10 Game Sepak Bola yang Bukan FIFA atau PES

in

Berbicara tentang game olahraga, tentunya sepak bola menjadi cabang olahraga yang paling diminati di Indonesia. Terbukti bahwa game ini sangat diminati di setiap rental PlayStation yang ada di Indonesia. Seolah tak pernah absen sedikitpun dari bisnis kecil yang sering dilakukan hingga sekarang tersebut.

Nama FIFA dan Pro Evolution Soccer atau PES menjadi game yang tak asing di kalangan mereka. Simulasikan sepak bola semirip mungkin dengan aslinya. Namun tau ngga sih, sebenarnya banyak banget lho game sepak bola yang lebih seru dan tak melulu berkutat pada dua judul besar tersebut? Apa saja? Yuk intip daftar kami di bawah!

10. Football Manager Series (PC)


Football Manager memang bukan game sepak bola yang paksamu langsung terjun ke lapangan untuk menjebol gawang lawan, namun lebih condong ke game simulasi manager tim/klub sepak bola. Tak memainkannya, seringkali buat banyak orang dicap sebagai orang yang tak miliki wawasan luas tentang sepak bola dan bagaimana mereka mengatur sebuah tim agar sukses ke depannya.

Game yang simulasikan kehidupan manager sepak bola ini, mungkinkanmu mengatur pemain dan klub sepak bola (ya iya lah), transfer pemain, formasi, latihan, hingga mungkin berpindah ke klub lain karena klubmu sudah sukses, atau bangkrut karena ulahmu sendiri. Tujuanmu hanya satu, mensukseskan klub-mu dengan strategi ala manager tim yang baik. Mungkinkah kamu menjadi the next Sir Alex Fergusson melalui game ini?

9. Lords of Football (PC)


Pernah main The Sims Series? Jika ya, maka Lords of Football merupakan game yang mungkin cocok buatmu yang suka sekali dengan sepak bola. Dibuat layaknya game simulasi manager dengan elemen ala The Sims, kamu akan berperan sebagai Tuhan di Lords of Football dalam mengatur tiap pemain dan tim agar sesuai dengan visi misimu sendiri.

Mulai dari kehidupan profesionalnya sebagai pemain, hingga kehidupan pribadinya bersama orang di sekitarnya. Sama seperti game simulasi manager lain, tujuanmu adalah mensukseskan timmu atau menghancurkannya. Semua diserahkan pada keputusanmu.

8. Score World Goals (Android, iOS)


Miliki tiga elemen penting seperti puzzle, sejarah, dan sepak bola pada umumnya, Score World Goals berimu tugas untuk mereka-ulang gol-gol terpopuler yang pernah dilakukan oleh pemain-pemain kelas dunia di zaman dulu. Seperti tendangan pisang Roberto Carlos saat Brasil melawan Perancis yang akan paksa kamu untuk lakukan swipe smartphone atau tabletmu sesuai lajur bola dan memastikan timingnya pas. Terdapat lebih dari 1000 gol yang bisa kamu buka dan reka-ulang dalam game ini.

7. Soccer Rage (PC)


Jika sepak bola pada umumnya miliki aturan tertentu, maka tidak untuk Soccer Rage. Tak ada kartu merah, off-side, out-ball, subtitusi, bahkan pelanggaran kelas berat diperbolehkan dalam game ini. Sekilas mungkin penjelasan tersebut mirip seperti survival mode di FIFA 19, namun game ini lebih rusuh dibanding yang kamu kira. Ia gabungkan elemen olahraga, action, dan fighting dalam satu paket.

Selain mencetak gol lebih banyak dari musuhmu, kamu juga dituntut untuk mengeluarkan pemain tim musuh hingga kurang dari 7 orang untuk memenangkan permainan. Caranya? Sleding, tubruk, dan tendang sampai terluka akan menjadi pilihanmu. Jadi, gimana? Siap tawura- eh maksud kami “main sepak bola”?

6. Top Eleven (Browser PC, Android, iOS)


Kamu ngga punya duit buat beli Football Manager? Mungkin Top Eleven bisa menjadi alternatifmu. Game yang bisa diakses melalui browser internet ini memang ngga sedetil Football Manager, tapi ia mungkin akan jadi temanmu dikala sedang banyak pikiran.

Permainannya yang simple hanya dengan login melalui akun Facebook dan melawan teman atau tim player lain buatmu merasakan sensasi manager tim sepak bola yang unik. Game ini lebih menekankan pada latihan dibanding taktik meskipun fitur tersebut tetap ada di gamenya. Semakin sering kamu melatih pemainmu, maka semakin bagus pula timmu.

