10 Game RPG Terbaik dan Terpopuler di Dunia Rilis Tahun 2021

Game RPG Terbaik 2021

Menjelang akhir tahun 2021, kita sudah banyak melewati berbagai hal dalam dunia industri video game. Banyak sekali pihak developer maupun publisher telah merilis berbagai judul video game seru dengan berbagai genre dan gameplay untuk para gamer. Salah satu genre game terpopuler pada tahun 2021 ini adalah Role Playing Game atau RPG yang memiliki banyak daftar judul game terbaik menurut gamer.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas 10 video game RPG terbaik dan terpopuler di dunia yang rilis tahun 2021. Daftar game ini tidak hanya terbatas pada game turn based RPG, melainkan juga berbagai judul game dengan genre role-playing, action RPG, JRPG ataupun tactical RPG. Selain itu juga daftar game RPG terbaik dan terpopuler ini berdasarkan opini penulis dan tanggapan dari berbagai gamer berdasarkan popularitasnya.

Inilah 10 game RPG terbaik dan terpopuler di dunia yang rilis tahun 2021!

1. Atelier Ryza 2: Lost Legends & the Secret Fairy

Game RPG terbaik dan terpopuler yang rilis tahun 2021 pertama dalam daftar ini adalah Atelier Ryza 2: Lost Legends & the Secret Fairy. Game JRPG buatan developer Gust ini pertama kali rilis pada 3 Desember 2020 di Jepang untuk platform PS4, PS5 dan Nintendo Switch. Kemudian disusul perilisannya di luar Jepang dengan terjemahan English pada 26 Januari 2021 di platform PS4, PS5, Nintendo Switch dan juga PC.

Game sekuel dari Atelier Ryza ini melanjutkan kisah petualangan seorang Atelier bernama Reisalin “Ryza” Stout dalam menjelajahi tempat baru dengan berbagai misteri. Ada banyak peningkatan fitur gameplay dari game sebelumnya, mulai dari sistem battle maupun fitur membuat item dengan ilmu Atelier yang sudah menjadi ciri khas seri game ini.

Tentu saja sang protagonist Ryza dalam Atelier Ryza 2 ini terlihat semakin cantik dan dewasa. Selain fitur khas serinya, salah satu alasan kenapa seri Atelier Ryza populer berkat karakter-karakternya yang cantik dan imut dengan berbagai fanservice, terlebih pada protagonist Ryza. Jadi jika kalian suka dengan game dengan style pop kultur anime, pasti akan kalian menyukai game Atelier Ryza 2.

2. Disco Elysium: The Final Cut

10 Game RPG Terbaik dan Terpopuler di Dunia Rilis Tahun 2021 12

Selanjutnya ada game role-playing populer yang merupakan versi terbaru dari sebelumnya, yaitu Disco Elysium: The Final Cut. Game ini bercerita tentang seorang detektif yang mengalami amnesia dimana dirinya harus menginvestigasi berbagai macam kasus misteri di kota.

Game buatan developer ZA/UM ini rilis pertama kali pada 15 Oktober 2019 untuk platform PC, kemudian dirilis juga pada platform gaming lainnya bersamaan dengan update dan versi terbaru berjudul Discro Elysium: The Final Cut. Versi terbaru ini menghadirkan fitur full voice dan banyak konten baru yang tidak ada di versi sebelumnya.

Discro Elysium mendapatkan banyak respon positif dari gamer dan juga berbagai pihak berkat fitur kebebasan pemain dalam suatu pilihan seperti game role playing klasik. Selain itu game ini sama sekali tidak memiliki fitur combat dimana semua masalah dapat diselesaikan dengan skill yang dimiliki karakter dan juga pilihan dialog dalam game. Jangan lupa pula game ini menghadirkan visual menarik yang seperti sebuah lukisan dari seorang pelukis.

Setiap NPC dan pilihan dialog yang muncul pada game akan mempengaruhi progress cerita dan pada akhirnya menentukan bagaimana game ini berakhir dalam satu ending. Jika kalian ingin bermain game role playing yang memiliki kebebasan luas dalam pilihan dialog, Disco Elysium: The Final Cut menjadi pilihan terbaik untuk kalian.

