10 Game PSP Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Emulator PPSSPP

in ,

Zaman keemasan PlayStation Portable atau PSP memang sudah berlalu sekitar satu dekade lalu. Namun game-game yang meramaikan konsol handheld besutan Sony tersebut tentu masih bisa dimainkan, dimana beberapa diantaranya bahkan miliki sajian permainan yang bisa lebih baik dari game-game zaman now.

Konsol PSP sendiri telah berhenti diproduksi semenjak tahun 2016 lalu, sehingga mungkin agak sulit untuk mendapatkan konsol tersebut dalam kondisi baru. Walau demikian, emulator PPSSPP bisa dibilang hadir sebagai alternatif terbaik untuk memainkan game-game PSP hingga saat ini…

Maka dari itu, teruntuk kamu yang tidak sempat menikmati masa keemasan PSP dan ingin mencoba beberapa maha karyanya, berikut 10 game PSP terbaik yang tentu bisa kamu coba mainkan via emulator PPSSPP.

Disclaimer: Artikel dibuat tidak bermaksud untuk mendukung tindak pembajakan dalam bentuk apapun . Artikel ini sepenuhnya opini dan sekadar informasi bagi pembaca yang sedang mencari rekomendasi game-game PSP.

1. Monster Hunter Portable 3rd

Salah satu game yang menghiasi masa keemasan PSP tentunya adalah game berburu monster populer besutan Capcom — Monster Hunter. Monster Hunter Portable 3rd juga diklaim sebagai salah satu game Monster Hunter terbaik untuk konsol handheld.

Sayangnya, game ini hanya tersedia dalam bahasa Jepang, namun hadir patch buatan komunitas yang menerjmahkan keseluruhan gamenya ke bahasa Inggris. Alternatif Monster Hunter untuk PSP lainnya yang tidak kalah menarik adalah Monster Hunter Freedom Unite.

2. Innocent Life: A Futuristic Harvest Moon

Ketika bertani dianggap sebagai sesuatu yang begitu tradisional, Innocent Life mencoba hadirkan premis permainan dimana kamu akan berperan sebagai robot berteknologi maju yang diberi tugas untuk bertani dengan cara “kuno” untuk sebuah alasan mulia.

Robot mungkin sering diciptakan untuk tujuan tertentu saja. Namun pada Innocent Life, selain bertani kamu (sebagai robot) kamu juga akan belajar sifat-sifat kemanusiaan yang tentunya akan membantumu berinteraksi dengan orang-orang sekitarmu. Walau demikian, mungkinkah sesosok robot dapat berperilaku layaknya manusia?

3. Metal Gear Solid: Peace Walker

Tentu saja game garapan Hideo Kojima juga hadir untuk PSP. Secara spesifik, Metal Gear Solid: Peace Walker ini menjadi penghubung cerita antara Snake Eater dengan Ground Zeroes dan The Phantom Pain.

Tentu sama seperti game-game MGS lainnya, sajian game ini adalah action-adventure yang sedikit difokuskan untuk permainan secara stealth, walau memang permainan secara barbar tetap bisa dilakukan.

4. Dissidia Final Fantasy

Penyuka Final Fantasy dan game gelut pastinya akan suka dengan game ini. Dissidia Final Fantasy membawa masing-masing jagoan dan villain dari beberapa serial Final Fantasy untuk bertarung dalam “siklus pertempuran yang tidak pernah berakhir”.

Kamu tentunya juga mencoba Dissidia Duodecim yang juga rilis di PSP. Kedua Dissidia untuk PSP ini seringkali dianggap jauh lebih baik daripada Dissidia NT yang rilis untuk PC dan konsol current-gen.

5. Phantasy Star Portable 2

Walau memang tidak sepopuler MMO-nya — Phantasy Star Online 2, kamu juga harus mencoba beberapa game Phantasy Star lainnya. Salah satu diantaranya yang hadir meramaikan PSP adalah Phantasy Star Portable 2.

