10 Game Rhythm yang Bisa Bikin Kamu Joget Tanpa Henti

Game Rhythm

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya jadi musisi terkenal dan memainkan lagumu sendiri atau mungkin memainkan lagu orang lain untuk merasakan pengalaman serupa? Jika ya, video game bergenre rhythm menjadi pilihan paling tepat untukmu.

Simplenya, genre rhythm akan tawarkan pengalaman bermain video game/musik interaktif yang akan berbunyi sesuai tombol yang kamu tekan mengikuti obyek yang datang. Memang, tak semua game menawarkan bunyian dalam tiap obyek, namun umumnya obyek tersebut akan berbunyi atau datang sesuai dengan ketukan musik yang dimainkan.

Umumnya game rhythm tawarkan banyak musik orisinal yang dibuat dengan bekerjasama bersama musisi indie. Namun tak jarang mereka membayar lisensi pada studio rekaman untuk hadirkan musiknya.

Tak hanya melatih ketangkasan, kamu juga bisa melatih reflek sembari menikmati musik yang ditawarkan dan berjoget sesuai irama, entah mengangguk atau malah mengikuti suara vokal yang ada.

Lantas, apa saja game rhythm tersebut? Berikut daftarnya.

10. A Dance of Fire and Ice

Dance of Fire and Ice merupakan satu game rhythm yang ngga biasa, ia berikan permainan musik yang berbentuk seperti sebuah bar panjang kesamping atau memutar yang mana kamu sebagai player harus menekan satu atau beberapa tombol hingga musiknya berakhir. Player akan direpresentasikan oleh dua lingkaran merah dan biru (yang bisa berubah seiring berjalannya waktu) yang proyeksikan “fire” dan “ice” sesuai judulnya.

9. Beat Saber

Ngga afdol rasanya jika ngga masukin seri Beat Saber sebagai salah satu game rhythm. Game VR buatan developer Ceko ini akan mengajakmu untuk berperan layaknya jedi dengan lightsabernya untuk membacok beberapa obyek yang datang. Obyek-obyek ini akan disesuaikan temponya dengan ketukan musik yang mana semakin sering kamu membacok, maka ketukannya akan semakin asyik. Beragam lagu dari yang terkenal hingga orisinal bisa dimainkan di sini.

8. Muse Dash

Satu lagi game rhythm unik yang nongol di pasaran. Muse Dash hadir dengan konsep memukul obyek di depannya melalui seorang karakter yang dipilih dalam bentuk side-scrolling. Kamu akan mampu memukul obyek dari atas, tengah, dan bawah diiringi musik orisinal dan vocaloid buatan para developer dan musisi yang bekerjasama dengannya. Terdapat dua versi: murah dan mahal yang bisa kamu beli. Versi murah akan berimu sedikit lagu dan paksamu membuka semuanya dengan memainkannya. Sementara versi mahal akan membuka semua lagunya.

7. Runner Series

Runner merupakan game rhythm yang gabungkan musik dan tempo dengan platformer. Kamu akan kendalikan karakter yang akan berlari dari kiri ke kanan untuk mengambil beberapa obyek yang representasikan tempo musik. Beragam level dengan rintangan unik bisa kamu jumpai di sini, mulai dari pulau tropis hingga hutan belantara.

6. Sequence Storm

Sequence Storm menjadi salah satu permata di tengah banyaknya game indie bergenre rhythm. Ia gabungkan balapan dengan rhythm, dimana kamu akan kendalikan sebuah mobil untuk menabrak dan mengikuti obyek yang datang kepadamu. Kamu bebas menggerakkannya dengan manuver apapun seperti slide ke samping, mengikuti pola yang ada, dan manuver lainnya. Menariknya, terdapat upgrade untuk mobilmu demi menambah kecepatannya.