3. Ender Lilies: Quietus of the Knights

10 Game RPG Terbaik dan Terpopuler di Dunia Rilis Tahun 2021 13

Selanjutnya adalah sebuah game yang disebut-sebut sebagai Souls-like atau game seperti Dark Souls berjudul Ender Lilies: Quietus of the Knights. Game action RPG dengan fitur 2D adventure platform buatan developer Adglobe dan Live Wire ini rilis pertama kali pada 22 Juni 2021 untuk platform Nintendo Switch dan PC. Kemudian dilanjutkan dengan perilisannya di platform gaming lainnya seperti PS4, Xbox One dan Xbox Series.

Pada saat pertama kali memasuki cerita, kalian akan merasakan kesan yang sudah tidak asing lagi bagi para penggemar Dark Souls. Ender Lilies: Quietus of the Knights menghadirkan cerita dengan nuansa dark fantasy yang penuh misteri. Gameplay-nya pun kalian langsung teringat dengan game populer seperti Salt and Sanctuary dan Hollow Knight.

Berbeda dengan Hollow Knight dan Salt and Sanctuary, Ender Lilies: Quietus of the Knights menghadirkan fitur pertarungan dimana protagonist gadis kecil memanfaatkan Spirit dari berbagai arwah ksatria yang telah mati sebagai perwakilan dalam melindungi dan melancarkan serangan kepada musuh. Spirit tersebut bisa kalian temukan dalam perjalanan, baik itu berdasarkan cerita ataupun di berbagai lokasi rahasia dalam permainan.

Diketahui ada 3 macam ending yang bisa kalian temukan pada game ini dimana ending tersebut berpengaruh pada item-item penting yang ada di dunia Ender Lilies: Quietus of the Knights. Game ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mencari game petualangan seru dan penuh tantangan seperti Dark Souls, Hollow Knight ataupun Salt and Sanctuary.

4. Monster Hunter Rise

10 Game RPG Terbaik dan Terpopuler di Dunia Rilis Tahun 2021 14

Game RPG terbaik selanjutnya adalah Monster Hunter Rise yang sudah tidak asing lagi bagi para gamer. Game action RPG berburu monster dengan berbagai macam ukuran ini tetap menjaga ciri khas seri game Monster Hunter. Tidak hanya itu saja, game ini disertai berbagai macam fitur baru dan juga peningkatan pada gameplay.

Game Monster Hunter Rise buatan Capcom ini rilis pertama kali pada 26 Maret 2021 untuk platform Nintendo Switch. Kemudian disusul perilisannya untuk platform PC yang rencananya rilis pada 12 Januari 2022 mendatang.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Monster Hunter Rise menghadirkan banyak fitur baru dengan berbagai peningkatan pada fitur gameplay. Hal ini mendapatkan respon positif dari gamer dan juga hunter veteran game Monster Hunter. Kalian juga akan menghabiskan banyak waktu karena keasyikan bermain dalam berburu monster incaran untuk mendapatkan berbagai material penting.

Jadi sudah pasti Monster Hunter Rise masuk dalam daftar game RPG terbaik dan terpopuler rilis tahun 2021.

5. Monster Hunter Stories 2: Wings of Ruin

10 Game RPG Terbaik dan Terpopuler di Dunia Rilis Tahun 2021 15

Selain Monster Hunter Rise, ada satu lagi game RPG dari franchise game ini, yaitu Monster Hunter Stories 2: Wings of Ruin. Game turn based RPG buatan developer Capcom dan Marvelous rilis pertama kali untuk platform Nintendo Switch dan PC pada 9 Juli 2021.

Game ini merupakan sekuel dari Monster Hunter Stories pertama dengan menghadirkan cerita dan karakter baru. Berbeda dengan franchise utama Monster Hunter, Monster Hunter Stories 2: Wings of Ruin berfokus pada petualangan seru dengan cerita yang menarik dengan style animasi yang dapat dinikmati oleh semua umur.

Selain fitur turn based RPG, game ini memberikan kalian sebuah fitur dimana pemain dapat mencari berbagai telur monster dan memeliharanya sebagai anggota party. Ada banyak daftar monster ikonik yang bisa kalian dapatkan di game ini.