Terlepas cukup difokuskan untuk pengalaman singleplayer, Phantasy Star Portable 2 juga hadirkan rangkaian fitur multiplayer yang bisa dibilang salah satu terbaik dalam serialnya. Kamu juga tentunya bisa mencoba Phantasy Star Portable pertama yang tidak kalah seru.

6. Patapon

Rhythm game yang dicampur dengan elemen RPG mungkin sudah semakin bermunculan saat ini. Namun jika kamu tertarik mencoba beberapa game yang memulainya kombinasi genrenya, maka serial Patapon menjadi salah satu yang harus kamu coba.

Secara singkat, kamu akan berperan sebagai dewa yang memimpin suku Patapon bertempur melawan Zigoton Empire yang merampas tanah mereka. Dalam permainannyam, kamu akan memberikan komando langsung untuk para jagoan dari sukumu; seperti maju, menyerang, bertahan hingga menggunakan kemampuan khusus dengan ritme-ritme tertentu.

7. Crisis Core: Final Fantasy VII

Crisis Core merupakan cerita yang terjadi sebelum kejadian utama pada Final Fantasy VII. Secara spesifik, game ini fokus pada karakter Zack Fair, seorang SOLDIER yang jadi inspirasi bagi Cloud Strife. Tidak ketinggalan, game ini juga perlihatkan sedikit masa lalu Sephiroth sang villain utama Final Fantasy VII

Berbeda dengan game utamanya yang hadirkan pertempuran ganti-gantian aka turn-based, Crisis Core mencoba campurkan elemen action di dalamnya. Salah satu fitur utama lainnya adalah hadirnya DMW, semacam slot machine yang akan memberikan serangkaian bonus untuk Zack saat bertempur.

8. God of War: Chains of Olympus

Siapa sih yang nggak kenal God of War? Game hack and slash dengan si gundul Kratos ini merupakan diklaim game PSP terbaik menurut Metacritic dari sisi user maupun critics, serta menangkan berbagai penghargaan. Saking suksesnya, game ini kemudian mendapatkan versi remaster untuk PS4.

Chain of Olympus mengangkat kisah saat Kratos masih melayani para dewa Olimpus. Cerita dimulai setelah Kratos membasmi tentara Persia di Attica, dimana matahari tenggelam dan membuat dunia diselimuti kegelapan abadi. Kratos ditugaskan oleh Athena untuk mencari dewa matahari untuk mengembalikan cahaya ke dunia.

9. Grand Theft Auto: Chinatown Wars

Tak ramai tentunya jika tak ada game GTA yang juga menyambangi PSP. Rockstar tentu merilis beberapa game GTA untuk PSP, namun yang paling berkesan dan fresh di antaranya adalah Chinatown Wars.

Sesuai namanya, game ini miliki karakter utama dari ras Chinese dan berbagai cerita serta misinya juga tidak jauh-jauh dari mafia-mafia China aka Triad. Uniknya, game ini kembali menghadirkan perspektif semi top-down yang tentunya akan mengingatkanmu pada GTA pertama dan kedua.

10. Persona 3 Portable

Tentu saja game Persona akan hadir dalam list ini. Persona 3 sendiri memang menjadi salah satu serial terfavorit banyak fans, bahkan diklaim miliki kualitas cerita yang lebih baik dari game-game Persona lainnya. Hadir di PSP tentu menjadi keinginan banyak fans yang mungkin tidak sempat mencicipinya di PS2.

Walau memang tidak hadirkan konten Persona 3 FES, Persona 3 Portable hadirkan satu hal yang bisa dibilang jarang dilakukan di serial Persona, yakni protagonis versi perempuan. Dan layaknya sang MC (main character) versi pria, MC versi wanita ini juga sukses dicintai banyak fans.

Itulah 10 game PSP yang tentunya bisa kamu coba mainkan di emulator PPSSPP. Perlu diketahui bahwa beberapa game di atas mungkin akan berjalan kurang lancar jika kamu memainkannya via PPSSPP versi mobile, sehingga disarankan untuk mencoba game-game di atas pada PPSSPP versi PC saja.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait PPSSPP atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]