5. O2 Jam/Mania

Tentu saja O2 Jam/Mania masuk dalam list ini. Ia adalah salah satu legenda game rhythm yang sempat populer di masa lalu. Game online ini miliki konsep permainan yang cukup simple yakni melatih kemampuanmu untuk “bermain keyboard” dengan karakter yang bisa dikustomisasi sesuka hati. Beragam lagu orisinal dibuat untuk menikmatinya. Sayangnya servis resminya telah ditutup cukup lama dan kini kamu hanya bisa memainkan versi offline yakni O2 Mania dengan musik yang sama dengan versi onlinenya.

4. OSU!

Para wibu pasti ngga asing lagi dengan OSU!, selain tawarkan lagu anime, OSU! juga tawarkan permainan unik tak hanya terbatas pada keyboard saja. Kamu juga bisa memainkan slide, menangkap obyek dari atas, hingga memutar sebuah bola besar. Kumpulan lagu anime dan lagu Jepang yang kamu kenal atau tidak kenal juga akan hadir menghiasi gamenya dengan ragam permainan tersebut.

3. AVICII Invector

Sebelum DJ Tim Bergling atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya, AVICII meninggal, ia dan timnya sempat membuat game berjudul AVICII Invector yang bisa kamu tebak, berisi lagu-lagu buatan Tim. Game ini sebenarnya dibuat untuk para fans, namun mereka yang baru mengenalnya juga takkan bosan mendengar musiknya yang mungkin pernah kamu dengar namun tak tahu judul dan siapa pembuatnya.

AVICII Invector miliki cerita dimana akan menggunakan pesawat luar angkasa untuk menyusuri planet berisi lagu-lagu AVICII dan memainkannya. Tak hanya lurus, kamu bisa memutar pesawatmu ke atas untuk jangkau semua obyek yang ada di sepanjang perjalanan hingga akhirnya pergi ke planet lain untuk memainkan lagu baru. Ohya, kamu juga bisa bermain bersama temanmu via splitscreen lho.

2. Deemo

Deemo awalnya dikembangkan untuk mobile dan berpindah ke PC dan console untuk bisa dimainkan lebih nyaman baik dengan controller maupun keyboard. Konsep gamenya sama seperti game rhythm pada umumnya yakni mencetak skor tertinggi, namun dengan sebuah kisah seorang anak kecil bernama Alice yang berteman dengan seorang makhluk misterius jangkung bernama Deemo.

Alice dan Deemo berusaha menumbuhkan pohon dengan memainkan musik. Seiring pertumbuhannya, kamu bisa mengekskplorasi ruangan unik yang ikut terbuka dan bertemu karakter-karakter aneh yang ada di dalamnya.

1. DJ Max Respect V

DJ Max Respect V adalah game rhythm premium dari publisher yang mungkin kamu kenal dari mobile dan game MMORPG, NEOWIZ. Miliki ratusan lagu yang juga bisa kamu beli secara terpisah dengan DLC yang sering mereka rilis, DJ Max Respect V mengajakmu untuk memainkannya dengan konsep keyboard yang diselingi oleh video klip yang diputar di belakang layar.

Tak hanya bermain, kamu bisa juga menikmati mode AIR, di mana kamu bisa chatting dengan player lain yang ikut menikmati musik yang dimainkan secara otomatis. Kamu juga bisa melakukan kompetisi layaknya O2 Jam dengan membuat room yang nantinya akan berisi player lain hingga menjalankan misi tantangan yang ada di dalamnya.

Tentu saja kamu bisa bermain sendirian dengan menikmati mode Freestyle. Mencetak skor sempurna akan berimu ragam bonus, namun bonus paling utama ketika kamu melakukannya adalah video klip yang bisa kamu lihat kapan saja di gallery. Sayangnya karena ini game online (demi menghindari pembajakan), kamu membutuhkan koneksi internet saat memainkannya.


10 game rhythm di atas memang belum semuanya, namun kamu bisa jadikan referensi jika kamu menyukai genre serupa. Kamu juga bisa cantumin rekomendasimu melalui kolom komentar jika ada salah satu game yang kamu sukai tidak masuk dalam daftar di atas.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version