10 Game RPG PC Seru Underrated yang Mungkin Terlupakan

Underrated Rpg

Tak banyak dilirik oleh banyak orang membuat beberapa game RPG tak bisa menunjukkan kemampuannya kepada dunia. Kualitas apiknya tergerus beragam game yang siapkan dana lebih besar dalam urusan marketing.

Meskipun demikian, ragam game dalam daftar berikut tak kehilangan fansnya karena kualitas yang mereka sajikan. Perlahan namun pasti meskipun hanya melalui mulut ke mulut, cukup banyak orang yang mulai meliriknya, memainkannya, dan memujinya sebagai salah satu RPG yang underrated dan perlu diketahui banyak orang seperti game RPG AAA pada umumnya.

Dalam daftar kali ini, kami akan memberikan sekitar 10 game RPG PC seru yang underrated dan mungkin kamu lupakan atau malah lewati karena tak pernah mendengarnya sama sekali. Kebanyakan dari gamenya hadir dari developer indie, namun tak sedikit pula yang hadir dari developer besar.

Catatan:

10. Jade Empire

Kalau kamu kenal BioWare dari seri Dragon Age dan Mass Effect berarti kamu ngga mengenalnya dari awal. Karena sebelum mereka membuat seri tersebut mereka membuat Jade Empire sebelum bergabung dengan EA. Gamenya merupakan RPG dengan elemen beladiri yang terinspirasi kental dari sejarah dan mitos Tiongkok. Ia miliki moral system layaknya game BioWare saat ini. Kamu akan perankan Spirit Monk yang akan berjuang untuk menyelamatkan Master Li dan mengalahkan pasukan kaisar Sun Hai yang korup. Gamenya cukup linear dengan naratifnya, namun memiliki beberapa ending yang berbeda sesuai pilihanmu.

9. Grandia Series

https://www.youtube.com/watch?v=6dEhPRoRUIw

Seri Grandia ini mirip dengan Final Fantasy dan Tales karena di setiap serinya miliki tokoh utama dan cerita yang berbeda. Seri pertama ceritakan seorang anak kecil bernama Justin yang bertualang bersama teman masa kecilnya Sue untuk mencari tahu pesan tersembunyi yang ditinggalkan ayahnya melalui artefak kuno. Di sana ia akan bertemu dengan Feena, petualang yang juga menjadi idola Justin.

Seri keduanya ceritakan seorang tentara bayaran bernama Ryudo yang melindungi penyanyi perempuan dari gereja bernama Elena di dunia yang terpecah akibat peperangan dewa cahaya, Granas dan dewa kegelapan, Valmar. Perjalanan mereka akan menguak misteri gereja dan sejarah dunia yang selama ini tidak sama seperti yang diceritakan.

8. Phantom Brave

Phantom Brave dikembangkan oleh Nippon Ichi Software yang ceritakan seorang anak perempuan bernama Marona yang bisa berkomunikasi dengan arwah yang disebut dengan Phantoms. Ia kehilangan kedua orang tuanya sedari kecil, Jasmine dan Haze dan tinggal bersama seorang phantom bernama Ash yang dulunya bekerja sebagai Chroma atau pemburu bayaran. Petualangannya sebagai Chroma bawanya ke berbagai pertemuan dengan beragam karakter dan misi yang semakin sulit.

7. Dragon’s Dogma Dark Arisen

Dragon’s Dogma Dark Arisen akan posisikan dirimu sebagai karakter custom bernama Arisen dan rekan yang dikendalikan AI yang disebut dengan Pawn. Kalian akan menjalankan sebuah tugas di Bitterblack Isle yang terletak di luar Gransys. Banyak musuh kuat yang akan kamu lawan di sepanjang cerita yang dimulai dari pertempuran melawan naga dalam gamenya. Tugasmu adalah membantai naga dan menghentikan kiamat yang akan menghampiri dunianya.

6. Ys Series

Seri Ys miliki cerita yang sangat berbeda dari setiap serinya dan tidak berhubungan satu sama lain, meskipun tokoh utamanya yakni Adol Christin dan beberapa tokoh lain akan tetap sama. Cukup membingungkan untuk menceritakan bagaimana kisah Adol karena serinya yang banyak dan kisahnya yang berbeda.

Di seri terbarunya Ys IX, Adol dihadapkan oleh monstrum yang mampu bertempur dengan kekuatan uniknya dan melawan monster yang sering muncul di kota Baldug di bawah kekuasaan Romun Empire yang menyimpan ragam misteri termasuk makhluk misterius dari dimensi bernama Grimwald Nox dan misteri di balik kutukan Monstrum.