Petualangan seru bersama karakter dan monster ikonik dari franchise-nya, Monster Hunter Stories 2: Wings of Ruin sangat cocok untuk kalian yang menyukai turn based RPG. Para hunter veteran Monster Hunter pun dapat menikmati game ini jika inign bermain game yang lebih santai.

6. Nier Replicant

10 Game RPG Terbaik dan Terpopuler di Dunia Rilis Tahun 2021 16

Game RPG terbaik dan terpopuler di dunia rilis tahun 2021 selanjutnya adalah Nier Replicant. Game yang dikerjakan oleh developer Toylogic ini merupakan versi upgrade remaster dari game berjudul Nier yang dikembangkan oleh developer Cavia pada 22 April 2010 untuk platform PS3 dan Xbox 360. Nier Replicant dirilis pada 22 April 2021 untuk platform PS4 dan Xbox One yang dikerjakan oleh developer Toylogic. Kemudian disusul perilisannya untuk PC pada 23 April 2021.

Nier Replicant menghadirkan banyak sekali peningkatan dalam segi grafis dan juga fitur gameplay yang memanfaatkan fitur dari NieR: Automata. Selain itu ada banyak penambahan cerita yang tidak ada di versi original yang tidak dapat lolos pada saat rilis. Tidak hanya itu saja, Nier Replicant memiliki banyak penjelasan yang tidak terungkap dan menjadi sebuah misteri yang sering dipertanyakan oleh gamer di game NieR: Automata.

Game ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang menyukai NieR: Automata. Butuh action RPG yang cepat? Ada. Butuh cerita penuh dengan plot-twist menyebalkan? Ada. Butuh ending banyak dan bisa bikin puyeng? Ada juga. Apa yang kalian harapkan di NieR: Automata, bisa kalian temukan pada game prekuelnya yang berjudul Nier Replicant.

7. Scarlet Nexus

10 Game RPG Terbaik dan Terpopuler di Dunia Rilis Tahun 2021 17

Bagi kalian yang mencari game RPG terbaik dengan style anime, kalian bisa mencoba game berjudul Scarlet Nexus. Game yang dikembangkan oleh developer Bandai Namco Studios bersama Tose. Scarlet Nexus pertama kali rilis pada 25 Juni 2021 untuk platform PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series dan PC.

Game ini menghadirkan tema menarik dengan setting cerita masa depan dimana manusia dapat menggunakan berbagai kemampuan telekinesis dengan kemampuan otak mereka. Kekuatan telekinesis tersebut memiliki banyak macam variasi dan fungsinya masing-masing. Sistem pertarungan Scarlet Nexus pun bisa dengan mudah kalian beradaptasi. Hal ini bisa membantu kalian dalam memanfaatkan berbagai combo dengan kemampuan telekinesis karakter dalam game.

Scarlet Nexus adalah game yang direkomendasikan bagi kalian yang suka pop kultur anime dan game ber-genre action RPG.

8. Shin Megami Tensei V

10 Game RPG Terbaik dan Terpopuler di Dunia Rilis Tahun 2021 18

Selanjutnya ada game turn based RPG dikenal sebagai seri yang sangat brutal berjudul Shin Megami Tensei V. Game buatan Atlus ini rilis pertama kali pada 11 November 2021 untuk platform Nintendo Switch di Jepang dan 12 November 2021 rilis secara global.

Game ini menghadirkan fitur khas seri Shin Megami Tensei dimana pemain akan berpetualang di dunia yang telah hancur. Selain itu ada berbagai monster atau makhluk mistis seperti Demon, Angel dan masih banyak lagi. Tentu saja petualangan kalian tidak akan mudah dimana monster yang pemain hadapi akan memiliki tingkat kesulitan yang menantang dan bikin kesal.

Berbeda dengan Persona 5, game ini menghadirkan sistem pertarungan yang sering kali membuat stres pemainnya. Hal ini sudah menjadi ciri khas dari seri utama Shin Megami Tensei. Jadi bagi para penggemar game turn based RPG yang suka tantangan, kalian bisa mencoba game Shin Megami Tensei V.