5. Super Arcade Football (PC)


Sebelum game sepak bola menggunakan sudut pandang layaknya tayangan di TV, developer gunakan sudut pandang top-down view layaknya game retro zaman dulu, dan Super Arcade Football merupakan salah satu game modern yang mengadaptasinya. Game ini tawarkan Slow-Mo-Banana-Bending-Technology yang mungkinkan tembakanmu miliki efek slow-motion yang menarik. Meski dirilis sejak tahun 2016 silam, game ini masih diupdate hingga sekarang.

4. Sociable Soccer (PC)


Dibuat oleh Jon Hare yang dulunya terkenal dengan Sensible Soccer yang super adiktif di tahun 90-an. Sociable Soccer yang hingga tulisan ini turun masih berstatus sebagai game early access tawarkan gameplay klasik ala game retro yang pernah ia buat dulu. Gameplaynya yang mudah dipahami bagai re-skin dari Sensible Soccer yang dibalut dengan grafis masa kini buat game legendaris tersebut seolah belum mati di masa sekarang.

3. FootLOL: Epic Fail League (PC)


Satu lagi game rusuh layaknya Rage Soccer, bedanya kamu ngga akan mainin player aja, tapi juga ngeluarin benda-benda aneh seperti ranjau, pesawat, hingga…. sapi besar. Terdengar gila memang, tapi itulah tujuan developer untuk membuat game humor yang didasari oleh salah satu olahraga populer di dunia tersebut. Tujuanmu masih tetap sama, mencetak gol ke gawang player lain atau AI sebanyak-banyaknya. Tapi, yakin kamu bisa menembus pertahanan puluhan sapi gendut yang dikeluarkan musuhmu untuk membantunya?

Game yang dibanderol ngga nyampe 100 ribu rupiah di Steam ini gabungkan beberapa elemen game Worms yang tak hanya bakal bikin kamu ketawa, tapi juga ngga bakal bikin kamu bosan.

2. Rocket League (PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch)


Dari banyaknya game sepak bola yang pernah ada, mungkin Rocket League merupakan game sepak bola terunik yang pernah ada. Kamu tak memainkan player, manager, atau bahkan Tuhan, tapi mobil. Yup, kamu tak salah baca, mobil. Tapi kalo kamu mikir bakal 11 vs 11 di arena dengan mobil yang bisa nyeleding atau sommersault, maka simpan dulu imajinasimu, karena kamu akan dihadapkan dengan 5 pla- eh maksud kami mobil musuh yang siap mengegolkan bola raksasa ke gawangmu.

Beberapa elemen mobil balap seperti turbo boost atau atraksi ekstrem yang mungkin mustahil dilakukan oleh mobil kayak skillnya Magnum Tornado di film anime tamiya akan bisa kamu lakukan di sini demi berikan dorongan bola ke dalam gawang. Cukup menggelikan dan aneh? Memang! Namun nyatanya, ide Psyonix selaku developernya tersebut berhasil buat gamer ketagihan memainkannya. Tertarik untuk mencobanya?

1. Super Shot Soccer (PS1)


Ingat film HongKong aktor komedi Stephen Chow, Shaolin Soccer yang bisa menggunakan jurus-jurus kungfu dalam sepak bola? Sepertinya game rusuh yang satu ini terinspirasi dari film tersebut. Super Shot Soccer atau Bakuretsu Soccer di Jepang sempat menjadi kultur pop seluruh dunia dan seolah benar-benar ngga boleh absen dari rental PS di Indonesia karena konsep uniknya.

Meski ngga sedetil film Shaolin Soccer yang miliki jurusnya masing-masing di setiap playernya, namun developernya Tecmo (sekarang KoeiTecmo) berikan jurus di tiap negaranya. Misalnya saja Korea Selatan yang bisa mengeluarkan fire shot untuk mengoyak gawang musuh, hingga Jepang yang bisa menggunakan Ninja Dribble yang mampu mengubah pemainnya menjadi angin puting beliung untuk mengegolkan bola.

Itulah sepuluh game sepak bola yang bukan FIFA maupun PES. Meski terdengar lebih condong ke permainan arcade yang berikan efek senang pada para playernya, nyatanya game di atas memang sangat diminati oleh semua kalangan. Baik mereka yang miliki minat pada sepak bola, maupun tidak. Bagaimana menurutmu? Apakah ada game sepak bola selain FIFA atau PES yang kamu sukai dan kenali tapi ngga masuk dalam list di atas?

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).