAME

Publisher: BLOODIOUS GAME, Perpetual Europe

Platform: PlayStation 4, PlayStation 5, Nintendo Switch, Xbox One, Xbox X/ S, PC

Game psikologi horor paling terseram versi Gamebrott jatuh kepada MADiSON. Game ini menceritakan karakter utama yang terjebak dalam sebuah tempat mencekam yang penuh akan unsur cult di dalamnya. Terinspirasi dari gabungan P.T Silent Hill dan Fatal Frame, kalian dapat merasakan atmosfir seram juga ragam jumpscare yang sukses buatmu lompat dari kursi bahkan berteriak. Selain itu, rasa parno akan muncul jika ingin berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Game ini baru rilis bulan Juli lalu, dan rekomen sekali untuk dimainkan.

Nah, itulah dia 10 game psikologi horor terseram yang buatmu auto emotional damage. Kira – kira game mana yang jadi favoritmu, brott?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version