9. Tales of Arise

10 Game RPG Terbaik dan Terpopuler di Dunia Rilis Tahun 2021 19

Kemudian ada game JRPG paling baru dari seri Tales, yaitu Tales of Arise. Tales of Arise adalah game dari seri utama Tales ke-17 yang dibuat dan dirilis oleh perusahaan Bandai Namco. Game ini telah rilis pada 10 September 2021 lalu untuk platform Playstation 4, Playstation 5, Xbox One, Xbox Series dan PC melalui Steam.

Tales of Arise dibuat oleh banyak staf veteran yang telah lama bekerja dalam membuat serial game TalesTales of Arise mengambil tema cerita “game RPG melawan takdir yang telah terikat padamu”.

Sejak perilisannya, game ini mendapatkan berbagai respon positif dari gamer dan juga penggemar seri Tales. Hal ini berkat berkat sistem battle yang sangat cepat dan berbagai macam kombinasi serangan dari kemampuan para karakter. Selain itu ceritanya pun tidak kalah bagus dengan seri Tales lainnya. Kalian akan mendapatkan sebuah petualangan luar biasa lengkap dengan berbagai misterinya.

Tales of Arise sudah pasti saya masukkan dalam daftar game RPG terbaik dan terpopuler rilis tahun 2021.

10. Ys IX: Monstrum Nox

10 Game RPG Terbaik dan Terpopuler di Dunia Rilis Tahun 2021 20

Game RPG terbaik dan terpopuler di dunia rilis tahun 2021 terakhir dalam daftar ini adalah Ys IX: Monstrum Nox. Sama seperti seri Ys lainnya, pemain akan memasuki sebuah petualangan luar biasa penuh misteri dari kisah sang protagonist ikonik bernama Adol.

Ys IX: Monstrum Nox dibuat oleh developer Nihon Falcom yang rilis pertama kali pada 26 September 2019 di Jepang untuk PS4. Kemudian disusul perilisannya di luar Jepang dan juga berbagai platform gaming seperti Nintendo Switch, PC dan Stadia.

Game action RPG ini akan membawa kalian dalam petualangan baru Adol di kota bernama Baldug. Sesampainya di kota yang dijuluki sebagai Kota Penjara, Adol dituduh sebagai tahanan karena telah melakukan pelanggaran berat di kota tersebut. Pada saat menjalankan masa tahanan, Adol mendapatkan kekuatan misterius bernama Monstrum dan harus memecahkan misteri di kota Baldug, berusaha untuk membersihkan namanya dan mencegah potensi adanya kehancuran dunia.

Kekuatan Monstrum yang dimiliki Adol pada game ini memiliki berbagai macam fungsi, baik itu dalam pertempuran dan juga dalam menjelajahi kota Baldug. Mengikuti tradisi seri Ys lainnya, Ys IX: Monstrum Nox hadir dengan petualangan cerita yang bagus dan penuh emosional. Gameplay-nya pun juga sangat menarik berkat kekuatan baru Adol sehingga kalian bisa melancarkan berbagai combo serangan unik.

Para penggemar action RPG ataupun JRPG harus mencoba game Ys IX: Monstrum Nox ini tanpa harus memainkan game sebelumnya. Itu karena seri Ys dikenal menghadirkan sebuah petualangan baru Adol di tiap seri game-nya tanpa ada hubungannya ecara signifikan dengan game lain.

Game RPG Terbaik dan Terpopuler di Dunia Lainnya yang Rilis Tahun 2021

10 Game RPG Terbaik dan Terpopuler di Dunia Rilis Tahun 2021 21

Selain 10 judul game di atas, masih ada banyak sekali judul game RPG terbaik dan terpopuler yang rilis tahun 2021 ingin saya masukkan dalam daftar ini. Berikut game RPG terbaik dan terpopuler lainnya yang rilis tahun 2021:

Itulah informasi mengenai 10 game RPG terbaik dan terpopuler di dunia yang rilis tahun 2021. Apakah kalian tertarik untuk mencoba salah satu atau semua game RPG di atas?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Terbaik atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version