5. Edge of Eternity

Edge of Eternity simplenya mirip dengan Star Ocean karena konsepnya gabungan kerajaan dengan teknologi canggih. Gamenya ceritakan kakak beradik bernama Daryon dan Selene untuk mencari obat untuk ibunya yang terkena wabah penyakit bernama Corrosion.

Di sepanjang petualangan mereka akan menemukan konflik antar kerajaan Heryon dan pendatang misterius bernama Archelites. Konflik tersebut rupanya hadirkan musuh baru yang akan kamu temukan dalam gamenya nanti.

4. Resonance of Fate

Game buatan TriAce dan dipublish SEGA, Resonance of Fate miliki keunikan di pertempurannya karena dicampur strategi yang unik. Namun tingkat kesulitannya yang sangat tinggi dan minimnya variasi equipment membuatnya tak banyak dilirik oleh banyak orang. Gamenya ceritakan tiga tokoh utama Vashyron, Zephyr, dan Leanne yang tergabung dalam sebuah grup tentara bayaran dan menjalankan tugas-tugasnya, dari sini mereka menemukan bagaimana sistem kehidupan umat manusia yang diatur oleh Quartz dan beberapa rencana politik busuk yang ada di panggung ceritanya yakni sebuah menara bernama Basel yang juga merupakan sistem penjernihan udara akibat bumi yang sudah tak bisa dihuni lagi.

3. Grim Dawn

Cukup kompleks untuk memahami cerita Grim Dawn, namun yang jelas ia adalah salah satu game action RPG paling detil yang pernah dibuat oleh developer indie yang sering disebut sebagai “penerus” spiritual dari Diablo. Gamenya bersetting di Cairn, sebuah dunia gelap yang telah hancur karena peperangan, membuat umat manusia di ambang kepunahan. Tempat ini menjadi perang kekuasaan antar dua kekuatan entitas lain bernama Aetherials yang melihat manusia sebagai sumber daya, dan Chthonians yang akan menghancurkan umat manusia sebelum Aetherials melakukannya.

Kamu akan memerankan seorang manusia yang kerasukan arwah dan nyaris dibunuh namun diberikan kesempatan kedua setelah kamu berhasil mengalahkan zombie. Di sini kamu akan memulai perjalananmu dan menguak misteri yang terjadi di dunianya selama ini.

2. The Banner Saga Series

The Banner Saga bersetting di mitologi Nordik dengan cerita yang sangat dalam tentang karakternya. Jadi wajib kamu baca dibanding harus fokus mainin gameplay pertempurannya yang tactical battle mirip game kayak Brigandine atau Final Fantasy Tactics. Gamenya ceritakan sebuah caravan yang berjalan menyusuri dunia mitologi Nordik dengan Viking yang digambarkan sangat besar dari manusia. Ia juga berikan pilihan yang akan memberikan ending yang berbeda. Di seri kedua kamu akan fokus memerankan salah satu karakternya yang mana akan dilanjutkan dari kisah dan konklusi akhir dari seri pertama. Saat ini gamenya miliki tiga seri.

1. CrossCode

CrossCode miliki cerita yang sangat menarik untuk diikuti. Game action hack n’ slash tersebut awalnya ceritakan seorang perempuan bernama Shizuka Sakai yang berjuang untuk menyelamatkan saudara lelakinya, namun sayang setelah ia menemukannya, saudaranya tersebut justru mati di pangkuannya.

Kisah perkenalan tersebut kemudian berlanjut pada seorang tokoh perempuan bernama Lea yang kehilangan ingatan masa lalunya. Ia kemudian diberitahu seseorang bernama Sergey Asimov yang paksanya bermain MMORPG berjudul CrossWorlds untuk mengembalikan ingatannya.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Lea kemudian diserang oleh seseorang bernama Blue Avatar yang paksanya pergi ke game area, di sana Lea berteman dengan player bernama Emilie dan membentuk sebuah guild bernama First Scholars. Mampukah Lea mengembalikan ingatannya? Apakah ia adalah sosok Shizuka Sakai yang ada di awal kisahnya?


Dari daftar di atas, manakah yang pernah kamu mainkan? Atau apakah kami justru melewatkan RPG lainnya yang wajib dimainkan? Cantumin ya semuanya di kolom komentar seperti biasa.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version